Pengertian, Kelebihan, dan Kegunaan Flashdisk

By Dewi Sulistiawaty - Desember 24, 2020

 

flashdisk


Pengertian Flashdisk

USB Flash drive atau sering disebut Flashdisk atau UFD ini merupakan suatu perangkat penyimpanan data memori flash dengan tipe NAND, yang memiliki alat penghubung antara USB yang terintegrasi. Flashdisk ini berukuran kecil, ringan, dan bisa dibaca, serta ditulis. Flashdisk memiliki kemampuan penyimpanan kapasitas yang beragam, mulai dari 64 megabyte hingga 512 megabyte. 

 

Kelebihan Flashdisk

  1. Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar
  2. Memiliki ukuran kecil, dan cara menggunakannya yang simpel. Perlu kamu ketahui bahwa sebuah flashdisk bisa berumur panjang hingga 10 tahun, jika cara penggunaannya tepat. Cara penggunaan yang benar adalah dengan menghindari pencabutan flashdisk secara paksa, karena ini bisa menyebabkan data yang disimpan dan ditulis oleh flashdisk menjadi rusak, sehingga data pada flashdisk pun tidak dapat dibuka lagi. 

 

Bagi kamu pengguna UFD, disarankan untuk melakukan pencabutan perangkat ini dengan cara yang aman ya, karena hal ini akan berpengaruh pada umur flashdisk itu sendiri, karena hubungan baca/tulis yang terjadi antara komputer dan flashdiks sudah diamankan terlebih dahulu, serta arus pendek listrik yang bisa merusak komponen-konponen flashdisk bisa dicegah. 

3.           Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan, baik anak sekolahan maupun orang umum sekalipun. 

 

Kegunaan Flashdisk

  1. Mengunci dan Membuka Komputer

Flashdisk ini bisa digunakan sebagai sebuah ‘kunci’ untuk mengunci dan membuka perangkat komputermu. Caranya juga cukup mudah, kamu cukup mencolokkan flashdisk untuk membuka, dan saat flashdisk dicabut, maka seketika komputer PC akan otomatis terkunci (locked).

 

Untuk bisa melakukan hal ini, kamu harus memasang aplikasi bernama Predator. Fitur flashdisk ini berfungsi seperti ‘Lock Function Manual Windows’, namun jika menggunakan perangkat ini kamu tidak usah repot-repot memasukkan kata kunci. 

 

2.           Menghubungkan Ke Jaringan Wi-Fi dengan Cepat

Flashdisk bisa digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan Wi-Fi secara cepat dan sesegera mungkin, tanpa harus memasukkan kata kunci (password) berulangkali. Hal ini bisa dilakukan karena Windows memiliki fitur yang dapat menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang telah digunakan. Lalu data tersebut bisa kamu simpan di flashdisk dengan cara di klik ikon wireless, lalu klik kanan Wi-Fi yang baru saja kamu gunakan, dan pilih Properties.


Selanjutnya perhatikan Tab Connection, lalu klik link copy this network profile to a USB Flash drive, dan klik Next. Otomatis Windows akan menyalin konfigurasi dan pengaturan profile tersebut ke flashdisk. Jika kamu ingin menggunakannya di komputer lain, kamu cukup mencolokkan flashdisk, lalu double klik file setup NK.exe, maka profil jaringan akan  segera terinstal, dan komputer sudah siap untuk dikoneksikan. 

 

3.           Meningkatkan Kecepatan Komputer

Ternyata flashdisk juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer yang lambat lho. Caranya adalah dengan bantuan aplikasi readyboost. Apabila kinerja hard disk komputer lebih lambat dari flashdisk kamu, maka aplikasi ini akan membaca cache file yang sering dibuka dari flashdisk, sehingga dapat meningkatkan kecepatan PC. 

 

4.           Menginstal Webserver Portable

Dengan menggunakan flashdisk, kamu bisa memiliki web server yang bisa dibawa kemana-mana. Sebab, flashdisk ini juga bisa digunakan untuk web server portable. Dengan menginstal aplikasi server2go pada flashdisk, kamu sudah bisa menjalankan web server dengan cepat di PC manapun, tanpa harus melakukan instalasi lagi.

 

Tentunya hal ini sangat membantu, terutama jika kamu seorang web developer. Sebab, kamu bisa melakukan presentasi di mana saja 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments