RESEP MASAK MUDAH, CEPAT, DAN SEHAT MENGGUNAKAN RICE COOKER DONABE DAN TIARA POT PRO POLYTRON

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 03, 2022

Resep Masak Mudah, Cepat, dan Sehat

Zaman now segala sesuatunya dituntut untuk serba cepat dan praktis, right! Nggak hanya urusan pekerjaan di kantor saja, namun untuk urusan rumah tangga, seperti bersih-bersih, cuci mencuci, dan masak memasak pun sebisa mungkin diselesaikan dengan cepat. Walaupun nggak berprofesi sebagai pekerja kantoran, mereka yang bekerja dari rumah atau yang benar-benar pure bekerja sebagai ibu rumah tangga pun ingin semua pekerjaan di rumah dapat diselesaikan dengan cepat, agar mereka punya waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan lain, atau sekedar istirahat, dan me time.

Apalagi para pekerja kantoran atau ibu-ibu kantoran, yang tak memiliki waktu cukup banyak di rumah. Keberadaan asisten rumah tangga dan atau peralatan elektronik modern akan sangat membantu mereka dalam membereskan urusan rumah. Tak jarang dari mereka yang kemudian memanfaatkan produk-produk atau jasa layanan instan untuk lebih mempermudah pekerjaan mereka. Misalnya jasa laundry, order makanan online, atau pun masakan yang serba instan. Hmm... untuk urusan makanan, yakin makanannya bersih dan sehat?

Fyi, untuk saat ini memang penting banget untuk kita menjaga kesehatan ya, seperti yang dianjurkan oleh Kemenkes dan juga para ahli kesehatan, yaitu dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat berimbang, cek kesehatan secara berkala, plus di masa pandemi ini dengan mematuhi prokes saat keluar rumah. Btw, sekarang sudah banyak kok produk-produk elektronik modern yang membantu memudahkan kita untuk urusan memasak. Salah satunya produk home appliances dari Polytron. Dengan memanfaatkan produk-produk ini, kita bisa memasak dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan juga sehat.

 

Cooking Demo With Chef Beatrix & Polytron

Farmers Market Grand Wisata Tambun Bekasi
Farmers Market Grand Wisata Tambun, Bekasi

Weekend kemarin, tepatnya hari Sabtu, tgl 1 Oktober 2022, saya dan para emaks dari Komunitas Emak Blogger (KEB) yang ada di Bekasi berkesempatan untuk mencicipi masakan yang dibuat oleh Chef Beatrix. Fyi, Chef Beatrix merupakan salah satu kontestan jebolan MasterChef Indonesia season 4 (2015) yang berhasil masuk ke posisi 9 besar.

Cooking Demo with Polytron
Cooking Demo with Polytron

Demo masaknya sendiri diselenggarakan di Farmers Market Grand Wisata Tambun, Bekasi. Ada 2 menu masakan yang akan dimasak oleh Chef Beatrix, yaitu Siomay Bandung dan Steamed Fish. Karena saya datang lebih cepat dari jadwal, jadi saya manfaatkan untuk berkeliling di area masak, dan melihat-lihat produk elektronik apa yang akan digunakan pada saat memasak nanti, diantaranya ada Rice Cooker Donabe, Tiara Pot Pro, dan Air Fryer dari Polytron.

Awalnya Chef Beatrix menyiapkan semua bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak. Untuk demo masak yang pertama adalah Siomay Bandung. Berikut resep Siomay Bandung ala Chef Beatrix ya.


Siomay Bandung

Resep Siomay Bandung

Bahan Bumbu:

-   175 gram daging ikan tenggiri, dicincang halus

-   75 gram paha ayam fillet, dicincang halus

-   4 siung bawang putih, dihaluskan

-   1 sendok teh garam

-   ¼ sendok teh gula pasir

-   ½ sendok teh kaldu bubuk

-   2 putih telur

-   1 batang daun bawang, diiris halus

-   100 gram tepung sagu

Bahan saus:

-   250 gram kacang tanah goreng, diulek kasar

-   3 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan

-   8 buah cabai merah keriting, digoreng, dihaluskan

-   100 gram gula merah sisir

-   1 ¼  sendok teh garam

-   350 ml air hangat

-   2 sendok teh air asam, dari larutan 2 sendok teh asam dan 2 sendok teh air

Bahan pelengkap:

-   5 buah kentang ukuran kecil, dikupas, dan dipotong 4

-   1 buah tahu putih, dipotong 8 bagian segitiga, dikeruk tengahnya

-   250 gram kol, digulung

-   4 buah jeruk limau

-   3 sendok makan kecap manis

Alat:

-   Rice Cooker Donabe Polytron

-   Wadah untuk tempat bahan-bahan

-   Pisau

-   Cobek

-   Sendok

-   Capitan

-   Talenan

Cara masak:

-   - Campur daging ikan tenggiri, daging ayam, bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, dan putih telur dan daun bawang. Aduk rata.

