Hempaskan Kerutan di Wajah dengan Erha21 Age Corrector Series

By Dewi Sulistiawaty - Maret 16, 2019


Pertama kali tahu Erha tuh saat saya sering wara wiri dari rumah di daerah Jati Padang ke tempat kerjaan di daerah Menteng, Jakarta. Gimana ceritanya? Jadi, dulu saat saya masih bekerja di salah satu instansi pemerintahan, saya mesti berangkat pagi dan pulang sore layaknya pekerja kantoran lainnya. Rute yang saya lalui adalah Buncit Indah – Mampang – Kuningan – Menteng. Tahu sendiri kan gimana macetnya lalu lintas di sepanjang rute tersebut saat rush hour gitu.

Saat lagi macet begitu, saya biasanya mengisi waktu dengan buka hape, atau kalau nggak melihat-lihat keadaan di luar bus dari balik jendela. Rutinitas seperti itu membuat saya jadi hafal berbagai sudut yang ada di sepanjang jalan yang saya lalui, termasuk salah satunya sebuah plang iklan besar di pinggir jalan, yang merupakan iklan Erha. Waktu itu saya belum begitu kenal dengan Erha. Sampai kemudian beberapa waktu belakangan ini saya mulai mendengar teman-teman saya membicarakannya. Nah lho, bicara tentang apaannya nih!

Yup, mereka membicarakan tentang Erha, yang papan iklannya saya lewati tiap hari itu, yang ternyata merupakan sebuah klinik perawatan kulit dan rambut yang bagus. Recommended, begitu mereka bilang. Mulai tertarik dong, apalagi menginjak ‘usia cantik’ ini, dimana kulit wajah mulai menampakkan guratan-guratan halusnya, seakan-akan ingin 'memamerkan' sudah berapa lama saya menjalani kehidupan ini, huhu. Sebenarnya selain faktor usia, kerutan di wajah itu bisa timbul karena faktor lainnya juga, diantaranya kulit yang sering terpapar sinar ultraviolet dari matahari, kebiasaan merokok, serta ekspresi wajah.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari, sudah ada produk sunscreen dan sunblock kan ya. Nah, kalau usia siapa yang bisa mencegahnya. Begitupun dengan ekspresi wajah. Nggak nyaman banget rasanya saat ada sesuatu yang lucu, tapi muka gak boleh menunjukkan ekspresi ketawa atau tersenyum lebar karena takut menimbulkan kerutan. Atau mengerutkan dahi secara spontan saat lagi berpikir, kesal, atau marah. Begitupun saat kedua alis yang reflek bergerak naik saat takut, terkejut, atau bahagia.
Daerah di wajah yang biasanya timbul kerutan, dan perubahan yang terjadi setelah dilakukan perawatan
Berbagai ekspresi wajah inilah yang lama-kelamaan dapat membentuk kerutan di dahi di antara alis, di dahi, di kedua sudut mata, dan sudut bibir. Apalagi seiring bertambahnya usia, dimana elastisitas kulit makin berkurang, seiring dengan menurunnya produksi lemak dan kolagen. Di sinilah dibutuhkan ketelatenan kita dalam merawat dan menjaga agar kerutan di wajah jangan sampai timbul. Kalaupun sudah ada kerutan, bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan treatment khusus anti-aging. Sekarang mulai banyak kan klinik-klinik kecantikan yang menyediakan berbagai macam treatment.


Erha Clinic di Kemang
Salah satu klinik kecantikan yang banyak direkomendasikan itu adalah Erha Skin, Hair & Laser Expert. Namun sayang banget, karena keterbatasan waktu, saya belum berkesempatan juga mencoba layanan perawatan di Erha Clinic. Selain letak kliniknya yang jauh dari rumah, untuk melakukan perawatan di klinik kan dibutuhkan waktu khusus juga. Saya mesti meluangkan waktu untuk itu :(

Eh, kemudian saya dapat informasi, kalau Erha Clinic punya fasilitas apotik sendiri, yaitu Erha Apothecary. Letak Apothecary ini di tempat-tempat yang strategis, seperti di mal. Kesempatan bagi saya untuk mencari produk anti-aging nya Erha di sana, sekalian pas mau belanja atau ada acara di mal, hehe...

Erha Apothecary yang ada di mal-mal besar
Senangnya lagi, untuk membeli berbagai produk skin care di Erha21 Apothecary ini tidak perlu pakai resep dokter lho! Biasanya kan untuk mendapatkan produk OTC (Out The Counter) itu kita mesti pergi dulu ke klinik dan konsultasi dengan dokter. Dikasih resep oleh dokter, baru deh dapet produknya. Nah, di Erha Apothecary gak perlu. Mengapa? Karena di Erha Apothecary ada dokter jaganya. Jadi sebelum membeli, pengunjung bisa konsultasi dulu dengan dokternya. Nanti akan dikasih saran produk apa yang cocok. Enak dan praktis ya :)

Di Apothecary inilah saya berkenalan dengan produk anti-aging, Erha21 Age Corrector Series. Erha21 Age Corrector Series terdiri dari serum dan moisturizer. Saya sudah mencoba kedua produk ini selama 6 hari. Seperti namanya ‘age corrector’, serum dan moisturizer ini berfungsi untuk mengkoreksi dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, dan merangsang pembentukan sel kulit yang baru.


Erha21 Age Corrector Serum

Produk Erha21 Age Corrector Serum ini dibungkus dalam paper box berwarna putih dan bersegel. Sedangkan kemasan produknya berbentuk botol berwarna hitam lengkap dengan pump. Tutup botolnya berwarna hitam transparan. Saya suka dengan kemasannya yang imut, sehingga praktis kalau mau dibawa-bawa. Pada bodi kemasan terdapat tanggal kadaluarsa dan cara pakainya.

Kiri serum dan kanan moisturizer
Jika membaca cara pakai yang terdapat pada kemasannya, maka serum ini sebaiknya diaplikasikan secara teratur pada pagi dan malam hari, setelah membersihkan wajah sebelum menggunakan pelembab. Saya pun mengikuti petunjuk tersebut. Pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah dengan facial foam atau scrub, saya oleskan merata di wajah, sebanyak sekitar 2 pump gitu.


Tekstur serum anti-aging nya berbentuk gel, berwarna putih. Awalnya saya pikir akan terasa lengket di kulit. Eh, ternyata nggak lho! Ketika serum nempel di kulit, dia langsung cair gitu dan menyerap di kulit, trus kering dan terasa ringan di kulit. Biasanya setelah itu saya suka menepuk-tepuk wajah dengan jari agar serumnya lebih meresap lagi.

Erha21 Age Corrector Serum merupakan high potency anti aging serum yang berfungsi mengatasi tanda penuaan, misalnya kerutan dan berkurangnya elastisitas kulit yang menyebabkan kulit kendur. Serum yang bisa diperoleh dengan harga 178.500 rupiah ini juga dapat membantu melembabkan dan mengembalikan kecerahan kulit. Kandungan antioksidan yang kuat, peptides, dan whitening agent-nya dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, dan menjadikan wajah tampak lebih cerah dan sehat.

Erha21 Age Corrector Moisturizer

Sama seperti Erha21 Age Corrector Serum, produk Erha21 Age Corrector Moisturizer juga dibungkus dalam paper box berwarna putih dan bersegel, serta pada bodi kemasan produknya juga terdapat tanggal kadaluarsa dan cara pakainya. Kemasan produknya pun imut berbentuk botol dengan pump, dan terlihat elegan dalam warnanya yang putih. Penutup botol berwarna senada, namun lebih transparan.

Cara pakainya sama seperti Age Corrector Serum yaitu teratur di pagi dan malam hari, namun moisturizer-nya diaplikasikan setelah penggunaan serum. Teksturnya hampir sama juga dengan serumnya, cuma agak thicky dikit aja, dan warnanya kuning. Saya juga menggunakan moisturizer anti-aging ini sebanyak 2 kali pump, dengan cara dituangkan ke punggung tangan. Cara ini baik untuk meminimalisir serum dan juga moisturizer tercampur dengan bakteri yang ada di telapak tangan. Oleskan merata di seluruh wajah dan leher.


Sama seperti serumnya, moisturizer ini juga cepat meresap di kulit. Walau terasa agak thicky, namun itu sangat tipis. Erha21 Age Corrector Moisturizer ini dibandrol dengan harga 209.500 rupiah. Harga ini sebanding dengan manfaat yang diberikannya, yaitu membantu mencerahkan dan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV dan radikal bebas. Kandungan Anti Aging  System dan Self Regenerative Stem Cell nya dapat merangsang pembentukan sel kulit yang baru.

