Tips Mengelola Keuangan yang Baik untuk Wujudkan Impian

By Dewi Sulistiawaty - November 12, 2022

 Tips mengelola keuangan yang baik

Bicara tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan memang gampang-gampang susah bagi sebagian orang. Selain mesti memiliki pengetahuan dan keterampilan atau literasi keuangan yang baik, dibutuhkan juga komitmen dan disiplin yang kuat dalam pengelolaannya. Mengerti dan memahami ilmu tentang cara mengelola keuangan saja ternyata tak cukup, serta membuat seseorang lantas mampu mempraktekkannya dengan baik.

Bagi yang pernah mengikuti seminar atau diskusi tentang perencanaan keuangan, pasti tak asing lagi dengan kalimat “belilah sesuatu yang benar-benar dibutuhkan, jangan yang diinginkan”. Istilah sederhananya, berhematlah. Pernahkah kamu kalap membeli barang-barang yang harganya lagi promo atau diskon besar-besaran? Padahal barang tersebut belum tentu kamu butuhkan dan akan kamu gunakan setelah membelinya. Hati-hati, perilaku seperti ini sudah mengarah ke kategori perilaku konsumtif lho.

Ah, uangnya kan banyak, orang kaya, nggak akan habis juga jika ia membelanjakan uangnya untuk membeli semua barang yang diinginkannya. Hei, belum tentu. Orang kaya sekalipun, jika ia tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik, yakinlah, kekayaannya tak akan bertahan lama. Mungkin kamu perlu mengintip dari mana ia memperoleh kekayaannya, serta bagaimana cara ia mengelola kekayaannya tersebut. Bergaya hidup mewah dan berperilaku konsumtif melebihi pendapatan, dapat membuat seseorang bangkrut, dan bahkan terlilit utang.

Fyi, orang dengan pendapatan kecil pun dapat kok memiliki aset dengan nilai yang sangat besar, dan bahkan mencapai financial freedom jika ia mampu mengelola keuangannya dengan baik. Lalu, bagaimana sih caranya membuat perencanaan dan mengelola keuangan yang baik dan tepat, agar kita dapat mewujudkan apa yang menjadi impian kita?

Beruntungnya pada hari Kamis, 10 November 2022 kemarin, yang kebetulan bertepatan dengan Hari Pahlawan, saya berkesempatan untuk hadir dalam sebuah acara yang membahas tentang perencanaan keuangan. Acara yang diberi nama SmartVestor ini diselenggarakan oleh KoinWorks, sebuah perusahaan Peer to Peer Fintech Lending di Indonesia, yang menghubungkan antara Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online.  

SmartVestor tips mengelola keuangan
Acara SmartVestor di Calibrew Coffee BSD, Tangerang
(Kiri-kanan) Mas Samuel, Mbak Emilia

Acara SmartVestor dilaksanakan di Calibrew Coffee BSD, Tangerang, dengan menghadirkan 2 pembicara yang ahli dalam bidang keuangan, yaitu Mas Samuel Ray, seorang HR Professional, Writer, sekaligus Content Creator, serta Mbak Emilia Prabawati, selaku Lead Financial Consultant KoinWorks. Acara yang mengusung tema “Wujudkan Aset Impian Melalui Perencanaan Keuangan” ini dipandu oleh host cantik Mbak Skolastika Christy, yang merupakan seorang Sr. Market Researcher di KoinWorks.

Acara diawali dengan sambutan oleh Mbak Ivon Thomas selaku Integrated Marketing Communications Manager KoinWorks. Dalam sambutan singkatnya Mbak Ivon menyampaikan bahwa ia berharap bahwa dari acara SmartVestor yang diselenggarakan oleh KoinWorks ini semua peserta yang hadir bisa memperoleh ilmu yang dapat digunakan di masa depan.

 

Tips Mengatur Keuangan ala Samuel Ray

Setiap orang pasti memiliki financial goal-nya masing-masing. Seperti Mas Samuel dan istrinya, yang ingin bisa mencapai financial independence di usia 35 tahun. Mas Samuel menceritakan bagaimana awalnya pola pikirnya bisa berubah dalam mengatur keuangan. Misalnya saat ia ingin membelanjakan uang yang diperolehnya dari hasil pekerjaan yang sedang jalaninya.

