VIESSMANN VITOPURE, SOLUSI AIR BERSIH DAN AMAN

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 30, 2022

 Kerusakan lingkungan

Jika ngomongin tentang lingkungan, bukan rahasia umum lagi kalau bumi kita sedang mengalami kerusakan. Proses kerusakan lingkungan ini ditandai dengan turunnya kualitas dan kuantitas sumber daya tanah, air, udara, flora, fauna, hingga ekosistem yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup, termasuk manusia. Jika kerusakan ini terus terjadi, tentu akan berdampak bagi kehidupan kita. Saat ini saja sudah terasa dampaknya, seperti kekeringan, pemanasan global, banjir, longsor, dan banyak lagi lainnya yang seringkali menimbulkan korban nyawa.

Sadar atau tidak, semua ini terjadi karena ulah manusia. Pemerintah serta lembaga atau organisasi dan perusahaan yang peduli akan lingkungan pun gencar memberikan edukasi serta mendorong masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan. Perilaku peduli lingkungan ini seharusnya menjadi kesadaran dari diri sendiri. Kita dapat menerapkan perilaku peduli lingkungan di mulai dari diri sendiri, dan bisa dari hal kecil sekalipun. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai atau sumber air, menggunakan produk ramah lingkungan, dan menghemat penggunaan air.

Terkadang kita tak sadar bahwa perilaku yang biasa kita lakukan ternyata dapat merusak lingkungan dan juga kesehatan kita. Misalnya saat menggunakan air keran atau air sumur sebagai sumber air minum. Walaupun air tersebut terlihat bersih dan tidak berbau, kita tidak tahu apakah air tersebut benar-benar tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan, yang walaupun dimasak hingga matang belum tentu hilang, bahkan bisa mengendap di air tersebut.

Keraguan akan kualitas sumber air minum akibat kerusakan lingkungan, membuat masyarakat mulai beralih dengan menggunakan air minum kemasan galon, yang dianggap lebih aman. Namun terlepas dari steril atau tidaknya air dalam kemasan galon tersebut, ternyata ada bahaya lain yang mengintai, yaitu berupa zat kimia pengeras plastik yang digunakan untuk memproduksi galon. Sebegitu syulitnya bagi kita untuk mendapatkan air minum yang bersih dan steril di bumi yang menjadi tempat tinggal kita. Ini baru segelintir dari berbagai permasalahan lingkungan yang kita hadapi.

 

Solusi Air Bersih dan Aman

solusi air bersih dan aman Viessmann Vitopure

Akhirnya ada juga solusi untuk mendapatkan air minum yang bersih dan aman dari Viessmann. Sebenarnya solusi ini sudah ada sejak lama, karena Viessmann sendiri sebagai perusahaan terkemuka dunia penyedia produk yang mendukung keberlanjutan iklim (pemanasan, pendinginan, kualitas air dan udara) dan solusi energi terbarukan ini sudah hadir di berbagai negara di dunia. Namun baru pada April 2021 kemarin Viessmann memperluas jaringannya ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain bertujuan untuk memperluas dan memperkuat kehadirannya di pasar dunia, termasuk di Asia Tenggara, Viessmann juga berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat seputar solusi air. Kehadiran Viessmann di Indonesia seperti menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan air minum yang bersih dan aman. Mengingat beberapa sumber air di negara kita masih belum layak konsumsi, dan mengalami kesulitan untuk memperoleh akses air bersih, seperti di Jakarta dan kota besar lainnya.

Berdasarkan studi dari UNICEF yang dilakukan pada awal tahun 2022, hampir 70% dari 20 ribu sumber air minum rumah tangga di Indonesia terkontaminasi limbah tinja. Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) mendata 10 dari 24 provinsi di Indonesia terkontaminasi bakteri E. Coli, serta zat berbahaya lainnya, seperti coliform, klorin, merkuri, zat besi, arsenik, dan lainnya.

Tentu saja ini dapat membahayakan kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi air yang berasal dari sumber air minum tersebut. Dampak yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan diantaranya adalah bisa keracunan zat timbal, terkena kolera, diare, disentri, polio, hepatitis A, hingga trakhoma. Bayangkan jika kita atau anggota keluarga, serta anak-anak kita sampai menderita penyakit tersebut karena mengkonsumsi air yang tidak bersih.  

Data ini menjadi salah satu alasan yang mendorong Viessmann hadir ke pasar Indonesia, untuk memberikan solusi yang dapat membantu masyarakat memperoleh air minum bersih dan aman, sehingga kondisi hidup keluarga Indonesia akan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Viessmann juga turut memberikan edukasi pada masyarakat luas mengenai pentingnya menjaga keamanan dan kebersihan air.