Itu sedikit ulasan dan perkenalan saya dengan produk Erha21 Age Corrector Series. Karena baru menggunakan selama 6 hari, saya belum mendapatkan hasil yang maksimal. Wajar sih, karena prosesnya untuk tiap orang kan berbeda-beda, ada yang cepat ada yang selow. Bisa saja ini karena faktor jenis kulit, dan seberapa parah kerusakan yang sudah terjadi pada kulit tersebut. Paling nggak kulit wajah saya mulai terasa sedikit lembab, pori-pori yang gede perlahan mengecil, dan sedikit wrinkle di bawah mata mulai berkurang. Nanti akan saya update lagi di sini, jika sudah menggunakannya selama sebulan ya :)

By the way, jika kamu termasuk orang yang nggak sabaran, pengennya hasil yang cepat gitu, kamu bisa meluangkan waktu untuk berkunjung ke Erha Dermatology untuk melakukan instant treatment berupa Anti-Aging Treatment di Erha. Treatmentnya dapat berupa anti wrinkle injection dengan botox dan filler. Nanti sekitar 24 hingga 48 jam setelah treatment, kerutan dan kulit kendur di wajah akan hilang deh. Hasilnya dapat bertahan hingga 4 bulan.

Noted nih! Bagi saya melakukan perawatan kulit seperti ini bukan sekedar untuk cantik-cantikan atau buang-buang uang (beberapa mungkin ada yang beranggapan seperti itu ya) Namun bagi saya untuk kesehatan kulit juga. Bagaimanapun kulit yang sehat pasti lebih nyaman, dan enak dipandang kan. Apalagi bagi bu ibu yang memiliki suami. Tak ada salahnya tampil lebih segar dan cantik di depan suami. Uhuy! :D Oya hati-hati juga bagi kamu yang biasa belanja online, karena kemarin saya intip produk Erha21 Age Corrector Series ini juga dijual di beberapa toko online. Produk yang asli memiliki segel dikemasannya ya :)


Tambahan informasi lagi, saat ini Erha sedang ngadain promo lho untuk Advanced Anti Aging Treatment nya. Info lebih lengkapnya bisa kamu dapatkan di http://erha.co.id/awib_pr ya. Jika ingin mengetahui informasi lain mengenai Erha Skin, Hair & Laser Expert bisa berkunjung ke websitenya langsung di https://www.erha.co.id, dan akun Instagram Erha @erha.dermatology.  



Foto: pribadi dan Erha

  • Share:

You Might Also Like

81 comments

  1. Mpo suka malu kalau di foto / viseo kelihatan garis halus di mata.

    Hem perlu di koreksi nih wajah pakai ERHA .

    BalasHapus
  2. Produk anti aging gini kalo dipakenya sama ibu aku yang udah berumur ngaruh ndak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, kalau cocok mungkin bisa aja, Mba :)

      Hapus
  3. Reklamenya gede banget ya, ngaja kamu menghempaskan kerutan :)
    Cocoklah produk anti agingnya buat kita ya, yg butuh lebih licin lagi kulitnya supaya semut aja bisa kepleset

    BalasHapus
  4. wah baru tau sekarang erha ada produk anti-aging juga, dulu banyakan yang buat jerawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu berinovasi kali ya, Mba, ngasih solusi buat ngatasin masalah kulit wajah :)

      Hapus
  5. memang ya kalau hasil yang bener itu ya enggak instan hihi.. dan kayaknya erha bakal buat kulit kita glowing dan lebih sehat tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya ya. Sehat, itu yang paling penting :)

      Hapus
  6. Sepertinya aku harus mulai memperhatikan kulit wajah yang mulai muncul kerutan. Boleh juga nih rekomendasi produknya mbak :D

    BalasHapus
  7. Penasaran sama age corrector serumnya yang berbentuk gel mantul ituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada penasaran, mending langsung dicobain ya, Mbak :D

      Hapus
  8. wah, baru tahu ada produk ini. Usia 20an udah boleh pakai skincare seperti ini kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kayaknya cocok buat yang usianya udah menginjak kepala 3 kalau gak salah, Mba. Tapi untuk pastinya, sebaiknya tanyain langsung aja ke dokter jaga yg ada di Erha Apothecary :)

