Tingkatkan Produktivitas dengan Laptop Dua Layar ASUS Zenbook DUO (UX8406)

By Dewi Sulistiawaty - Maret 10, 2024

 Keunggulan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Selain kemampuan berkreativitas, memiliki perangkat yang mumpuni yang bisa mendukung segala aktivitas berkonten ria pastilah menjadi hal yang sangat penting bagi seorang content creator, termasuk bagi blogger, hobi yang sudah aku lakoni sekitar 13 tahun belakangan ini.

Tak heran jika setiap ada perangkat digital, seperti smartphone, laptop, kamera, hingga aplikasi editing yang baru diluncurkan, yang menawarkan berbagai fitur canggih, lengkap dengan spesifikasi terkininya akan membuat batinku meronta-ronta ingin memilikinya, hehe....

Seperti kehadiran laptop dua layar terbaru yang diluncurkan oleh ASUS beberapa hari yang lalu. Beruntungnya, aku bisa menyaksikan langsung acara peluncuran produknya yang diselenggarakan di Ballroom Raffles Hotel pada Selasa siang, tanggal 7 Maret 2024. Tak hanya berupa peluncuran produk saja, namun dalam acara ini seluruh tamu undangan yang hadir juga diajak untuk mengikuti berbagai aktivitas seru.   

Sebelum acara di mulai, aku dan teman-teman lain yang datang untuk mengikuti keseruan acara tersebut mencoba berfoto di photobooth yang tersedia di area foyer. Ternyata fotonya bukan sembarang foto lho! Hasil fotonya cukup membuat aku dan teman-teman tersenyum sumringah, karena hasilnya benar-benar di luar dugaan kami. Teknologi AI telah mengubah rupa dan penampilanku dan teman-teman, hahaha….

Hasil foto menggunakan AI ASUS Zenbook DUO

Selain photobooth, agak menjorok di pinggir ruangan, terdapat beberapa LED yang menampilkan berbagai inovasi yang telah dilakukan ASUS, di mulai dari tahun 2018, di mana saat itu ASUS menghadirkan ASUS Project Precog, yang menjadi the first dual screen AI laptop concept, hingga akhirnya di tahun 2024 ini, ASUS kembali hadir dengan inovasi terbarunya, ASUS Zenbook DUO (UX8406), the Best Duo Screen AI Laptop. Kehadiran laptop ini digadang-gadangkan dapat memberikan pengalaman multitasking dan produktivitas ke tingkat selanjutnya.

Peluncuran Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Peluncuran Laptop ASUS Zenbook DUO

Acara yang ditunggu-tunggu pun akhirnya di mulai, dengan dipandu oleh artis cantik, Donna Agnesia. Bapak Jimmy Lin selaku ASUS Southeast Asia Regional Director mengawali acara dengan memberikan opening speech. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Zenbook DUO merupakan puncak inovasi laptop di tahun ini. Laptop ASUS Zenbook DUO hadir dengan dua layar yang inovatif, yang menjadikannya laptop terbaik di dunia.

Bapak Jimmy Lin pun menceritakan sekilas mengenai awal perjalanan ASUS hingga akhirnya menjadi satu-satunya brand laptop yang sukses menghadirkan laptop dengan konfigurasi dua layar. Perjalanan itu di mulai dari tahun 1989 hingga di tahun 2024 ini. Berbagai inovasi yang dihadirkan ASUS ini tentunya bertujuan untuk menciptakan pengalaman tak terbatas, dalam menunjang produktivitas setiap penggunanya.

Peluncuran Laptop ASUS Zenbook DUO

Usai mendengarkan sambutan dari Bapak Jimmy Lin, Donna mengajak seluruh tamu undangan untuk menyaksikan sebuah drama musikal, yang menceritakan tentang bagaimana inovasi ASUS dapat memenuhi kebutuhan setiap penggunanya. Penyajian berbagai inovasi ASUS yang ditampilkan dalam bentuk drama musikal ini menjadi sesuatu yang unik dan menarik dalam acara peluncuran ASUS Zenbook DUO tersebut.

Laptop ASUS Zenbook DUO Launch

Drama musikal ASUS Zenbook DUO

Di tengah drama musikal tersebut, hadir Ibu Coco Chien selaku Country Product Manager of ASUS Indonesia. Beliau menjelaskan inovasi terbaru apa saja yang dihadirkan ASUS dalam laptop ASUS Zenbook DUO.       

Yang Istimewa dari Laptop ASUS Zenbook DUO

Laptop Dua Layar ASUS Zenbook DUO

Desain yang Inovatif

Dari mata turun ke hati. Dari tampilan dan desain yang menarik, pastilah setiap penggemar perangkat digital akan jatuh hati pada laptop ASUS Zenbook DUO ini. Tak hanya didesain sangat fleksibel dengan bentuknya yang tipis yakni 14,6mm dan ringan saat dipegang dengan bobot 1,35kg, laptop dua layar besutan ASUS ini juga tampil inovatif dengan keyboard yang bisa dilepas (detachable), serta penyangga khusus sehingga mudah untuk digunakan, dan dua layar sentuh yang masing-masing berukuran 14 inch. Semuanya tergabung dalam satu desain yang ringkas, dan mudah untuk dibawa saat bepergian.

