5 Destinasi Wisata Budaya di Bandung yang Menarik untuk Dikunjungi

By Dewi Sulistiawaty - Desember 18, 2018


Halo-Halo Bandung, itulah kali pertama saya mengenal Kota Bandung, lewat sebuah lagu yang sering dinyanyikan kala masih kecil. Saya baru bisa menjejakkan kaki di Kota Bandung ketika sudah duduk di bangku perguruan tinggi. Itu pun karena saya kuliah di Jakarta, yang lokasinya tak jauh dari Kota Bandung. Waktu itu saya mengunjungi saudara jauh yang sudah menetap di Bandung.

Apa yang menarik dari Kota Bandung ini? Jika ditanya ke saya, ada beberapa istilah atau kalimat yang identik dan mengingatkan saya dengan Kota Bandung. Kota Kembang, Paris van Java, ITB, Jalan Dago, dan  Ridwan Kamil, haha. Itu baru beberapa yang saya ingat, belum lagi banyak tempat wisatanya yang terkenal, seperti Tangkuban Parahu, Kawah Putih, Gunung Batu, Gedung Sate, dan lain sebagainya.

Jika bicara mengenai wisata menarik di Bandung, sepertinya tak ada habis-habisnya deh. Karena sejak semakin banyaknya wisatawan lokal maupun asing yang datang berkunjung ke Kota Bandung, semakin banyak pula bermunculan tempat-tempat wisata baru di sana. Sebut saja beberapa tempat wisata di Bandung yang menawarkan konsep dengan spot foto menarik, yang instagramable. Konsep yang lagi digandrungi masyarakat saat ini :D

Jika musim liburan tiba, seperti liburan panjang saat ini nih, dimana libur sekolah, libur natal, dan tahun baru datang berbarengan, hampir semua orang merencanakan pergi berlibur ke tempat-tempat wisata yang ada, baik wisata dalam kota, luar kota, bahkan ke luar negeri. Walau tak jarang ada juga yang memilih liburan di kampung halaman alias mudik, dan melepas kangen dengan saudara-saudara di sana.

Nah, jika kamu hendak berlibur ke Bandung, tak ada salahnya mencoba berkunjung ke beberapa destinasi budaya yang ada di sana. Yah, sekalian untuk mengenal dan menambah wawasanmu mengenai budaya dan seni yang ada di Bandung. Berikut akan saya ulas beberapa destinasi wisata budaya di Bandung yang bisa kamu kunjungi.

Taman Budaya Dago

Source: iradiofm.com
Taman Budaya Dago dikenal juga dengan nama Dago Tea House, atau pada zaman Belanda dulu disebut Dago Thee Huis. Tambud, singkatan dari Taman Budaya Dago merupakan tempat pentas seni budaya khas Jawa Barat. Dulu Tambud hanya berfungsi sebagai etalase seni dan budaya daerah Jawa Barat saja. Namun seiring perkembangan zaman, Tambud sekarang juga menawarkan kesempatan bagi pelaku seni dari kalangan milenial untuk menciptakan karyanya, serta sebagai tempat pelatihan dan pertunjukan seni budaya.

Tambud berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda (Jalan Dago), tak jauh dari Simpang Dago. Bagi yang ingin menyaksikan kesenian budaya Sunda, seperti jaipongan, wayang golek, bajidoran, dan lain sebagainya, bisa mengunjungi Tambud sekitar jam 7 malam tiap malam Minggu. Karena biasanya pada jam tersebut akan ada gelaran pentas seni di Tambud.

Teras Sunda Cibiru

Source: terasjabar.id
Teras Sunda Cibiru baru saja diresmikan beberapa bulan lalu oleh pemerintah Kota Bandung. Destinasi wisata yang satu ini merupakan sebuah komplek pusat seni dan budaya Sunda, yang berlokasi di Jalan Ahmad yani, Kecamatan Cibiru, di timur Kota Bandung.

Teras Sunda Cibiru terdiri dari 6 bangunan, yang mana satunya merupakan bangunan utama yang berfungsi sebagai aula. Masyarakat yang berkunjung ke Teras Sunda Cibiru dapat mempelajari seni Sunda di sana. Setiap minggunya akan ada pertunjukan pencak silat, benjang, dan budaya seni Bandung lainnya.

