Tangguhnya Si Cantik HP Envy X360 Bertenaga AMD Ryzen

By Dewi Sulistiawaty - September 10, 2019

Bisa dikatakan kalau saya ini termasuk manusia yang lamban mengenal laptop. Di saat beberapa sahabat sudah asyik bermain laptop, saya sendiri belum tertarik dan masih senang berkutat dengan desktop. Yap, PC dengan computer CPU, monitor tabung, lengkap dengan keyboard dan mouse kabelnya. Komputer yang dulu dengan setia menemani saya mengetik hingga larut malam untuk menyelesaikan skripsi.

Di pertengahan tahun 2000-an, barulah saya mulai tergoda untuk memiliki sebuah laptop. Saat itu saya tertarik karena melihat hampir semua mahasiswi yang kos di belakang rumah orang tua saya memiliki laptop. Eh bukan karena iri ya, bukan! Tapi karena alasan mereka yang mengatakan kalau punya laptop lebih nyaman dan praktis. Sehingga mereka bisa mengerjakan tugas kapan pun dan di mana pun. Bisa dibawa ke kampus dan pulkam, gak banyak makan space di kamar kos mereka yang imut, serta pemakaian listriknya juga gak sebesar komputer.

Laptop pertama yang saya miliki waktu itu tentu saja sudah yang lumayan terbaik menurut saya, sesuai dengan harganya. Dengan layar 14”, saya sudah puas bisa browsing, berselancar di media sosial, mengirim email, menggunakan Microsoft Office, dan bermain game-game yang ringan, di mana pun saya suka.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perkembangan. Perubahannya begitu pesat, termasuk kemajuan teknologi di dunia komputer. Pengetahuan saya waktu itu mengenai desktop dan laptop, serta spesifikasinya belum begitu dalam. Yang saya tahu beberapa brand laptop berlomba-lomba untuk menyajikan laptop dengan desain yang kokoh dan elegan, lebih tipis dan ringan, sistem pendingin yang baik, kinerja dan performa yang tangguh, serta spesifikasi advance lainnya.

Setelah beberapa kali menghadiri event yang mengusung topik mengenai teknologi dan digital, sedikit demi sedikit saya mulai memahami spesifikasi dan perangkat laptop seperti apa yang bagus dan mumpuni. Yang pasti, laptop pertama yang saya miliki, yang tebal dan berat, baik berat secara fisik, maupun dapur pacunya, tentu saja sudah sangat jauh ketinggalan.

Ini juga yang kemudian menjadi alasan saya untuk membeli sebuah notebook dulu di awal tahun 2013. Walaupun spesifikasi yang dimilikinya standar, dan tak ada CD-ROM Player atau dalam istilah komputer lebih sering disebut ODD (Optical Disc Drive), paling nggak notebook ini lebih nyaman dibawa kemana-mana, gak berat, gak makan banyak space juga di dalam tas, dan yang penting bisa menunjang aktivitas saya dalam menulis.

Namun beberapa bulan belakangan ini, kesukaan saya memotret membuat saya berkeinginan untuk memiliki sebuah laptop yang bisa diandalkan untuk melakukan pengeditan foto. Karena sudah pasti notebook, apalagi laptop pertama saya, tak akan mampu bekerja optimal dengan spesifikasi standar yang dimilikinya. Dijamin bakalan nge-lag deh. Hunting laptop pun saya lakukan, mulai dari browsing di internet, bertanya pada teman dan saudara, maupun mengorek informasi dari event yang saya hadiri.
     
Dari sekian banyak info yang saya dapatkan, salah satu laptop yang menarik perhatian saya adalah laptop HP Envy X360 13 (13 inch). Pertama saya melihat laptop ini langsung naksir dengan tampilan fisiknya yang elegan dan kokoh, dengan bodi yang tipis dan ringan. Sungguh memesona. Plus nya lagi, laptop dengan layar sentuh ini dapat diputar hingga 360 derajat, sesuai dengan namanya X360. Wow banget gak sih!

Jatuh hati pada pandangan pertama, saya pun lanjut pedekate agar bisa mengetahui apakah kecantikan luarnya comparable dengan bagian dalamnya. Saya pun mengulik-ngulik spesifikasi apa saja yang dimiliki oleh HP Envy X360 13, serta performa seperti apa yang bisa diberikannya.


SPESIFIKASI
HP ENVY X360 13
Prosesor
AMD Ryzen™ 5-3500U/7-3700U
OS
Windows 10 Home 64-bit
SSD
512GB PCle® NVMe™ M.2 SSD
RAM
8GB/ 16GB DDR4-2400 SDRAM (onboard)
GPU
AMD Radeon™ RX Vega 10 Graphics (2.3GHz base clock, up to 4GHz max boost clock, 6MB cache, 4 cores)
Layar
13.3” diagonal Full HD IPS micro-edge WLED-backlit touch screen with Corning® Gorilla® Glass NBT™ 1920 x 1080)
Konektivitas
Wifi AC (MU-MIMO), Bluetooth 4.2 combo
Input Output
1 USB 3.1 Gen 1 Type A (HP Sleep and Charge),
1 USB 3.1 Gen 1 Type A (Data transfer only),
1 USB 3.1 Gen 1 Type C (5Gb/s signaling rate, Power Delivery 3.0, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge)
1 headphone/ mic. combo (Audio 3.5mm),
1 Micro SD Card Reader
Kamera
720P @30FPS
Keamanan
Fingerprint Reader, Camera Kill Switch
Audio
Bang & Olufsen, Quad Speaker, HP Audio Boost
Dongle
Yes
Stylus Pen
Yes
ODD
No
Baterai

Daya tahan
53,2 Wh
2 jam (charging time)
14 jam 30 menit
 ± 7 jam (video playback, streaming, browsing)
Dimensi
30,6cm x 21,2cm x 1,47cm
Ketebalan
1,47cm
Bobot
1,27kg (laptop)
288gr (charger)
Garansi
2 tahun
Harga
Rp15.499.00,- (AMD Ryzen™ 5-3500U)
Rp17.499.00,- (AMD Ryzen™ 7-3700U)

Ternyata seri Envy ini termasuk kelas premium dalam jajaran laptop keluaran HP. Pantas saja, itu dapat dilihat dari tampilan luarnya yang elegan dengan desain bodi yang tipis dan ringan. Bodinya pun terbuat dari material full alumunium, sehingga nampak kokoh banget, apalagi dibalut dalam warna nightfall black. Dengan Form Factor 2-in-1 Convertible, HP Envy X360 bisa difungsikan dalam 4 mode penggunaan, yaitu laptop, tablet, tent, dan reverse.

HP Envy X360 bertenaga AMD Ryzen 7-3700U
Layar berukuran 13.3 inch dari HP Envy X360 yang bisa touch screen ini telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass sehingga bisa awet dalam penggunaannya. Bezelnya micro-edge, sangat tipis, sehingga display nya terlihat lebih lega. HP Envy X360 menggunakan layar IPS low power yang dapat menghemat penggunaan baterai, yang disertai dengan panel 400 NITS sehingga lebih brightview, plus 72% NTSC yang dapat menampilkan warna yang lebih akurat.

Uniknya di dalam HP Envy X360 ini ditanamkan AMD Freezing, yang biasa digunakan untuk laptop gaming. Nah lho, keren kan! Sebenarnya laptop HP Envy X360 merupakan jenis laptop personal. Namun tampilan dan performanya seperti perpaduan antara laptop bisnis dan gaming, karena bisa digunakan untuk semua aktivitas kantor, seperti desain, edit foto dan video, serta memainkan beberapa game.

Jika ingin bermain game, seperti Dota 2, laptop ini ternyata mampu melahapnya dengan cepat. HP Envy X360 juga bisa digunakan untuk memainkan beberapa game lain di atasnya, seperti Battlefield 1, CS:Go, atau F1 2018. Namun agar bisa bermain dengan nyaman disarankan untuk menggunakan Performance Mode.

Hampir semua performa terbaik yang didapatkan dari HP Envy X360 tak lepas dari peran dan kinerja otak dari laptop ini, yaitu AMD. Siapa yang tak kenal dengan AMD. AMD atau Advanced Micro Devices, Inc merupakan perusahaan semi konduktor asal Amerika Serikat yang sudah 50 tahun berpengalaman dalam mengembangkan prosesor komputer dan teknologi terkait lainnya.

Mengenal AMD Lebih Dekat

Beberapa waktu lalu saya diberi kesempatan untuk hadir dalam acara Blogger Gathering bersama AMD. Acara yang dilaksanakan pada hari Jumat, tgl 30 Agustus 2019 tersebut membuat saya dapat mengenal AMD lebih dekat lagi, serta teknologi saja apa yang telah diusungnya.


Blogger Gathering bersama AMD
Acara yang diselenggarakan di Spumante All Day Dining, Jakarta ini menghadirkan beberapa laptop andalan dari brand laptop ternama, yang menanamkan teknologi AMD di dalam produknya. Salah satunya adalah laptop HP Envy X360. Saya sangat excited saat mengetahui laptop idaman saya ternyata ikut berjejer rapi dengan laptop keren lainnya di sana :)

Beberapa laptop yang menggunakan teknologi AMD
Dari acara ini saya jadi tahu kalau ternyata AMD merupakan prosesor pertama untuk PC yang dapat menembus kecepatan 1GHz, begitupun untuk GPU (Graphics Processing Unit). Tahun 2011, AMD juga berhasil memperkenalkan APU (Accelerated Processing Unit), yaitu teknologi yang menggabungkan CPU dan GPU dalam satu chipset.

Teknologi AMD ternyata sudah banyak dimanfaatkan dan disematkan dalam berbagai perangkat lho, diantaranya di notebooks dan desktops, game consoles, datacenters, supercomputers, digital signage, medical imaging, avionics cockpit display systems, casino gaming, dan thin clients.

Pada tahun 2013, hampir semua gaming console menanamkan teknologi AMD dalam perangkatnya. Lalu tahun 2017, AMD juga memperkenalkan 16-core HEDT Processor. Masih banyak lagi gebrakan lainnya yang dilakukan oleh AMD, termasuk di akhir tahun 2018, AMD memperkenalkan fabrikasi 7nm  untuk kartu grafis di data center, dan ini merupakan yang pertama di dunia. Keren!

Di tahun 2019 ini AMD kembali memperkenalkan produk terbarunya, yaitu the next generation 7nm. Diantaranya ada AMD EPYC™ “Rome”, New Family of GPUs (AMD Radeon 5700 XT dan AMD Radeon 5700), 3rd Generation AMD Ryzen™ CPUs, dan High-Performance Ecosystem. Nah, khusus pada acara ini, fokus pembahasannya adalah mengenai AMD Ryzen.

Mengapa Harus AMD Ryzen?

Hingga saat ini AMD Ryzen merupakan prosesor tercepat di dunia
untuk laptop ultrathin.

ü Great multi-tasking.
Menggunakan laptop berteknologi AMD Ryzen, tak perlu khawatir bakal nge-lag saat melakukan beberapa aktivitas sekaligus. Misalnya sambil mengetik bisa sekaligus video call, dan edit konten.
       
ü Best in class performance.
AMD menghadirkan kartu grafis selevel discrete. Laptop ultrathin yang biasanya identik dengan aktivitas ringan seperti mengetik, maka dengan menanamkan AMD Ryzen dan Radeon Vega di dalamnya, laptop mampu bekerja dengan baik saat dibawa bermain game. 
 
ü Efficient, cool, and quiet.
Dengan Teknologi AMD SenseMI memungkinkan AMD Ryzen™ untuk beradaptasi dengan aktivitas penggunanya, seperti memonitor suhu, kecepatan prosesor, dan voltase, sehingga performa yang dihasilkan lebih baik dan efisien, plus tentu saja lebih hemat daya.



AMD Ryzen™ 3000U-Series

Prosesor AMD Ryzen generasi kedua ini sudah menggunakan Radeon™ Vega Graphics. Huruf ‘U’ di belakang angka 3000 memiliki arti ‘Ultra Low TDP (Thermal Design Power)’, yang menunjukkan bahwa prosesor ini ditujukan untuk laptop ultrathin (super tipis) dengan daya kurang dari 15 watt.

AMD Ryzen 3000U Series
Wah, ini berarti laptop HP Envy X360 memiliki model prosesor tertinggi dijajaran AMD Ryzen generasi kedua ya, yaitu menggunakan Ryzen 7-3700U dengan 4 cores/ 8 threads, base clock 2.3 GHz dan max boost 4.0 GHz, serta TDP 15 watt. Lalu APU dengan Radeon™ RX Vega 10 Graphics, dan GPU Clock 1400 MHz.

Oya, HP Envy X360 juga punya versi kedua, yang menggunakan AMD Ryzen 5-3500U. CPU cores, threads, dan TDP nya sama dengan Ryzen 7. Cuma CPU base/max frequency sedikit lebih rendah, begitupun dengan kartu grafisnya menggunakan Radeon™ Vega 8, dengan GPU Clock 1200 MHz.


Berarti dengan ditanamkannya prosesor 2nd Gen AMD Ryzen dalam HP Envy X360, saya dapat melakukan pengeditan foto menggunakan Photoshop, CorelDraw, dll dengan nyaman, edit video atau media editing lainnya dengan cepat, membuka banyak tab sekaligus di satu browser tanpa takut nge-lag, serta nonton video dengan mulus :). Jadi makin yakin dan mantap untuk memilih HP Envy X360 sebagai ‘teman bermain’ :D.

Menjajal ketangguhan HP Envy X360, yang ternyata beneran ngebut pakai Ryzen 7
Menikmati streaming yang #BeneranCepat di HP Envy X360 bertenaga AMD Ryzen generasi kedua
Oya, saat acara saya juga dikenalkan dengan AMD Ryzen™ 3000H-Series. Performanya tak terlalu jauh berbeda dengan AMD Ryzen™ 3000U-Series. Cuma beda di TDP, yaitu H-Series memiliki TDP 35 watt. Modelnya pun cuma 2, yaitu AMD Ryzen 7-3750H dengan Radeon™ RX Vega 10 Graphics, dan AMD Ryzen 5-3550H dengan Radeon™ Vega 8 Graphics.

Sesuai dengan namanya, yaitu AMD Ryzen 3000H-Series, dimana huruf ‘H’ di sini berarti ‘High Performance’, maka H-Series ini ditujukan untuk laptop gaming dan pro content creator. Makanya dimaklumi kalau TDP nya masih agak tinggi dibandingkan U-Series. Performanya pun bisa disamakan sekelas dengan desktop.

Kemarin saat acara, beberapa laptop gaming yang menggunakan teknologi AMD juga dipamerkan di sana. Beberapa diantaranya ada ASUS ROG Zephyrus, ASUS TUF Gaming, Acer Predator Helios 500, Lenovo Ideapad Gaming, dll. Sayang, saya lupa menjepretnya, saking excited dan fokusnya dengan si cantik HP Envy X360 :D.

Oya, pernah mendengar tentang AMD Athlon™? Prosesor Athlon merupakan legenda dari AMD. Dulu prosesor Athlon inilah yang membuat nama AMD jadi kedengaran gaungnya. Kalau tak salah, di tahun 2000, AMD Athlon sempat mendapat predikat “Processor of the Year”.

Lama tak terdengar, ternyata AMD Athlon™ kembali muncul dengan performa yang lebih gres. Yup, Athlon hadir dengan teknologi Ryzen dan Radeon Vega. Arsitektur AMD Athlon™ terbaru ini berbentuk APU, yaitu 2 pack dalam 1 chipset, dan direkayasa untuk masuk dalam jajaran laptop modern.
           
Walaupun secara umum terkesan ringan dan tak segahar Ryzen, namun Athlon cukup mampu untuk diajak streaming, gaming, dan photo editing. Tampil dalam laptop dengan desain yang modern dan harga yang lumayan terjangkau, penggunaan Athlon sendiri lebih ditujukan bagi user pemula dan anak sekolahan.