      Hapus
  9. jadi penyen coba, apalagi kalau ga lengket, soalnya kadang aku pake serum atau moisturizer tuh malah lengket dan ga enak di wajah

    BalasHapus
  10. Aku pakai Erha juga Mbak, pengalamanku, moisturizernya dipakai sedikit saja sudah mengcover area wajah. Jadi, ndak perlu makai banyak-banyak. Yang penting sering, teratur dan komplit udah gitu saja, mampu memberikan kesan wajah yang mulus, kinclong dan kenceng. Kusudah membuktikan Mbak

    BalasHapus
  11. Wah baru tahu ada produk skincare dan jadinya penasaran mau coba karena dah masuk ke usia cantik juga deh sist

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Erha udah lama sih Mba. Yuk, mulai rawat kulit wajahnya, Mba :)

      Hapus
  12. Ini produk barunya erha ya? Kalau produk anti aging kayak gini bisa dipake buat mulai umur berapa ya kak?

    BalasHapus
  13. Sepertinya aku mulai butuh Age Corrector si Erha21 ini, huhuhu. Usia ga bisa boong emang yah :D Syukurnya Erha punya produk yg dijual bebas begini, ga perlu konsul ke dokter. Thank's for the review, Mbak! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, enak sekarang ada Apothecary nya, Mbak.
      Sama-sama, Mbak :)

      Hapus
  14. bahagia bangeeet mba dapet skin care yang juara dan pas buat kebutuhan kulitmu ya mbaaa. Aku punya andalan jugaa..dan belum sempat pakai yang ini

    BalasHapus
  15. Frown lines, itu aku punya..kalau foto jelas banget..hiks.. Duh jadi mupeng dg perawatan yg bisa menghilangkan kerutan2 wajah ini..

    BalasHapus
  16. mantep nih ada buat anti agingnya jadi bikin aku tertarik buat coba juga

    BalasHapus
  17. Aku juga pakai Erha mba dan cocok karena lembab juga di kulitku selain kurangi kerutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, toss kalo gitu, Mbak :D
      Kalo aku kulit lembab yang kerasa banget, Mbak :)

      Hapus
  18. Bye-bye kerutan kalau begini. Saya suka resah kalau mikirin kerutan. Padahal kalau dipikirin malah jadi berkerut. Mending perawatan, ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buakaka....bener juga. Makanya gak usah banyak mikir deh, langsung di-treatment ajaah :D

      Hapus
  19. Dulu aku juga sempet pake erha.. tp berenti karena males hrs antri konsultasi. Tp skrg udh da obat yg ga perlu konsultasi lagi ya di erha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsultasinya bisa langsung aja di Apothecary nya, Mbaa

      Hapus
  20. Jadi semakin paham kenapa Erha jadi teman setia banyak wanita, karena memang produk skincare erha sangat efektif mengatasi permasalahan kulit ya.. baik kulit wajah maupun kulit kepala.. Alhamdullillah semakin nyaman saya menggunakan erha.

    BalasHapus
  21. Wah beneran ya ada dokter jaganya...saya mau pke produk erha ini tp ku bingung perlu apa aja...Tadinya mau ke kiniknya Erha aja, tp bs lgs juga ya konsul ke dokter jaga aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Bisa ke Apothecary nya aja langsung :)

      Hapus
  22. Wah enaknya sekarang bisa pakai produk erha tanpa resep dokter di klinik, soalnya yang aku tahu harus konsul dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sejak ada Erha Apothecary bisa langsung beli dan minta saran aja ama dokter jaga di sana, Mbak :)

      Hapus
  23. ini sama aja kan sama Erha pada umumnya karena ini untuk anti aging aja kan namanya RH21? yang artinya untuk orang dewasa gituu bukan sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini untuk orang dewasa, Mbak. Buat ngatasin masalah kulit yang biasa terjadi pada usia dewasa gitu, seperti kerutan dan kulit kendor :)

      Hapus
  24. Wah aku baru tau nih ada produk ini. Memasuki usia 25 uda waktunya banget buat merawat kulit supaya ga cepat mengalami penuaan dini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Yuk yuk mulai rawat kulit wajah, Mbak :)

      Hapus
  25. Sayang banget Bengkulu masih rada susah cari erha, kalo gak pesen online gak ada deh yg jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak kok yang dijual di toko online Mba. Cuma pastikan aja produk yang dijualnya asli ya :)

      Hapus
  26. Nah, ini kayaknya sesuai juga dengan kebutuhan kulit wajahku. Aneka polusi dan faktor usia emang bikin perubahan di wajah. Harus perawatan pakai Erha nih agar tetap lembab dan kenyal.

