Anugerah Bunda Teladan 2020, Apresiasi Foodbank of Indonesia Untuk Para Bunda Relawan

By Dewi Sulistiawaty - Desember 31, 2020

 Ribuan kilo jalan yang kau tempuh

Lewati rintangan untuk aku anakmu

Ibu ku sayang, masih terus berjalan

Walau tapak kaki, penuh darah penuh nanah

Seperti udara, kasih yang engkau berikan

Tak mampu ku membalas, Ibu

Ibu

Ingin kudekap dan menangis dipangkuanmu

Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu

Lalu doa-doa, baluri sekujur tubuhku

Dengan apa membalas, Ibu

 

Sepenggal lagu berjudul “Ibu”, lagu yang pernah dinyanyikan oleh Iwan Fals, yang kemudian di-cover dengan indah oleh Danes Rabani. Lagu yang mampu membuat hati terharu bagi yang mendengarkannya. Liriknya mengingatkan kita pada sosok ibu yang tegar dan kuat, yang mampu menerjang apapun demi anaknya.

Selain dalam bentuk lagu, sosok ibu juga digambarkan dalam bentuk puisi, lukisan, hingga dibuatlah hari yang kita peringati setiap tahunnya sebagai Hari Ibu. Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember sebagai bentuk penghormatan kepada sosok ibu.

Dalam rangka memperingati Hari Ibu dan juga menutup kampanye “Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia” tahap 1 tahun 2020, Foodbank of Indonesia (FOI) menyelenggarakan sebuah acara awarding, yaitu “Anugerah Bunda Teladan 2020”, dengan mengusung tema “Kasih Ibu Wujudkan Akses Pangan Bangsa”. Acara yang didukung oleh Lotus Marketing & PR dan MyPro Komunika Indonesia, serta disponsori oleh Susu Bendera tersebut dilaksanakan secara virtual pada hari Selasa, 29 Desember 2020 via Zoom Webinar.

Anugerah Bunda Teladan 2020
Anugerah Bunda Teladan 2020 via Zoom Webinar 

Hadir pada acara tersebut Ibu Lenny N. Rosalin selaku Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Bapak M. Hendro Utomo selaku Founder Foodbank of Indonesia, serta tiga orang dewan juri yang terdiri dari Dr. Ira Paramastri, MSi selaku Dosen Psikologi UGM, Danang Sasongko selaku Direktur PAUD Institute, dan Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD selaku Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB.

Seperti yang kita semua tahu, ibu memegang peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak, dengan merawat dan memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk dalam memberikan asupan makanan bernutrisi bagi anak-anak dan juga keluarganya. Apa yang ibu berikan, itulah yang dibawa anak untuk dijadikan bekal baginya tumbuh hingga besar nanti.

Permasalahannya adalah masih banyak anak-anak di luaran sana yang belum beruntung untuk mendapatkan akses pangan yang layak. Sebagian besarnya disebabkan oleh permasalahan ekonomi dalam keluarga. FOI sendiri berupaya untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Salah satunya dengan menjadi jembatan antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan.

FOI juga mendukung negara dalam mencapai kedaulatan pangan, seperti yang ditargetkan oleh SDG’s (Sustainable Development Goals). Namun untuk mencapai tujuannya, FOI membutuhkan bantuan dari semua pihak, termasuk peran para relawan bunda dan yanda untuk mewujudkan visi dan misinya demi keterbukaan akses pangan bangsa, agar tidak ada generasi yang ‘hilang’.

Melalui kegiatan Anugerah Bunda Teladan 2020 diharapkan menjadi bentuk apresiasi bagi para relawan bunda dan yanda atas kontribusi terbaik yang telah diberikan bagi FOI, lingkungan sekitar, dan juga bangsa Indonesia. Pemberian anugerah ini bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, sehingga sekaligus menjadi ajang untuk menunjukkan peran penting seorang ibu bagi ketahanan pangan keluarga.

Ibu Lenny sendiri menyambut baik terselenggaranya acara ini. Tak hanya itu, beliau juga sangat mengapresiasi semua kegiatan dan program yang telah dilakukan oleh Foodbank of Indonesia. Menurut Ibu Lenny dari sejak awal FOI sudah memiliki komitmen yang luar biasa dalam mengangkat isu anak dan perempuan.

