Tips Mandi yang Sehat dan Berkualitas

By Dewi Sulistiawaty - Desember 22, 2018

~ Ayo siapa yang belum mandi. Kalo belum mandi badannya bau
Ayo siapa yang mau mandi. Aku aku akuuu….
Ayo sayang ibu mandiin, supaya badan jadi wangi
Ayo sayang ibu mandiin, supaya badan bersih ~

Lirik di atas merupakan penggalan lagu anak-anak yang menceritakan bagaimana pentingnya mandi agar badan tetap bersih dan wangi. Mengapa ya mandi itu penting? Karena dengan mandi berarti kita membersihkan tubuh dari semua debu, kotoran, dan keringat yang menempel pada kulit. Lalu bagaimana jika kita malas mandi? Kotoran yang menempel di tubuh bisa menjadi sarang penyakit, yang dapat menyebabkan kulit gatal, kusam, bau badan, bahkan yang lebih beratnya lagi dapat menimbulkan penyakit kulit berbahaya, seperti infeksi kulit yang parah. Duh, ngeri ya! :(

Sebaiknya mandi dilakukan berapa kali dalam sehari sih? Standarnya mandi dilakukan 2 sampai 3 kali sehari, yaitu pagi setelah bangun tidur, dan sore atau malam usai beraktivitas seharian. Namun tak jarang jika cuaca panas, atau sehabis melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, orang-orang mandi agar badannya terasa lebih segar. Selain dapat menyegarkan tubuh, mandi juga menjadi salah satu cara untuk merileksasikan tubuh, serta me-refresh pikiran dari segala kepenatan usai beraktivitas seharian.  

Makanya sejak kecil kita diajarkan mandi agar terbiasa hingga besar nanti. Namun mengguyur badan dengan air saja belum bisa dikatakan mandi yang bersih lho! Itu sebabnya ketika masih kecil, orangtua (biasanya ibu) sering memandikan anak-anaknya untuk memastikan tubuh mereka benar-benar bersih setelah mandi. Jadi, bagaimana caranya mandi yang baik itu? Berikut saya ulas beberapa tips mandi yang sehat dan berkualitas.

Metode Mandi yang Baik

Sebaiknya hindari mandi langsung usai beraktivitas, karena suhu tubuh masih dalam kondisi panas. Suhu tubuh yang panas bertemu dengan dinginnya air di kulit akan mengakibatkan ketidakseimbangan suhu di dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh jadi down sehingga mudah terkena flu dan masuk angin. Ada baiknya istirahatkan dulu tubuh sesaat sebelum mandi ya.

Biasakan mengguyur tubuh mulai dari bagian bawah terlebih dulu, baru berangsur-angsur menyiram bagian atas, yaitu mulai dari jari-jari kaki, lutut, perut, pundak, leher, dan terakhir bagian kepala. Metode ini digunakan agar suhu panas di dalam tubuh dapat dikeluarkan secara perlahan melewati rongga mulut, hidung, dan telinga. Setelah itu baru guyur tubuh dari atas seperti biasa.

Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat

Sesekali mandi dengan air hangat tak ada salahnya, karena air hangat dapat melancarkan aliran peredaran darah dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun jangan terlalu sering juga ya, karena air hangat dapat membuat kulit kering, sehingga kelembaban alaminya bisa hilang.

Hindari Mandi yang Lama

Tak hanya boros air dan waktu, mandi yang lama juga dapat menyebabkan kulit kering. Bukannya jadi bersih, kulit malah jadi kurang sehat. Mandi yang lama bukan berarti mandinya sudah bersih lho! Menurut para ahli, mandi itu cukup sekitar 15 menit saja, yang penting mandinya bersih ya :)

Gunakan Sabun Mandi yang Cocok

Ada yang mandinya sekedar diguyur air saja? Hmm, ini belum bisa dikatakan mandi yang bersih lho! Karena debu dan kotoran yang menempel di kulit belum terangkat seluruhnya jika hanya disiram dengan air saja. Gunakan sabun yang lembut, yang cocok dengan jenis kulit kita. Sebaiknya gunakan sabun dengan pH yang seimbang, untuk menghindari iritasi pada kulit.

