SpotQoe, Cara Praktis Mencari Ruang Meeting dan Event

By Dewi Sulistiawaty - September 04, 2018

Tau coworking space kan? Itu lho ruang kerja yang bisa dipakai bersama atau saling berbagi gitu. Coworking space ini lagi booming lho sekarang! Saya sendiri sudah beberapa kali menggunakan coworking space untuk bekerja, pun menghadiri event yang diselenggarakan di coworking space. Coworking space ini ibaratnya ngantor namun serasa di rumah. Soalnya konsep interior coworking space memang sengaja didesain senyaman mungkin, sehingga yang ‘ngantor’ di sana bisa lebih semangat dan produktif.

Biasanya saya menemukan coworking space yang asik dari teman-teman atau dari hasil pencarian di internet. Namun sekarang ada cara yang lebih praktis untuk mencari dan memesan tempat di coworking. Saya mengetahui info ini saat menghadiri acara “SpotQoe Press Launch” di Kantorkuu, Agro Plaza, Jakarta pada hari Selasa, 28 Agustus 2018 kemarin. Ternyata di Agro Plaza ada coworking space nya ya, baru tau :D Yuk, mengenal #SpotQoe lebih dekat lagi :)

Launching SpotQoe
SpotQoe merupakan bagian dari e-business PT. Astra Graphia, Tbk. Astragraphia sendiri adalah penyedia layanan printing dan digital terkemuka sejak tahun 1976. SpotQoe hadir sebagai platform yang memberikan kemudahan dalam mencari, memilih, dan memesan ruangan, baik untuk kebutuhan event, training, maupun gathering di seluruh Indonesia. Saat launching SpotQoe, Bapak Halim Wahjaya, selaku Komisaris PT. Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) mengatakan bahwa SpotQoe adalah layanan bisnis terbaru Astragraphia, yang merupakan bagian dari layanan AXI.

Bapak Halim
“Transformasi digital memang merupakan bagian dari misi perusahaan yang kami jalankan, untuk mengakselerasikan bisnis di era digital yang sangat dinamis ini. Kami ingin memberikan added value yang terbaik untuk pelanggan, karenanya secara konsisten inovasinya tidak berhenti, mulai dari AXIQoe.com, PrintQoe.com, dan CourierQoe. Ini membuktikan bahwa digital transformasi yang kami siapkan ini berjalan pada track yang ditentukan,” ujar Bapak Halim.

Lebih lanjut Bapak Halim berharap kehadiran SpotQoe dapat menjadi pelengkap dan menjawab kebutuhan pasar akan pemesanan ruang meeting maupun event, serta dapat menjadi layanan yang senantiasa bermanfaat, dan jadi solusi juga bagi pemilik tempat dan pelaku bisnis dalam pemesanan ruang online secara mudah dan cepat. Astragraphia akan terus mendorong inovasi yang berhubungan dengan bisnis perusahaan, terutama untuk kegiatan di perkantoran. Bapak Halim yakin SpotQoe akan menjadi layanan unggulan dalam pemesanan ruangan secara online.

Aplikasi SpotQoe
Saya pun langsung men-download Aplikasi SpotQoe di hape via Google Play Store. Ternyata aplikasi SpotQoe ini sangat ringan, serta mudah digunakan dan di pahami. Untuk sign in di SpotQoe, kita bisa registrasi atau sign up menggunakan akun facebook, Google, atau linkedin. Pada aplikasi SpotQoe, terdapat fitur map dan juga filter, serta pilihan pencarian untuk lokasi yang diinginkan.

Aplikasi SpotQoe
Untuk memesan ruangan di SpotQoe, selain melalui aplikasi, bisa juga langsung via website www.spotqoe.com. Usai log in/ sign up, silakan pilih lokasi yang diinginkan. Gunakan fitur filter untuk menentukan tipe ruangan. Ada tiga pilihan tipe ruangan, yaitu meeting room, coworking space, dan event space. Lalu pilih apakah mau memesan ruangan per jam, setengah hari, per hari, atau per bulan. Di SpotQoe, kita juga bisa memilih ruangan berdasarkan budget yang kita miliki atau inginkan. Atau bisa sorting berdasarkan besar atau kecilnya kapasitas ruangan.  

Aplikasi SpotQoe
Nanti akan keluar beberapa pilihan ruangan, berdasarkan hasil filter dari kriteria yang kita pilih tadi. Klik ‘order now’ di bawah ruangan yang ingin dipesan. Detail ruangan yang kita pesan akan tertera di sana, lengkap dengan deskripsi ruangan, alamat lengkap, kebijakan pembayaran, fasilitas yang tersedia, rate serta review dari user lain, options call, message, map, dan bookmark, serta form penjadwalan untuk survei jika kita ingin melakukan survei lokasi. Jika sudah oke, bisa langsung klik ‘order now’. Nanti kita akan menerima konfirmasi booking ruangan dari SpotQoe via email yang sudah didaftarkan. Tinggal lakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Beres! Cepat dan mudah kan!

SpotQoe
Oya, jika ternyata kita nggak jadi memesan  ruangan tersebut (mungkin karena ternyata acaranya diundur atau batal dilaksanakan, or apapun itu), kita bisa cancel pemesanannya. Caranya, tinggal buka order history yang terdapat di bagian user menu pada bagian kanan atas homepage (untuk website) atau kiri atas (untuk aplikasi). Pilih ‘Status In Progress’ dan transaksi yang ingin dibatalkan. Klik ‘Cancel Order’. Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke merchant. Jika sudah melakukan pembayaran DP, uangnya akan dikembalikan sesuai dengan kebijakan masing-masing merchant.