 

Rangkaian Viessmann VITOPURE

Viessmann Vitopure
Rangkaian produk Viessmann VITOPURE

VITOPURE, merupakan produk teknologi pengolahan air rumah tangga dan air minum yang dihadirkan Viessmann, sebagai salah satu bentuk solusi terdepan untuk air minum yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Produk VITOPURE terdiri dari dua jenis, yaitu seri VITOPURE yang berfungsi sebagai pengelolaan air minum sehingga air jadi layak minum. Sedangkan jenis kedua adalah yang berfungsi sebagai pengelolaan air rumah tangga, seperti untuk mencuci, mandi, dan pemanas air.

VITOPURE untuk Pengelolaan Air Minum

Untuk pengelolaan air minum, VITOPURE hadir dengan produk VITOPURE S4 dan VITOPURE S4-RO. VITOPURE S4 berfungsi untuk memurnikan air dengan cara menghilangkan seluruh kontaminan dan sedimen yang terdapat pada air. Dengan filtrasi Kinetic Degradation Fluxion (KDF), maka klorin dan logam berbahaya yang ada pada air dapat dihilangkan, serta meminimalisir timbulnya kerak. Setelah itu juga ada penyaringan karbon aktif terkompresi yang dapat menghilangkan warna, bau, dan rasa pada air. Jadi penyaringannya dilakukan secara bertahap untuk memastikan kebersihan air minum.

VITOPURE S4-RO memiliki mekanisme kerja yang sama dengan VITOPURE S4, termasuk filtrasi bertahapnya. Bedanya, VITOPURE S4-RO khusus untuk memastikan kualitas air layak minum, langsung dari kran yang tersedia pada filternya. Kedua seri VITOPURE ini sama-sama dipasang fiber diatomite ceramic dan polipropilena (PP) untuk memastikan air tidak terkontaminasi oleh kuman, virus, maupun bakteri, serta penumpukan kotoran, telur serangga, dan pasir. Jadi untuk VITOPURE S4, airnya bisa digunakan untuk memasak, atau keperluan lain yang perlu pengolahan lagi, untuk kemudian bisa dikonsumsi. Sedangkan VITOPURE S4-RO, airnya bisa langsung diminum dari kran filternya.

Harga yang dibandrol untuk produk VITOPURE S4 mulai dari Rp3.000.000,-, sedangkan untuk VITOPURE S4-RO mulai dari harga Rp6.900.000. Harganya tergantung dari tipe dan kapasitasnya, karena masing-masing seri memiliki berbagai macam tipe dan kapasitas yang berbeda.

VITOPURE untuk Pengelolaan Air Rumah Tangga

Untuk jenis ini, Viessmann punya produk VITOPURE seri S1, S2, S3, S5, dan S6. Untuk VITOPURE S1, S2 (elektrik), S5 (non-elektrik), dan S6 bekerja untuk mencegah sedimen, karat, ganggang, dan zat berbahaya lainnya masuk ke dalam sumber air. Sedangkan untuk seri VITOPURE S3 bekerja untuk melembutkan air, mengangkat kandungan mineral, seperti kalsium dan magnesium yang menjadi penyebab timbulnya kerak. Jadi tak hanya menjaga kebersihan air, produk ini juga dapat meningkatkan daya tahan alat-alat rumah tangga, seperti mesin cuci dan pemanas air.

Untuk harga yang ditawarkan pun beragam, disesuaikan dengan seri dan kapasitas produknya. Seperti VITOPURE S5 yang dibandrol mulai dari harga Rp2.245.000,- dan VITOPURE S6 dengan harga mulai dari Rp600.000,-. Dari VITOPURE seri S1, S2, S3, S5, dan S6, semua berkisar dari harga Rp360.000,- hingga harga Rp24.900.000,-. Jadi semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Rangkaian Viessmann VITOWELL

Viessmann Vitowell
Rangkaian produk Viessmann VITOWELL

Selain produk VITOPURE untuk pengelolaan air minum dan air rumah tangga, Viessmann juga menghadirkan produk pemanas air, yaitu VITOWELL. Untuk produk VITOWELL ini terdiri dari dua jenis juga, yaitu VITOWELL Easy dan VITOWELL Comfort. Masing-masing serinya juga memiliki berbagai macam bentuk, tipe, dan kapasitas yang berbeda. Lalu apa perbedaan VITOWELL Easy dan VITOWELL Comfort?

