Kenali Ankylosing Spondylitis dan Psoriatic Arthritis Beserta Gejalanya

By Dewi Sulistiawaty - Maret 24, 2019

Pernah mendengar tentang Ankylosing Spondylitis dan Psoriatic Arthritis? Jujur, saya baru mendengarnya pada saat menghadiri acara konferensi pers yang membahas tentang keduanya. Di lidah saya kedua istilah ini awalnya agak sulit untuk diucapkan. Untunglah keduanya mempunyai singkatan, yaitu AS untuk Ankylosing Spondylitis, dan PsA untuk Psoriatic Arthritis. Lantas apakah AS dan PsA ini?

AS adalah penyakit kronis yang menyebabkan tulang belakang mengalami peradangan. Penyakit ini juga bisa membuat rusuk tulang belakang melebur, sehingga penderita sulit bergerak dan menjadi bungkuk.

Arthritis adalah peradangan pada salah satu atau beberapa persendian tubuh. Sedangkan psoriatic adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah pada kulit, dengan kerak berwarna putih di bagian atasnya akibat pembentukan sel kulit yang berlebihan dan sangat cepat. Jadi PsA adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh itu sendiri, dan menyebabkan nyeri pada sendi dan gejala-gejala lain.

Konferensi pers "Agen Biologi Sebagai Perawatan Inovatif untuk Ankylosing Spondylitis dan Psoriatic Arthritis"
Pada konferensi pers yang diselenggarakan oleh Novartis pada hari Kamis, 21 Maret 2019 di DoubleTree by Hilton Hotel Jakarta tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, dr. Rudi Hidayat, SpPD-KR, seorang Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Reumatologi RSCM, Jorge Warner, selaku Presiden Direktur Novartis Indonesia, serta dr. Adhiatma Gunawan dan drg. Rio Suwandi yang merupakan pasien AS dan PsA.

Heran ya, mengapa penyakit AS dan PsA bisa menyerang kedua dokter ini? Ternyata walaupun belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab timbulnya AS dan PsA, namun diduga faktor genetik adalah sebagai pemicunya. Makanya kedua penyakit ini tidak memandang usia. Serta ada fakta juga yang menyatakan bahwa penyakit AS lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Jika dibandingkan antara penderita pria dan wanita adalah 3 banding 1.  

AS dan PsA sangat mempengaruhi kondisi fisik dan juga kesehatan penderita. Tidak hanya penderita sendiri, kondisi ini juga berdampak pada keluarga penderita, baik secara psikologi maupun secara finansial. Sayangnya, kehadiran AS dan PsA yang ada di sekitar kita ini masih banyak yang belum menyadarinya.

Kondisi inilah yang akhirnya membuat Novartis tergerak untuk menyelenggarakan acara ini, dengan tujuan agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui informasi tentang penyakit AS dan PsA, serta untuk mendukung para penderita AS dan PsA agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Pada sesi bincang-bincang, dr. Adhi dan drg. Rio menceritakan tentang penyakit AS dan PsA yang menyerang mereka. dr. Adhi mengatakan bahwa beliau baru mengetahuinya saat didiagnosa terkena AS pada tahun 2012. Sebelumnya beliau malah sempat didiagnosa rematik. Gejala awal yang dirasakan dr. Adhi adalah tubuh terasa kaku, nyeri di persendian, serta punggung terasa sakit, terutama di bagian tulang punggung dan bahu.

dr. Adhi
“Jujur, saya sebagai seorang dokter pun awalnya juga tidak terlalu aware mengenai penyakit AS dan PsA. Saya pikir ini penyakit biasa saja. Karena seperti yang kita ketahui, ini bukan suatu penyakit yang umum dibicarakan. Dulu kepala saya sangat sulit digerakkan, seperti menoleh. Sekarang perkembangannya sudah lumayan baik,” jelas dr. Adhi.

drg. Rio ternyata lebih lama lagi mengetahui bahwa dirinya terkena PsA, yaitu 17 tahun yang lalu atau sekitar tahun 2002. Awalnya sejak mulai kuliah dimana serangan pertama terjadi di kulit. Lama-kelamaan nyeri terasa hingga ke persendian kaki. Saat memeriksakan diri ke dokter, barulah drg. Rio mengetahui bahwa dirinya terkena PsA.

drg. Rio dengan ruas jari yang nampak membengkak karena PsA
“Gejala awalnya itu mungkin di mulai 5 tahun sebelum saya mengetahui terkena PsA ya. Cuma waktu itu sama seperti dr. Adhi, saya pikir itu sakit biasa seperti asam urat atau kolesterol. Tapi kok ya nggak sembuh-sembuh. Setelah diperiksa ternyata PsA,” ungkap drg. Rio.

dr. Rudy
Sebagai seorang Spesialis Rheumatology. dr. Rudy pun menjelaskan dengan lebih rinci lagi mengenai AS dan PsA. AS dan PsA merupakan penyakit yang termasuk dalam kelompok penyakit rematik. Jadi dalam rematik ini terdapat lebih dari 100 jenis penyakit, diantaranya autoimun, infeksi, asam urat, lupus, dsb. Nah, AS dan PsA termasuk dalam bagian rematik autoimun.