Bapak Hari Ananto, selaku Head of SpotQoe yang turut hadir saat prosesi launching SpotQoe, menjelaskan bahwa SpotQoe sebagai bagian dari layanan AXI merupakan bisnis portfolio yang saling terhubung dalam satu ekosistem, yang pada akhirnya dapat membantu dunia bisnis, fokusnya ke B2B dan B2G.  

Di era digital ini, hampir semua orang melakukan interaksi via mobile. Segala aktivitas dilakukan via smartphone. Perubahan teknologi ini telah mengubah perilaku tiap orang hingga ke para pelaku bisnis. Menurut data tahun 2002, 42,5% orang bekerja via mobile (mobile worker) *termasuk saya sendiri, hehe. Kantor hanya sebagai tempat ‘absensi’, dan banyak yang lebih memilih menyelesaikan pekerjaannya di kafe, resto, atau coworking space.

Menurut info yang saya dapatkan dari Bapak Hari, bahwa berdasarkan hasil riset, 70% pelaku bisnis yang ada di dunia, setidaknya 1 minggu sekali melakukan pekerjaannya secara remote, yang mana 53% diantaranya melakukannya separuh minggu. Berdasarkan data dari hasil riset ini dapat disimpulkan bahwa tren mobile worker tiap tahunnya akan terus meningkat, baik di Indonesia maupun di dunia.

Tak hanya dalam hal pekerjaan, orang yang ingin melakukan perjalanan pun sering mencari dan memesan tiket serta hotel via mobile, begitu pun dengan ruang meeting dan event. Fakta inilah yang dilihat oleh Astragraphia, sehingga tercetuslah SpotQoe. Dengan tagline nya “Connecting Space”, SpotQoe ingin menghubungkan pemilik space dengan semua pelaku bisnis/ user, dalam pemesanan ruang online secara mudah dan cepat.

Sebelum meluncurkan SpotQoe, Astragraphia sudah melakukan riset terlebih dulu. Dengan tren mobile worker saat ini, Astragraphia ingin mengetahui permasalahan apa yang sering menjadi kendala bagi pemilik space dan customer/ pelaku bisnis yang membutuhkan space. Permasalahan yang kemudian bisa dijawab oleh SpotQoe, sehingga aplikasi ini bisa memberi manfaat. Saat mencari ruangan, customer/ pelaku bisnis biasanya mencari dan menghubungi beberapa merchant, melakukan penawaran, lalu membandingkan merchant-merchant ini, serta melakukan negosiasi, dan lain sebagainya, yang tentu saja butuh proses yang memakan waktu dan tenaga.

Masalah inilah yang kemudian dipecahkan oleh SpotQoe. Bagi customer/ pelaku bisnis, mereka bisa mencari dan memesan ruangan dengan lebih mudah dan cepat. Ada sekitar 400 merchant yang telah bergabung di SpotQoe, dengan 2.500 spaces yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, yang bisa dipilih oleh customer/ pelaku bisnis. Pembayaran diberikan langsung pada merchant yang bersangkutan, dimana customer/ pelaku bisnis pun akan mendapatkan harga diskon selamanya dari SpotQoe.

Bapak Hari
“Merchant yang bergabung di SpotQoe adalah yang punya track record bagus atau reputasi yang baik di market. Pelaku bisnis juga akan mendapatkan harga yang lebih baik. Pemesanan pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja via mobile,” papar Bapak Hari.

Sedangkan bagi merchant, bergabung di SpotQoe tentu dapat mengekspos keberadaan space mereka pada khalayak umum, sehingga dapat mendorong bisnisnya lebih masif lagi. Manfaat lain yang bisa diperoleh merchant adalah segala aktivitas marketing dilakukan oleh SpotQoe, pembayaran pun langsung dari customer pada merchant, tidak ada komisi dan biaya tambahan lainnya dari SpotQoe, serta tidak ada biaya pendaftaran, platform SpotQoe pun bisa diakses via web maupun aplikasi via perangkat mobile (Android dan iOS).  

Ibu Nita
Archipelago merupakan salah satu merchant yang baru saja bergabung di SpotQoe pada bulan Maret 2018. Mewakili Archipelago, Ibu Nita Janita Ekaniana, Regional Marketing & Communication Manager Archipelago International menyampaikan bahwa dengan bergabungnya Archipelago dalam SpotQoe dapat membantu dan memudahkan pemesanan ruangan di Archipelago.    

Bapak Maulana
Wakil Ketua Umum Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Bapak Maulana Yusran mengatakan bahwa SpotQoe dapat menjadi online platform yang bisa membantu dunia bisnis dalam mendapatkan ruangan, baik ruang meeting maupun event, dimana pun dan kapan pun. “Saya yakin keberadaan SpotQoe akan sangat berguna,” ungkap Bapak Maulana.   

So, untuk memesan ruangan saat ini #JadiLebihMudah dan cepat dengan SpotQoe. Pemesanan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tak ada lagi waktu dan tenaga yang terbuang percuma karena proses pencarian ruangan yang lama. Dengan begitu waktu yang ada bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, sehingga kita dapat bekerja lebih produktif lagi. SpotQoe, Connecting Space.    


Foto-foto: Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Spotqoe dengan aplikasinya gini jadi memudahkan buat bikin event dong ya mbak.. ini jadi kayak semacam marketplace khusus pemesanan ruang dan tempat yaa.. ? hehehe...

    BalasHapus