-      - Masukkan tepung sagu. Uleni rata

-      - Sisihkan 1/4 adonan. Isi ke dalam tahu. Kukus tahu dalam Rice Cooker Donabe sampai matang. Sisihkan.

-       - Bulatkan sisa adonan dengan sendok. Sendokkan ke dalam kukusan yang sudah diberi alas daun pisang dan dioles tipis minyak. Kukus menggunakan Donabe hingga matang. Sisihkan.

    - Kukus pula kentang dan kol menggunakan Donabe.

    - Saus kacang: aduk rata kacang tanah, bawang putih, cabai, gula merah, dan garam.Tuang air panas sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan air asam. Aduk rata.

-      - Sajikan siomay bersama saus kacang dan pelengkap.

 

Testimoni

Saat melihat Chef Beatrix masak, ternyata mudah banget untuk memasak Siomay Bandung. Tinggal siapin bahan-bahannya, lalu kukus pakai Rice Cooker Donabe. Proses ngukusnya cepat. Walaupun cepat, namun saat saya cicipin, bahan-bahan seperti kentang yang keras bisa empuk gitu hingga ke dalam. Hasil kukusannya juga nggak kering, dan nggak basah atau benyek gitu. Biasanya masakan yang dikukus pakai rice cooker kan rasa dan warnanya kurang segar ya. Nah, ini nggak. Warna dan rasa masakannya tetap terjaga kesegarannya. Ternyata inilah yang menjadi kelebihan masak menggunakan Rice Cooker Donabe. Berikut fakta mengenai Rice Cooker Donabe dari Polytron.

Rice Cooker Donabe

Rice Cooker Bonabe Polytron
Rice Cooker Donabe Polytron


1.  Donaheat 3D

Donaheat 3D merupakan teknologi yang ditanamkan Polytron pada Rice Cooker Donabe. Dengan teknologi ini, pemanasan jadi lebih merata karena hawa panasnya berasal dari tiga arah. Makanya proses memasak menjadi lebih cepat, namun kualitas makanan tetap terjaga. Jika masak nasi pakai Rice Cooker Donabe, hasilnya akan lebih enak dan pulen. Nasi akan tetap hangat dan tak kering hingga 48 jam.

 

2.  Ceramic Coating

Panci yang digunakan pada Rice Cooker Donabe dilapisi dengan lapisan keramik, yang membuat pancinya lebih tebal. Namun begitu, Polytron memastikan material panci Bonabe ini sudah food grade ya, sehingga aman digunakan. Fyi, bahan keramik juga membuat panas makanan jadi lebih merata, dan awet digunakan. Sedangkan cover alumunium yang terdapat di permukaan panci dapat dilepas pasang, sehingga memudahkan kita untuk membersihkannya.

 

3. 3-in-1 Cooking   

Memasak menggunakan Rice Cooker Donabe akan lebih praktis, karena kita dapat melakukan aktivitas memasak, menanak, dan memanaskan makanan dengan menggunakan satu alat saja.

 

4.     Defrost System  

Defrost System merupakan fitur pengaturan suhu yang terdapat pada Rice Cooker Donabe. Thermostat pada Defrost System dapat mendeteksi mode memasak, menanak, dan memanaskan.

 

5.     Kapasitas Besar

Rice Cooker Donabe memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 2 liter. Kapasitas yang sangat memadai untuk memasak makanan untuk ukuran keluarga.

Demo Masak Mudah, Cepat, dan Sehat bersama Chef Beatrix
Cooking Demo with Chef Beatrix

Steamed Fish

Resep Steamed Fish


Bahan-bahan:

-   1 ekor (500 gram) ikan kakap/ Dori/ Tilapia

-   1 sdt air perasan jeruk nipis

-   3 sdm kecap asin

-   5 siung bawang putih, cincang

-   5 cm jahe, iris korek api

-   3 buah cabai merah besar, potong korek api

-   1 batang daun bawang, iris tipis

-   1 sdm minyak wijen

-   2 sdm saus tiram

-   1 sdt gula pasir

-   ½ sdt merica

Alat:

-   Tiara Pot Pro Polytron

-   Alumunium foil

-   Wadah untuk tempat bahan-bahan

-   Pisau

-   Talenan

Cara masak:

-      - Pertama-tama siangi dan bersihkan ikan kakap. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar, lalu bilas hingga bersih. Taruh ikan dalam wadah tahan panas atau alumunium foil.

-      - Taruh di atas ikan tersebut irisan jahe, bawang putih, cabai, daun bawang, lalu siram dengan campuran kecap asin, saus tiram, minyak wijen, gula pasir, dan merica.

-      - Panaskan panci steam Tiara Pot Pro. Steam ikan selama 5 menit saja. Lalu angkat, dan hidangkan.

 

Testimoni

Jujurly, untuk menu yang satu ini saya nggak bisa nyicipin, karena alergi ikan. Sedih? Of course! Karena para emak yang lain mengatakan bahwa steamed fish-nya sangat enak. Aroma rempahnya sangat terasa, bumbunya meresap hingga ke dalam, dan nggak ada rasa amis pada ikannya. Bahkan ada salah satu emak yang biasanya tak terlalu suka makan ikan mengatakan bahwa untuk steamed fish ini dia suka, karena nggak ada amis ikan yang biasanya membuatnya ‘emoh’ untuk nyicipin semua makanan berbahan ikan. Wah, bertambah syedihlah saya mendengarnya, karena kepengen banget bisa nyicipin. Well, saya hanya bisa mencium aroma wangi masakan Chef Beatrix satu ini, huhu....

Untuk masak Steamed Fish, Chef Beatrix menggunakan Tiara Pot Pro dari Polytron. Dalam acara cooking demo ini saya mengetahui keunggulan dan fungsi Tiara Pot Pro Polytron ini. Berikut penjelasannya.


Tiara Pot Pro


Tiara Pot Pro Polytron
Tiara Pot Pro Polytron



1.      12-in-1 Function Cook

Salah satu keunggulan Tiara Pot Pro ini adalah 12 fungsi modenya, yang membuat kita bisa memasak berbagai macam masakan dengan satu alat saja. 12 fungsi tersebut adalah masak sup, daging rebus, presto, bean/ chili, slow cook, tumis, masak nasi, biji-bijian, bubur, kukus, yogurt, dan manual/ sous vide. Praktis ya!

   

2.     Smart Steam Release

Ini merupakan salah satu fitur Tiara Pot Pro untuk memudahkan kita untuk menutup katup uapnya saat kita nge-steam. Dengan fitur ini uap panasnya juga dapat dilepaskan dengan cepat ketika proses nge-steam-nya selesai.

 

3.    Faster Family Meal

Seperti yang saya lihat saat Chef Beatrix masak tadi, proses memasak menggunakan Tiara Pot Pro ini lebih cepat lho, dibandingkan memasak dengan metode yang biasa saya lakukan. Tak butuh waktu lama bagi Chef Beatrix untuk memasak Steamed Fish-nya. Well, jadi lebih menghemat waktu, sekitar 70% ya.

 

4.    Clear & Simple Control

Fitur lain yang ada pada Tiara Pot Pro ini adalah fitur Smart Program untuk smart multi cooker. Dengan begitu proses memasak menjadi lebih mudah dan praktis. Cukup dengan menekan satu tombol saja, kita bisa memasak berbagai macam masakan, serta juga dapat mengetahui kapan makanannya siap.

 

5.    Desain kokoh dan aman

Secara desain, bisa dilihat sendiri bagaimana tampilan si Tiara Pot Pro ini, yang elegan, kuat, dan kokoh. Ini karena Tiara Pot Pro ini terbuat dari bahan metal yang aman, dan mudah juga untuk dibersihkan. Belum lagi layar display dan lampu LED nya, menambah modern penampilannya. Lewat layar ini pula kita dapat melihat proses dan waktu memasaknya.

 

Tuh kan, jadi nggak sabaran pengen recook resep dari Chef Beatrix, dan ‘pamerin’ hidangan enak ini  ke keluarga. Trus, pengen juga punya si Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Bonabe ini di rumah, karena urusan masak memasak jadi lebih mudah, cepat, sehat, dan enak juga. Sepertinya jika saya punya produk home appliances Polytron, saya bisa memasak makanan enak seperti seorang chef profesional deh! :D

Cooking Demo with Polytron
Foto bersama Emak-Emak Blogger, Chef Beatrix, dan Tim Polytron

Btw, bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai produk-produk Polytron di atas atau produk Polytron yang lain, dapat kunjungi website di www.polytron.co.id, atau ikuti saja akun media sosial Polytron, seperti Instagram @polytronindo dan @polytron.homes



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Makin rajin masak dong Un kalo pake Polytron hehe

    BalasHapus
  2. Pengen recook resepnya, kayaknya enak bgt, cara bikinnya jg praktis

    BalasHapus