ASUS Resmi Meluncurkan Rangkaian Laptop Gaming Terbaru dan Terbaik di 2024

By Dewi Sulistiawaty - Maret 17, 2024

Laptop Gaming ASUS ROG TUF terbaru 2024

Bermain game online merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bukaan? Tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan, menghibur diri, dan meredakan stres, namun bermain game juga dapat mengasah kemampuan otak, dan bahkan bisa menjadi pilihan profesi yang menggiurkan lho!

Nah, untuk bisa bermain game online tersebut, tentunya mesti punya perangkat yang memadai, seperti smartphone, laptop, PC, atau perangkat lainnya yang mendukung. Beberapa tahun belakangan bahkan penggunaan laptop gaming makin diminati, terutama bagi pecinta game dan gamer profesional. Tentunya laptop gaming ini berbeda dengan laptop biasa ya. Laptop gaming dirancang khusus dengan komponen-komponen yang powerful dan gahar, sehingga mampu menjalankan berbagai permainan berat sekalipun.

Jika ngomongin tentang laptop gaming, yang langsung melintas dibenak itu adalah Republik of Gamers atau ROG besutannya ASUS. Ini karena ASUS menjadi pioneer dalam menghadirkan berbagai perangkat keras untuk para gamer, terutama sejak ASUS memperkenalkan ROG di Juli 2006 lalu. Sejak itu ASUS secara teratur dari tahun ke tahun menghadirkan berbagai perangkat khusus untuk gaming, tentunya dengan menerapkan inovasi terkini, dan komponen yang sudah ditingkatkan untuk performa yang makin powerful.

Inovasi ASUS di Lini Laptop Gaming

Tahun 2024 masih bertengger di bulan Maret, namun ASUS sudah mengeluarkan beberapa produk laptop gaming dengan performa dan fitur-fiturnya yang aduhai. Informasi ini saya ketahui saat menghadiri acara ASUS ROG/ TUF Media Launch pada hari Kamis, 14 Maret 2024 di Hotel Sutasoma, Jakarta. Saat itu hadir Mas Muhammad Firman selaku Head of Public Relation of ASUS Indonesia, Mas Darien Theodric selaku Country Product Manager of ASUS Indonesia, Mas Riandanu Hutomo selaku Technical Public Relation of ASUS Indonesia, dan Mbak Davina Larissa selaku Marketing Manager of ASUS Indonesia.

Sebelum acara di mulai, para tamu undangan yang hadir bisa melihat-lihat dan menjajal berbagai laptop gaming terbaru keluaran ASUS, yang dipajang di bagian ROG Demo Zone. Selain itu, agak ke tengah ruangan tersedia juga photobooth. Hasil fotonya sungguh menakjubkan, dan membuat saya merasa menjadi ROG Girl, lho! hehe…. Ini karena fotonya diedit menggunakan teknologi AI yang sudah disematkan pada laptop gaming ASUS.

ASUS ROG Ally, portable gaming console
Bermain game menggunakan ASUS ROG ALLY, portable gaming console
yang ada di Demo Zone

Hasil foto edit teknologi AI laptop gaming ASUS

By the way, performa tinggi yang dimiliki laptop gaming sebenarnya tidak saja bisa digunakan oleh gamers, namun tentunya juga dapat dimanfaatkan oleh para content creator dan programers. Berbagai sistem dan fitur canggih yang dimiliki laptop gaming, dapat membantu mempercepat dan melancarkan pekerjaan yang membutuhkan pemakaian aplikasi yang berat.

Di awal acara, Mas Firman menceritakan bagaimana perjalanan brand ROG, mulai dari awal kehadirannya di tahun 2006 hingga tahun 2024 ini. Menurut Mas Herman, di awal bulan Juli 2006 ASUS meluncurkan gaming motherboard ROG Crosshair, dan baru di akhir tahun 2007 ASUS mengeluarkan gaming laptop pertamanya.

Muhammad Firman ASUS

“Inovasi laptop ASUS yang sangat signifikan juga kita hadirkan di 2015 lalu, laptop gaming pertama dengan watercooling, yang radiatornya ada di luar, dapat dilepas pasang. Jadi sistem pendinginnya sama seperti pendingin mobil. Selain itu di 2019 sampai 2023 kemarin, kita menghadirkan banyak sekali inovasi di laptop gaming kita,” ujar Mas Firman.