Gosok Tubuh dengan Lembut

Jika kamu berpikir menggosok kulit dengan keras dapat menghilangkan kotoran di kulit, maka kamu harus membuang pikiran tersebut jauh-jauh. Bisa saja sih kotorannya hilang, namun gosokan yang keras dapat menghilangkan pelindung alami yang ada pada kulit. Sebaiknya gunakan lap mandi berbahan katun atau lembut lainnya untuk menggosok tubuh ya. Gunakan lap mandi yang bersih tiap digunakan. Jika tidak ada, menggunakan tangan sendiri juga bisa kok.

Bilaslah Tubuh dengan Baik

Terkadang ada beberapa anggota tubuh yang tidak terbilas air dengan baik, dan masih ada sabun yang menempel di kulit. Ini biasanya terdapat pada bagian belakang tubuh atau punggung, dan bagian lipatan. Pastikan seluruh tubuh dibilas dengan baik, karena sabun atau produk yang masih menempel pada kulit, dapat menyumbat pori-pori, yang dapat mengakibatkan kulit iritasi, atau penyakit kulit lainnya.

Gunakan Air Bersih

Sudah menggunakan sabun yang bagus dan cocok dengan kulit, dan menjalankan semua metode mandi yang benar, namun kualitas airnya kurang baik? Ini juga berpotensi mengganggu proses mandi yang sehat. Jika sumber airnya keruh dan berbau, kamu mesti memasang instalasi filter air untuk menyaring air, hingga air jadi jernih dan layak digunakan. Menggunakan air yang tidak layak dapat mengganggu kesehatan kulit.

Gunakan GENIE Hand Shower


Bagaimana jika air tersebut kotor, berkapur, dan berlumut karena hand shower-nya? Sepertinya masalah ini sudah umum terjadi ya. Hand shower yang sering dialiri air hingga berlumut di bagian dalamnya. Belum lagi jika ada kotoran dan kapur yang terangkut lewat aliran air, yang kemudian nyangkut di dalam hand shower. Satu-satunya cara yang biasa saya lakukan adalah dengan mencongkel lubang menggunakan jarum sambil sesekali menyiramnya dengan air, hingga kemudian kotoran dan lumut yang menyumbat keluar. Benar-benar merepotkan deh!

Hand shower yang mudah berkarat
Sering tersumbat karena kotoran
Tekanan air yang kurang kencang
Terkadang saat membilas tubuh, lumut dan kotoran tersebut keluar, dan nempel di rambut dan kulit. Mandi jadi serasa nggak bersih kalau hal ini terjadi. Jika tak ada cara lain lagi untuk membersihkan hand shower tersebut, maka cara satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan hand shower yang baru. Jadi boros dong ya? :(


Makanya saya senang banget berkenalan dengan GENIE Hand Shower. Ketika itu saya berkunjung ke Gandaria City Mall pada hari Sabtu, 15 Desember 2018 dalam rangka menghadiri acara Community Gathering GENIE Shower for Good . Mengapa saya senang mengetahui kehadiran GENIE? Karena GENIE Hand Shower menjadi solusi untuk permasalahan hand shower yang selama ini saya alami. Nah, GENIE Hand Shower ini merupakan salah satu produk inovasi terbaru dari American Standard. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dong dengan nama brand yang satu ini? Kebetulan saat saya ke sana sedang berlangsung kampanye donasi – Shower for Good with GENIE di lantai lower ground mal.