Saung Angklung Udjo

Source: situsbudaya.id
Saung Angklung Udjo atau disingkat SAU, merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Sesuai dengan namanya, saung ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena, atau lebih dikenal dengan sebutan Mang Udjo.

Bersama dengan istrinya, Uum Sumiati, Mang Udjo mendirikan Saung Angklung Udjo untuk melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda. Jika berkunjung ke Bandung, kamu bisa datang ke Saung Angklung Udjo dan menyaksikan pertunjukan seni yang digelar tiap hari di sana, mulai dari pkl 15.30 hingga pkl 17.30 wib.

Kampung Adat Cikondang

Source: travel.detik.com
Kampung Adat Cikondang berada di Desa Lamajang, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kampung Adat Cikondang adalah rumah adat yang sudah berusia lebih dari 200 tahun. Kampung ini merupakan situs budaya Jawa Barat, yang melindungi kearifan lokal budaya Sunda, dengan menjaga nilai-nilai luhur kehidupan yang diwariskan oleh para pendahulunya.

Rumah Adat Cikondang memiliki bentuk khas rumah adat Sunda, yang menghadap ke arah utara dan letaknya lebih tinggi dari rumah penduduk. Hingga saat ini ritual dan upacara adat masih dilakukan di Kampung Adat Cikondang ini. Oya, di Kampung Adat Cikondang juga terdapat Hutan Larangan, yang katanya sarat dengan kemistisan. Tertarik berkunjung ke Kampung Adat Cikondang? Sebaiknya ditemani dengan juru kunci setempat ya, karena ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi saat berada di Kampung Adat Cikondang ini :)      

Padepokan Seni Mayang Sunda

Source: wisatabdg.com
Padepokan Seni Mayang Sunda merupakan gedung kesenian yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kota Bandung dan berlokasi di Jalan Peta Bandung. Di padepokan ini sering digelar festival dan pertunjukan seni, baik kesenian tradisional mapun kesenian kontemporer. Jika kamu tertarik dengan berbagai ragam seni dan budaya Sunda, bisa berkunjung ke Padepokan Seni Mayang Sunda, yang buka dari dari Senin hingga Jumat, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Sebenarnya banyak lagi wisata budaya Bandung yang bisa dikunjungi. Saya hanya mengulas 5 destinasi ini dulu ya. Baidewei, mengunjungi destinasi wisata fashion dan spot foto udah terlalu mainstream. Yekaan. Sesekali tak ada salahnya mengunjungi destinasi wisata budaya di Bandung, sekalian wisata kulinernya juga. Yep, Bandung juga punya sejuta kuliner yang akan bikin kamu kangen.

Menjelang musim liburan ini pasti pada hunting tiket pesawat murah ke tempat liburan yang dituju kan ya. Apalagi kalau liburan bareng keluarga. Pasti akan memperhitungkan juga semua biaya yang harus dikeluarkan. Pengennya dapat tiket pesawat promo, agar ongkos pesawat nggak terlalu membengkak, haha *saya bangetlah ini :D

Kalau saya biasanya jauh-jauh hari sudah hunting tiket pesawat murah. Kemarin tuh karena rencana mau liburan ke Bandung, saya searching lah harga tiket pesawat ke Bandung di Pegipegi. Karena biasanya di sana sering ada harga tiket pesawat promo. Tinggal buka saja pegipegi.com atau kalau saya lebih suka via aplikasinya (psst… karena biasanya di aplikasi ada promo dan diskon khususnya, hehe). Trus pilih fitur Pesawat.


Oya, bagi yang belum punya akun Pegipegi, sebaiknya melakukan registrasi dulu, agar lebih mudah saat memesan tiketnya. Jangan lupa cek dulu, Pegipegi lagi ada promo apa saja. Lumayan kalau ada promonya, bisa dapat tiket pesawat murah. Bener saja kan, ternyata Pegipegi lagi ada promo Gempita (Gemerlap Promo Akhir Tahun). Setelah baca syarat dan ketentuan promo, saya pun menyalin kode kuponnya agar bisa digunakan untuk mendapatkan diskon tiket pesawat :D


Setelah itu klik fitur Pesawat, pilih kota asal dan tujuan yang diinginkan. Begitupun dengan tanggal keberangkatan. Jika ingin order tiket pesawat pulang pergi, tinggal aktifkan saja dengan cara mengklik button “Pulang Pergi?” yang terdapat di bagian atas. Jangan lupa isi jumlah penumpangnya. Berapa orang jumlah dewasa (usia 12 tahun ke atas), anak-anak (usia 2-12 tahun), dan bayi (usia di bawah 2 tahun) yang akan dipesankan tiket. Setelah itu klik “Cari Tiket”.


Nanti akan tampil beberapa pilihan maskapai penerbangan, lengkap dengan harga dan jadwalnya. Saya juga bisa menggunakan fitur “Filter” untuk menyaring rentang tarif yang diinginkan, menentukan transit, waktu keberangkatan dan waktu tiba, serta maskapai yang diinginkan, agar tampil di daftar pencarian. Atau bisa juga menggunakan fitur sortir penerbangan yang lebih simpel.

Fitur filter dan soritr di pegipegi


Jika sudah ada maskapai yang dipilih, lanjut mengisi data penumpang dan nomor telepon, trus klik “Lanjut” untuk konfirmasi info detail pesanan. Setelah dicek data yang dimasukkan sudah benar semua, klik “Lanjut” ke pembayaran. Ada beberapa pilihan pembayaran, yaitu transfer bank, kartu kredit, transfer ATM, virtual account, internet banking, serta bayar di minimarket. Saya pun memilih virtual account.


Oya, jangan lupa masukkan kode kupon yang tadi sudah disalin. Jika lupa, klik aja, titik tiga yang terdapat di kanan atas. Klik “Promo”, lalu pilih promo yang sesuai, dan salin kode kuponnya. Jika sudah disalin, balik lagi ke form pembayaran tadi, dan klik “Gunakan”, lalu ‘paste’ kode kuponnya di situ. Nanti tarifnya otomatis akan dikurangi sebesar nilai kuponnya. And then, klik “Bayar Dengan Virtual Account BCA” (ini karena saya memilih menggunakan metode pembayaran virtual account).


Finish! Tinggal tahap terakhir, melakukan pembayaran sesegera mungkin, karena ada time limit-nya, yaitu 37 menit. Jika pembayaran tidak dilakukan dalam kurun waktu tersebut, maka otomatis pesanan tiketnya akan batal. Jadi harus ulang dari awal jika mau pesan tiket pesawat lagi. Dan itu bisa saja harga tiket pesawatnya berubah, bisa lebih murah atau malah lebih mahal dari sebelumnya XD

Ehya, jadi cerita kemana-mana ya :D Itu pengalamanku waktu order tiket pesawat ke Bandung di Pegipegi. Rencananya mau wisata budaya sekaligus kulineran di Bandung. Kan katanya Bandung juga kaya dengan kulinernya ya. Untuk saat ini pergi liburan yang dekat aja dulu. itu pun yang dekat aja masih belum semuanya terjelajahi, hihi. Kalau kamu mau liburan kemana akhir tahun ini? Udah pesan tiket kah? :)  

  • Share:

You Might Also Like

45 comments

  1. Wouw, Bandung memang selalu memilii daya tarik yah mba, saya baru tau soal rumah adat cikondang ini, jadi penasaran 😍 cek pegi - pegi aja langsung ah

    BalasHapus
  2. Mpo ratne suka sekali dengan kesiangan Sunda khusus jaipong dan
    kuliner.

    Liburan murah di kota Bandung akan membawa kita happy.

    Saung mang Udjo ,Mpo mau juga lihat langsung pertunjukan angklung

    BalasHapus
  3. Sebelum pindah ke Jombang, kami sempat jalan2 nginap semalam di Bandung. Tujuannya Bandung Kota, rasanya kuranggggg lama explore Bandung, tamannya bagus bagus..

    BalasHapus
  4. Bandung itu selalu ngangenin ya, tempat wisatanya, kulinernya..thanks mba sharingnya :)

    BalasHapus
  5. Aku penasaran banget mau ke Saung Angklung Udjo, kira2 biaya ke sana berapa ya> harus rombongan gak sih mba?