Zenbook DUO (UX88406) tampil makin canggih sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, dengan menggabungkan kemampuan multitasking dan mobilitas yang superior. Kedua layar sentuhnya pun sudah didukung teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3. Sehingga bisa dipastikan akan menghasilkan warna terbaik dan akurat. Layar ini ternyata juga sudah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500, dan tentunya dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0, sehingga dapat memberikan input secara presisi saat menggunakannya.

Hadir dengan 5 Mode Penggunaan

Laptop Zenbook DUO (UX8406) memiliki keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan untuk memberikan pengalaman yang lebih intuitif. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Laptop Zenbook DUO (UX8406) telah didukung dengan penyangga khusus, yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya saat ingin mengganti mode penggunaan. Yap, penyangga terintegrasi ini memungkinkan pengguna untuk mengganti skenario penggunaan hingga lima mode penggunaan yang fleksibel. Apa saja sih 5 mode penggunaan yang bisa diaplikasikan pada Zenbook DUO? Berikut penjelasannya.

5 mode penggunaan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Laptop Mode

Mode laptop, yang artinya Zenbook DUO (UX8406) ini tampil layaknya laptop pada umumnya, dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini sangat cocok diaplikasi saat pengguna berada di ruangan terbatas, misalnya di dalam pesawat.

Desktop Mode

Zenbook DUO (UX8406) dapat didesain dengan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan, sehingga menampilkan layar yang terlihat lebih luas. Dengan mode ini biasanya diaplikasi saat pengguna ingin menulis artikel, browsing, dan coding. Tentunya mode ini sangat cocok bagi pengguna yang suka dengan layar vertikal.

Dual-Screen Mode with Bluetooth Keyboard

Mode laptop dua layar menjadikan Zenbook DUO (UX8406) sebagai laptop istimewa yang membedakannya dengan laptop lainnya. Layar pertama dan kedua di Zenbook DUO digunakan secara penuh dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi, sehingga kedua layarnya dapat dilihat dengan lebih nyaman. Untuk mengoperasikan laptop, pengguna dapat menggunakan keyboard fisik secara nirkabel melalui koneksi bluetooth.

Dual-Screen Mode with Virtual Keyboard 

Hampir mirip dengan Dual-Screen Mode, mode satu ini juga mengaplikasikan layar pertama dan kedua secara penuh dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi, Bedanya, pada mode ini pengguna tidak menggunakan keyboard fisiknya. Melalui ScreenXpert, pengguna dapat menggunakan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda.

Sharing Mode

Sharing mode menjadi mode unik lainnya dari Zenbook DUO (UX8406) ini. Dengan mode ini pengguna dapat berbagi layar dengan orang lain dengan lebih mudah. Cukup dengan membuka layar laptop hingga 180°, lalu aktifkan sharing mode. Kedua layarnya akan tampil saling bertolak belakang, sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406). Mode ini cocok digunakan saat presentasi, atau berbagi layar dengan teman.

Performa Terbaik di Kelasnya

Performa laptop ASUS Zenbook DUO

Tak sempurna rasanya jika hanya unggul dalam hal desain. Zenbook DUO (UX8406) juga tampil istimewa dengan performanya yang mumpuni. Laptop AI dengan dua layar ini bersertifikasi Intel® Evo™ Edition yang telah dibekali dengan prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru. Prosesor Intel® Core™ Ultra dilengkapi juga dengan Neural Processing Unit (NPU) yang berfungsi untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan.

Untuk memberikan performa terbaik di pemrosesan grafisnya, Zenbook DUO (UX8406) telah menanamkan chip grafis Intel® Arc™ yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip ini sudah didukung dengan berbagai teknologi grafis modern, seperti real-time ray tracing, Xแต‰ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine.

ASUS Zenbook DUO (UX8406) dibekali dengan baterai berkapasitas 75Wh, serta dilengkapi port I/O modern, di antaranya 2 port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1, hingga jack audio 3.5mm. Dengan konektivitas yang lengkap begitu, penggunanya tidak perlu membawa dongle tambahan lagi.

Harga Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Dengan segala keistimewaan dan keunggulan yang dimilikinya, sudah selayaknya jika laptop Zenbook DUO (UX8406) ini dibandrol dengan harga Rp33.999.000 (Tiga Puluh Tiga Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah). Apalagi kehadirannya dapat membantu penggunanya dalam meningkatkan produktivitas sehingga dapat makin maksimal dalam berkarya.

Acara semakin seru dengan hadirnya Wulan Guritno dan Winky Wiryawan yang didapuk sebagai Zenbook DUO Stars. Selain itu ada games berhadiah puluhan juta rupiah, serta doorprize berupa voucher belanja bernilai jutaan rupiah, fine gold, dan laptop ASUS dong! Ini tentu saja semakin menyemarakkan acara peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406) tersebut. Aku pun pulang dengan membawa impian bisa merangkul Zenbook DUO ini nanti. Oiya, bagi kamu yang ingin mencari atau membeli laptop Zenbook DUO ini bisa cuss ke ASUS Online Store di sini yaa ๐Ÿ‘‰ https://id.store.asus.com/zenbook-duo-ux8406ma-oleds711.html

Zenbook DUO Stars

Spesifikasi Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406)

spesifikasi laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406)


  • Share:

You Might Also Like

0 comments