Anugerah Bunda Teladan 2020
Ibu Lenny N. Rosalin

“Saya dengar sudah hampir 3.300 bunda dan yanda yang bergabung jadi relawan dalam Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia, dan itu sudah tersebar di 15 kabupaten/kota. Ini sangat luar biasa ya pergerakannya, ada sekitar 20.700 balita yang telah mendapatkan akses pangan dan merdeka dari rasa lapar, khususnya di masa pandemi ini,” ujar Ibu Lenny dalam sambutannya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh FOI di bulan Agustus tahun 2020 ini, ada sekitar 40-50% anak yang tidak sarapan, dan belajar dengan kondisi perut kosong. Kondisi ini tentu saja sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak tersebut. Ibu Lenny berharap langkah-langkah konkret yang telah dilakukan oleh FOI untuk menyelamatkan anak-anak Indonesia dengan meningkatkan akses mereka terhadap pangan dapat terealisasi dengan baik.

Semua ini tak lepas dari kerangka besar kita untuk bersama-sama mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing, yang menjadi cita-cita kita semua. Dan untuk memulainya tentu saja harus diawali dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), balita, anak usia prasekolah, hingga anak sekolah dasar.

“Kami dari Kementerian PPPA memberikan apresiasi pada semua pihak, khususnya Foodbank of Indonesia. Mudah-mudahan Anugerah Bunda Teladan 2020, yang baru kali ini diselenggarakan dapat terus terlaksana. Kerja kita semua demi 80 juta anak-anak Indonesia yang kita cintai. Kami ingin terus bisa bermitra dengan FOI untuk permasalahan yang terkait pembangunan anak dan perempuan di Indonesia. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia Maju,” pungkas Bu Lenny.

Bapak Hendro menambahkan bahwa makanan membawa peranan yang penting bagi tumbuh kembang anak, sehingga anak bisa menjadi generasi kuat. Baik itu tumbuh kembang anak dalam hal pendidikan, kesehatan, ekonomi, kreativitas, dsb. Meskipun masih kecil, anak juga merupakan seorang manusia yang memiliki hak yang sama dengan orang dewasa, termasuk hak dasar untuk mendapatkan akses pangan yang layak.

“Periode keemasan pertumbuhan anak terjadi pada masa 1000 HPK hingga usia 5 tahun (balita). Di masa ini anak juga butuh distimulasi sehingga bisa tumbuh dengan baik untuk periode berikutnya. Sayangnya, untuk bisa masuk ke mulut anak-anak kita, khususnya balita, banyak hal yang mempengaruhinya. Terutama balita yang sangat tergantung pada ibunya, dan tentu dengan support dari suami dan keluarganya,” jelas Bapak Hendro.

Lanjut Bapak Hendro mengungkapkan bahwa terkadang ada anak yang makanannya sudah tersedia, namun aksesnya terhadap pangan yang baik tersebut yang tertutup. Contohnya orangtua yang bekerja, termasuk ibunya, sehingga asupan makanan sehat untuk anaknya tidak terperhatikan, atau ada juga yang orangtuanya tidak memiliki pengetahuan yang cukup terkait makanan sehat dan baik untuk anaknya.

Peran ibu dan pendamping balita sangat penting. Untuk itu FOI bersama akademisi, seperti dari UI, IPB, dan UGM bergerak bersama dengan ribuan bunda dan yanda pendamping anak-anak dan balita dari PAUD dan TPA untuk membuka akses pangan. Tercatat hingga bulan Desember 2020 ini sudah lebih dari 20 ribu balita yang terbuka akses pangannya.

“Ini menjadi modal awal, sehingga nanti 2021 kita bisa terus bergerak. Untuk itulah kita mengadakan penghargaan ini, untuk para bunda dan pendamping balita yang telah bergerak bersama-sama dalam 5 bulan ini, supaya lebih semangat lagi. Bareng-bareng kita membangun generasi Indonesia yang kuat. Tahun depan kita akan teruskan kampanye Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia ini, dengan menghidupkan kembali budaya Dapur Indonesia. Terima kasih untuk para bunda yanda yang terus bergerak di bawah tanpa pamrih. Ini sangat luar biasa, dan menjadi penyemangat kita,” ungkap Pak Hendro.

Dalam acara ini hadir juga para relawan FOI, diantaranya ada Ibu Sukini dan Ibu Endang. Kedua bunda ini menceritakan pengalamannya selama menjadi relawan FOI. Seperti Ibu Endang yang menceritakan pengalamannya saat terpeleset sepulang dari packing donasi di salah satu daerah. Perjalanan yang harus dilaluinya bersama relawan lain dengan berjalan kaki, dengan kondisi saat itu lagi hujan deras. Namun rasa lelah tsb hilang saat mengingat orang-orang yang akan menerima manfaat nantinya.

