ALASAN MEMILIH MODEM WIFI TELKOMSEL ORBIT STAR N1

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 25, 2022

Review modem telkomsel orbit star N1

“Zxnjdhufhbjhu! *%$#?!!!X:(!!!!”

Aku tak begitu mendengar gerutuan Wawa karena sibuk menerima panggilan telepon. Namun begitu, aku sempat melihat raut wajahnya yang berubah seperti orang yang sedang menahan kesal. Usai menelpon, aku pun menghampirinya, dan menanyakan ada apa.

“Internetnya mati, Ma. Kayaknya itu gara-gara mama menerima panggilan telpon tadi,” jawab Wawa sedikit merajuk.

“Oh iya, internetnya mati ya kalau ada telepon masuk. Yah, gimana lagi, ini ada telepon penting dari teman, Mama. Ini Mama hidupin lagi tetheringnya,” balasku sambil menenangkan Wawa.

Fyi, di rumah memang aku sengaja nggak pasang WiFi. Ini karena kami sekeluarga lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Bisa di bilang, waktu kami lebih panjang di luar rumah dari pada di rumah. Semua punya kesibukannya masing-masing. Pergi pagi, pulang sudah magrib. Sisa waktu di rumah pun lebih banyak dihabiskan dengan menyelesaikan beberapa sisa pekerjaan, dan semuanya bisa dikerjakan dengan mengandalkan internet atau paket data dari provider di hape masing-masing. Jadi menurutku mubazir juga kalau kami memasang WiFi di rumah.

Namun pandemi kemarin telah mengubah semua rutinitas saya dan keluarga. Kami jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah – dan itu juga terjadi pada seluruh umat manusia di dunia. Lockdown! Semua aktivitas harus dilakukan di rumah. Mulai dari pekerjaan, sekolah, belanja, olahraga, dan lain sebagainya, sebisa mungkin semuanya dilakukan dari rumah. Tentu saja dibutuhkan internet untuk mengerjakannya. Kebayang gimana bingungnya kalau nggak ada internet atau internet lagi error.

Aku dan suami seperti biasa masih memanfaatkan paket data internet dari provider hape masing-masing untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karena suami beberapa waktu harus keluar rumah untuk menyelesaikan pekerjaannya. Sementara aku dan Wawa benar-benar full berdua di rumah. Jadi untuk Wawa aku berikan tethering dari paket dataku aja. Aku memang sengaja memasang paket internet yang dengan kuota yang lumayan besar untuk kami berdua, karena aku malas ngisi paket di dua provider sekaligus.

Tapi aku lupa, kalau internet akan terputus saat ada panggilan telepon, hufff.... Seperti kejadian tadi. Nah, saat pandemi agak mereda dan aturan mulai dilonggarkan, ponakanku juga sering main ke rumah. Kebetulan rumah kami cuma berjarak sekitar 4 atau 5 km gitu. Ternyata sejak pandemi ponakanku yang paling kecil mulai keranjingan main game online – namun masih dalam batas wajar ya. Setiap datang ke rumah, dia selalu minta tethering internet dariku, wkwk.  Lumayan juga pemakaian datanya untuk main game. Trus pernah ia ngambek juga karena tethering yang tiba-tiba terputus karena ada telepon masuk, hihi...

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya aku pun mulai memikirkan untuk menggunakan modem, tapi yang portabel. Pilihan modem portabel jatuh karena menurutku lebih fleksibel dan bisa dibawa kemana-mana. Sempat bingung juga mau beli modem apa? Seperti biasa, setiap membeli suatu barang, khususnya produk-produk elektronik, aku pasti mencari referensi dari berbagai sumber terlebih dulu, baik itu dari saudara, teman, maupun dari internet.


