CARA MENJAGA DAN MELESTARIKAN BUDAYA DAERAH KITA

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 17, 2022

Cara melestarikan budaya daerah Indonesia

Jika ngomongin tentang budaya, negara Indonesia sepertinya termasuk dalam jajaran negara dengan keragaman budaya yang cukup menarik di mata dunia. Tak hanya budaya, aneka kuliner dan keindahan alamnya pun cukup menghipnotis para wisatawan dari mancanegara untuk datang berkunjung. Tak heran jika pemerintah kita rajin bersolek dan membenahi diri untuk mempercantik lokasi wisata yang tersebar di berbagai daerah agar menarik minat wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun asing. Lumayan kan, dapat menambah devisa negara 😊

By the way, lewat jalur pariwisata ini, Indonesia juga bisa mengenalkan budayanya pada wisatawan lho! Gunanya buat apa? Tentu saja agar negara Indonesia makin dikenal di mata dunia. Jika Indonesia dikenal dunia, maka perhatian seluruh negara yang ada di dunia juga akan tertuju pada Indonesia. Akibatnya jumlah wisatawan akan meningkat, maka pertumbuhan ekonomi juga akan ikut terdongkrak. Dengan begitu, mimpi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonominya dan berdiri berjejer dengan negara maju lainnya akan dapat terwujud. Aamiin....

Secara tidak langsung, ini akan berdampak juga bagi kesejahteraan masyarakatnya. Pembangunan di berbagai bidang akan lebih ditingkatkan lagi, dan itu merata hingga ke pelosok negeri. Walau tak dipungkiri, untuk mewujudkan semua ini tak semudah membalikkan telapak tangan, karena tak hanya faktor budaya saja, namun masih banyak lagi faktor lainnya yang harus berjalan beriringan untuk mencapai titik tersebut, diantaranya ada faktor sumber daya manusianya, situasi politik, kemajuan teknologi, dan lain sebagainya.

Balik lagi tentang budaya ya. Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau ini memiliki ratusan suku bangsa yang tersebar di berbagai pulau. Masing-masing suku memiliki identitas sosial dan budayanya yang khas, mulai dari adat istiadatnya, tradisinya, bahasanya, pakaian adatnya, kulinernya hingga kepercayaannya. Indonesia itu beragam, namun Bhineka Tunggal Ika. Ditambah lagi dengan kekayaan alam yang melimpah di dalamnya. Maka nikmat mana lagi yang kamu dustakan!

Kekayaan alam budaya Indonesia

Dengan segala kelimpahan nikmat yang diberikan, tugas kita hanya perlu menjaga dan melestarikannya agar jangan sampai punah. Sesimpel itu. Namun disitulah masalahnya. Tugas yang mudah pun terkadang masih sulit dikerjakan bagi sebagian orang. Entah mereka sadar atau tidak. Untuk itulah, kita selalu diingatkan untuk terus melestarikan, menjaga, dan mempertahankan budaya kita dengan baik. Nggak mau kan, jika warisan budaya kita diambil dan diklaim oleh negara lain. Mungkin masih ada yang ingat dengan peristiwa klaim negara lain terhadap batik, wayang kulit, rendang, alat musik sasando, dan beberapa budaya milik kita lainnya. Untunglah pemerintah kita segera mematenkannya, dan akhirnya tercatat di UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Karena itulah, kita jangan sampai lengah lagi ya.

Berikut ada beberapa cara untuk mempertahankan budaya kita agar tetap terjaga dan lestari.

Pahami Budaya Sendiri

Orang bijak berkata, segala sesuatunya sebaiknya di mulai dari diri sendiri. Begitu pun saat ingin menjaga keragaman budaya yang ada di negeri kita ini. Mulailah dengan memahami budaya dari daerah sendiri. Bagaimana bisa kita mengenal dan menjaga budaya yang ada di Indonesia, jika kita sendiri belum paham budaya daerah sendiri.  Coba tanya pada diri kita, apakah kita sudah kenal pakaian adat, rumah adat, bahasa daerah, kesenian daerah, kuliner khas daerah, hingga sejarah dari daerah kita sendiri? Yuk, mulai pelajari dan kenali lagi budaya daerah sendiri 😊

Kenali Juga Budaya dari Daerah Lain

Nah, jika kita sudah paham budaya daerah kita sendiri, baru kita bisa lanjut ke jenjang berikutnya, yaitu mengenal budaya dari daerah lain di Indonesia. Kita bisa mulai dari budaya yang ada di daerah tetangga. Nggak perlu paham secara detail. Paling nggak kita mengetahui budaya apa yang menjadi ciri atau kekhasan dari daerah tersebut. Ini bisa kita pelajari dari buku-buku, internet, atau teman yang berasal dari daerah tersebut. Bahkan di sekolah-sekolah formal pun, masing-masing budaya daerah yang ada di Indonesia dikenalkan pada para peserta didik. Ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai ragam budaya yang ada di Indonesia.

Kenalkan Budaya Daerah pada Orang Lain

Tak kenal maka tak sayang. Nah, agar orang lain dapat memahami dan ikut menyayangi budaya daerah kita, kita bisa mengenalkannya pada orang tersebut, baik itu orang dalam negeri sendiri, maupun orang dari luar negeri. Budaya paling mudah untuk dikenalkan ada bahasa daerah. Tak perlu kosa kata yang rumit, cukup dengan mengenalkan kalimat singkat, seperti terima kasih, permisi, maaf, silakan, selamat pagi, selamat makan, dan kalimat singkat lainnya. Bisa juga dengan mengenalkan lagu dan kuliner khas daerah kita.  Namun jika ingin mengenalkan lebih dalam lagi budaya kita, bisa dengan cara mengenalkan pakaian adat, tarian daerah, alat musik tradisional, tradisi dan upacara adat, hingga sejarah daerah kita.

Saring Budaya Asing yang Masuk

Boleh-boleh saja mengikuti arus globalisasi dan trend yang sedang populer di dunia. Misalnya trend budaya Korea Selatan yang saat ini sedang digandrungi di Indonesia, seperti produk kecantikan, style dan fashion, kuliner, bahasa, lagu, dan budaya Korea lainnya. Namun kita harus bisa menyaring budaya mana yang sesuai dengan budaya kita, dan mana yang tidak. Tak semua budaya luar cocok dengan budaya kita. Apalagi masyarakat kita yang mayoritas beragama muslim, dan mengedepankan budaya timur, dengan mengutamakan norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai karena kecintaan pada budaya luar, lalu budaya sendiri dilupakan.

Makanya anak-anak sejak dini diajarkan berbagai budaya daerah yang ada di Indonesia, agar mereka lebih mengenal dan dapat mencintai budaya daerahnya sendiri. Jangan sampai generasi muda Indonesia tak kenal dan melupakan budaya negerinya sendiri. Walaupun nantinya mereka belajar atau bekerja di luar negeri, mereka tetap ingat dengan budaya dari daerah asal mereka. Bahkan yang lebih baik lagi, mereka bisa memperkenalkan budayanya pada orang lain di luar negeri. Oiya, membeli produk dalam negeri atau produk lokal juga merupakan salah satu bentuk kecintaan dan cara kita untuk melestarikan budaya bangsa ini lho!

Mengikuti Kegiatan Kebudayaan

Dengan menghadiri dan mengikuti kegiatan-kegiatan kebudayaan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang berbagai budaya atau budaya daerah tertentu yang ada di nusantara. Banyak kok penyelenggara acara yang menggelar kegiatan kebudayaan. Bahkan ada kegiatan yang temanya di luar kegiatan budaya, namun menyelipkan unsur kebudayaan di dalamnya. Misalnya acara Miss Grand International 2022 yang saat ini sedang digelar di Indonesia.

Miss Grand International 2022 di Indonesia

Miss Grand International 2022 di Indonesia
Perhelatan Miss Grand International 2022 di Indonesia

Ajang kompetisi Miss Grand International 2022 ini diselenggarakan oleh Organisasi Miss Grand Indonesia (Yayasan Dunia Mega Bintang) yang memiliki lisensi Miss Grand International. Dalam kontes kecantikan ke-10 ini ada unsur budaya yang diselipkan di dalamnya lho!

Ivan Gunawan selaku Presiden Organisasi Miss Grand Indonesia sengaja menggelar perhelatan yang berbeda dari kontes kecantikan internasional pada umumnya, yaitu dengan memperkenalkan budaya Indonesia dan keindahan alam Indonesia, khususnya Bali kepada seluruh peserta. Fyi, kontes Miss Grand International 2022 digelar di dua kota, yaitu Kota Denpasar dan Kota Jakarta.

Kontes di Bali diselenggarakan dari tanggal 4 – 14 Oktober 2022. Sedangkan di Jakarta dilaksanakan pada tanggal 14 – 25 Oktober 2022. Untuk acara opening ceremony dan gala dinner-nya sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2022 di The Seminyak Beach Resort & Spa Bali. Ada sebanyak 69 kontestan yang berasal dari berbagai negara yang bergabung dalam acara ini.

Pengenalan budaya Indonesia nampak pada gelaran “Bali Agung The Grand Show with Miss Grand International” pada tanggal 11 Oktober 2022 di Bali Safari Park. Dalam kegiatan ini ada pertunjukan dari Bali Agung Show, yang menampilkan keindahan Pulau Dewata didukung oleh lebih dari 100 penari Bali, plus kombinasi dari semua finalis Miss Grand International 2022. Para kontestan tampil dengan koleksi Busana Bali by Ni Ketut Arik Wijayanti dari Cahya Dewi. Mereka menggunakan kebaya Bali yang dihias dengan asesoris by Inggi Indrayana Kendran. Selain itu, para kontestan juga diajak mengunjungi landmark Bali, bertualang kuliner, mempelajari budaya Bali, kompetisi pakaian olahraga, hingga membaur dengan masyarakat Bali. Kerennya, kompetisi swimsuit yang biasanya selalu ada dalam berbagai ajang kompetisi internasional, maka dalam perhelatan ini diganti dengan kompetisi sportwear. Nah, ini yang namanya disesuaikan dengan budaya kita 😊

JNE di Miss Grand International 2022
Para kontestan tampil mengenakan kebaya Bali di Miss Grand International 2022

Untuk mendukung kegiatan ini, JNE turut hadir sebagai Official Logistics Partner Miss Grand International 2022. Tak hanya itu, pada acara gala dinner, JNE yang diwakili oleh Alit Septiniwati selaku Kepala Cabang JNE Denpasar hadir untuk menyerahkan donasi kepada Sanggar Tari Pradnya Sari, sebuah lembaga yang memfasilitasi anak-anak disabilitas dan anak kurang mampu untuk ikut belajar menari.

JNE di Miss Grand International 2022
JNE menjadi  Official Logistics Partner Miss Grand International 2022

Dukungan yang diberikan JNE ini sesuai dengan tagline JNE , yaitu “Connecting Happiness”, yang mengantarkan kebahagiaan untuk masyarakat luas. Dalam perhelatan ini, dukungan yang diberikan JNE secara tak langsung untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor UMKM dan ekonomi kreatif turut serta mendukung percepatan pemulihan perekonomian dan pariwisata di Indonesia, apalagi pasca pandemi ini, dimana banyak pelaku UMKM dari berbagai sektor yang terdampak.

Nah, melalui ajang kompetisi seperti Miss Grand International ini pun budaya kita bisa diangkat dan dikenalkan ke seluruh dunia, lewat para kontestan yang berasal dari berbagai negara. Ini bisa menjadi ajang promosi juga untuk budaya dan pariwisata Indonesia. Secara tidak langsung kegiatan ini menjadi salah satu cara kita untuk menjaga dan melestarikan keragaman budaya yang ada di Indonesia.


 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments