TIPS MEMILIH JASA PENGIRIMAN BARANG YANG TEPAT

By Dewi Sulistiawaty - November 08, 2022

Tips dan cara memilih jasa ekspedisi pengiriman barang

Pernah punya pengalaman dengan jasa kurir atau pengiriman barang nggak, Gaes? Kalau saya pernah, dan pakai drama pula, huhu. Padahal posisi saya berada di pusat kota besar lho. Nggak kebayang bagaimana layanan untuk pengiriman paket bagi mereka yang berada di desa-desa atau daerah terpencil sana. Apalagi negara kita yang merupakan negara kepulauan dengan kondisi geografis yang beragam, sehingga makin menghambat akses pengiriman dari daerah satu ke daerah lainnya.

Waktu itu salah seorang teman saya yang sedang berada di sebuah desa kecil di Sumatera Barat ingin mengirimkan pernik unik khas desa tersebut kepada saya yang tinggal di kota. Butuh effort baginya untuk mengirimkan barang tersebut. Dari desanya, ia mesti meluncur dulu ke kota untuk memaketkan barang itu, karena di desanya sendiri belum ada perusahaan ekspedisi atau jasa yang melayani pengiriman barang. Saya lupa entah apa nama perusahaannya waktu itu. Pokoknya cuma itu perusahaan ekspedisi terdekat yang bisa ditemui temanku itu dari desa tersebut.

Nah, drama terjadi saat proses pengiriman terjadi. Entah apa yang terjadi di selama perjalanan, paketnya mandeg dan nggak gerak, padahal posisinya sudah berada di kota. Yang menyebalkan, kejadian ini berlangsung selama 4 hari. Akhirnya saya tanyain lewat telpon ke perusahaan jasa antar tersebut, karena teman saya agak kesulitan untuk menghubungi perusahaan tersebut, karena terkendala sinyal. Katanya jika sampai seminggu belum ada perubahan juga, ia akan melipir lagi ke kota untuk menemui jasa antar tersebut. Duh, kasihan juga temanku itu jika ia sampai ke kota lagi hanya untuk menanyakan lagi perihal paketnya yang stuck di jalan.

Seperti yang sudah kuduga, jawaban tim ekspedisi tersebut via phone, laporanku akan segera ditindaklanjuti, jadi saya diharapkan bersabar dan menunggu. Jika ada kabar lebih lanjut saya akan dihubungi kembali. Dua hari saya tunggu, ternyata nggak ada kabar. Jadi saya telpon kembali. Dan jawaban yang sama yang saya terima. Duh!

Baru 5 hari kemudian temanku bisa berangkat ke kota untuk memastikan proses dan kondisi paketnya yang mandeg di jalan. Dia bercerita kalau ia sampai ngomel dan ngancam dulu karena proses pengiriman ini termasuk yang sangat lama untuk ukuran pengiriman domestik. Padahal ia pernah mengirim paket ke luar negeri, seminggu paketnya sudah sampai ke tujuan. Katanya ini menjadi pengalaman pertama dan terakhirnya mengirimkan paket lewat perusahaan ekspedisi tersebut. Fyi, temanku hanya menetap sementara di desa tersebut, karena pekerjaannya.

Begitulah pengalaman drama saya (atas nama teman, hihi) dengan perusahaan jasa ekspedisi. Sejak itu, saya pun lebih seleksi lagi dalam memilih jasa ekspedisi agar kejadian serupa tidak terulang. Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan dalam memilih jasa ekspedisi, salah duanya mesti memiliki fitur tracking dan jaminan keamanan untuk paket atau barang yang kita titip untuk dikirimkan.

 

Tips Memilih Jasa Ekspedisi yang Profesional

Tips dan cara memilih jasa ekspedisi pengiriman barang

Legal dan Memiliki Izin Resmi

Ini yang pertama mesti kita cek saat akan menggunakan jasa ekspedisi. Ngeri juga kan jika kita mempercayakan paket kita yang harganya terbilang mihil pada perusahaan yang ilegal atau belum memiliki izin resmi. Secara jika terjadi masalah dengan perusahaan tersebut, kita akan kerepotan sendiri. Jika perusahaan tersebut benar-benar serius mendirikan perusahaan ekspedisinya, tentu akan berusaha untuk melegalkan dan mendapatkan izin usahanya. Selain sebagai bentuk keseriusan dari perusahaan tersebut, ini juga bentuk keprofisionalan dan ketaatan perusahaan tersebut kepada hukum.

Memiliki Standar Biaya Pengiriman

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah mengenai biaya pengiriman. Perusahaan ekspedisi yang baik biasanya memiliki standar tarif atau biaya untuk pengiriman barangnya. Btw, harga murah belum tentu terjamin pelayanannya ya. Ini yang terjadi pada teman saya kemarin. Biaya kirimnya termasuk murah menurut saya. Namun ya gitu, ternyata pelayanannya kurang. Perusahaan ekspedisi yang baik dan profesional biasanya memiliki ongkos kirim yang jelas dan tetap, nggak berubah-ubah. Semua dihitung berdasarkan jarak dan berat atau ukuran paketnya. Informasi mengenai biaya pengiriman pun biasanya tertera secara rinci dan jelas.

Estimasi Pengiriman Paket Tepat Waktu

Apa yang diberikan harus sesuai dengan yang dijanjikan. Tak hanya antarmanusia saja diwajibkan menepati janji, perusahaan pun harus begitu untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, khususnya pelanggannya. Di awal sebelum barang dikirim, biasanya perusahaan ekspedisi sudah memberikan estimasi waktu pengiriman hingga sampai ke tujuan. Jadi pelanggan juga bisa menginfokan juga ke penerima paket kapan perkiraan paketnya akan sampai. Jasa ekspedisi yang profesional dan sudah berpengalaman, biasanya menawarkan estimasi pengiriman barang tepat waktu. Bagi pelaku usaha, ini merupakan hal penting, karena menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan penjualan produk usahanya.

Terjaminnya Keamanan Barang yang Dikirim

Sudah bukan rahasia lagi, ada banyak kasus barang hilang atau rusak selama proses pengiriman barang. Kalau bukan karena faktor kecelakaan saat proses pengiriman, pengemasan paket yang kurang baik, bisa juga karena kecerobohan tenaga kerja dari jasa pengiriman atau oknum yang berbuat sengaja berbuat nakal dan mengambil paket tersebut. Nah, perusahaan ekspedisi yang baik dan profesional biasanya memberikan jaminan, seperti asuransi pada pelanggannya. Jadi jika terjadi kerusakan, kehilangan atau hal lain yang tidak dikehendaki yang disebabkan oleh kelalaian dari pihak perusahaan, maka pelanggan akan mendapatkan ganti rugi yang sepadan. Dengan begitu pelanggan tidak perlu cemas jika terjadi apa-apa pada barang yang dikirimkannya.

Dapat Melacak Pengiriman dengan Fitur Tracking

Di zaman sekarang dimana teknologi sudah berkembang pesat, segala sesuatunya dapat dikerjakan dengan lebih mudah dan cepat dengan adanya internet. Dengan teknologi ini pula kita bisa menikmati berbagai aplikasi dan fasilitas, termasuk fasilitas untuk melacak pengiriman barang yang kita lakukan. Biasanya perusahaan ekspedisi yang profesional memiliki fitur atau sistem tracking untuk memudahkan pelanggan untuk mengecek dan melacak keberadaan paket mereka. Dengan fitur ini kita bisa melihat paket kita sudah sampai dimana, apalagi jika rute yang dilalui cukup panjang, misalnya ke daerah pelosok. Semua perjalanan paket kita akan tertera secara akurat di sistem tracking tersebut.

Memiliki Beragam Jenis Pilihan Pengiriman

Nggak asyik juga kalau ingin mengirimkan paket, namun layanan yang diberikan cuma satu atau dua saja. Misalnya dalam hal jenis pengiriman. Semakin banyak pilihan pengiriman tentu akan lebih baik lagi. Kita bisa memilih jenis pengiriman sesuai dengan kebutuhan atau budget. Misalnya untuk saya yang ingin paketnya cepat sampai, saya tentu akan memilih pengiriman melalui udara dibandingkan melalui darat. Biasanya semakin cepat waktu pengiriman, maka tarif atau biaya pengirimannya pun akan naik. Jika tak punya budget lebih, tentu bisa memilih pengiriman lewat darat, dengan estimasi waktu pengiriman, sesuai dengan yang dijanjikan oleh jasa ekspedisi tersebut. Perusahaan ekspedisi profesional biasanya memiliki armada sendiri untuk mengirim barang-barang mereka, sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman.

Memiliki Rute dan Jangkauan yang Luas

Satu lagi hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih jasa ekspedisi atau pengiriman barang, yaitu rute dan jangkauannya. Perusahaan ekspedisi yang profesional biasanya memiliki jangkauan yang lebih luas, dengan rute pengiriman ke berbagai daerah hingga menjangkau ke daerah yang berada di pelosok negeri. Semakin luas jangkauan dan rute layanan suatu jasa ekspedisi, tentu akan makin tinggi pula kredibilitas dan kualitas perusahaan tersebut di mata pelanggannya.

Tak banyak memang perusahaan ekspedisi yang mampu melayani semua rute, karena keterbatasan akses, budget, serta sarana dan prasarana yang mereka miliki. Namun tidak begitu dengan perusahaan ekspedisi seperti JNE. Seperti yang semua orang tahu, JNE ini bisa kita temui hampir di semua daerah di Indonesia. Tak heran sih, soalnya JNE sudah ada di sekitar 8 ribu titik layanan, dengan 90 ribu kota kelurahan di berbagai provinsi, kabupaten, desa, dan bahkan hingga ke pulau terluar Indonesia.

Bahkan baru-baru ini JNE kembali memperluas jangkauan layanannya ke daerah Bali Utara. Untuk memperlancar layanannya tersebut, JNE berkolaborasi atau bersinergi dengan PT. Bandara Internasional Bali Utara (BIBU).  Kerjasama ini tentu saja dapat mempercepat proses pelayanan distribusi logistik di kawasan Indonesia Timur, terutama daerah Bali Utara. JNE juga melengkapi layanannya dengan membangun Hub JNE Express di Bandara Internasional Bali Utara.

Kerjasama JNE dan PT. BIBU ini sudah berlangsung sejak hari Jumat, 28 Oktober 2022 lalu di Kantor Pusat JNE yang berada di Jl. Tomang Raya, Jakarta Barat. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Presiden Direktur JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto dan Direktur Utama PT. BIBU Panji Sakti, Bapak Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo. Kehadiran JNE di Bali Timur merupakan bentuk komitmen dan kontribusi JNE untuk bisa memberikan layanan pada pelanggan dan masyarakat di seluruh Indonesia.        

Kerjasama JNE x BIBU Bali Utara
JNE buka Hub layanan di Bali Utara
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara JNE dan PT. BIBU Panji Sakti
(Jumat, 28/10/2022)

Sesuai tagline nya Connecting Happiness, maka dengan kerjasama ini JNE berharap dapat mendukung para pelaku UMKM dan berbagai kegiatan positif lainnya, serta dapat berkontribusi membantu pemerintah dalam memajukan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Bali. Fyi, hingga saat ini JNE sudah memiliki sekitar 50 ribu karyawan, didukung dengan ribuan kendaraan untuk operasional, serta memiliki jaringan terintegrasi dan banyak rute, sehingga dapat menjangkau daerah yang lebih luas lagi. Dengan begitu JNE dapat memberikan jaminan terhadap kecepatan pengiriman paketnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya memilih perusahaan ekspedisi yang baik dan tepat, agar kita bisa terhindar dari drama dan masalah pengiriman barang yang ingin dikirimkan. Sebagai pengguna jasa pengiriman, kita pun harus pintar-pintar dalam memilih perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman barang ya.    




  • Share:

You Might Also Like

0 comments