Modem WiFi Telkomsel Orbit Star N1

Fitur modem telkomsel orbit star N1

Lalu pilihanku jatuh pada modem wifi Telkomsel Orbit. Awalnya ketemu modem ini karena melihat postingan salah satu teman di media sosial. Setelah kubaca reviewnya, sepertinya modem ini boleh juga. Aku kemudian japri temanku ini buat menanyakan informasi yang lebih detail lagi mengenai modem Telkomsel Orbit, apa saja keunggulan dan kekurangannya. Untunglah temanku ini baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung :D. Dengan sabar ia menjelaskan bagaimana pengalamannya selama menggunakan modem Telkomsel Orbit.

Setelah menanyakan juga pengalaman dari beberapa teman yang sudah pernah menggunakannya, serta review dari user lain di internet, akhirnya fix, aku pun memilih modem Telkomsel Orbit. Kebetulan Telkomsel merupakan provider layanan telekomunikasi pertama yang aku miliki, dan  selama aku menggunakan provider ini, aku tak menemukan kendala yang berarti. Hampir di semua daerah yang aku datangi, sinyal Telkomsel ini selalu eksis, bahkan di saat sinyal provider yang lain timbul tenggelam dari layar ponsel.

Sebenarnya terdapat beberapa seri dari modem Telkomsel Orbit ini. Namun aku memilih modem yang cukup ramah di kantong, serta memiliki fitur dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhanku dan keluarga. Yup, Telkomsel Orbit Star N1 adalah modem WiFi yang kupilih. Bentuknya unik dengan 2 antena di kiri kanan bodinya.


Fitur dan Keunggulan Modem WiFi Telkomsel Orbit Star N1

Keunggulan modem telkomsel orbit star N1

Ukuran Imut dalam Balutan Warna Hitam

Modem Telkomsel Orbit Star N1 memiliki ukuran 135 x 113 x 46 mm. Ukuran yang cukup ringkas dan mudah untuk dipindah-pindahkan atau dibawa kemana-mana. Ini penting, karena aku memang mencari modem portabel yang bisa dibawa kemana pun aku pergi. Apalagi sekarang aktivitas di luar ruangan sudah mulai memadat. Enaknya, walau dibawa kemana aja (yang penting di area tersebut tersedia colokan listrik dan terjangkau jaringan Telkomsel Orbit ya), maka aku nggak perlu lagi melakukan instalasi ulang, tinggal cuss pakai.

Warnanya cuma satu, yaitu hitam. Ini warna yang cukup netral, terbilang elegan, dan aku banget, hehe. Warna hitam cocok dipadukan dengan warna apapun. Jadi mau ditaruh di ruang manapun atau di atas benda apapun dia ‘masuk’ dan serasi-serasi aja. Warna hitam ini termasuk warna yang awet juga, karena tidak gampang kotor atau mudah pudar gitu.  

Miliki 2 Antena, Jangkauan Lebih Luas

Telkomsel Orbit Star N1 ini sedikit unik, karena memiliki 2 antena di bagian kiri dan kanan bodinya. Namun di sinilah letak keunggulannya. Berkat ‘dua kupingnya’ ini, jaringan internet dari modem Telkomsel Orbit Star N1 menjadi lebih kuat, bahkan dapat menjangkau seluruh ruangan yang ada di rumah. Jadi kami nggak perlu berkumpul di satu ruangan jika ingin menggunakan internet bersama. Segala aktivitas yang menggunakan internet bisa was wis wus, dan kerjaan pun jadi lebih lancar. Jika aktivitas lancar, tentu aku dan keluarga menjadi lebih produktif lagi.     

Bisa Atur WiFi

Untuk pengaturan pada modem Telkomsel Orbit Star N1 ini akan lebih mudah jika menggunakan aplikasinya, yaitu MyOrbit. Lewat aplikasi MyOrbit bisa diatur juga nama serta passwordnya. Aku biasanya ganti password sekali sebulan untuk menghindari ‘hal-hal yang tak diinginkan’ terjadi. Bisa jebol juga kan kalau sampai WiFi nya bocor XD  Selain itu, bisa diatur juga jadwal pemakaiannya.