    BalasHapus
  27. Wah, praktis nih, tinggal sekali jalan ke ERHA langsung bisa konsultasi juga di sana juga. Kemarin sempat lewat di depan ERHA kak, tau gitu kemarin mampir aja kali ya

    BalasHapus
  28. banyak banget nih yang bahas soal erha. jadi penasaran karna belom pernah ke erha haha

    BalasHapus
  29. Wah keren yah anti aging seriesnya packagingnya keren. Oiya kok namanya ERHA 21 ini sama yah kayak ERHA biasanya? Atau bagaimna?

    BalasHapus
  30. Erha emg dr dulu oke yaa.. ku jg pernah pake erha. Rada trauma dikit sih. Tp kalo serumnya blm pernah pake. Boleh lah aku coba dulu. Mdh2an cocok nih..

    BalasHapus
  31. Wah baru 6 hari ya, minimal efeknya baru melembutkan ya Mbak. Kudu nunggu sebulan dan rutin pakenya supaya keliatan hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Baru 6 hari, kulit udah jadi lembut gitu :)

      Hapus
  32. Kak Dewi aku lagi pake Erha nih baru beberapa hari tapi bukan anti agingnya , aku lagi pake yang produk acne seriesnya itu lho dan Alhamdulillah cocok. Btw jadi pengen coba anti agingnya juga hehe.

    BalasHapus
  33. Uda usia plusplus kek aku gini...baru deeh bingun cari skincare yang cucok dan ampuh.
    Dan Erha menjawab semua kegalauan yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, usia plus plus XD
      Mending telat dari pada nggak sama sekali ya, Mbak :D

      Hapus
  34. Kalau aku awal tau Erha karena temen kosku dulu langganan perawatan di sana, Mba. Jadi kalau produknya abis, aku sering nemenin dia repurchase. Sedangkan diriku dulu masih cuek bebek, males rawat muka *hadeeehhh.

    By the way setujuu banget tentang tujuan merawat muka. Nggak melulu soal cantik. Tapi gimana biar kulit kita lebih sehat. Dan sebagai wujud rasa syukur kita juga loh. Udah dikasih tubuh dan wajah yang sempurna, jadi harus kita rawat sebaik-baiknya❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, kalo aku lebih ke kulit yang sehat sih. Yang lain bonus :D

      Hapus
  35. Walaaa kalau erha sih gak usah diragukan lagi.. bagus emang, banyak temen2ku yang pakai

    BalasHapus
  36. toss aku juga pake erha age corrector dong kak. muka jadi moise dan kenyal sik. insya allah awet muda bukan wacana ya kak

    BalasHapus
  37. Eaaa.. erha bisa mengehempaskan penuaan dini.. keren ini peoduk. Bikin penasaean pengen coba

    BalasHapus
  38. Beberapa hari ini baca review tentang produk ini katanya emang bagus. Aku jadi penasaran sama produk ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada penasaran, mending langsung dicobain deh, Mbak :D

      Hapus
  39. Mau coba ah.
    Ini bikin kulit wajah memerah gak Mbak?

    BalasHapus
  40. Tuk laki-laki bisa pake produk ini gak uni ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bisa deh. Tapi baiknya tanya langsung ke dokter ya. Di dokter jaga yang ada di Apothecary aja dulu kalo males ato malu ke clinic-nya, haha:D

      Hapus
  41. Dulu pernah lama pake erha, tapi semenjak keluar dari kantor dan ikut hijrah sama suami dan selalu pindah2 ke satu kota ke kota lain aku gak pake lagi, karena pernah salah satu kota erha gak ada tokonya hikssss... sedihnyaaa...

    BalasHapus
  42. Mba tetap awet muda kok serius haha. Dan bener deh, ekspresi wajah ini ngaruh ya. Makanya ak sering banget remind nih buat ga banyak kerung d bagian dahi

    BalasHapus