Jadi kesimpulannya, saya makin mantap memilih HP Envy X360 :D. Selain naksir dengan desainnya yang elegan, tipis, dan ringan, dapur pacunya yang ditenagai AMD Ryzen 7-3700U dan Radeon RX Vega 10 membuat kinerjanya #BeneranCepat, dan dapat diandalkan untuk menemani saya beraktivitas. Belum lagi fitur-fitur keren lain yang dimilikinya. Saya harap dengan memiliki laptop yang mumpuni ini dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas saya dalam beraktivitas sehari-hari. Amiiin :)

Untuk informasi lebih lengkap lagi mengenai AMD, bisa kunjungi situs resminya di www.amd.com. Dapatkan juga informasi ter-update seputar AMD di akun media sosial: Facebook Fans Page di facebook.com/AMD, Twitter di twitter.com/AMD, dan Instagram di instagram/amd.



Foto-foto: pribadi dan AMD      

  • Share:

You Might Also Like

60 comments

  1. Jangankan mbak, saya aja naksir kok dengan leptopnya. Leptop punya saya sudah Lola mbak, keknya butuh leptop baru buat kerja nih. Mau beli tapi harus nabung dulu...hehehe

    BalasHapus
  2. Sama aku juga mba belum ngeh punya leptop dulu masih nyaman PC, leptop aku ya notebook HP dulu beli karena pengen nonton wkwkwk..sereceh ini alasannya

    Setuju mba kalau buat edit foto butuh leptop yang keren jadi tau nih spek HP ini

    BalasHapus
  3. wadaw, laptopnya bisa di lipet gitu yak, keren, aku tu pengen banget punya laptop keren kayak gini buat menunjang aktifitas blogging aku tapi sepertinya belum bisa karena masih blom konsisten bikin konten :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak hanya krn bisa dilipet aja sih Mba, tapi spek lainnya bikin mupeng, hehe

      Hapus
  4. oemjiii liat ini seketika aku jadi pengen nabung buat ganti laptop baru nih ke yang lebih keceee, naksir banget sama lenovo ideapad c340 nih, keren bisa dilipet gitu yaaa, jadinya lebih praktis nih

    BalasHapus
  5. Aku juga pengen nih punya laptop ini.. Keren dan spec nya ok banget ya..

    BalasHapus
  6. Laptopnya keren bin mantab jiwaaaa
    mau bangeett adopsi satuuu aku mbaa :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. HP Envy X360 tipis yaaa. Itu kalau dibawa ke mana-mana gak beratin pundak. Aku aslinya gak paham soal teknologi dan dalamannya laptop. Jadi kudu baca2 dulu dan nyari orang yg benar2 paham

    BalasHapus
  8. Laptop ini incaran adekku nih. Tapi aku suruh nabung dulu dia 🤣

    Aku sih kenal laptop udah lama banget pas awal2. tapi lebih nyaman pake komputer duduk gitu. Hahaha.

    Walau kalau meeting butuh laptop juga sih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaaaa, adeknya juga ngincer ini yaa. Toss lah kalo gitu XD

      Hapus
  9. Speknya kece bgd. Jadi naksir juga sm HP Envy X360 13 ini. Semangat nabung biar keinginan punya leptop kece buat ngeblog cpet terkabul. Bantuin doa ya mbk. Makasiiiihhhhh

    BalasHapus
  10. Bentuknya yang tipis jadi memudahkan untuk dibawa2 ya. Cocok banget nih untuk dibawa2 saat nongkrong di coffee shop, jadi bisa sambil kerjain konten :)

    BalasHapus
  11. Aku dan anak - anak juga paling hobby streaming mbaaa.. paling pas yaa dengan laptop yang satu ini

    BalasHapus
  12. Aku kalau di rumah lebih senang ngetik pakai PC, laptop kalau bepergian, dan pilihan memang laptop yang tipis ya biar nggak capek bawa-bawanya.
    Ku jadi penasaran sama HP Envy ini.

    BalasHapus
  13. Sama lah kaya saya gaptek dan kudet kalau soal laptop. Ini ngeblog aja masih setia pakai hp. Sebisanya hehehe...
    Teknologi amd ini beneran canggih. Kepikiran suami mau lanjut kuliah, pakai laptop bertenaga begini ya

    BalasHapus
  14. Laptopnya mantep banget mba, bisa diajakin pergi jalan-jalan ya.
    Bakalan produktif nih kalau punya laptop keren begini

    BalasHapus
  15. Wah HP udah pakai AMD Ryzen ya? Mantap banget dong ini. Aku penggemar laptop dengan AMD nih karena lebih awet dan kuat. Trus juga lebih dingin sih kalau untuk pemakaian lama, secara aku kalau kerja depan laptop bisa lebih dari 10 jam sekali duduk. Nggak cepat panas ini laptopnya kalau AMD

    BalasHapus
  16. Spesifikasinya menggiurkan mbak, tapi harganya aku masih gak sanggup hahaha aku lirik laptop HP yg lain aja laah :D

    BalasHapus
  17. Ternyata spec AMD gak kalah sama intel juga dan laptop incaranku asus vivobook ada yg uda dibenamkan sama AMD juga nih ternyata.

    BalasHapus
  18. Prosesor Ryzen ini emang lagi dilirik banget ya mbak. Beberapa produk juga aku liat udah mulai ada yang pake teknologi ini. Tapi ngeliat HP Envy yang bisa dilipet ini seriusan bikin envy sih

    BalasHapus
  19. Saya juga tadinya lebih suka pakai PC. Cuma gara-gara PC rusak dan gak sempat buat benerin aja, akhirnya beralih ke laptop. Kalau enggak, lama-lama saya berhenti ngeblog hahaha. Tapi, akhirnya terbiasa juga opakai laptop. Pengen yang canggih kayak gini juga lah saya :D

    BalasHapus
  20. wow! aku jadi naksir berat sama laptip na.. Lagi ngincer laptop tipis yg kayak HP Envy ini soalnya..

    BalasHapus
  21. Wuih keren banget tampilannya. Speknya pun mantap. Pas kayaknya ya buat blogger kayak kita. Dan worth it dengan harganya yang segitu. Bikin kepengen ganti laptop jadulku dengan ini deh. :)))

    BalasHapus
  22. Harganya lumayan ya Mba buat kantong saya :) . Tapi dengan fasilitas dan kecanggihan teknologi di dalamnya, wajar saja dengan harga demikian. Semoga dapet laptop baru lg aahh insya Allah

    BalasHapus
  23. Walaupun ukuran layarnya besar tetapi ternyata ringan juga ya, nggak nyampe 1,5kg. Masih nyaman buat dibawa2 di dalam tas ransel. Apalagi kalau spesifikasinya seperti ini dijamin kerjaan lancar ya mbak.

    BalasHapus
  24. Sama mbak, saya juga orangnya lemot banget, kenal laptop cuma bisa makenya doang, karena semuanya udah beres diurusin pak suami.

    BalasHapus
  25. Kok aku melihat laptop ini yang terbersit di kepala: Ya ampun, laptop fashionable gini hahaha. Bisa dilipat kece, duh seneng banget klo punya laptop gini

    BalasHapus
  26. Laptop pertama aku masih ada tuh, masih bisa dipakai sih tapi lemoooot :)
    Asyyyyik ada yang mau punya laptop baru nih beli HP Envy X360 yaaa

    BalasHapus
  27. Kece banget laptopnya. Tapi harganya bikin harus nabung dulu ini mah. Aku naksir yang warna merah xixi

    BalasHapus
  28. Laptop makin canggih, makin bisa dibawa kemana-mana. Koq cakep ya itu bisa di lipet2 hehehe

    BalasHapus
  29. Laptopnya canggih banget ya bisa dilipet kaya gitu tapi kalau buat aku yg suka blogging dan vlogging bagus jg ga ya?

    BalasHapus
  30. Aku jadi pengen juga nih punya laptop baru semoga segera bisa mewujudkan keinginan punya laptop baru

    BalasHapus
  31. Kalau ada kemampuan laptop kesukaan seperti ini dengan kualitas terbaik, kayaknya aku akan pilih yang ada tenaga AMD ryzen. Awalnya sering denger tapi kurang ngeh :)

    BalasHapus
  32. Huaa kak Uni aku juga naksir laptop ini bener2 laptop idaman ya bisa 360 derajat dan touchscren pula lagi. Terus cepet karena sudah memakai prosesor AMD.

    BalasHapus
  33. waaah udah ada yang oake ryzen 7 ya ternyata, kemaren kemaren adiku beli yang ryzen 5 pun udah keren, apalagi yang 7, jadi pengen nabung buat beli 💛

    BalasHapus
  34. Canggih banget HP Envy ini mbak, apalagi teknologi ryzen sudah memiliki kualitas yg handal. Semoga bisa nabung buat HP ini mbak.

    BalasHapus
  35. Fiturnya ynag bisa muter ini amazing ya. Bisa dibawa pake tangan jadinya. Mupeeeeng :D

    BalasHapus
  36. Kalo pengen ngedit video atau foto di laptop butuh yang punya spesifikasi mumpuni ya mba. Terutama yang RAM nya gede, dan storage nya juga sih

    BalasHapus
  37. Laptop anakku HP AMD yg layar lebar. Buat aku sih repot nentengnya. Tapi buat anakku cocok banget karena dia anak teknik. Processornya sangat menunjang tugas2nya. Dia juga nggak ada masalah waktu instal program sendiri karena beli kosongan. Tapi programnya certified semua.

    BalasHapus
  38. AMD sekarang nggak kayak dulu. Lebih tangguh buat instal macam2 program dan lebih murah dibanding kompetitor.

    BalasHapus
  39. Duh naksir berat nih..laptopku sdh perlu yg baru nih..huhu..

    BalasHapus
  40. laptop hp nya tipis n bisa maen game lagi.. bisa banget nih direkomendasiin ke Paksu Mba.. ada yg suka maen game soalnya hehe

    BalasHapus
  41. kira kira kalo aku pake laptop ini bisa makin rajin nulisnya ga ya kak, hehehe

    BalasHapus
  42. AMD Ryzen terbaru tuh handal banget diajak kerja. Bikin laptop apapun yang menggunakan prosesor ini bisa melaju kencang saat digunakan kerja grafis maupun edit video.

    BalasHapus
  43. Urusan daleman leptop ini ku sungguh pasrah dan gak tahu sama sekali.
    Yang pasti user-friendly dan gak banyak minta maintenance.

    BalasHapus
  44. Aku juga boleeeh lho dikirimi laprop yang satu ini.. kereeen soalnya specnya ya mba

    BalasHapus
  45. Wow! Keren banget laptopnya bisa dilipet gitu.
    Jadi pengen upgrade, laptopku juga HP tapi edisi lama, dulu beli yang penting bisa buat ngetik dan bbrp task, ternyata skrg butuh ngedit2 foto dan video juga 😄

    BalasHapus
  46. Ngiler banget ini laptopnya
    mumpuni banget spesifikasinya.
    Semoga ada rejeki bisa beli ini aamiin

    BalasHapus
  47. Cantik laptopnya deh. Nanti kukasih tau suami, soalnya dia rencana mau beli laptop. Siapa tau aku boleh minjem wkwk

    BalasHapus
  48. waaaah liat ini aku jadi mupeng pengen ganti laptop juga deh, apalagi akhir akhir ini laptop aku emang sering ngadat, auto nabung nih biar bisa ganti hehehe

    BalasHapus
  49. Senang itu kalau bisa punya laptop lipat
    Bisa tampil keren dimanapun
    Plus ga monoton juga saat bekerja dengan laptop

    BalasHapus
  50. wah aku ngiler nih mba sama designya, kayaknya bakalan jadi salah satu wishlist gadget nih buat tahun ini :)

    BalasHapus
  51. apa ini kok keren banget bisa dilipat begituuu, jadi mau bangetlaaaa

    BalasHapus
  52. Ya ampun, namanya "Envy". Mungkin bikin envy orang-orang yang melihatnya juga, ya, karena termasuk laptop yang tampaknya tangguh dan premium.

    BalasHapus
  53. Kalau liat laptop.gini jadi kepengen beli melihat bagaimana Uda uzurnya laptopku

    BalasHapus