Anugerah Bunda Teladan 2020
Relawan FOI, Bunda Sukini dan Bunda Endang

Danes Rabani yang turut hadir dalam acara ini mengatakan bahwa sebagai penyanyi dan penulis lagu, ia juga ingin nanti besar bisa seperti papa mamanya. Bisa menjadi orangtua yang baik. Lagu berjudul Seperti Dirimu yang diciptakannya merupakan ungkapan terima kasihnya pada orangtuanya, dan juga sebagai harapan untuk dirinya nanti.


Pemenang Anugerah Bunda Teladan 2020

Anugerah Bunda Teladan 2020
Pemberian Anugerah Bunda Teladan 2020 secara virtual

Lanjut ke sesi Anugerah Bunda Teladan 2020, dimana dalam pemberian penghargaan ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu kategori Bunda Menginspirasi, Lembaga Teraktif, dan kategori Bunda Teladan. Sebelum mengumumkan nama pemenang, panitia terlebih dulu membacakan nama-nama nominasi yang terpilih dalam masing-masing kategori.

Untuk Bunda Menginspirasi merupakan penghargaan untuk para bunda yang mencalonkan dirinya langsung sebagai nominasi, dengan ketentuan yang telah diberikan. Untuk Lembaga Teraktif merupakan Lembaga yang bergabung dengan FOI dan berani mencalonkan dirinya dengan mengikuti ketentuan yang ada. Sedangkan di kategori Bunda Teladan, nominasinya juga ditentukan oleh FOI berdasarkan keaktifan dan pergerakan para bunda selama ini. Berikut nama-nama pemenang yang berhasil memperoleh penghargaan.

Kategori Bunda Menginspirasi

Juara 1: Sri Utami

Juara 2: Nurhayati

Juara 3: Rini Agustiani

 

Kategori Lembaga Teraktif

Juara 1: PAUD Taman Firdaus Tebet, Jakarta Selatan

Juara 2: TK Iftikhori Huntara Sumur, Pandeglang

Juara 3: TPA Baitul Afif Bantul

 

Kategori Bunda Teladan

Juara 1: Srinatin

Juara 2: Evi Hanafiah

Juara 3: Meiki Mulyani

 

Sebelumnya FOI telah menyelenggarakan sebuah kompetisi Lomba Masak Ikan Ibu & Anak. Pengumuman nama pemenang lomba juga disampaikan pada saat pengumuman pemenang Anugerah Bunda Teladan 2020 ini. Berikut nama-nama Ibu dan Anak yang berhasil memenangkan kompetisi memasak ikan tersebut.

Juara Favorite 1: Nani Triana – Yusuf Husain

Juara Favorite 2: Ai Inayah – Mutia

Juara Favorite 3: Woro Kristihana Fauzi – Alvino Yusuf

 

Harapan 1: Nurjanah – Habibi

Harapan 2: Rinni Oktaviani S – Destya Dwi

Harapan 3: Erin Kalyman – Maliqa

 

Juara 1: Nani Triana – Yusuf Husain

Juara 2: Resti – Fahmi

Juara 3: Woro Kristihana Fauzi – Alvino Yusuf

 

Selamat untuk seluruh pemenang Anugerah Bunda Teladan 2020. Semoga bisa terus memberikan kontribusi baiknya untuk 80 juta anak Indonesia. Bagi bunda dan yanda yang lain, ini bisa menjadi motivasi untuk lebih semangat lagi memberikan yang terbaik untuk anak Indonesia, dan juga lingkungan sekitarnya. Harapannya melalui kegiatan penghargaan ini akan ada lebih banyak pihak lagi yang tergerak untuk ikut serta dalam pergerakan membuka akses pangan di Indonesia. Amiiin

Acara Anugerah Bunda Teladan 2020 kemudian ditutup dengan pembacaan puisi inspiratif tentang Ibu oleh Vonny Anggraini, dan juga lagu berjudul Ibu yang dinyanyikan dengan sangat merdu oleh Danes Rabani. Selamat Hari Ibu untuk seluruh ibu dimana pun berada. Sampai jumpa lagi di Hari Ibu dan juga Anugerah Bunda Teladan tahun depan ya! 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments