Cara Atasi Kerutan dengan Krim Original Raw Black Jam

By Dewi Sulistiawaty - September 28, 2019

“Ooo tydaaac!” jeritku saat melihat cermin pagi itu. Di tengah jidatku nampak sebuah guratan halus, yang dengan seenaknya melintang di sana tanpa permisi. Tiba-tiba saja aku merasa tua. Aku langsung memeriksa kalender. Tak ada yang salah dengan kalender. Mestinya di usiaku ini belum ada yang namanya guratan di wajah. Jadi kepengen makan black jam berkilo-kilo deh! :’(

Original Raw Black Jam
Kerutan di wajah, jadi pengen makan black jam XD
Jika tak ada yang salah dengan usia (dan yang aku tahu usia itu tak pernah salah), berarti ada yang salah dengan kulit wajahku. Pasti ada sesuatu yang mengundang si guratan hadir di jidatku, dan aku berniat untuk menyelidikinya. Bukannya sok lebay atau sok manja. Hanya karena satu guratan halus saja, trus aku jadi histeris gitu, seperti langit akan runtuh besok. Bukaan, bukan karena itu. Tapi karena aku gak mau makan black jam berkilo-kilo, hahaha *abaikan :D

Setiap orang tahulah, kebanyakan wanita itu sensi banget jika ngomongin soal usia. Pengennya selalu kelihatan muda dan dibilang muda, haha. Iya kaan. Aku sendiri juga gitu kok. Usia boleh terus berjalan, tapi maunya selalu nampak muda, serta punya kulit yang mulus dan lembut kayak kulit baby. Eh tapi sebenernya bagiku yang utama itu adalah bisa punya kulit yang sehat sih. Kalau ternyata efek kulit yang sehat bisa terlihat muda dan cantik, itu jadi bonus saja.

Baiklah, langkah pertama untuk mengetahui mengapa ada guratan halus di wajahku adalah dengan cara browsing di internet. Itu cara tercepat dan termurah menurutku :D Oya, bagiku saat browsing, penting banget untuk mencari info yang akurat di website-website yang kompeten gitu. Begini nih hasil pencarianku mengenai penyebab guratan di wajah.

Baca juga Cara Atasi Kulit Kering 
               Perawatan Kulit Tradisional ala Putri Keraton


Penyebab guratan atau garis halus di wajah

Guratan, garis halus, kerutan, dan keriput merupakan satu hal yang sama, masih satu saudara. Namun menurutku untuk istilah keriput enaknya digunakan untuk level kerutan yang sudah parah gitu, yang kayak kulit ibunya mamaku eh maaf ya, Nek. Mungkin juga istilah yang lainnya digunakan agar terdengar lebih halus saja ya. So, ini beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya guratan di wajah.

Usia

Ini merupakan penyebab utama yang tak bisa dihindari, yang menjadi tersangka sehingga timbulnya garis halus di wajah. Dengan bertambahnya usia, kerja tubuh untuk bisa memproduksi lemak dan kolagen terus menurun. Tahu sendiri kan manfaat lemak dan kolagen bagi kulit. Berkurangnya kolagen berarti berkurang juga keelastisitasan kulit. Hal ini juga dapat membuat kulit jadi kering, sehingga mudah menimbulkan lipatan pada kulit, yang biasa disebut garis halus.

Ekspresi pada wajah

Ternyata kebiasaan mengekspresikan wajah juga berpotensi menimbulkan garis halus lho! Misalnya nih, sering menyipitkan mata, mengernyitkan dahi, bahkan kebiasaan tertawa lebar juga. Waduh, apa aku mesti menghilangkan kebiasaan tertawa lebar ya? Kalau gitu ketawa di dalam hati aja deh, haha.

Oya, aku pernah membaca, ada segelintir artis di dalam dan di luar negeri yang bisa dan memang sengaja menahan ekspresi di wajahnya. Dengan cara tersebut mereka ingin kulit wajahnya tetap kencang, dan terhindar dari timbulnya garis halus dan kerutan. Hmm, aku bisa gak ya seperti itu? Hihi, sepertinya nggak :D

Paparan sinar UV

Ini nih yang paling dihindari oleh para wanita. Semestinya gak hanya wanita saja sih yang perlu waspada terhadap risiko terpapar sinar ultraviolet (UV) ini, namun kaum pria juga. Karena efek jahat dari sinar UV ini bisa sampai merusak kulit lho!

Apalagi dengan menipisnya lapisan ozon, sinar UV seperti masuk melalui jalan tol deh ke bumi. Tak heran sekarang banyak produk sunscreen yang bermunculan. Produk ini diklaim mampu melindungi kulit wajah dari sinar UV.

Kerjaan si sinar UV ini adalah merusak elastin dan kolagen di lapisan dalam kulit. Jika kulit terus menerus terpapar radiasi dari sinar UV sehingga kedua jaringan ikat ini rusak, maka proses penuaan kulit akan terjadi dengan cepat. Salah satu dampak yang bisa dilihat adalah dengan hadirnya kerutan di wajah, dan kulit jadi mudah kendur.

Merokok

Gak nyangka kan. Ternyata rokok itu juga gak baik untuk kesehatan kulit, dan tak hanya buruk bagi kesehatan paru-paru saja. Nikotin merupakan salah satu zat yang terdapat di dalam rokok. Nah si nikotin ini dapat menyebabkan pembuluh darah di lapisan luar kulit menyempit. Jika pembuluh darah menyempit, tentu saja darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Padahal kerjanya darah adalah mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Kebayang kan gimana kondisi kulit yang tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi. Itu baru nikotin saja ya. Masih ada ribuan zat kimia lainnya yang terkandung dalam rokok, yang juga dapat merusak elastin dan kolagen. Jika sudah begitu, terima deh konsekuensi kulit yang jadi kering dan mudah keriput.

Keturunan

Waduh, kalau penyebabnya karena faktor genetik, susah juga untuk dihindari ya. Usaha yang bisa dilakukan adalah menjaga dan merawat kesehatan kulit dengan sebaik-baiknya.

Penurunan berat badan

Jika berat badan turun, pastilah kulit akan melonggar dan mengendur. Kulit yang mengendur otomatis akan melipat dengan sendirinya. Nah, si lipatan ini yang yang kemudian menimbulkan kerutan pada kulit.

Perubahan hormon

Di dalam tubuh ada yang namanya hormone estrogen. Hormon estrogen berfungsi untuk perkembangan fisik saat pubertas dan organ reproduksi. Lalu apa hubungannya dengan kerutan? Ternyata si estrogen ini memiliki pengaruh terhadap produksi kolagen. Dengan terganggunya hormon estrogen, maka produksi kolagen juga akan terganggu. Jika kadar estrogen terganggu, tentu saja berdampak juga pada kulit.

Itu beberapa penyebab timbulnya guratan atau garis halus di wajah. Mungkin masih ada lagi faktor lainnya yang menyebabkan timbulnya guratan. Misalnya pola makan yang tidak sehat. Kurangnya cairan dan asupan nutrisi dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Kulit kering saja saja mengundang si garis halus di wajah.

Jika dilihat dari semua hal yang menyebabkan kulit wajahku jadi timbul garis halusnya, menurutku kemungkinan terbesar yang menjadi penyebabnya adalah paparan sinar UV. Karena memang beberapa bulan belakangan ini wajahku sering banget terkena paparan sinar UV dari matahari.

Wara wiri ke sana kemari memaksaku harus bersahabat dengan matahari, dan juga ojol. Oh iya ojol! Ini jadi tersangka kedua yang menyebabkan kulit wajahku ada kerutan. Eh, bukan driver ojolnya ya, bukaaan! Tapi polusi udara yang sering menerpa wajahku saat berkendara menggunakan jasa ojol. Jadi menurut info yang kubaca, asap rokok dan polusi udara lainnya bisa menyebabkan kulit wajah rusak.

Baiklah, penyebabnya sudah diketahui. Sekarang bagaimana caranya mengatasi agar si garis halus ini bisa dihempaskan dari wajahku. So, aku browsing lagi dong. Tahu nggak, saat aku browsing yang keluar apa? Black Pink, sodara-sodaraa! Haha, becanda ding! Iyaa, aku tahu deh, anggota Black Pink memang masih muda-muda dan punya kulit yang kenceng, halus mulus seperti kulit bayi.

Jadi, yang keluar saat browsing itu adalah Black Jam. Masih sama-sama ada kata black-nya lah ya. Eh tapi, Black Pink dan Black Jam ini sama-sama berasal dari Korea lho!. Jangan-jangan Black Pink pakai Black Jam, makanya wajahnya jadi halus mulus begitu. Baiklah, sekarang aku mau selidiki si Black Jam ini. Ini hasil penyelidikanku.

Baca juga Tip agar Kulit Tetap Sehat 
               Tip Wajah Bebas Kilap


Original Raw Black Jam

Pertama dan utama yang biasa aku lihat dari suatu produk adalah label halalnya. Untuk yang satu ini si Black Jam lolos nih, karena sudah ada label halalnya. Mungkin ini juga karena komposisinya yang terdiri dari kandungan bahan alami.