VITOWELL Easy

VITOWELL Easy merupakan produk pemanas air instan, yang terhubung langsung dengan shower. Dalam pemasangannya, pemanas air ini dapat diintegrasikan dengan teknologi filtrasi air, agar air yang dihasilkan menjadi lebih bersih dan aman untuk kulit dan rambut. VITOWELL Easy hadir dalam 3 seri produk yang dapat dipilih sesuai dengan harga dan tipenya, yaitu VITOWELL Classic, Premium, dan Deluxe.

VITOWELL Comfort

VITOWELL Comfort merupakan pemanas air listrik tabung. Sama seperti VITOWELL Easy, VITOWELL Comfort juga dapat diintegrasikan dengan teknologi filtrasi air, serta terdiri dari 3 pilihan atau tipe, yaitu VITOWELL Classic, Premium, dan Deluxe. Bedanya, VITOWELL Comfort memiliki lebih banyak pilihan model dan kapasitas, mulai dari yang model cube, slim, dan silinder. Sedangkan kapasitasnya terdiri dari 10 hingga 15 liter, lebih dari 30 liter, dan kapasitas 50 hingga 100 liter untuk rumah dengan anggota berjumlah lebih dari 6 orang.

Untuk menjaga keamanannya agar jangan sampai terjadi korsleting, serta untuk mencegah terjadinya panas yang berlebih, maka pada produk VITOWELL telah dilengkapi dengan Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) dan Double-safety Thermostats. Produknya pun sudah menerapkan presisi tingkat tinggi dalam pengaturan suhu dengan fitur pengatur waktu elektronik, dan layar sentuh, sehingga tingkat kepanasan air dapat dengan mudah dipantau dan dikontrol oleh pengguna. Untuk harganya juga beragam, tergantung dari tipe dan kapasitas produk yang dipilih, yaitu berkisar dari harga Rp1.750.000,- hingga Rp5.815.000,-.


Viessmann Experience Day

Viessmann Experience Day
Peresmian Pembukaan Kegiatan Viessmann Experience Day

Viessmann Experience Day
Sesi Tanya Jawab bersama tim Viessmann

Informasi di atas saya peroleh saat menghadiri acara Viessmann Experience Day yang dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Oktober 2022 di Hallf Patiunus, Jakarta. Hadir pada acara tersebut Alexander Ziehe selaku Managing Director South Asia and Oceania Viessmann, Ivan Novelibel selaku Assistant Product Sales Manager PT. Aditya Sarana Graha (distributor resmi pemurni air Viessmann), serta Ryan Limato selaku Direktur PT. Satya Dinamika Mandiri, yang diwakili oleh Eka Arli Chandra selaku Head of Marketing PT. Aditya Sarana Graha (distributor resmi pemanas air Viessmann).

Dalam sambutannya Mr. Alex menyampaikan bahwa hingga saat ini terdapat lebih dari 150 outlet yang menjual produk Viessmann di Indonesia, yang tersebar mulai dari Aceh hingga Papua. Bagi yang ingin memesan produk Viessmann, bisa diakses secara offline via distributor lokal, maupun secara online via marketplace.

Alexander Viessmann
Mr. Alexander

Viessmann sendiri merupakan perusahaan asal Jerman yang telah berdiri sejak tahun 1917. Jadi sudah lebih dari 105 tahun, Viessmann menyediakan berbagai jenis produk solusi untuk air dan udara, dengan prinsip keberlanjutan iklim dan energi terbarukan, sehingga dapat memberikan kualitas hidup terbaik untuk generasi mendatang. Untuk itu Viessmann telah melakukan beberapa langkah konkrit dalam praktik keberlanjutannya. Salah satunya dengan menjadi sponsor resmi dan mitra iklim untuk FC Bayern Munich di Asia Tenggara, sebagai bentuk kontribusi Viessmann terhadap iklim yang aman, sehat, dan berkelanjutan.

Jika dipikir-pikir, dengan menggunakan produk Viessmann VITOPURE, kita tidak perlu lagi membeli air kemasan galon. Anggap saja dalam seminggu kita perlu 2 galon air, maka sebulan butuh 8 galon air. Dikalikan setahun berarti 96 galon. Jika 1 galon air harganya 20 ribu, berarti kita menghabiskan uang sekitar 2 juta setahun untuk membeli air galon. Sebesar itu uang yang bisa kita hemat jika kita menggunakan Viessmann VITOPURE. Tak hanya hemat, namun juga terjamin kebersihan dan keamanan airnya. Selain itu, kita juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan produk plastik (galon), yang baik untuk lingkungan. Kita sehat dan hemat, bumi pun selamat. 


 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments