Catat, Ini Komponen-Komponen Mobil yang Sering Rusak

By Dewi Sulistiawaty - November 03, 2022

Asuransi Mobil Terbaik
Sumber gambar: gandgautorepair.com

Sebagai pengendara, tentunya kita sudah tahu bahwa mobil terdiri dari komponen-komponen yang bekerja supaya kendaraan kita dapat digunakan dengan normal. Namun dari beberapa suku cadang tersebut, terdapat pula komponen mobil yang tergolong harus sering diganti supaya tidak mengganggu performanya. Komponen tersebut biasanya menjadi aus akibat usia dan juga lamanya penggunaan.

Agar mobil kita bisa tetap berjalan dengan normal, pastinya komponen yang telah aus dan rusak harus diganti ya. Itulah alasannya mengapa kita sebaiknya rutin melakukan service berkala, untuk mengetahui apakah ada komponen yang sebaiknya segera diganti. Oleh sebab itu, sekalipun bukan seorang mekanik, ada baiknya kita mengetahui komponen atau suku cadang apa saja yang relatif rawan kerusakan.


Komponen Mobil yang Sering Mengalami Kerusakan

Mengapa kita perlu tahu apa saja komponen mobil yang termasuk sering rusak? Salah satunya agar kita tidak menjadi korban dari bengkel abal-abal yang memanfaatkan ketidaktahuan pemilik kendaraan. Jangan sampai kita harus membayar mahal untuk suku cadang yang seharusnya masih bisa dipakai.  Sebaiknya dicatat, apa saja jenis komponen pada mobil yang sering rusak berikut ini:

1. Aki

Asuransi Mobil Terbaik
Sumber gambar: kibrispdr.org

Aki merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan, baik motor ataupun mobil. Aki inilah yang bertanggung jawab pada semua sistem kelistrikan pada kendaraan kita. Jika aki mobil mati, maka kendaraan kita juga tidak bisa distarter dan dijalankan. Begitu juga dengan lampu-lampu, tidak akan mau menyala.

Aki memiliki umur pakai tertentu, dimana saat sudah melampaui masa pakainya, maka hkita arus membeli aki yang baru. Daya simpan aki mobil kita akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia.

2. Koil

Selanjutnya, ada koil yang berfungsi untuk pembangkit tenaga listrik pada mobil kita. Kalau komponen koil ini rusak, yang terjadi adalah tidak terjadi proses pengapian pada kendaraan. Akibatnya, mobil kita tidak akan bisa berjalan dan digunakan.

3. Busi

Asuransi Mobil Terbaik
Sumber gambar: nabd.com

Komponen mobil yang terbilang lebih sering rusak adalah busi. Sama halnya dengan koil, busi juga bertanggung jawab pada proses pengapian kendaraan. Sama dengan koil, kalau busi mobil kita rusak maka tidak ada proses pemantik api pada mesin kendaraan.

4. Sistem Injeksi

Komponen pada sistem injeksi sebenarnya tidak terlalu sering rusak, hanya saja bagian ini lebih mudah kotor dan tersumbat. Sistem injeksi adalah sistem untuk mendistribusikan bahan bakar yang kemudian bertugas untuk mengalirkan bahan bakar ke dalam tabung silinder pada mesin.

Meskipun memang tidak sesering komponen aki, koil ataupun besi, sistem injeksi yang kotor dan tersumbat bisa mengganggu performa mesin mobil. Kita harus dapat mengenali apakah sistem injeksi pada mobil tersumbat atau tidak.

Ciri sistem injeksi yang kotor ataupun tersumbat, diantaranya mesin mengalami getaran yang kasar, yang kadang muncul, lalu tiba-tiba hilang. Getaran kasar pada mesin akan hilang saat kita menginjak gas dalam-dalam ataupun saat putaran mesin relatif tinggi.

5. AC Mobil

Asuransi Mobil Terbaik
Sumber gambar: cars24.co.th

Masalah kerusakan juga sering dialami oleh komponen pendingin atau AC mobil. Masalah akan lebih mudah dialami oleh mobil yang jarang menggunakan AC. Jarangnya penggunaan sistem pendingin pada kabin mobil kita menyebabkan komponen tersebut ditempeli debu dan menjadi endapan.

Debu biasanya akan mengendap pada bagian saluran AC dan akibatnya adalah penurunan kualitas udara di kabin mobil. Rusaknya komponen AC ini seringkali membuat jengkel pengendara, apalagi kalau kita berkendara di siang hari yang sangat panas udaranya.  Masalah pada AC ini biasanya disebabkan adanya kerusakan pada kondensor, katup valve dan evaporator. Segera perbaiki agar kabin mobil kita kembali dingin dan sejuk.

Itulah beberapa komponen mobil yang terbilang sering rusak dan harus segera diganti kalau kita tidak ingin performa kendaraan terganggu. Agar biaya perbaikan kendaraan kita tidak menguras tabungan, sebaiknya mulai sekarang kita memberikan proteksi melalui produk asuransi mobil terbaik.

Kita bisa mengunjungi Cekpremi untuk mencari produk asuransi. Karena sebagai portal pembanding asuransi berbasis online terbaik Cekpremi bisa membantu kita mencari asuransi terbaik sesuai kebutuhan dan juga budget.


Sumber referensi:

https://otoklix.com/blog/bagian-bagian-mesin-mobil/

https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/8N00XmEN-komponen-mobil-yang-sering-cepat-rusak-dan-wajib-ganti-berkala

https://www.harapanrakyat.com/2021/05/bagian-mobil-yang-sering-rusak/



  • Share:

You Might Also Like

0 comments