Gambar tulang belakang dalam kondisi normal dan setelah AS

Ankylosing Spondylitis (AS)

Ankylosing artinya adalah menyatu, sedangkan spondylitis artinya tulang belakang yang meradang. Jadi bisa diartikan bahwa Ankylosing Spondylitis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan radang, terutama di tulang belakang. Tulang belakang di sini mulai dari leher, pinggang, pinggang bawah, sampai ke tulang ekor. Namun dalam fase tertentu, yang bukan bagian dari tulang belakang pun bisa ikut meradang, seperti tangan, bahu, lutut, panggul, atau pun engkel.  

Psoriatic Arthritis (PsA)

Arthritis artinya adalah radang di sendi, sedangkan psoriatic adalah autoimun yang menyerang ke kulit. Jadi Psoriatic Arthritic adalah radang di sendi pada mereka yang sudah menderita autoimun yang menyerang kulit. Berbeda dengan AS, maka pada PsA titik yang diserangnya lebih banyak di persendian perifer, seperti tangan dan kaki.   

Penyebab dan gejala Ankylosing Spondylitis dan Psoriatic Arthritis

Penyebab AS dan PsA adalah kombinasi dari beberapa faktor, seperti faktor genetik, kekebalan tubuh, dan faktor lingkungan. Namun faktor genetik diduga berperan besar terhadap timbulnya AS dan PsA. Kedua penderita, baik AS dan PsA cenderung positif memiliki gen HLA-B27. Namun itu tak berarti mereka yang memiliki gen HLA-B27 pasti terkena AS dan PsA, karena kenyataannya banyak juga orang yang memiliki gen ini yang tidak terkena AS dan PsA.

“Jika sudah didiagnosa AS atau PsA, kita harapkan segera dilakukan penanganan secepat mungkin. Saya juga gak mau ngasih harapan berlebihan atau kepastian kesembuhan pada pasien AS dan PsA. Istilahnya harus bisa dikontrol atau mencapai target remisi. Mengapa? Karena kalaupun bisa dihilangkan keluhannya, next time bisa kambuh lagi. Karena memang ini merupakan autoimun dan faktor genetik yang dominan, sehingga kita tidak bisa menghilangkan sama sekali faktor penyebabnya,” papar dr. Rudy.


Dampak yang terjadi  pada anggota tubuh penderita AS dan PsA
Gejala yang dirasakan oleh penderita AS dan PsA hampir sama seperti yang dikatakan oleh dr. Adhi dan drg. Rio tadi, yaitu rasa nyeri dan kaku di bagian tulang belakang dan sendi lainnya, dan ini biasanya terjadi di pagi hari. Gejala yang dirasakan terkadang hilang, dan muncul dalam rentang waktu tertentu.

Gejala ini disertai juga dengan kondisi fisik yang mudah merasa lelah dan kehilangan energi untuk beraktivitas, entesis atau peradangan yang terjadi di tempat melekatnya ligamen dan tendon dengan tulang, serta artritis atau peradangan sendi pada bagian tubuh lainnya.

Menurut dr. Rudy, perawatan terhadap penderita AS dan PsA harus dilakukan sesegera mungkin agar jangan sampai pada kondisi yang sangat merugikan, mulai dari nyeri, terjadi kecacatan, hingga penurunan kualitas hidup. Mirisnya, penderita PsA ini banyak terjadi pada pria dengan usia yang masih muda dan produktif, yaitu sekitar 20 hingga 34 tahun. Sedikit berbeda dengan AS yang bisa terjadi pada pria dan wanita dengan rentang usia yang agak lebar.  

Perawatan dan pengobatan

- Minum obat anti nyeri. Disarankan obat-obatan yang dapat mengendalikan radangnya, seperti obat anti-reumatik DMARDS. Jika tidak mempan dengan obat konvensional, bisa gunakan obat-obatan biologik.

- Rajin bergerak bagi penderita AS, karena semakin didiamkan, keadaan sendi akan semakin kaku dan nyeri. Bergerak juga dapat membantu mengurangi risiko kecacatan. Olahraga yang disarankan adalah renang.

- Terapi panas dan dingin bagi penderita PsA, atau fisioterapi bagi penderita AS.

- Injeksi steroid untuk penderita PsA, atau obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) untuk meredakan nyeri dan mengurangi peradangan.

- Operasi penggantian sendi bagi penderita AS dan PsA jika kondisi sendi sudah rusak parah.


Melihat bagaimana besarnya dampak yang harus ditanggung oleh penderita AS dan PsA, membuat Novartis sebagai perusahaan kesehatan inovatif tergerak untuk terus berupaya menemukan pengobatan yang inovatif, untuk meningkatkan dan memperpanjang hidup, serta dapat meningkatkan kualitas hidup para pasien. Informasi ini disampaikan oleh Mr. Jorge Wagner dalam pidatonya.

Menurut MR. Jorge, Novartis memiliki komitmen untuk terus memperluas aksesnya terhadap obat-obatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Novartis juga berkomitmen untuk selalu mengutamakan Continous Medical Education. Ini dibuktikan dalam 3 tahun belakangan ini, Novartis Indonesia telah mendukung pelatihan bagi lebih dari 10 ribu tenaga kesehatan.

Mr. Jorge
“Di tahun 2017, Novartis Indonesia telah meluncurkan SECUKINUMAB, sebuah terobosan pengobatan baru dalam perawatan penyakit PsA, dan telah masuk dalam Formularium Nasional. Sebagai Biologic Agent for AS and PsA, saya berharap Novartis dapat berkolaborasi secara berkelanjutan dengan seluruh stakeholder yang ada, baik pemerintah, asosiasi medis, pasien, serta rekan media dan blogger. Bersama kita bisa bantu pasien untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik,” pungkas Mr. Jorge.

Saya beruntung bisa hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan Novartis ini. Pengetahuan saya jadi bertambah mengenai penyakit rematik, yang ternyata jenisnya banyak sekali, termasuk di dalamnya AS dan PsA. Jadi tahu juga bahwa penyakit ini tidak dapat dianggap enteng, karena dampaknya yang sangat besar bagi penderita.

Hanya bisa berdoa agar para penderita terus semangat untuk melakukan perawatan, disiplin, dan mengikuti semua arahan dari  dokter. Bagi yang merasakan gejala yang sama seperti yang tertera di atas, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Seperti yang dianjurkan oleh Kemenkes, agar rutin memeriksakan kesehatan, sehingga semua penyakit dapat dideteksi sedini mungkin, dan segera dilakukan penanganan :)    




Foto: pribadi

  • Share:

You Might Also Like

29 comments

  1. Baru tahu ttg kedua penyakit ini. Duh, terus berdoa semoga kita semua dijauhkan dari keduanya. TFS mba..

    BalasHapus
  2. Miris dengan kedau penyakit itu, betapa rematik ada banyak jenisnya dan jika berkaitan dengan autoimun sepertinya butuh penanganan khusus. Semoga pasien tetap sabar dan tak patah semangat. Dalam hidup selalu ada optimisme akan penelitian dan kemajuan pengobatan, semoga saja kedia dokter tersebut tetap semangat menjalani hari dan bisa sembuh lagi Aamiin.
    Saya merasa diedukasi mengenai kedua penyakit di atas. Jelas saya baru tahu.

    BalasHapus
  3. Baca nama penyakitnya aja udah ngilu rasanya. Apa lagi begitu tau itu penyakit seperti apa. Terimakasih ya info lengkapnya 👍

    BalasHapus
  4. Ya ampun ngeri amat ya dampak penyakit (yang susah disebutkan namanya) ini, AS & PsA. Aku jadi harus aware nih sama diri sendiri & suami. Kalau anak2 belum ada kemungkinan kena kan ya?

    BalasHapus
  5. Wah ternyata bahanya juga ya kedua penyakit ini. Bisa menyebabkan kecacatan tubuh. Sedih pastinya para penderita

    BalasHapus
  6. Lihat foto-foto penderitanya jadi ngeri euy :(
    Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dijauhkan dari segala macam penyakit yaa, Mba. Aaamin

    BalasHapus
  7. Ya Allah, baru tahu tentang penyakit AS dan PsA, terima kasih artikelnya, jadi nambah pengetahun dan semoga pengobatan untuk penyakit ini semakin mudah dan pasien yang menderita sakit ini pun bisa sembuh dan beraktivitas normal

    BalasHapus
  8. saya baru mendengar tentang penyakit ini, ternyata bisa menyerang di usia muda juga ya dan efeknya pun cukup berbahaya.

