Tetap Aktif Ngeblog di Masa Pandemi

By Dewi Sulistiawaty - November 15, 2020

 

jual hosting

Dengan datangnya pandemi bukan berarti aktivitas ngeblog jadi berhenti. Malah mestinya bisa jadi lebih aktif dan produktif lagi ngeblognya, karena punya banyak waktu lebih selama di rumah aja. Banyak hal yang bisa dijadikan bahan tulisan. Seperti kegiatan yang dilakukan sehari-hari atau curhatan geje, layaknya kamu menulis di buku diary *eh emang masih ada yang pake buku diary, hihi….

Lalu apa saja keuntungan yang bisa diperoleh saat ngeblog di masa pandemi? Banyak kok hal positif yang bisa didapatkan dari ngeblog, apalagi di masa pandemi. Berikut ini adalah keuntungan aktif ngeblog di masa pandemi menurut aku ya.

1. Pengisi waktu luang yang positif

Bagi kamu yang punya waktu luang di rumah - karena memang kita disarankan agar sebaiknya di rumah aja agar dapat mengurangi penyebaran Covid-19, maka kamu bisa mengisinya dengan menulis di blog. Menulis dapat menghilangkan rasa bosan selama di rumah aja. Bahkan tak jarang saking asyiknya menulis, kamu bisa sampai lupa waktu lho!

2. Rilis stres

Ngeblog itu bisa diibaratkan virtual diary. Kamu bisa mencurahkan apa saja uneg-unegmu di sana. Apa yang menjadi beban di pikiran, bisa kamu tuangkan dalam tulisan di blog. Kamu bisa setting agar tulisanmu di blog tidak bisa dikomenin pembaca jika memang kamu gak mau, atau menyamarkan profilmu jika mau. Nah, biasanya setelah menuliskan curahan hati di blog, pikiran akan terasa lebih plong. So, ngeblog bisa kamu jadikan untuk merilis stresmu.

3. Mengasah kemampuan menulis

Semakin sering kamu menulis, maka biasanya akan semakin terasah dan semakin baik tulisan yang dihasilkan. Karena biasanya kamu akan terus belajar dari tulisan-tulisan sebelumnya, dan kemudian akan memperbaikinya. Banyak lho, penulis-penulis ternama yang mengawali karir menulisnya dari blog, misalnya Raditya Dika. Jadi yakinlah, jika kamu rutin menulis, maka kemampuan menulismu akan terus membaik.

4. Berbagi informasi dan pengetahuan

Sudah tahu dong, kalau saat ini hampir setiap orang mencari informasi lewat internet. Jika kita menulis di blog, semua orang dari seluruh penjuru dunia dapat membaca tulisan kita. Jadi bisa dikatakan pembaca blog kita bisa siapa saja dari berbagai negara di dunia. Begitupun dengan mereka yang mencari informasi di internet. Jika tulisan kita adalah yang mereka cari, berarti kita sudah berbagi informasi yang bermanfaat bagi orang lain.

5. Memperbanyak teman

Percaya deh, tak hanya media sosial saja, namun dengan ngeblog pun kita bisa menambah relasi pertemanan. Jika apa yang kita tulis bermanfaat, biasanya akan ada pembaca yang meninggalkan komentar di postingan tersebut. Bahkan tak jarang ada pembaca yang rutin berkunjung dan berkomentar di blog kita, jika tulisan kita menarik. Lama-lama pembaca ini bisa menjadi teman kita di dunia maya.

6. Menghasilkan uang

Siapa sangka aktivitas menulis di blog ternyata bisa menghasilkan uang. Saat ini sudah banyak brand atau perusahaan yang mulai melirik blog sebagai media untuk mempromosikan produk mereka. Jika menurut mereka tulisanmu menarik, maka bisa saja perusahaan tersebut menawarkan kerja sama untuk menuliskan dan mempromosikan produk mereka di blogmu. Tentu saja dengan imbalan sejumlah uang dan atau produk, atau apapun yang sedari awal sudah disetujui bersama.

Apalagi jika ngeblog di masa pandemi, dan ada yang mengajakmu bekerja sama, tentu ini dapat membantu menambah pundi-pundi keuangan. Kita semua tahu, bahwa pandemi telah menghancurkan hampir seluruh perekonomian masyarakat. Paling tidak, uang yang diperoleh dari ngeblog, bisa bermanfaat membantu perekonomian di tengah pandemi ini.

7. Berjualan

Tak hanya untuk menyalurkan hobi dan mengasah kemampuan menulis, serta untuk berbagi informasi saja, blog juga bisa kamu gunakan untuk berjualan lho! Walaupun ada media sosial yang kadang juga digunakan untuk menjual produk, masih banyak juga orang yang menggunakan blog untuk berjualan. Kamu bisa memajang semua produk jualanmu di blog. Lalu jika kamu mau, kamu bisa mempromosikannya di media sosial atau media chatting.

Kelebihan memajang produk jualan di blog adalah dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Blog jualanmu bisa saja muncul di mesin pencari, dan ditemukan oleh mereka yang memang sedang mencari produk yang kamu jual. Bagi kamu yang ingin menambah penghasilan di masa pandemi ini, bisa banget untuk mulai mencoba berbisnis atau berjualan di blog. Mulailah dengan menjual produk yang sedang banyak dicari orang ya 😊

Nah, itu beberapa keuntungan aktif ngeblog di masa pandemi menurut saya. Oiya, mungkin ada dari kamu yang masih bingung bagaimana caranya membuat atau memiliki blog. Kamu bisa cari caranya di internet ya. Untuk kebutuhan blog, kamu bisa memanfaatkan blog gratisan atau bisa juga menggunakan blog yang berbayar. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Namun jika kamu ingin serius dan terlihat lebih profesional, sebaiknya kamu menggunakan blog yang berbayar. Kamu bisa berlangganan layanan hosting dengan nama domain yang kamu inginkan. Dengan hosting berbayar, kamu bisa memiliki kebebasan dan otoritas penuh terhadap blogmu.

Masih bingung dimana bisa berlangganan hosting? Banyak kok yang jual hosting, misalnya di domainesia.com. Kamu tinggal meluncur saja ke website yang jual hosting tersebut. Nanti di sana ada paket-paket hosting dan domain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jika masih bingung, kamu bisa bertanya-tanya via layanan chat yang ada di website jual hosting tersebut. Selamat ngeblog ya!  

  • Share:

You Might Also Like

0 comments