(Kiri - kanan) Bpk Arfindi, Staf LIXIL, Ibu Gibthi dari UNICEF, Tanya mewakili Millennial Mom, dan
Bpk Iwan Irwanto selaku Country General Manager LIXIL Indonesia
Foto bersama
Dalam kampanye ini, American Standard yang merupakan bagian dari LIXIL Corporation menargetkan penjualan 1.000 unit GENIE Hand Shower, yang nanti keseluruhan hasil penjualannya akan disumbangkan untuk Program LIXIL-UNICEF ‘Make A Splash’. Rencananya donasi ini akan digunakan untuk membantu pemenuhan hak akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak bagi anak-anak kurang mampu. Jadi, khusus saat penjualan amal ini, GENIE Hand Shower dijual dengan harga spesial lho! It should be appreciated! :)

Bpk Arfindi
Pada acara tersebut, Bapak Arfindi Batubara, selaku Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia menjelaskan bahwa LIXIL lahir dari paduan kata ‘Living’ dan ‘Life’, dengan tagline ‘The Link to Good Living’. American Standard sendiri sudah hadir lebih dari 140 tahun secara global, dan 35 tahun di Indonesia. Diharapkan kehadiran produk LIXIL dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penggunanya, sehingga tercipta kehidupan yang lebih baik lagi. Amin :)

All About GENIE

GENIE Hand Shower
Jika hand shower pada umumnya berbahan metal dan agak berat, maka kesan itu jauh dari GENIE Hand Shower. Ketika saya pegang, GENIE ini sangat ringan, ramping, dan handly, sehingga nyaman digenggaman. Ternyata GENIE terbuat dari bahan polikarbonat, yaitu polimer termoplastik yang bening dan tahan banting/ benturan, sehingga dapat lebih awet dalam pemakaiannya. Karena itu pulalah makanya permukaan pancuran GENIE bisa terlihat transparan gitu. Ada 3 pilihan warna dari GENIE Hand Shower yang tersedia, yaitu aquamarine, petal pink, dan steel grey. Jadi dari segi desain, GENIE Hand Shower ini nampak lebih simpel namun terkesan modern.

GENIE Hand Shower is EasyClean, Petal Pressure, & WaterSaving


Yang paling saya suka dari GENIE Hand Shower adalah EasyClean. Yup, bagian belakang GENIE Hand Shower dirancang dengan penutup yang bisa dilepas pasang. Pada kemasannya sudah terdapat key maintenance yang berfungsi untuk membuka dan mengunci penutupnya, sehingga kita bisa melepas penutup belakang, dan membersihkan bagian dalam pancurannya jika terlihat sudah kotor. Oya, karena bagian depan pancurannya transparan, jadi kita bisa dengan mudah melihat pancurannya kotor atau nggak. Keren ya, very innovative! :)

Saya juga mendapatkan product knowledge GENIE, serta bagaimana caranya membuka dan memasang kembali penutup bagian belakang pancuran dari Bapak Ramdan Abdul Rosyid selaku Product Manager GENIE Hand Shower American Standard.



Pada pancuran GENIE Hand Shower terdapat 120 lubang mikro. Dengan Petal Pressure, hand shower-nya dapat memberikan tekanan air yang kuat, walaupun tekanan air di rumah rendah. Trus karena ukuran lubangnya mikro, tekanan tersebut tidak akan meningkatkan volume air yang digunakan, serta air yang keluar dari pancuran pun tetap lembut jika terkena kulit. Bahkan karena lubang pancurannya yang berukuran mikro ini, kita dapat menghemat penggunaan air sekitar 35% dibandingkan hand shower konvensional lho! So, WaterSaving and save money too. Makin menarik hati aja GENIE ini :)


Kehadiran GENIE Hand Shower tentu saja membawa pengalaman baru bagi saya, untuk bisa menikmati ritual mandi yang berkualitas dan menyenangkan. Tak ada lagi cerita keribetan membersihkan pancuran, tak ada lagi masalah air yang mengalir kecil dari lubang pancuran, dan tak ada lagi kotoran yang keluar dari pancuran. I’m happy, ‘cause my body is clean and healthy. Thank you GENIE! You must try it too :)

Dipasaran, baik ecommerce maupun supermarket dan toko bangunan, GENIE Hand Shower dijual dengan harga sekitar 260 ribu rupiah. Di dalam box nya sudah include sebuah hand shower, satu bracket plus anchor dan skrupnya, satu hose atau slang berbahan chrome, serta maintenane key (bisa dilihat detilnya pada slide gambar di atas). So, dengan membeli GENIE Hand Shower berarti kita telah ikut membantu anak-anak kurang mampu agar mendapatkan air bersih dan sanitasi yang layak :) For more information #AllAboutGENIE bisa kunjungi akun social media American Standard di Facebook dan YouTube American Standard Indonesia, Instagram @americanstandardid, dan twitter @Amstandard_id.  