Tak cukup sampai di situ, inovasi-inovasi baru terus dihadirkan ASUS. Seperti yang dijelaskan Mas Firman bahwa di tahun 2024 ini, waktunya bagi ASUS untuk melakukan revolusi di lini produk laptop gamingnya, dimana hampir seluruh komponennya, seperti prosesor dan grafisnya sudah mendukung teknologi AI. Untuk prosesor sudah tersemat Neural Processing Unit (NPU) di dalamnya, yang memungkinkan pemrosesan AI secara lebih optimal.

“Jadi semua rangkaian produk kita di 2024 sudah kita hadirkan, dan semuanya sudah mendukung teknologi terbaru, seperti ROG Zephyrus G16 dan G14, serta TUF Gaming 15 series,” ungkap Mas Firman.

Rangkaian Produk Laptop Gaming ASUS di Tahun 2024

Darien Theodric ASUS

Selanjutnya ada Mas Darien yang menjelaskan tentang produk laptop gaming apa saja yang resmi diluncurkan ASUS di semester pertama tahun 2024 ini. Secara garis besar, ada 3 jenis laptop gaming terbaru yang diusung ASUS, yaitu ROG Zephyrus G14/ G16, ROG STRIX G/ Scar, dan TUF Gaming F16/ A15.

Mas Darien pun mengupas masing-masing dari laptop tersebut. Sebenarnya Mas Darien menjelaskannya dengan sangat rinci. Namun saya akan meringkasnya, dan mengambil poin-poin pentingnya saja ya, agar kamu yang membaca artikel ini dapat dengan cepat dan jelas memahaminya. Jadi jika ada yang berencana ingin membeli laptop gaming terbaru dari ASUS ini, bisa dengan mudah memilih mana yang cocok dan sesuai keinginan, dengan membaca poin-poin tersebut.

ROG Zephyrus G14 (GA403) - Unmatched Power, Unbelievably Light

ASUS ROG Zephyrus series
ASUS ROG Zephyrus series terbaru 2024

ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan seri terbaru dari jajaran ROG Zephyrus G14, yang sudah hadir untuk pertama kalinya di tahun 2020. Kehadiran seri terbarunya ini tentu saja dengan membawa inovasi serta performa yang lebih powerful lagi dibandingkan generasi sebelumnya. ROG Zephyrus G14 (GA403) menjadi AI Gaming Laptop 14-inch Paling Tipis, Ringan, dan Powerful di Dunia.

·     Ultra-Thin and Light, dengan bobot hanya 1,5kg, dan tebal hanya 1,59cm.

·     Powered by AI, dengan prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali NPU Ryzen™ AI untuk pemrosesan AI yang lebih optimal.

·   World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR, dengan layar ROG Nebula Display yang menggunakan panel OLED beresolusi 3K 120Hz, serta didukung teknologi NVIDIA® G-SYNC® untuk kualitas visual dan pengalaman gaming terbaik.

·     Graphics, NVIDIA® GeForce RTX™ 4060

·     CNC-machine chassis yang ringan dan kokoh, untuk ruang ekstra bagi keyboard dan sistem audio. Keyboard dengan desain edge-to-edge, memiliki ukuran tombol lebih besar, dan jarak antar tombol lebih rapat. Ukuran touchpad pun lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

·   Audio, menggunakan Dolby Atmos, dengan 4 speaker berukuran 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, serta dilengkapi AI noise-canceling technology.

·     Fitur Slash Lighting, lampu LED indikator yang berada dibalik layar laptop dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di laptop.

·     Cooling System, ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology, serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya.

·     TGP up to 90W with dynamic boost

·     RAM 2x8GB LPDDR5X 6400MHz

·     Storage 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD

·    Input/ Output: 1x Type C USB 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

·     Operating System: Windows 11 Home

·     Connectivity: Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

·     Camera: FHD camera with IR, support Window Hello

·     Battery: 73WHrs, 4SIP, 4-cell Li-ion

·     Warranty: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

·     Free XBOX Gamepass for 3 months (*with Term and Conditions)

 

ROG Zephyrus G16 (GU605) - Unmatched Power, Unbelievably Sleek

ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop dengan Layar 16-inci. Laptop gaming satu ini hadir dengan desain bodi yang lebih tipis dan ringan, tanpa mengorbankan performanya. Dilihat sepintas, tak seperti laptop gaming yang umumnya memiliki ukuran yang tebal dan berat. Kehadirannya tentu saja menjadi sebuah inovasi baru di dunia laptop gaming.

