Momen Viral KTT G20 Indonesia 2022

By Dewi Sulistiawaty - November 23, 2022

 KTT G20 Indonesia 2022 di Bali

Hai hai haaai! Dalam tamankata kali ini saya mau orat oret mengenai hal yang sedang viral, dan masih cukup hangat diperbincangkan, baik di dunia nyata, maupun dunia maya *jadi berasa bawain berita gosyip :D. Ouuch... tapi bukaan.... saya nggak akan bahas tentang Kak Jiel, Bunda Corla, atau sosok Reyhan yang begitu syulit dilupakan, maupun Alif Cepmek - si Dilan KW yang suka nanya, kamu nanya? kamu bertanya-tanya? Rawr!  XD

Tolong bergeser bentar ya, dari berita-berita yang viral di atas itu. Sedikit kita bahas yang agak berat gak apa-apa kali ya. Ini agak ya, bukan yang berat-berat banget.  Ini apa sih, dari tadi ceritanya mutar-mutar nggak jelas, hihi. Begini, ini ada hubungannya dengan KTT G20 yang baru saja usai dilaksanakan, dimana dalam acaranya ini berkumpul para petinggi dan pemimpin dari berbagai negara maju di dunia.

Hmm, atau ada yang belum tahu apa itu KTT G20? Mau saya jelasin dikit? KTT artinya Konferensi Tingkat Tinggi, sedangkan G20 adalah singkatan dari Group of Twenty, yaitu sebuah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama, ditambah Uni Eropa. Semua negara yang bergabung di G20 ini merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia, dan Indonesia bisa bergabung lho dalam G20. Bangga ya! Sebut saja negara Jerman, Inggris, Kanada, Australia, Jepang, Amerika Serikat, Prancis, Korea Selatan, Italia, China, Argentina, Brazil, Rusia, Mexico, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, India, serta Uni Eropa.

Nah, tahun ini Indonesia terpilih menjadi tuan rumah KTT G20, yang dilaksanakan pada 15 – 16 November 2022 di Bali. Ada sekitar 17 kepala negara yang hadir pada acara tersebut. Masing-masing kepala negara datang ke Indonesia dengan membawa serta mobil khusus kepresidenan yang super duper canggih, dan mewah pastinya. Hal inilah yang kemudian menjadi viral di berbagai media di Indonesia.

Misalnya,“The Beast”, mobilnya Presiden Amerika Serikat yang disebut-sebut memiliki sistem perlindungan super canggih di dalamnya. Kaca mobil yang tebalnya 5 inci, pelat antibom, pasokan oksigen, telepon satelit, bahkan ada kode nuklir juga lho! Tak tanggung-tanggung, negara adikuasa tersebut memboyong 2 The Beast-nya sekaligus saat datang ke Indonesia.

Kehebohan lain adalah saat sosok ibu negara Korea Selatan tersorot kamera. Mestinya nggak heran sih ya, jika oppa dan unnie Korea punya wajah kinclong gitu. Tapi tetap saja saat melihat Kim Keon-hee masih nggak percaya kalau beliau berusia 50 tahun. Wajahnya yang seperti gadis remaja, persis unnie-unnie yang main di drakor membuat ia jadi bahan perbicangan di jagat maya. Tak hanya wajah dan kulitnya yang menarik perhatian, namun bodinya yang slim juga jadi sorotan. Yakin, bagi yang belum tahu informasi ini, habis baca ini bakal searching di internet, wkwkwk....

Pernah lihat menteri tiba-tiba beralih profesi jadi fotografer. Nah, hanya di acara G20 momen seperti ini bisa terjadi. Yup, Pak Basuki, Menteri PUPR tiba-tiba saja tersorot kamera jadi fotografer dadakan saat para tamu dunia bersama Pak Presiden berjalan meninjau Tahura Mangrove Bali. Dengan gayanya yang santai dan ‘slengean’, topi dibalik ke belakang, plus kedua tangan memegang kamera dengan lensa besar, menambah kesan kalau beliau seperti fotografer sungguhan. Duh, ada-ada saja ya kelakuan Pak Bas. Tapi menurut info beliau memang hobi memotret.

Hal lain yang viral saat gelaran KTT G20 di Bali kemarin adalah saat Presiden Prancis, Emmanuel Macron ‘blusukan’ jalan kaki di sepanjang jalan raya Uluwatu, Bali, usai acara gala dinner di GWK. Beliau tersenyum dan menyapa para warga yang berada di pinggir jalan. Lalu tiba-tiba Macron menghampiri seorang warga yang sedang menggendong bayi. Ia pun sempat menggendong bayi tersebut. Momen tersebut langsung jadi pembicaraan netizen di dunia maya.

Itu baru beberapa momen yang viral saat berlangsungnya acara KTT G20 di Bali kemarin. Masih banyak lagi momen lainnya yang cukup viral dan diperbicangkan netizen Indonesia. Beberapa info tersebut awalnya saya ketahui dari layar kaca. Namun informasinya hanya secuil saja, sehingga membuat saya penasaran, dan akhirnya meluncur ke dunia maya dan mencarinya di internet. Dari internet dan media sosial akhirnya saya tahu, kalau ternyata cukup banyak juga kejadian yang viral saat berlangsung KTT G20 di Bali kemarin. Walaupun begitu, yang penting acaranya berjalan lancar dan sukses.

Fyi, untuk berselancar di dunia maya, saya mengandalkan Modem Mifi HKM M21. Mengapa saya pilih modem mifi HKM ini? Berikut alasannya.

Modem Mifi HKM M21
Modem Mifi HKM M21

1.       Operator Unlock

Ini salah satu yang saya suka dari Modem Mifi HKM M21, karena dia sudah unlock untuk semua operator seluler. Jadi saya bisa pakai SIM Card dari provider yang biasa saya pakai, atau sesuai dengan yang saya inginkan.

2.     Praktis dan Fleksibel

Ukurannya yang kecil, yaitu panjang 100 mm, lebar 64,1 mm, dan ketebalan 14,7 mm, membuat modem ini enak buat dibawa kemana-mana. Jangankan dalam tas, dimasukin kantong celana atau baju, dia juga muat. Apalagi modemnya yang sudah unlock all operator, makin memudahkan saya untuk menggunakan modemnya tanpa perlu pusing mesti menggunakan operator tertentu saja, yang padahal belum tentu saya inginkan.  

Modem Mifi HKM M21 Praktis dan Fleksibel

3.     LTE Cat. 4

Selain itu, modem mifi HKM M21 sudah didukung dengan LTE Category 4, sehingga tak ada permasalahan berarti dengan kecepatan download maupun upload-nya. Modem ini memiliki kecepatan download hingga 150 Mbps, dan upload hingga 50 Mbps. Tak heran jika saya bisa mengakses internet dan membuka beberapa tab sekaligus di layar tanpa ada hambatan berarti.

4.     Fitur ByPass

Fitur ByPass ini maksudnya menggunakan modem tanpa baterai. Jadi misalnya saya sedang berada di area atau ruangan yang ada fasilitas colokan listriknya, saya bisa melepaskan baterai modem, dan sebagai sumber energi untuk menghidupkan modemnya, saya bisa langsung colok atau hubungkan langsung si modem ke colokan menggunakan kabel via usb adaptor. Dengan begitu baterai akan lebih awet.  

5.     Tersedia Web UI

Ini salah satu fitur penting juga bagi saya, yaitu bisa mengecek siapa saja yang menggunakan modem ini. Dengan Web UI ini saya bisa mengontrol pemakaian pengguna, mengubah nama SSID dan kata sandi, serta statistik pemakaian. Cara ceknya juga gampang, bisa melalui browser, lalu masuk ke 192.168.1.1. Dan info yang saya cari akan tampil di layar browser.

6.     Koneksi 10 Pengguna

Jujurly, saya punya beberapa device yang cukup aktif digunakan, seperti beberapa smartphone untuk keperluan yang berbeda, serta laptop. Cukup dengan modem mifi HKM M21 saja, saya bisa menggunakan internet untuk beberapa smartphone dan juga laptop. Bahkan, modem ini ternyata bisa digunakan hingga 10 device atau pengguna sekaligus.

 

Modem mifi HKM M21 ini hanya tersedia dalam warna hitam. Menurut saya ini warna yang ‘saya banget’ sebagai penyuka warna hitam. Warnanya simpel namun elegan, dan cocok disandingkan dengan warna apapun. Mau di tempatkan di rak besi stainless oke, di nakas putih oke, atau di tembok warna semen juga oke. Itulah sebabnya saya suka hitam, hehe...

Oiya, di bagian bodinya ada layar LCD interaktif mungil berukuran 1.44”. Di layar ini saya bisa lihat level sinyal dan juga persentase baterainya. Untuk baterainya sendiri berkapasitas 2.050 mAh. Dengan kapasitas ini, saya bisa gunakan modem ini hingga 9 jam. Fyi, walau sudah operator unlock, modem mifi HKM ini biasanya juga dijual bundling dengan provider XL dan Telkomsel. Untuk pembelian mifi HKM Telkomsel akan langsung dapat bonus kuota 14GB. Sedangkan untuk mifi HKM XL akan langsung dapat free kuota 25GB.

Modem mifi HKM M21 Telkomsel dan XL
Modem Mifi HKM bundling dengan provider XL dan Telkomsel

Jadi gimana? Penasaran kan apa saja yang viral lainnya di forum KTT G20 kemarin. Coba deh searching, kamu bakal nemuin banyak momen unik dan viral :D


  • Share:

You Might Also Like

0 comments