Foto dan video: pribadi

  • Share:

You Might Also Like

46 comments

  1. wah, jadi makin tau nih :) makasih loh mbak, artikelnya enak banget dibacanya. Mau dong diajarin nulis kaya gitu :(

    BalasHapus
  2. Semoga dengan lekas mandi menggunakan genie, jadi semangat bangun pagi.

    Seger mandi pagi

    BalasHapus
  3. Di rumahku pake shower tapi tekanan airnya kurang maksimal. Dan sayangnya ga pake kran otomatis dan pam jadi malah boros listrik jadinya. Ooh ga boleh sering2nya mandi pake air hangat ya tenyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti ke GENIE aja Mba, hihi.
      Iya, karena bisa bikin kulit kering kalo keseringan :D

      Hapus
  4. Bener juga ya mba, mandi air hangat ga selamanya bagus, hehehe
    Bahkan ada yang sejak bayi anaknya udah dibiasain mandi air dingin
    Mupeng banget pakai Genie, pas banget tuh buat hemat air :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anakku dari kecil biasa mandi air dingin atau suhu airnya normal gitu :D

      Hapus
  5. Mandi setelah aktifitas emang ga boleh y mba aku juga suka nungguin adem dulu badannya baru mandi, apalagi mandi pake air anget nih bikin enak ke badan :)
    btw aku jadi pengen punya Genie ini buat di rumah biar mandi ga abisin air hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kalo itu aku diajarin sama ibu dan nenek dulu. Suruh ademin diri dulu, baru boleh mandi

      Hapus
  6. Hand showernya cakep ya mba, bentuk maupun warnanya, pasti mandi jadi lebih seger dengan lubang air yang menyebar begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, saya suka, Mba, ramping dan enak digenggaman.

      Hapus
  7. Buat hadiah akhir tahun aku aulah dikasih hand shower kaya gini Wi, biar mandi makin semangat :)

    BalasHapus
  8. Ujame auto nyanyi pas di pembuka mbak hahaha :D Btw, Genie Handshower warnanya manis-manis banget ya, jadi gemes sendiri :D

    BalasHapus
  9. Suka sama hand shower GENIE, warnanya lucu dan mudah di bersihkan juga.

    BalasHapus
  10. brarti cara mandiku salah ya Mba, suka langsung maen byur byur ajah.. boleh nih genie hand showernya :)

    BalasHapus
  11. Cantik ih showernya pengen punya juga untuk di rumah

    BalasHapus
  12. Kayaknya kuperlu Genie deh biar Mandi makin berkualitas

    BalasHapus
  13. Wah showernya asyik banget mwnghemat air pula..jd pengen jv pke shower ini

    BalasHapus
  14. Jadi inget anakku waktu UTS ngiai jawaban 1 kali untuk pertanyaan berapa kali kita sebaiknya mandi..hahahha

    BalasHapus
  15. Atas dasar hemat air, aku juga pake hand shower di rumah

    BalasHapus
  16. Mandi diguyur pakai gayung tuh lebih boros daripada pakai shower ya, jadi pengen pakai genie handshower nih, apalagi desainnya cakep gitu, jadi betah mandi tanpa rasa bersalah karena boros air

    BalasHapus
  17. Harganya reasonable banget...
    Kemarin abis ganti shower buat di toilet.
    Bahkan baru dipake 3 bulanan (karena beli merk ga jelas), kami terpaksa ganti lagi.

    Harusnya memang kalau mau ganti, dengan merk yang oke sekalian yaa...
    Awet.
    Sekaligus berdonasi di Unicef pulaa...

