Ini yang Bisa Dilakukan Selama Masa Social Distancing

By Dewi Sulistiawaty - April 05, 2020


Semua pasti senang jika mendengar bahwa mereka bisa libur panjang. Bisa kumpul dengan keluarga, mudik dan jalan-jalan ke tempat-tempat wisata, bisa asik dan berlama-lama melakukan hobi, atau leha-leha dan tidur-tiduran saja di rumah. Masalahnya kalau liburannya sangaaaat lama dan gak bisa keluar rumah, apa gak bosan?

diskon dan promo tokopedia ramadan

Saya bosan, keluarga saya juga bosan, dan banyak juga teman yang mengaku kalau mereka pun mulai bosan di rumah aja. Hingga saat ini, kabarnya korban Covid-19 terus bertambah *duh, sedih . Akibatnya masa social distancing pun bakal diperpanjang, bahkan hingga lewat bulan Ramadan nanti

Namun agar penyebaran Covid-19 dapat dicegah dan diputus mata rantainya, kita mesti mematuhi imbauan agar tetap di rumah aja. Walau di rumah aja bukan berarti kita bisa seenaknya, sampai-sampai gak memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri sendiri maupun rumah yang jadi tempat kita berlindung. Sebisa mungkin jangan sampai sakit ya, Gaes! Amit-amit kalau sampai mesti ke dokter atau ke rumah sakit.

Nah, berikut beberapa hal yang saya lakukan selama masa social distancing, dan ini juga bisa kamu kerjakan di rumah ya.

Memasak

diskon dan promo tokopedia ramadan

Memasak memang bukan hal yang istimewa, apalagi bagi mereka yang biasa mengerjakannya sehari-hari sebelum ada social distancing. Namun bukan rahasia umum lagi kalau di masa social distancing ini banyak yang menjadi koki dadakan, haha. Perkakas memasak yang biasa teronggok di pojok lemari karena jarang dipakai, sekarang mulai dikeluarkan, begitu pun dengan buku resep. Tak sedikit juga yang mulai rajin mencari berbagai macam resep masakan di internet.

Gimana nggak. 24 jam di rumah, apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Stok makanan mesti tersedia untuk memenuhi kebutuhan perut mereka. Agar gak bosan dengan makanan yang itu-itu saja, ‘sang koki rumah’ mesti pintar-pintar dan kreatif dalam menyajikan makanan.

Eit, tapi kan kita gak boleh terlalu sering keluar rumah ya. Kalau saya solusinya adalah stok makanan di rumah dengan cara membeli bahan makanan sekalian untuk waktu lama, minimal untuk stok seminggu. Cara lain yang saya lakukan adalah dengan membeli bahan makanan secara online. Banyak kan sekarang toko online yang menyediakan bahan-bahan makanan, misalnya Sayurbox yang menyediakan berbagai makanan organik dan segar.

Oiya, jangan lupa untuk menyediakan makanan sehat bergizi untuk keluarga. Karena di kondisi saat ini kesehatan dan imun tubuh juga harus selalu terjaga. Walau sebenarnya tak hanya di saat ini aja, namun di hari-hari biasa harusnya dijaga juga. Namun untuk saat ini lebih diutamakan ya 😊

Saya yang sehari-harinya cuma biasa memasak makanan berupa lauk dan sayur, sekarang mulai merambah ke kue-kue, haha. Beberapa yang sudah coba saya buat adalah martabak, pancake, dorayaki, dan pizza. Lumayankan ya untuk camilan sekeluarga. Selain mengenyangkan, juga sehat dan murah meriah. Nah, cara ini bisa dicoba buat mengisi hari-harimu selama masa social distancing 😊

Beberes Rumah

diskon dan promo tokopedia ramadan

Rumah yang biasanya hanya disapu dan dipel lantainya, di saat social distancing ini bisa lebih deep lagi membersihkannya. Misalnya dengan sekalian membereskan pakaian di lemari, menyortir pakaian yang masih dipakai dan yang nggak dipakai lagi, merapikan dapur dan peralatan masak yang ada di lemari, dll.

Kalau saya termasuk yang suka menata ulang perabotan dan dekorasi di rumah. Misalnya lemari yang biasa terletak di pojok kanan, saya pindahin ke sebelah kiri. Pokoknya di putar-putar gitu deh letaknya, biar gak bosan 😊 Begitupun dengan dekorasi di rumah yang saya pindahin letaknya sesuka-suka saya, haha. Sesekali kalau sudah bosan dengan wallpaper dinding, saya pun ganti dengan yang baru. Biasanya saya belinya di toko online. Banyak kok wallpaper dinding yang bagus dan murah di sana.