SmartVestor KoinWorks Samuel  Ray
Mas Samuel Ray

Menurut Mas Samuel, hal pertama yang perlu disadari adalah bahwa selama ini kita sudah mencurahkan hampir seluruh waktu dan energi kita untuk bekerja dan mendapatkan uang. Jadi di saat kita akan belanja, maka sebaiknya gunakan pola pikir yang sama. Contohnya saat kita melihat sepatu dan tertarik untuk membelinya, maka pikirkan apakah harga sepatu tersebut worth it dengan seberapa banyak waktu dan energi yang telah kita habiskan bekerja untuk mendapatkan uang senilai dengan harga sepatu tersebut.

“Misalnya harga sepatu tersebut sejuta, setara dengan 10 hari kehidupan saya, 10 hari saya kerja. Lalu bayangkan, selama 10 hari itu saya bertemu klien, meeting, revisi laporan, disuruh bos, dan lain-lain. Pikirkan, apakah semua itu worth it dengan seharga sepatu tersebut. Bagi saya dan istri ini benar-benar mengubah pola pikir kami dalam melihat uang. Selama ini kita bekerja, lalu kita membeli sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan kembali hasilnya,” ungkap Mas Samuel.

Mas Samuel pun mulai belajar mengenai investasi dan financial independence. Bagaimana ternyata investasi telah mengubah hidup mereka berdua, yaitu sejak belajar berinvestasi, hingga akhirnya mereka menjadi lebih fokus dalam mengatur keuangan. Berikut beberapa tips mengatur keuangan agar kita bisa wujudkan impian ala Samuel Ray.

Setiap Budget Selalu Punya Tujuan

Semua uang yang masuk, dari manapun itu, harus memiliki tujuannya masing-masing. Tidak ada cerita ‘uang nganggur’ di rekening. Segera setelah gajian atau memperoleh pemasukan, disalurkan ke posnya masing-masing. Dengan begitu tak ada celah untuk membeli sesuatu di luar perencanaan keuangan kita.

Punya Ketenangan Pikiran

Ketahui apa tujuan atau financial goal masing-masing. Dengan mempunyai financial goal, tanpa perlu membanding-bandingkannya dengan kehidupan orang lain, maka kita akan fokus untuk mengejar tujuan kita, sehingga pikiran kita pun akan menjadi lebih tenang, karena hanya tertuju ke masa depan kita sendiri.

Jadikan Uang Itu Alat, Bukan Tuan     

Pastikan kitalah yang mengendalikan uang, dan jangan sampai uang yang mengendalikan kita. Kita harus mempunyaiself control terhadap keinginan-keinginan untuk memiliki sesuatu. Jangan sampai, saat meginginkan sesuatu, trus kita langsung main beli saja. Jadi ketika kita bisa memperlakukan uang sebagai alat yang bisa kita kendalikan, maka kita akan bisa menyisihkan misalnya 10% dari 100% gaji kita untuk berinvestasi demi masa depan kita. Dengan begitu financial goal kita akan bisa kita capai.

Lakukan Pekerjaan yang Lebih Berarti

Mas Samuel mengatakan bahwa semakin ia dan istrinya mendekati tujuan financial independence-nya, maka semakin bisa mereka ‘jual mahal’ terhadap tawaran pekerjaan yang datang. Mereka tidak mau menggunakan waktu yang mereka miliki secara habis-habisan hanya untuk mendapatkan uang, karena mereka tahu uang mereka sudah cukup.

Menurut Mas Samuel lagi, rasa cukup masing-masing orang berbeda. Jangan membayangkan bahwa financial independence itu berarti seseorang yang pensiun dengan rumah mewah di Pondok Indah dan memiliki mobil mewah. No no no! Walau tak dipungkiri mungkin hampir semua orang menginginkan bisa pensiun seperti itu ya. Namun begitu, financial independence juga bisa lho dicapai oleh orang yang bekerja sebagai karyawan biasa.

Dengan menggunakan sebuah grafik, Mas Samuel menjelaskan bagaimana sebaiknya garis aliran pengeluaran, pendapatan, dan juga investasi kita untuk bisa mencapai financial independence. Untuk pengeluaran, maka diusahakan sebaiknya garisnya terus mengalami penurunan, hingga mencapai titik stabil. Titik stabil merupakan titik dimana kita sudah mengetahui berapa pengeluaran tetap kita tiap bulannya.

Tips mengelola keuangan Samuel Ray

Lalu bagaimana dengan mereka yang bekerja sebagai freelancer, yang penghasilannya tidak tetap? Menurut Mas Samuel, tetap atau tidak tetapnya penghasilan seseorang, termasuk freelancer, harus bisa mengatur pengeluarannya dengan baik. Di saat memperoleh penghasilan yang besar, jangan lantas pengeluarannya ikutan besar juga. Simpan itu sebagai pendapatan.