    BalasHapus
  18. Mandi pun ada ilmuny biar beneran kumanny pergi y mba
    Hehe
    Btw mandiku cm 5 menit sejak remaja smpe pny anak
    Klo lama suka diomelin sm kk
    Ehh jd curhat wkk

    BalasHapus
  19. Aku suka banget sama shower yang airnya wuzz...wuzz. Kayak dipijit gitu, HAHAHA.
    Bikin momen mandi istimewa!

    Ntar mau lihat-lihat dulu, maksudnya lihat-lihat kantong, HAHAHA.

    BalasHapus
  20. Wah, sama banget nih tuh pegangan shower di rumah juga kayak yang di bawah. Udah sering nyumbat dan karatan. Kudu segera beralih ke GENIE nih. Cantik dan teknologi water savingnya keren.

    BalasHapus
  21. Harganya lumayan mahal juga ya. Aku jarang banget mandi pakai air hangat. Paling mandi pakai air hangat itu kalau lagi sakit aja deh kayaknya.

    BalasHapus
  22. Aku kalau capeeek banget biasanya seneng mandi air hangat dengan pancuran yang agak keras seperti dipijit. Segaar rasanya

    BalasHapus
  23. Mandi shower juga lebih menghemat air dew dibandingkan mandi pake gayung. Dan pikiran juga lebih tentrem ya kalau denger semburan airnya

    BalasHapus
  24. Handshowerku nih ngeselin banget, pancarannya gak rata krn sering mampet lubangnya. Jadi pingin ganti Genie biar acara mandi lebih khusyuk hahahaaa

    BalasHapus
  25. Naksir ama hand shower yang warna hijau pastel.. seger banget dilihatnya jadi makin semangat mandi haha

    BalasHapus
  26. Mandi air hangat tuh aslinya bikin tubuh enggak enak kalo aku sih. Btw, Genie hand shower lumayan murce nih. Aku beli yang brand Malaysia aja di atas 309rb an

    BalasHapus
  27. Kalo pake Genie jadi ga malas mandi lagi ya kak.
    Aku nggak sabar nih pengen pake Genie. Makasih tips dan sharingnya kaka Dewi 😘

    BalasHapus
  28. Mandiku blm berkualitas nih krn blm pake genie shower. Hiks.

    BalasHapus
  29. Aku juga pakai Genie ini dan warnanya pink. Aku suka banget karna warnanya bagua dan unik serta tekanan airnya pas

    BalasHapus
  30. Oalaahah mandi air hangat tuh nda boleh sering2 ya ternyata. Beklah, mari sehatkan tubuh dengan mandi air segar pake hand shower Genie ini. Modelnya manis dan imut gini yaaa... Mandi jadi lebih menyenangkan pastinya.

    BalasHapus
  31. Eh hand showernya lucuk banget yaa.. Kayaknya kalo pake hand shower kayak gitu anak-anak bisa jadi semangat mandinya yaa..

    BalasHapus
  32. Duh mba Dewi itu hand showernya emang udah harus diganti ya. Untung udah punya GENIE.

    BalasHapus
  33. Wah kamar mandi bisa makin kece nih kalo pake hand shower yang kualitasnya bagus tapi warnanya pastel alias shabby banget

    BalasHapus
  34. Hand shower Genie dari American standard ini warnanya lucu. Transparan gitu ya, bisa kelihatan kalau ada kotoran. Mandi jadi menyenangkan nih

    BalasHapus
  35. hand shower udah karatan gitu, lebih imut yang GENIE hand shower. Ada yang warna biru? Mau satu dong.

    BalasHapus
  36. desain showernya cakep amat ini mba, pengen punya juga ih hihihi...

    BalasHapus
  37. Imut gitu ya tampilan hand showernya. Hihi. Mandi jadi lebih bersemangat dong pake si GENIE ini 😊

    BalasHapus
  38. wuih, itu showernya keren banget mba dan gampang dibersihin ya mba.

    BalasHapus
  39. Serem lihat shower lamanya, kebayang ada timbunan kotoran di dalamnya, pas banget ada Genie hand shower ini ya, jadi gampang dibersihin dan pastinya bebas karat

    BalasHapus