Saya kadang juga beli lampu hias, stiker dinding, panel grid, dan hiasan-hiasan lainnya untuk mempermanis ruangan. Merapikan satu ruangan saja kadang gak bisa saya kerjakan dalam satu hari. Jadi lumayan bisa menyibukkan diri ya selama masa social distancing. Paling nggak saya gak perlu nguprek-nguprek keluar rumah untuk mencari wallpaper dinding dan apa aja yang dibutuhkan 😊

Membaca Buku dan Menonton Film

Yang hobi baca buku bisa puas-puasin deh baca bukunya. Begitu juga bagi yang suka menonton film. Beberapa teman ada yang bilang kalau mereka bisa melahap banyak buku dalam sehari. Sedang teman yang lain katanya bisa maraton nonton film, sampai entah sudah berapa judul yang ditonton. Pokoknya di saat social distancing ini kamu bisa mengerjakan hobimu. Tapi kalau kamu hobinya mancing, mancingnya di bak kamar mandi aja ya. Jangan mancing di luar rumah, itu sama saja kamu mancing masalah :D

diskon dan promo tokopedia ramadan

Kalau saya suka keduanya, nonton film dan baca buku. Jadi di waktu senggang, kalau lagi pengen baca buku, ya baca buku yang biasanya hanya dianggurin di rak. Kalau lagi pengen lebih santai ya nonton film sambil rebahan. Nonton bareng keluarga juga asik. Etapi mesti akur ya, jangan sampai rebutan karena si A mau nonton ini, dan si B maunya nonton yang itu XD

Bagi yang memiliki anak, agar anak gak bosan, lakukan berbagai aktivitas menarik, seperti melakukan permainan edukasi dari gawai, mendongeng, melakukan percobaan sains, bikin prakarya bersama, dan bisa bikin video juga kalau anaknya suka bermain tik tok. Lakukan aktivitas tersebut secara beragam dan menyenangkan.   
   

Olahraga dan Perawatan Diri

diskon dan promo tokopedia ramadan

Menjaga kesehatan tak hanya dari asupan makanan saja, namun juga dengan cara rutin berolahraga. Ada olahraga yang bisa dikerjakan di rumah, misalnya senam dan yoga. Agar lebih semangat lagi senam dan yoganya, saya melakukannya sambil menonton gerakannya secara online di Youtube.

Oiya, jangan lupa juga untuk berjemur juga ya. Berjemur yang baik kata ahli kesehatan adalah dengan cahaya matahari sebelum pukul 10 pagi, serta hindari berjemur lewat dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore, karena bisa merusak kulit. Berjemur pun tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja. Sinar matahari bagus buat kesehatan kulit serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

diskon dan promo tokopedia ramadan

Nah, setelah mengerjakan semua aktivitas di rumah, saya bisa memanjakan diri dengan melakukan perawatan diri. Iya dong, masa kemarin-kemarin gak sempat merawat diri, trus gak bisa me time juga selama masa social distancing. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah, misalnya maskeran, luluran, perawatan kuku dan tangan, mandi susu, dll.

Semua kegiatan di atas bisa dikerjakan bersama dengan keluarga lho. Jadi selama masa social distancing bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan dengan sesama anggota keluarga atau family bonding.

Mengingat puasa tak lama lagi akan datang, tak ada salahnya untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut bulan suci Ramadan. Walaupun sebenarnya saya sedih karena ada kemungkinan tak bisa melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid, dan suka cita lainnya yang biasanya hanya ada di saat bulan Ramadan.

Beberapa persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan terus menjaga kesehatan dan stamina fisik dengan membiasakan diri dengan pola makan saat Ramadan, meningkatkan amal ibadah, bertaubat, membersihkan hati dari berbagai sifat buruk, tak lupa membersihkan rumah, dan kalau bisa persiapan keuangan juga agar bisa mengisi amplop lebaran, hehe.

Oiya mumpung ingat, saya mau ngasih info juga buat kamu nih. Seperti saya, kamu pasti juga ingin bisa berhemat kan ya, agar kondisi keuangan gak gitu terguncang selama wabah Covid-19 melanda. Makanya saya kalau belanja suka nyari barang yang lagi ada diskon dan promo gitu. Pengennya pas Ramadan nanti semua kebutuhan bisa terpenuhi.

Nah, saya nyari-nyari info siapa aja yang ngasih diskon dan promo saat Ramadan nanti. Nemu dong, ada Ramadan Ekstra Tokopedia. Saya lihat ada 8 kejutan menarik yang ditawarkannya untuk Ramadan. Penasaran kan, apa aja. Salah satunya ada Crazy Deals yang udah di mulai dari tanggal 1 April kemarin. Untuk info promo lainnya silakan meluncur ke sana ya 😊

Yuk #DiRumahAja, agar penyebaran Covid-19 dapat dicegah. Kalau mau belanja untuk memenuhi berbagai kebutuhan sebaiknya diusahakan beli online aja, agar kita gak terlalu sering keluar rumah. Kita jaga kesehatan aja, di rumah. Tetap lakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, di rumah. Dan jangan lupa terus beribadah serta berdoa agar pandemic Covid-19 ini segera berakhir. Amiin. 





