Sampoerna Fest, Cara Asik Belajar Saving Sambil Healing

By Dewi Sulistiawaty - Maret 21, 2024

 Sampoerna Fest, belajar saving sambil healing

Ini entah sudah yang ke berapa kalinya saya menuliskan sebuah ‘kalimat sakti’ yang dulu pernah saya dengar dari salah seorang financial trainer, bahwa menabung itu adalah membiasakan diri untuk ‘menyisihkan’ uang, dan bukannya uang yang tersisa baru ditabung. Menabung pun bukan tentang seberapa besar uang yang bisa disisihkan, namun seberapa konsisten dan disiplinnya kita menyisihkan uang untuk ditabung.

Tak saya pungkiri, saya memang suka mengikuti berbagai acara atau kegiatan yang berkutat di seputar keuangan, karena dari acara tersebut saya bisa mendapatkan banyak ilmu, dan juga pencerahan terkait keuangan. Menurut saya hal ini sangat penting, karena kemampuan kita mengatur atau mengelola keuangan akan berpengaruh ke kehidupan kita ke depannya.

Bagi yang belum terbiasa menabung, mungkin akan sedikit kesulitan melakukan kebiasaan positif yang satu ini. Apalagi bagi mereka yang berpikir bahwa menabung itu bukanlah sesuatu yang penting. Tentunya pola pikir seperti ini perlu diperbaiki. Tak hanya mengajarkan kita untuk hidup lebih hemat dan disiplin, menabung juga berguna untuk mengantisipasi kebutuhan yang tak terduga atau kondisi darurat yang terjadi suatu saat nanti.

Di era digitalisasi ini, menabung pun bukanlah hal yang sulit lagi. Sudah tersedia online banking atau digital banking yang mempermudah semua urusan keuangan kita, termasuk urusan menabung. Bahkan beberapa bank digital menyediakan produk dan berbagai fitur menarik serta bermanfaat di website maupun aplikasi perbankannya.

Salah satu contohnya adalah produk Sampoerna Mobile Saving yang terdapat pada aplikasi Sampoerna Mobile Banking milik Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna). Melalui produk ini, kita bisa membuka rekening dengan mudah secara online, tanpa harus repot datang ke bank, serta mulai untuk menabung dan mengelola keuangan secara digital. Kelebihan lainnya adalah setiap nasabah Sampoerna Mobile Saving dapat mengikuti program undian berhadiah sepanjang tahun.

Cara Asik Belajar Saving Sambil Healing di Event Sampoerna Fest

Sampoerna Fest 2024

Jika ingin mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi mengenai keuangan, terutama perihal menabung, kamu sebaiknya datang ke acara Sampoerna Fest yang tak lama lagi akan segera digelar. Sampoerna Fest ini merupakan annual event Sampoerna Mobile Banking, yang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali. Dengan menghadiri event ini, akan menjadi cara yang asik buat kamu belajar menabung atau saving sambil healing, serta menikmati berbagai kegiatan seru lainnya di sana.

Dalam waktu setahun ke depan, ada 4 kota yang akan menjadi lokasi dilaksanakannya Sampoerna Fest, yakni Kota Surabaya di minggu ke-3/4 Mei 2024, Pontianak di minggu ke-3/4 Juli 2024, Semarang di minggu ke-3/4 Oktober 2024, dan Sorong di minggu ke-3/4 Januari 2025. Informasi ini disampaikan oleh Bapak Henky Suryaputra selaku Direktur Finance & Business Planning Bank Sampoerna pada acara press conference yang digelar pada hari Jumat, 15 Maret 2024 di Lucy Curated Compound, Jakarta.

Sampoerna Mobile Banking
Press conference Sampoerna Fest 2024
(Kiri-kanan: Mas Adit, Pak Henky, Mbak Oktavia, dan Mas Hafizh)
 
  

Dalam acara yang dimoderatori oleh Adit Insomnia tersebut, juga hadir Mbak Oktavia Laksmi Wardani selaku Lending, Fintech Product & Partnership Division Head Bank Sampoerna, dan Mas Hafizh Abdul Rahman selaku Event & Fintech Partnership Manager Bank Sampoerna.

“Sekarang kita lihat, hampir semua orang, terutama anak-anak muda, apa-apa bayarnya pakai QRIS, pakainya digital payment, dan jarang sekali yang melalui perbankan. Jadi untuk mengubah mindset tentang finansial dari bank, kita harus memberikan financial literacy ke masyarakat. Bagaimana caranya menggaet anak-anak muda supaya lebih mengerti mengenai finansial, sekaligus mereka bisa fun. Makanya kita bikin sesuatu yang unik, seperti Sampoerna Festival ini,” jelas Pak Henky.

Secara garis besar, melalui Sampoerna Fest ini, Bank Sampoerna ingin mengundang seluruh anak muda untuk bisa lebih mengenal perbankan. Bahwa perbankan itu bukanlah sesuatu yang membosankan. Bahkan perbankan pun sekarang sudah merambah ke ranah digital.