·     Thinnest and Lightest, dengan ketebalan hanya 1,49cm bobot hanya 1,85kg.

·    Powered by AI, dengan prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh NPU Intel® AI Boost untuk pemrosesan AI yang lebih optimal.

·   World’s 1 st OLED Gaming Laptop with VRR, dengan layar ROG Nebula Display yang menggunakan panel OLED beresolusi 2.5K 240Hz, serta didukung teknologi NVIDIA® G-SYNC® untuk kualitas visual dan pengalaman gaming terbaik.

·     Graphics: NVIDIA® GeForce RTX™ 4090

·     CNC-machine chassis yang lebih ringan dan kokoh.

·   Audio, menggunakan Dolby Atmos, dengan 6 speaker berukuran 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, serta dilengkapi AI noise-canceling technology.

·     Fitur Slash Lighting, lampu LED indikator yang berada dibalik layar laptop dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di laptop.

·     Cooling System, ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology, serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya.

·     TGP up to 115W with dynamic boost

·     RAM: 2x16GB LPDDR5X 7467MHz

·     Storage: 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD

·     Input/ Output: 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (SD) (UHS-II, 312MB/s), 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

·     Operating System: Windows 11 Home

·     Connectivity: Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

·     Camera: FHD camera with IR, support Window Hello

·     Battery: 90WHrs, 4SIP, 4-cell Li-ion

·     Warranty: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

·     Free XBOX Gamepass for 3 months (*with Term and Conditions)

 

ROG Strix Series – Dominate Your Gaming Experience

ROG Strix series terbaru 2024
ASUS ROG Strix series terbaru 2024

Laptop gaming ROG Strix series terbaru yang resmi diluncurkan ASUS di awal tahun 2024 ini adalah ROG Strix SCAR 16/18 dan ROG Strix G16/18. Laptop gaming seri ini hadir untuk para gamer yang haus akan performa yang paling powerful. Beberapa fitur yang dimilikinya hampir sama dengan seri Zephyrus, namun untuk seri Strix SCAR memiliki performa yang sedikit lebih tinggi dari seri lainnya.

·     Prosesor:13th Gen Intel® Core™ i9-14900HX 2.2 GHz (36M Cache, up to 5.6 GHz, 24 cores: 8 P-cores and 16 E-cores), dan telah dibekali oleh NPU Intel® AI Boost.

·     Display: ROG Nebula Display beresolusi 2.5K 240Hz 16/18-inch, IPS-level, dan Anti-glare display, 100% DCI-P3, Response Time 3ms, dan Pantone Validated, dengan teknologi NVIDIA® G-SYNC®, MUX Switch + NVIDIA® Advanced Optimus, serta Support Dolby Vision HDR.

·     Graphics: NVIDIA® GeForce RTX™ 4070

·     Cooling System, ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology, serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya.

·     TGP up to 175W

·     RAM: 32GB/ 64GB GDDR5

·     Storage: 2TB/ 2TB + 2TB PCIe® 4.0 SSD with Raid 0

·     Operating System: Windows 11 Pro

·     Connectivity: Wi-Fi 6E

·     Battery: 90WHrs, 4SIP, 4-cell Li-ion

·     Warranty: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

·     Free XBOX Gamepass for 3 months (*with Term and Conditions)

 

TUF Gaming A15 – The Ultimate Force

ASUS TUF Gaming terbaru 2024
ASUS TUF Gaming series terbaru 2024

Selain seri ROG, ASUS juga hadir dengan laptop gaming seri TUF, yang tentunya memiliki performa yang tak kalah canggih. Seri TUF hadir dengan keunggulan ketahanannya. Laptop gaming seri ini diklaim tahan terhadap tekanan dan benturan. Bahkan daya tahan laptop gaming ini sudah mendapat pengakuan military grade.

·     Prosesor: up to AMD Ryzen™ 9 8945H 2.2 GHz (8 cores, 16 threads), dan telah dibekali oleh NPU Ryzen™ AI.

·     Display: layar dengan ukuran 15-inch, 1920x1080 pixels, 16:10, no touchscreen, dan telah didukung teknologi NVIDIA® G-SYNC®, serta support NVIDIA® Advanced Optimus.

·     Graphics: up to NVIDIA® GeForce RTX™ 4070

·     Durability:  Military-grade Toughness MIL-STD-810H

·     TGP max 140W

·     RAM: up to DDR5-5600MHz

·     Storage: up to 2TB PCIe® 4.0 SSD (2 slots)

·     Operating System: Windows 11 Pro

·     Weight: 2,2kg

·     Battery: 90WHrs, 4SIP, 4-cell Li-ion

·     Warranty: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

·     Free XBOX Gamepass for 3 months (*with Term and Conditions)

 

TUF Gaming F16 – The Ultimate Force

Rangkaian produk laptop gaming terbaru keluaran ASUS lainnya adalah TUF Gaming F16. Performanya tak jauh berbeda dengan seri TUF Gaming A15, hanya berbeda di beberapa komponen saja, seperti prosesor dan juga ukuran layarnya.

·     Prosesor: 13th generation Intel® Core™ i7-13650HX with 2.6 GHz, up to 4.9 GHz, 14 cores, dan telah dibekali dengan NPU Intel® AI Boost.

·     Display: layar dengan ukuran 16-inch, FHD+ or QHD+, 165Hz, MUX Switch, dan telah didukung teknologi NVIDIA® G-SYNC®, serta NVIDIA® Advanced Optimus.

·     Graphics: up to NVIDIA® GeForce RTX™ 4050

·     Durability:  Military-grade Toughness MIL-STD

·     TGP max 130W

·     RAM: 8GB GDDR6

·     Storage: up to 2TB PCIe® 4.0 SSD (2 slots)

·     Operating System: Windows 11 Pro

·     Input/ Output: 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.1 FRL, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™/ power delivery/ G-SYNC, 1x RJ45 LAN port.

·     Weight: 2,27kg

·     Battery: 90WHrs, 4SIP, 4-cell Li-ion

·     Warranty: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

·     Free XBOX Gamepass for 3 months (*with Term and Conditions)


Harga Laptop Gaming Terbaru ASUS (2024)

Harga laptop gaming terbaru AI ASUS 2024

Saat acara peresmian laptop gaming ASUS ROG/ TUF terbaru kemarin, harga masing-masing laptopnya tentunya tak lupa diberitahukan juga. Informasi tersebut disampaikan oleh Mbak Davina secara runut. Berikut harga masing-masing laptop gaming yang sudah diuraikan di atas.

·     ROG Zephyrus G14 (GA403): Rp.29.999.000

·     ROG Zephyrus G16 (GU605): Rp.32.999.000

·     ROG Strix G16 (G614J): Rp.32.999.000

·     ROG Strix SCAR 16/18 (G634/ G834): Rp.69.999.000

·     TUF A15 (FA507): Rp.23.999.000

·     TUF F16 (FX607): Rp 21.999.000


Oiya, sebelumnya Mas Riandanu atau yang akrab disapa Mas Danu juga sempat melakukan demo untuk laptop ROG Zephyrus G14, dan menunjukkan bagaimana performa laptop gaming paling ringan dan tipis di dunia tersebut. Yang pasti Mas Danu menyampaikan bahwa semua perangkat ROG bisa diajak untuk bermain game, termasuk game berat sekalipun.

Riandanu Hutomo ASUS

“Bayangin, laptop setipis dan seringan ini bisa menjalankan game yang berat ini. Sekarang itu teman-teman sudah bisa bermain game AAA dengan kualitas grafis yang luar biasa, tanpa harus membawa perangkat gaming yang super tebal dan berat. Cukup dengan ROG Zephyrus G14 ini,” jelas Mas Danu sambil memainkan salah satu game AAA dengan mulus, tanpa kendala dan tanpa mengalami lag di laptop Zephyrus G14.

ASUS ROG Zephyrus G14
Laptop ASUS ROG Zephyrus G14

Setelah mendengar semua penjelasan dari para pembicara ini, tentunya keinginan untuk bisa memiliki laptop gaming terbaru keluaran ASUS ini semakin kuat ya. Jangan kan bagi gamer, content creator seperti saya juga sangat berminat untuk memilikinya. Performa tangguh yang dimiliki laptop gaming ini tentunya dapat mendukung semua aktivitas dan meningkatkan produktivitas saya. Bagaimana denganmu? Pasti tertarik juga bukaan…. 😊



  • Share:

You Might Also Like

0 comments