    BalasHapus
  9. Duh kebayang kalau ada peradangan tulang belakang sakitnya seperti apa. Kalau otot punggung sakit (backpain) aja rasanya aduuuuh, susah mau ngapa-ngapain.

    BalasHapus
  10. Ternyata genetik membawa pengaruh juga ya terhadap penyakit radang sendi ini. Alhamdulillah sudah ada obatnya dan bisa mudah didapatkan

    BalasHapus
  11. Sekarang makin banya aja jenis penyakit. Memang bagusnya kalau ada keluhan yang gak sembuh-sembuh segera ke dokter. Biar tau pastinya sakit apa.

    BalasHapus
  12. Waduh saya baru ngeh dengan jenis penyakit ini mbak. Ternyata memang sebagian besar dari genetik ya?

    BalasHapus
  13. Bayanganku penyakit RA, ni ada lagi istilahbya yaa. Umumnya terjadi karena apa ha? Apa karena banhak6makan makanan yang mengandung kolesterol apa yg kebiasaan mager lama?

    BalasHapus
  14. Ternyata banyak jenisnya rematik ya mbak, aku kira cuma satu jenis aja. Ibuku pun mengalami rematik, jadi mesti rajin fisioterapi di rumah sakit.

    BalasHapus
  15. Duuh horor juga ya dampak penyakitnya. Sudah namanya susah eh ternyata dampaknya juga besar banget bagi kehidupan

    BalasHapus
  16. Waduh, ngeri juga ya penyakit-penyakit ini. Asli aku baru tahu. Gak ngeuh banget dengannya. Jadi kudu aware nih dengan penyakit ini. Walopun namanya keren, jangan sampe kena deh ya kita semua. :)

    BalasHapus
  17. Ya Allah mbak, ngeri ya . Saya kira sebab penuaan , ternyata ada faktor genetik juga.

    Bbrp waktu lalu , lutut sebelah kiri mayan nyeri kalau digerakan, tapi saya tetap usahakan bergerak. Ternyata memang harus bergerak ya. Agar tetap berfungsi dengan baik. Terima kasih ulasannya mbak. Jadi semakin aware dengan kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  18. Dari namanya aja udah bikin pusing. Ngeri juga ya penyakit ini. Harus makin aware dengan kesehatan. Sekilas gejalanya mirip penyakit biasa.

    BalasHapus
  19. Ternyata usia muda juga tak mampu mencegah penyakit ini ya, berarti ketika terasa gejala sedikit saja kudu memeriksakan diri bener bener agar penyebabnya segera terdeteksi...

    BalasHapus
  20. Bener juga ini penyakit sendii ini justru kudu bisa sering digerakin kalo ga gerak ini malah jadi kaku

    BalasHapus
  21. Membaca pengetahuan baru memperluas wawasan. Banyak hal yg perlu diketahui ya ternyata mba. Semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  22. Saya juga baru tahu tentang penyakit Ankylosing Spondylitis dan Psoriatic Arthritis setelah baca postingan ini. Istilah keduanya memang sulit diucapkan untung ya ada singkatannya AS dan PsA.

    BalasHapus
  23. Bahaya juga ya, harus benar-benar hati hati buat jaga kesehatan sendiri ini
    oh ya Mba, aku makasih lho sudah diingatkan untuk langsung cek kesehatan kalo ada gejala macam begini

    BalasHapus
  24. Duuhh...dampak penyakit ini kok bisa sampe terbungkuk2 gitu yaaa.. Selama ini kalau melihat para penderita rematik yang belum membungkuk aja udah kesian. Untuk bergerak aja kan sakit banget tuuhh..

    BalasHapus
  25. Ya Allah~
    Sedih sekali melihat ada yang menderita penyakit *yang namanya susah disebut.
    huhuu...

    Harus semangat olah raga yaa...dan makan makanan sehat.

    BalasHapus
  26. Kita harus tau yaaa Mba perbedaan antara AS dan PsA..dan memang aku sempat baca di beberapa sumber mengenai penyakit ini. di US lumayan banyak Mba penderitanya

    BalasHapus
  27. Wah kok ngeri banget sih liat gambarnya. Dikira asam urat, ternyata penyakit yang lebih mengerikan. Kudu cepat cek ke dokter ya.

    BalasHapus
  28. Jujur aku baru pertama kali dengar penyakit AS dan PsA ini mbak, taunya ya cuma kolesterol atau asam urat. Lihat gejalanya ngilu2 gitu di pagi hari mirip sama asam urat ya, haduuw. Kalau dibiarkan bahaya banget itu gambarnya bikin merinding. Harus selalu aktif gerak dan jaga kesehatan nih

    BalasHapus
  29. Aku baru tau penyakit ini mbak. Serem juga liat nya

    BalasHapus