Dengan aplikasi MyOrbit kita bisa mengatur WiFi Tamu. Lewat aplikasi ini aku bisa setting nama WiFi khusus untuk tamu yang ingin menggunakan internet dari modem ini. Nah, jika ada saudara, seperti ponakanku yang rajin main ke rumah, tentu bisa menggunakan internet dengan lebih leluasa. Apalagi modem Telkomsel Orbit Star N1 ini bisa digunakan hingga 32 pengguna. Nah, puas deh tuh pakainya.

Fitur lain yang dapat dinikmati dari Telkomsel Orbit adalah bisa melihat estimasi pemakaian paket data, sudah seberapa besar kuota internet yang digunakan. Jika dirasa sudah cukup besar, aku bisa sedikit ‘mengerem’ penggunaannya, hehe. Iya dong, itu bisa jadi patokan untuk mengontrol pemakaian internet, jangan sampai boros juga.  

Website Filtering

Nah, ini salah satu fitur yang cukup penting bagiku. Memiliki anak yang cukup aktif bermain di ranah digital, tentunya aku sebagai orang tua ada sedikit kekhawatiran juga. Walau aku percaya anakku nggak akan membuka situs yang aneh-aneh, namun ada kekhawatiran ‘tergelincir’ atau tiba-tiba ada iklan yang tak pantas lewat, tentu jadi pikiran juga. Dengan fitur Website Filtering ini ada sedikit rasa aman saat anak bermain di dunia maya.

Layanan Service di 30 Kota

Ini juga jadi hal penting lainnya yang jadi pertimbanganku saat memilih modem Telkomsel Orbit Star N1. Produk tanpa ada layanan, seperti kopi tanpa gula, pahit (bagiku yang penyuka kopi manis). Jika ada kendala atau masalah dengan suatu produk, akan lebih enak dan nyaman jika tersedia layanan servicenya sekalian. Untuk Telkomsel Orbit layanannya servicenya sudah ada di 30 kota di Indonesia. Jadi kalau ada kendala dalam pemasangan atau hal lainnya, bisa mengandalkan layanan servicenya aja.

Garansi 24 Bulan

Semakin panjang garansi suatu produk, berarti semakin terjamin kualitas dari produk tersebut. Ini menurutku lho ya. Karena itu berarti si produsennya sendiri sangat yakin akan kualitas dan ketahanan produk yang dipasarkannya, sehingga mampu menjamin produknya akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Untuk produk Telkomsel Orbit Star N1, garansi yang diberikan adalah 24 jam atau 2 tahun. Menurutku ini waktu yang cukup lama sebagai jaminan kualitas modemnya. Jadi aku nggak terlalu khawatir dengan kualitas modem Telkomsel Orbit Star N1.

Bonus Paket Data 150GB untuk 6 Bulan

Nah, saat pembelian modem TelkomselOrbit Star N1, bakal dikasih bonus paket data FantaSix dari Telkomsel Orbitnya, yaitu sebesar 150GB untuk 6 bulan. Lumayan kan, setelah modem berada di tangan, internetnya sudah bisa langsung dipakai, hehe.... Tapi kalau dirasa kuotanya kurang, dan mau membeli paket data juga bisa kok. Namun nanti bonus paket data dari Telkomsel Orbit tetap yang jadi prioritas saat dipakai, setelah paket tersebut habis, barulah dipakai paket data yang kita beli.   


Spesifikasi Modem Telkomsel Orbit Star N1

Spesifikasi modem telkomsel orbit star N1

Dengan segala keunggulan dan fitur-fitur yang ditawarkannya, layak rasanya jika modem Telkomsel Orbit Star N1 ini dipinang untuk dibawa pulang. Keberadaannya dapat mendukung aktivitas aku dan keluarga, sehingga bisa lebih produktif lagi. Welcome! You’re part of our family 😊  

Modem Wifi Telkomsel



  • Share:

You Might Also Like

0 comments