Lebih lanjut Mas Hafizh menjelaskan bahwa gelaran Sampoerna Fest ini merupakan perpaduan antara konser musik dan edutainment. Diharapkan pengunjung yang datang akan mendapatkan pengalaman menarik lewat konser musik yang disuguhkan, sekaligus mendapatkan edukasi mengenai finansial.

“Secara tidak langsung kita awareness, bahwa menabung itu sangat mudah, dan ada cara-cara yang oke untuk bisa menggapai kesejahteraan finansial. Jadi konsep Sampoerna Fest yang mau kita bawa itu ke arah sana. Menjadikannya sebagai festival yang asik buat healing sambil belajar saving,” ujar Mas Hafizh.

Mas Hafizh pun menyampaikan bahwa di Sampoerna Fest yang digelar di Surabaya nanti setiap harinya akan dihadirkan 8 penampil, dan sebagai bocorannya akan ada Maliq & D’Essentials dan Coldiac lho! Sedangkan untuk penampil lainnya akan diinformasikan lebih lanjut lewat akun Instagram @sampoerna.mobilebanking. Selain konser musik, acara yang ditargetkan akan dihadiri oleh sekitar 2000 pengunjung tersebut juga menghadirkan ragam kuliner di bazaar F&B, serta mengikuti berbagai aktivitas permainan yang ada di booth Sampoerna Mobile Banking.

Dalam Sampoerna Fest Surabaya, Bank Sampoerna juga memiliki Savings Agent, yakni para mahasiswa dari berbagai universitas lokal di Surabaya yang diajak untuk bekerja sama sebagai perpanjangan tangan dari Bank Sampoerna. Savings Agent ini bertugas untuk memberikan informasi terkait keuangan. Harapannya, melalui Savings Agent ini dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya pengunjung yang datang ke Sampoerna Fest.  

Untuk bisa menikmati konser musik dan berbagai kegiatan menarik di Sampoerna Fest, pengunjung harus membeli tiket masuk. Menurut Mbak Oktavia, khusus bagi nasabah Bank Sampoerna memiliki peluang untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah, atau harga diskon. Selain itu, nasabah yang tergabung dalam Sampoerna Mobile Saving berpeluang juga untuk memenangkan undian berhadiah miliaran rupiah, dengan Grand Prize berupa 1 unit Toyota Innova Zenix.

“Tiap hari kita sudah bekerja keras ya, karena bagaimanapun juga setiap orang itu ingin punya income. Namun di sela-sela kesibukan itu kita jangan sampai lupa bahwa hidup itu harus balance. Konser musik plus belajar nabung itu sudah cocok banget. Datang ke konser musik Sampoerna Fest itu bukanlah buang-buang uang. Teman-teman yang datang akan dapat edutainment plus entertainment. Acara ini tentu ada kuotanya. Jadi diharapkan teman-teman jangan sampai ketinggalan, agar bisa menikmati keseruan acaranya,” ungkap Mbak Oktavia.

Festival yang dikemas dengan konsep energetic, humor, fun, dan cool ini juga menghadirkan undian Sampoerna Mobile Saving selama event berlangsung. Setiap pengunjung yang datang dan membuka rekening melalui Sampoerna Mobile Saving, dapat mengikuti undian ini, sekaligus menikmati hiburan lewat konser musik, dan edukasi finansial yang disajikan secara menarik. Oiya, selama berada di acara ini, seluruh pengunjung yang datang akan mendapatkan proteksi dari CHUBB LIFE.

Salah satu layanan digital dari Bank Sampoerna, yaitu PDaja.com juga turut meramaikan acara Sampoerna Fest. Hal ini dalam rangka mendukung literasi keuangan yang juga menjadi komitmen dari PDaja.com sendiri. Fyi, PDaja.com adalah platform pinjaman digital yang memiliki visi dan misi untuk menjadi solusi pendanaan bagi masyarakat, khususnya UMKM, yang menyediakan akses permodalan dengan persyaratan yang fleksibel, dan mendapatkan fasilitas Plafon Rekening Koran (PRK).

Walaupun bukan merupakan bank yang pertama yang bermain di ranah digital, namun Bank Sampoerna berharap dapat memberikan kontribusi lebih buat masyarakat, terutama bagi nasabah yang baru belajar menabung. Bank Sampoerna sendiri sudah hadir di tengah masyarakat sejak tahun 2012, dan tentunya sudah terdaftar di OJK. Hingga saat ini Bank Sampoerna sudah memiliki 21 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Fyi, untuk buka tabungan di Sampoerna Mobile Saving, tidak perlu harus ada setoran awalnya, serta tidak ada biaya admin bulanan dan minimal saldo mengendap. Jadi walaupun saldonya 0 pun tetap masih bisa menabung di Sampoerna Mobile Saving. Belum lagi ada undian sepanjang tahun yang bisa diraih, dengan total hadiah miliaran rupiah.

Sampoerna Fest 2024


  • Share:

You Might Also Like

0 comments