Original Raw Black Jam
Original Raw Black Jam
Trus saat membaca apa saja yang terkandung di dalam krim Black Jam ini aku kaget dong! Yup, gimana gak kaget, ternyata Black Jam mengandung 100 bahan alami lho! Mulai dari berbagai bunga, ekstrak buah-buahan, sayuran dan jamur, biji-bijian, ganggang, hingga sarang burung walet, ginseng, glasswort, kayu manis, pinus, ekstrak teh hijau, dan teh hitam. Komplit banget! Dan setiap bahan memiliki manfaatnya masing-masing.

Manfaat Black Jam

- Menjaga kelembaban kulit hingga 150 jam.
- Meningkatkan elastisitas kulit.
- Melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari.
- Merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
- Mengurangi kulit kemerahan.
- Mencegah timbulnya flek dan kerutan.
- Anti penuaan.

Keunggulan Black Jam

Terdiri dari 100 jenis bahan alami yang memberikan nutrisi dan kelembaban pada kulit.
Super Hyaluronic Acid. Black Jam sangat melembabkan dan dapat menyerap hingga lapisan terdalam kulit.

- Hyaluronic Filling Spheres (patent). Micro Filler Capsule dengan teknologi paten dari USA.
- Voluviline. Black Jam dapat memberikan efek filler pada kulit.
- Anti-aging effect.
- Bebas dari bahan kimia.
- Menahan kelembaban sampai 150 jam.
- Water Block System. Black Jam dengan 100 bahan alaminya mampu mengisi - kelembaban pada kulit, dan menjaga agar kandungan airnya tetap di dalam kulit.

Cara Penggunaan Black Jam

Original Raw Black Jam
Original Raw Black Jam dari K-Link Indonesia
Bagi yang biasa menggunakan pelembab pasti sudah tahu kapan sebaiknya pelembab diaplikasikan pada wajah. Yup, setiap habis membersihkan wajah dan menggunakan toner. Begitupun dengan Black Jam. Black Jam bisa digunakan pada pagi, siang, dan malam hari.

Untuk pemakaian pagi dan siang hari, cukup oleskan Black Jam seujung jari untuk seluruh wajah dan leher. Sedangkan untuk malam hari, oleskan agak banyak Black Jam pada wajah dan leher. Oleskan secara merata. 
                        
Oya, aku baru tahu, ternyata Original Raw Black Jam ini adalah salah satu produk skin care dari K-Link Indonesia. Kalau K-Link setahu aku memang konsisten dalam memasarkan produk-produk yang berkualitas, mulai dari produk kesehatan, rumah tangga, dan perawatan kecantikan. Perusahaan ini memang terbukti memiliki reputasi yang baik.

So kesimpulannya, untuk mencegah kulit agar tak mudah timbul garis halus adalah dengan menghindari penyebabnya. Cara mengatasinya bisa dengan mengatur pola hidup sehat dan seimbang, seperti menjaga pola makan sehat, rajin berolahraga, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok, istirahat yang cukup, rajin membersihkan wajah, lindungi wajah dengan menggunakan sunscreen, serta merawat kulit wajah dengan mengaplikasikan pelembab yang tepat dan cocok di kulit.

Sepertinya untuk pelembab wajah, aku mau mencoba menggunakan Original Raw Black Jam deh! Melihat manfaat serta keunggulan yang dimilikinya, membuat aku tertarik untuk mencoba. Semoga setelah memakai Black Jam aku bisa punya kulit wajah lebih kencang dan glowing seperti anggota Black Pink eh…. Aminin aja deeh :D

Karena aku sendiri baru mau nyobain, dan mungkin info yang kudapatkan mengenai Black Jam dirasa belum cukup, maka bagi yang masih penasaran dan butuh informasi yang lebih lengkap lagi mengenai produk ini bisa cek langsung ke : https://k-link.co.id ya. Tapi kalau ada yang merasa info yang kuberikan sudah cukup jelas, dan ingin segera order Original Raw Black Jam, bisa cuss saja ke https://www.k-net.co.id, https://www.k-mart.co.id. Semoga kulit wajah kita sama-sama bisa seperti Black Pink yaaa :D



Baca juga Cara Nyaman Lenyapkan Bulu di Kulit 
              Cara Bikin Wajah Fresh Selama 10 Jam
            

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. merokok paling bahaya juga ya mbak untuk kulit, wah kudu waspada ama asapnya ni

    BalasHapus