Sumber foto: Pixabay

  • Share:

You Might Also Like

19 comments

  1. Semua list diatas jadi jadwal hari2 sekarang kecuali nonton film. Saya sesekali aja nonton kalo pas pingin banget

    BalasHapus
  2. Untuk masa sekarang, walau bosan harus kreatif mencari kegiatan menarik ya. Contohnya seperti dalam tulisan ini.

    BalasHapus
  3. Aku pun pengin teriak BOSAAAANNN, teriaknya pake toa Masjid biar makin mantab jiwa, Mba :)
    Tapii ya OK baiklaahhh, kadang kita memang musti deal dgn hal2 yg tdk menyenangkan dalam hidup.
    Semoga ini semua segera berakhir ya Mbaaaa

    BalasHapus
  4. selama social distancing ini sebenrnya banyak banget yang bisa dilakukan yaaa, tapi terkadang karena udah lumayan lama , rasa bosan kadang menghampiri, tapi tetep harus semangat demi kebaikan bersama

    BalasHapus
  5. Banyak hal ya yang bia dilakukan selama social distancing, biar eggak jenuh. Banyak hobi juga bisa dilakukan selama harus di rumah

    BalasHapus
  6. Iya nih, anak-anak mulai kangen dengan aktivitas sekolah.
    Semoga wabah ini cepat berlalu.
    Meski #DirumahAja persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan dan Syawal tetap harus dilakukan ya. Untung ada promo dan diskon dari Tokped ya. Siip, mba.

    BalasHapus
  7. Emang rindu main keluar yah kalau lagi social distancing begini. Semoga cepat kembali lagi seperti biasa

    BalasHapus
  8. Selama di rumah aja jadi rajin masak ya sis :-D Sehari masak berapa kali? bolehkah kapan-kapan dikirimin rendang ke rumahku sekalian kirimin sayurnya beli pas promo aja ntar

    BalasHapus
  9. Saya blm sempat merasa bosan krn sampai hari ini masih harus tugas ke luar rumah. Nah..kegiatan2 ini bisa jadi rujukan bila nanti saya kebagian WFH juga..

    BalasHapus
  10. saya itu mam pagi masak, lanjut nyapu, luluran, mandi, makan, nonton, rebahan, makan lagi sosmed walking. pokonya itu2 aja deh. Tapi alhamdulillah menyenangkan

    BalasHapus
  11. Aku social distancing kupakai buat eksplore macam macam resep mbak. seneng karena ada anak anak yang bantuin. Kalau biasanya kan masak sendiri kurang seru ya, sekarang ada yang bantuin jadi seneng uplek di dapur

    BalasHapus
  12. Aku masak mbk, dapur malah kayak daour umum, ngebul terus, dah, berhatap banget covid 19 segera berakhur aamiin

    BalasHapus
  13. iya ya banyak hal yang bisa dilakukan di rumah dalam mengisi masa-masa social distancing ini.. Alhamdulillah anak2ku ga ada yg ngeluh bosan sih..umi abinya aja yang pengen ngider hahaha

    BalasHapus
  14. Bener banget mba, berhari-hari #dirumahaja memamg rentan membuat kita bosan. Apalagi anak-anak. Mereka maunya mainan terus keluar tapi ya sebisa mungkin dibujuk biar mau mainan di dalem atau halaman aja. Nah buat aku suka masak dan nonton drakor hahaha.. mayan ngilangin stress.

    BalasHapus
  15. Aku jadi rajin berjemur mba wakakak, sejak wabah menyerang negara kita
    Memasak juga setiap hari dilakukan, tapi pengen yang bikin roti gitu cuman belum punya oven

    BalasHapus
  16. Karena aku aslinya sering di rumah, jadi gak terlalu banyak perubahan sejak ada Covid-19 ini. Paling psikis nya sih karena berita kan di mana-mana kaya menakutkan gitu. Makanya kudu tetap waras

    BalasHapus
  17. Tuh kan, berjemur sebelum jam 10 kan. Jadi bingung lo ini mana yang mau diikuti. Ada yang bilang jam 10 lebih, ada yang bilang kurang dari jam 10. Ngilu pala berbi :))

    Alhamdulillah bisa mengurangi tumpukan buku yang belum dibaca nih.Pelan-pelan mulai baca novel lagi aku.

    BalasHapus
  18. aku stay ata home tapi pekerjaan dan tugas banyak aja karena sedang sekolah mbaa..memang harus semangat dan disipliiin nih

    BalasHapus
  19. Karena belum terkena penerapan WFH saya masih belum bosan di rumah. Masih banyak PR juga seperti poin-poin di atas karena memang itu yang harus dikerjakan kalau sepulang dari bekerja.

    BalasHapus