    BalasHapus
  6. Aku pernah juga pake pegi-pegi. Emang enak ya

    BalasHapus
  7. Jadi kangen pingin ke bandung juga nih. Pesan tiket di pegi pegi ya

    BalasHapus
  8. Ya ampuunnn, satupun belum ada yang pernah saya kunjungi hahaha.
    Harus buka Pegi-pegi ini biar bisa dapat tiket oesawat murah ke Bandung

    Bandung ini bener-bener mengggoda saya, selain Bali.
    Namun sayang, mudik ke ortu juga menggoda saya.
    kesemuanya butuh biaya yang uwow..
    Jadi keknya buka pegi-pegi buat cari tiket pesawat mudik liat ortu hahaha

    BalasHapus
  9. Penasaran sama Teras Sunda Cibiru. Dulu mah perasaan di Cibiru nggak ada apa2, tapi emang mau dibikin sesuatu yang besar di sana. Jadi waktu jaman2 kuliah mah kayak yang, yah lama nih jadinya. Tapi ternyata sekarang udah jadi n diresmiin pula. Pengin ke sanaaaa.

    BalasHapus
  10. Mendengar Bandung yang terbayang langsung Pak Ridwan Kamil, hahaha.
    Beliau juga suka mengangkat kearifan lokal Bandung ya dengan ide-ide inovatifnya.

    Ke Bandung baru menjajal Lodge Maribaya yang terkenal
    Kayaknya kudu dijadwal ulang nih ke Bandung.

    BalasHapus
  11. Wah Bandung kaya dengan kearifan lokal budaya setempat ya. Bagus nih agar masyarakat tetap mengenali budaya di daerahnya. Di kotaku ada nggak ya?

    BalasHapus
  12. belum kesampaian ke Saung Udjo nih. Katanya emang cakep dan anak bisa hands-on learning kesenian daerah.

    BalasHapus
  13. kalo disebut bandung, yang kuingat selain itb dan gedung sate, adalah ridwan kamil, hehehe. banyak tempat memorable yang susah dilupakan di bandung ini. kenangannya lengket. wajarlah disebut kota kenang-kenangan. aku main di bandung kota cuma keliling taman aja udah happy banget. sukak!

    BalasHapus
  14. Duh merasa gagal sbg orang bandung, taman di cibiru dan kampung adat cikondang aku baru tahu dari tulisan iniii hahaha

    BalasHapus
  15. Bandung bukan cuma banyak tempat Instagramable ya, tapi tempat wisata yang mengandung budaya pun disana populer banget.

    BalasHapus
  16. Ini jalan2 versi budayanya yah. Aku pengen ke Bandung lagi, kemarin cuma sebentar jalannya

    BalasHapus
  17. Dari dulu pgn banget ke saung angklung udjo, pgn lihat pertunjukan main angklung secara langsung selama ini lihat di tv dan kurang greget gt rasanya. Tp setelah baca tulisan dikau ini mbk aku jd pgn ke tempat2 yg dikau sebutin kalau ke bandung nanti. Makasih sharenya yak

    BalasHapus
  18. Mbak suka wisata budaya? Yuk ngebolang bareng, aku juga suka menjelajah wisata budaya.

    Rumah adat Cikondang ini mirip dengan rumah panggung ya?

    BalasHapus
  19. Pernah ke Bandung cuma dua kali dan itu hanya ke trizara resort dan ciwalk aja hihihi pengen deh nanti ke Bandung lagi tapi ke tempat - tempat wisata lainya.

    BalasHapus
  20. Mau ke semua lokasi pokoknya aku diajak ya, pegi-pegi deh :)
    Kalau ke Bandung sehari gak cukup buat ngunjungi smeua tempat apalagi weekend soalnya macet :) tapi banyak orang gak kapok kok balik lagi- balik lagi kesana

    BalasHapus
  21. Rumah saya dekat dengan Cibiru Mba, tapu baru tau Teras Sunda Cibiru disini hihihi jarang keluar rumah sih saya. Maen ah kapan-kapan kesana

    BalasHapus
  22. Saya pengen banget ke Saung Udjo lagi. Waktu itu agak terlambat datang. Jadi ketinggalan 1 sesi

    BalasHapus
  23. Nabung dulu ah biar bisa liburan ke Bandung. Soalnya pengen banget tahun depan bisa liburan ke Bandung.

    BalasHapus
  24. Nabung dulu ah biar bisa liburan ke Bandung. Soalnya pengen banget tahun depan bisa liburan ke Bandung.

    BalasHapus
  25. Ku jarang ke bandung dan baru denger ada tempat wisata seperi rumah adat cikondang, sepertinya ku penasaran dengan yang unik

    BalasHapus
  26. Wah ada kanpung adat juga yaa, menariik nii, pingin liat jadinya euy. Temenin mbaa

    BalasHapus
  27. Promonya PegiPegi mantap banget nih. Palingan aku pake buat pesan tiket hotel.

    BalasHapus
  28. Berkali-kali ke Bandung tapi baru tau ada tempat-tempat itu, selain Suang Angklung. Nambah referensi jadinya, nih.

    BalasHapus
  29. sebagai orang Bandung coret yo aku belum pernah datang kesini semuanya mba hahaha

    BalasHapus
  30. Wab aku orang Bandung enggak pernah ke tpt2 di atas kecuali Saung Ujo. Itu sih sdh beberapa kalu.... Kudet deh aku..heu..

    BalasHapus
  31. Ke Saung Angklung Udjo seru banget dan ngangenin, beberapa kali ke dago tea house untuk nonton pertunjukkan teater, pengen ke kampjng adat cikondang melihat rumah adat yang usianya 200 thn

    BalasHapus
  32. Sekarang saya tinggal dekat Teras Sunda Cibiru, tapi belum pernah ke sana sih. Kirain belum selesai pembangunannya, ternyata sudah jadi ya...
    Okey deh, kapan-kapan mampir ke sana.

    BalasHapus
  33. Yg paling dikangenin dari Bandung itu kulinernya, trus suasana pagi di dago atas. Aaah kan jadi kangen betulan :)

    BalasHapus
  34. baper aku... musim liburan banyak yang posting tempat wisata.. sedangkan aku di rumah saja. anak2 lagi sakit :(

    BalasHapus
  35. Pengen banget ajak anak2 ke Saung Angklung. Biar anak2 mengenal angklung dan mencoba memainkannya. Aku baru tau ada kampung adat Cikondang nih, bisa jg nginep di sana gk ya?

    BalasHapus
  36. Bandung memang menarik banget ya buat dikunjungi, banyak banget tempat wisata berbagai jenis

    BalasHapus
  37. Aduh jadi malu nih sebagai orang Bandung. Ada beberapa tempat yang belom pernah aku singgahi. Kudu ke sana ah. Biar gak malu. :)))

    BalasHapus
  38. Saya pengen ke kampung adat mba, salut sama masyarakat sana yang masih berusaha mempertahankan adat ditengah modernitas :)

    BalasHapus
  39. Artikelnya bikin baper, aku udah bertahun-tahun belum bekunjung lagi ke Bandung. Apalagi aku lagi kangen pengen kesana tahun depan. Pengen ke kampung adat itu mbak

    BalasHapus
  40. Wih baru tahu nih wisata seni di Bandung begini, *langsung masukin bucket list, hihi

    BalasHapus
  41. Ahaaa... ajak aku ke Bandung dong, temenin untuk menyambangi tempat2 menarik di atas tadi. Aku belum pernah nih keliling Bandung.

    BalasHapus
  42. wah kebetulan banget nih aku ada planning ke bandung liburan ini, jadi ga bingung lagi deh mau ke mana pas di sana. bakal aku kunjungin semuanya mbaaa thanks yaa infonyaa :D

    BalasHapus
  43. Senang banget ya bisa ke sana tempat yang indah kalau ke Bandung mau mampir

    BalasHapus
  44. Pas banget nih akhir tahun ke Bandung, jadi dapat referensi tempat-tempat yang mau dikunjungi :)

    BalasHapus
  45. Asyik nih jalan jalan ke Bandung. tertarik ke kampung adatnya.

    BalasHapus