Jika pengeluaran sudah berada di titik stabil dan tidak bisa lagi diturunkan, maka kita bisa beralih ke pendapatan. Untuk pendapatan tentu saja kita mesti mencari pendapatan yang setinggi-tingginya. Cobalah untuk memperoleh pendapatan dari berbagai macam peluang. Misalnya dengan menerima endorse di media sosial, menjadi content creator, promosi jabatan di kantor, buka usaha, dan lain sebagainya.

Dengan semakin tingginya pendapatan, dan semakin ditekannya pengeluaran, tentu akan semakin besar selisih antara keduanya. Selisihnya ini bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi. Dari investasi ini tentu kita berharap garisnya akan terus meningkat. Hingga ada satu titik dimana masing-masing garis pengeluaran dan investasi akan bertemu di titik yang disebut Crossover Point. Crossover Point tidak akan tercapai jika garis pengeluaran terus mengalami kenaikan.

Aliran garis pengeluaran yang terus mengalami kenaikan ini sangat membahayakan kondisi keuangan. Ini bisa terjadi jika seseorang selalu merasa tidak cukup, menginginkan apa yang dimiliki oleh orang lain, serta memiliki gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatannya.

“Jika terus mengejar lifestyle, sehingga kedua garis pendapatan dan pengeluaran akhirnya sama-sama naik, ini bahaya. Seiring berjalannya waktu, dengan pendapatan tinggi dan daya beli yang juga ikut tinggi, kita sampai lupa bahwa harusnya ada persiapan untuk hari tua nanti. Di sinilah pengeluaran kita akan mulai dicover oleh investasi,” jelas Mas Samuel.


Strategi Menuju Bebas Finansial di Usia 35 ala Samuel Ray

1.       Kejar Pertumbuhan karier/ bisnis semaksimal mungkin.

2.     Tidak ada uang suami maupun uang istri. Hanya ada satu kantong, yaitu uang kami berdua.

3.     Semua belanja dikelola transparan, termasuk spending ‘hedon’.

4.     Investasi kami tidak canggih. Portfolio investasi: 65% reksa dana saham indeks, 25% P2P, 15% aset emas, valuta asing, dan deposito.

5.     Monthly meeting setiap tanggal 25, membahas net worth dan target keuangan.

6.     Nggak invest kecuali ngerti, dan bisa tidur nyenyak. Jika belum ngerti, tanya. Kalau sudah nanya, terus nggak ngerti, ya jangan ikut-ikutan. Belajar terus sampai ngerti.

Strategi di atas digunakan Mas Samuel bersama istrinya untuk bisa mencapai financial independence mereka. Tentu saja strategi ini juga dapat diadopsi bagi pasangan yang merupakan pekerja kantoran seperti Mas Samuel dan istrinya. Bagi yang belum memiliki pasangan, atau penghasilan yang tidak tetap pun tentu bisa mengambil beberapa poin di atas untuk dijadikan panduan atau strategi dalam mengelola keuangannya.


Wujudkan Aset Impian Bersama KoinWorks

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, KoinWorks merupakan perusahaan Peer to Peer Fintech Lending di Indonesia, yang menghubungkan antara Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online, agar bisa saling memenuhi kebutuhan finansial masing-masing. Jadi, sebagai Super Financial App, KoinWorks dapat menjadi solusi dari segala kebutuhan finansial, baik untuk pribadi maupun bisnis.

SmartVestor Tips mengelola keuangan KoinWorks
Mbak Emilia

Dalam paparannya, Mbak Emilia menyampaikan bahwa sejak berdiri, yaitu tahun 2016, KoinWorks selalu menjadi Top of Mind P2P Lending di Indonesia. Data ini diambil dari tahun 2018 sampai 2020, dengan lending market share rata-rata berusia di bawah 40 tahun.

Produk yang terdapat dalam aplikasi KoinWorks dibagi menjadi dua, yaitu produk Investment untuk mengembangkan aset, dan  produk Liabilities untuk mendapatkan pendanaan. Berikut penjelasan mengenai produk-produk KoinWorks.

KoinWorks Investasi aman
KoinWorks, Super Financial App

Produk Investment

1.      KoinP2P

KoinP2P memungkinkan lender untuk melakukan analisa terhadap borrower dengan membaca Fact Sheet, seperti mengetahui total aset dan total utang borrower, serta berhitung apakah borrower memiliki aset yang cukup untuk membayar utang. Selain itu Pendana juga mendapatkan informasi tentang SWOT dan informasi tentang bisnis yang dijalankan oleh borrower. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi Pendana untuk menilai kelayakan borrower sebelum melakukan investasi.  

2.     KoinRobo

Pendanaan P2P Lending dengan diversifikasi ke banyak loan, yang merupakan loan-loan pilihan dari KoinRobo, sehingga imbal hasilnya menjadi lebih terukur. 3 jenis platform KoinRobo yang bisa dipilih, yaitu:

-    Best Performing. Minimal pendanaan 100 ribu rupiah, rate 5% - 13% per tahun.

-    Robo Prime. Minimal pendanaan 20 juta rupiah, rate 8% - 13% per tahun.

-    Robo Pro. Minimal pendanaan 50 juta rupiah, rate 10% - 14% per tahun.

3.    KoinGold

KoinGold merupakan produk untuk jual-beli atau investasi emas secara digital, dengan jaminan pembelian kembali. Untuk berinvestasi emas di KoinGold bisa dengan pembelian minimal 10 ribu rupiah. Emas menjadi salah satu pilihan produk investasi jangka panjang yang diandalkan, karena nilainya yang cenderung naik. Emas pun dapat digunakan sebagai dana darurat yang cepat, karena likuiditasnya yang sangat mudah.

4.    KoinBond

KoinBond merupakan pilihan investasi terbaru dari KoinWorks Super Financial App. Dengan produk ini akan memudahkan pengguna untuk membantu negeri, dengan membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah. Biasanya yang ada di KoinBond adalah SBR (Saving Bond Ritel), ST (Sukuk Tabungan), ORI (Obligasi Ritel Indonesia), SR (Sukuk Ritel), dan bond jenis lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah.

 

Produk Liabilities

1.  KoinGaji

Untuk produk KoinGaji ini, tentu saja perusahaan si peminjam harus bermitra dengan KoinWorks. Dengan KoinGaji, peminjam bisa mendapatkan gaji (kasbon) sebelum tanggal gajian dari perusahaannya. Untuk pelunasan akan dibayarkan melalui pemotongan gaji berikutnya.

2. KoinBisnis

KoinBisnis dapat menjadi solusi pendanaan bagi UKM dan penjual online untuk mengembangkan usahanya. Besarnya pinjaman sangat besar hingga maksimal 2 miliar rupiah, dengan cicilan maksimal 24 bulan.

3. KoinInvoice

KoinInvoice merupakan peminjaman uang tunai hingga 2 miliar rupiah untuk perputaran kas. Dalam Koin Invoice ini menggunakan invoice klien yang belum jatuh tempo sebagai jaminannya.

 

Kemudahan registrasi dan transaksi pun dihadirkan pada KoinWorks Super Financial App, untuk memberikan kenyamanan bagi para Pendana. Fitur satu dashboard, memungkinkan pengguna untuk melihat semua portfolionya, termasuk riwayat transaksi. Dan yang terpenting adalah KoinWorks sudah memiliki izin resmi dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga Pendana dapat dengan tenang dan nyaman berinvestasi di KoinWorks. Duh, jadi tertarik untuk berinvestasi di KoinWorks.

Selanjutnya acara ditutup dengan sesi tanya jawab, serta fun game. Acara SmartVestor ini benar-benar dapat menambah pengetahuan dan wawasan saya mengenai budgeting, serta mengelola keuangan yang baik, dan juga tentang investasi. Bahkan saya termotivasi untuk mulai menata keuangan dan melakukan investasi di KoinWorks, agar saya juga bisa wujudkan impian saya, seperti Mas Samuel, untuk mencapai bebas finansial kelak. Semoga masih belum terlambat untuk memulai. Semangaat! Oiya, bagi teman-teman yang juga tertarik untuk bisa wujudkan impian finansial dalam Satu Klik bersama KoinWorks, silakan download aplikasi KoinWorks di Google Play atau App Store, atau bisa klik KLDEWIS untuk mengetahui info lengkapnya ya. Jika sudah download aplikasi KoinWorks, silakan masukkan kode DS11809 agar kamu bisa mendapatkan 150.000 KOIN 😊

SmartVestor KoinWorks
Foto bersama
(Sumber foto: KoinWorks)


  • Share:

You Might Also Like

0 comments