CSR

Komitmen Perusahaan Royal Golden Eagle untuk Menurunkan Tingkat Kemiskinan

By Dewi Sulistiawaty - September 17, 2019

Sumber: Beritagar.id

Perkembangan pesat korporasi Raja Garuda Mas yang saat ini telah berganti nama menjadi Royal Golden Eagle tidak serta-merta membuat korporasi ini melupakan lingkungan dan masyarakat sekitar. Bahkan, pihak Royal Golden Eagle terus mengembangkan berbagai upaya untuk memberdayakan SDM dan SDA yang ada di sekitar mereka.

Upaya pemberdayaan SDM ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan atau dengan kata lain menurunkan angka kemiskinan yang ada. APRIL Grup merupakan salah satu anak perusahaan RGE yang telah melakukan upaya penekanan angka kemiskinan tersebut. Upaya yang dilakukan oleh APRIL Grup berfokus pada 3 aspek yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur sosial.

Peningkatan Aspek Pendidikan

APRIL Grup sebagai bagian dari korporasi Royal Golden Eagle meningkatkan aspek pendidikan untuk masyarakat yang berada di daerah sekitar perusahaan dengan berbagai cara. Pemberian beasiswa mulai dari tingkat dasar hingga universitas, pelatihan guru, serta membantu menyiapkan berbagai fasilitas dan perlengkapan pendidikan. Semua hal tersebut merupakan hal-hal yang sulit didapatkan oleh mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan, dan APRIL Grup hadir dan membuka akses masyarakat untuk hal-hal tersebut.

Sumber: Tanoto Foundation
Masyarakat yang memiliki akses ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi memiliki kesempatan lebih untuk menjadi sukses di masa yang akan datang. Kesuksesan ini secara tidak langsung akan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga secara finansial ke depannya.

Peningkatan Layanan Kesehatan

Sumber: Tribun Jogja
Akses untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh masyarakat miskin, terutama mereka yang hidup di daerah terpencil dan sulit dijangkau. APRIL Grup dan Royal Golden Eagle mencoba membantu mengatasi permasalahan ini dengan berbagai pendekatan. Pendekatan pertama berupa kampanye kesehatan di sekolah-sekolah untuk meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan. Pendekatan kedua dilakukan dengan cara memberikan dukungan penuh kepada petugas kesehatan yang berada di tingkat desa. Dukungan yang diberikan dapat berupa bantuan obat-obatan ataupun pemberian suplemen kesehatan.

Pembangunan Infrastruktur Sosial

Sumber: indonesiarichest.net
Salah satu upaya yang juga ditempuh oleh APRIL Grup untuk menekan kemiskinan adalah dengan membangun sarana atau infrastruktur sosial. Kelengkapan infrastruktur ini akan membuka jalan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas hidup dalam berbagai hal. Sebagai contoh, pihak APRIL Grup membantu pembangunan sekolah-sekolah umum di area yang berada dekat dengan area operasi perusahaan.  Dengan adanya sekolah-sekolah seperti ini, anak-anak yang tinggal di area tersebut akan mendapatkan pendidikan yang lebih baik untuk membangun potensi mereka. Selain itu, pihak APRIL Grup dan RGE juga membangun berbagai infrastruktur seperti sarana sanitasi air untuk mendukung upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Ketiga aspek tersebut yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur sosial memiliki hubungan yang erat satu dengan yang lainnya. Tanpa adanya fasilitas kesehatan yang memadai, akan sulit bagi para warga untuk mengobati penyakit yang menghalangi produktivitas kerja mereka. Tanpa adanya jalan desa untuk memudahkan transportasi dari satu tempat ke tempat lain, para warga desa akan kesulitan dalam menjual hasil panen atau produk mereka, yang tentu saja akan mengurangi jumlah pemasukan yang dapat diterima. APRIL Grup dan kegiatan pengembangan komunitas yang berfokus pada ketiga aspek tersebut terbukti cukup efektif dalam mengatasi permasalahan yang ada, yang nantinya akan membantu dalam hal peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara lebih luas dan merata.




  • Share:

You Might Also Like

0 comments