Sabtu, 26 Agustus 2017

Rayakan Ulang Tahun Qwords dengan Pesta Diskon

Bulan Agustus adalah bulan yang istimewa bagiku. Selain karena Agustus merupakan bulan dimana saya merayakan hari kemerdekaan RI, bulan tersebut juga merupakan bulan kelahiranku. Namun ternyata bukan hanya itu, Qwords, perusahaan penyedia layanan hosting langgananku juga merayakan hari jadinya pada bulan Agustus. Yeeyy!!

Yup, tepat di tanggal 24 Agustus kemarin, Qwords merayakan ulang tahunnya yang ke-12. Nah, dalam rangka merayakan hari lahirnya ini, Qwords mengadakan acara syukuran secara serempak di 4 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Alhamdulillah, saya bisa ikut serta merayakan hari ulang tahun Qwords di Kantor Qwords Jakarta.

Stand up comedy
oleh Raim Laode
Tak hanya syukuran, ternyata Qwords juga memberikan informasi seputar produk-produknya, serta mengajak semua tamu undangan untuk berkunjung ke data center Qwords dan NOC Qwords. Walau acara hajatannya kecil-kecilan, tapi saya dapat merasakan raut kegembiraan terpancar dari semua yang hadir. Apalagi ada Raim Laode yang selalu saja membanyol dan bikin kita tertawa :D

Mas Mukti
Acara diawali dengan mendengarkan kata sambutan dari Mas Mukti Nul Hakim, selaku Technical PT. Qwords International. Selanjutnya Mas Ari Putra, sebagai Account Executive PT. Qwords International memperkenalkan pada kita mengenai produk apa saja yang ada di Qwords. Mas Ari menjelaskannya dalam bahasa yang agak sulit saya tangkap, karena saya bukan orang yang ahli dan paham mengenai IT. Saya tahunya cuma menggunakan produknya saja, hehe. Baidewei, saya akan mencoba menuliskan secara garis besar, apa saja yang diutarakan oleh Mas Ari :)

Produk hosting di Qwords ada dua, yaitu hosting personal dan hosting bisnis. Hosting personal ditujukan untuk orang-orang yang baru membuat website, yang baru belajar, dan membuat blog-blog personal untuk dirinya saja. Sedangkan hosting bisnis ditujukan untuk orang-orang yang ingin membuat hosting usaha, seperti toko online, e-commerce, company profile, dll.

Banyak orang yang masih memilih menggunakan share hosting, karena server-nya di-manage oleh penyedia layanan, sehingga mereka nggak perlu pusing dan repot mengelola dan optimasi server-nya. Cukup fokus dengan konten saja – seperti saya ini nih! :D  

Selaku penyedia jasa web hosting dan penyedia jasa cloud terbaik di Indonesia, Qwords mempunyai produk cloud yang baru, yaitu Cloud Hosting Maxx, Maxx Plus, dan Maxx Ultima Plus. Perbedaan dari ketiga cloud hosting ini adalah dari besar media penyimpanannya, serta kinerja processing dari setiap paketnya. Setiap pemesanan Cloud Hosting Maxx untuk layanan bisnis selama 1 tahun, akan mendapatkan free domain, plus free SSL-nya.

Mas Ari
Menurut Mas Ari, Wordpress – salah satu CMS terbesar di dunia, mempunyai sisi yang unik jika dilihat dari segi technical-nya. Wordpress membutuhkan perlakuan yang khusus dari sisi server, mulai dari web server hingga konfigurasi PHP-nya. Untuk itulah, Qwords menyediakan sebuah layanan yang fokus untuk mendukung penggunaan CMS Wordpress ini, yaitu Wordpress Hosting.

Untuk Wordpress Hosting di Qwords sudah didukung dengan cloud base (resource-nya bisa disesuaikan), server yang sudah full SSD (kinerja akses data yang lebih cepat), server sudah di-optimized (baik dari sisi resource, server, dan konfigurasi PHP), sudah mendukung cloudflare dan HTTP/2 SSL, cloud server sudah diintegrasi dengan lite speed, custom PHP Configuration, serta free trial selama 30 hari.  Jadi di Qwords, Wordpress Hosting ini server-nya akan difokuskan dan dioptimasi untuk menjalankan CMS Wordpress.

Produk lain dari Qwords adalah Cloud VPS. VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server, dan VPS ini berada satu level di atas share hosting. Cloud VPS ditujukan untuk para developer yang membutuhkan konfigurasi, yang biasanya tidak dilakukan di share hosting. Kalau di share hosting biasanya server dikonfigurasikan sesuai dengan default agar semua jenis website bisa dijalankan. Sedangkan di Cloud VPS lebih bersifat self manage, dimana user diberikan hak akses root, untuk mengelola server tersebut.

Qwords punya 2 base untuk Cloud VPS yaitu OpenVZ dan KVM. Untuk OpenVZ, proses virtualisasinya dilakukan oleh OS, sedangkan di KVM oleh kernel. Di OpenVZ, semua virtual server di bawahnya akan mengikuti OS induknya, tidak bisa custom, dan tidak bisa merubah kernel yang berbeda dengan induknya. Lain dengan KVM yang lebih advance lagi, dan bisa dedicated kernel. Untuk OpenVZ, Qwords hanya mendukung untuk Linux OS base saja, sedangkan untuk VPS KVM, bisa untuk Linux dengan custom kernel dan Windows OS dengan menambahkan lisensi yang perlu digunakan untuk server Windows OS.

Sampai di sini, kamu pada ngerti nggak? :D Lanjut nih ke ECCS, G Suite, dan Office 365. Tahu nggak ketiganya apaan? Ketiganya merupakan produk untuk email dan cloud. ECCS atau Email Cloud Collaboration Suite merupakan sebuah produk layanan email dan layanan cloud computing, yang dibagi menjadi 2, yaitu seri basic dan enterprise. ECCS Basic lebih ke public cloud (dari 1 server ada beberapa user), sedangkan kalau ECCS Enterprise lebih ke private cloud (dedicated resource dan user-nya).  

Fitur-fitur yang ada pada ECCS :
  • Punya layanan email bisnis sendiri, jadi bisa custom email, misalnya xx@yourcompany
  • Punya storage yang besar, yaitu 25 GB
  • Bisa sync calendar
  • Sudah memiliki desktop apps dan mobile access
  • Sudah ada document preview dan schedule assistant
  • Sudah termasuk dalam layanan SSL
  • Terintegrasi dengan anti SPAM
  • Tersedia fitur Offline Web Mode (email tetap bisa dibaca walau tidak terkoneksi dengan internet) 

Salah satu layanan yang disediakan di Qwords adalah G Suite. G Suite merupakan layanan cloud computing dari Google yang sering orang gunakan. Dengan G Suite kita bisa menggunakan Gmail, Hangouts, Calender, Google+, Drive, Docs, Sheets, Forms, Slides, Sites, Admin, dan Vault. Sebenarnya kita bisa langsung saja bikin G Suite dari Google, cuma di Qwords kita dibantu dalam proses pembayaran (yaitu bisa via transfer), maintenance, dan juga troubleshoot-nya.

Paket G Suite di Qwords terdiri dari Paket Basic, Paket Business, dan Paket Business with G-Vault. Untuk Paket Basic, semua layanan dapat dengan kapasitas storage 30GB. Pada Paket Business mendapatkan semua fitur di basic, ditambah dengan unlimited storage dan archiving. Sedangkan untuk Paket Business with G-Vault mendapatkan semua fitur di Paket Business ditambahkan dengan pengamanan data dengan advanced controls and capabilities.

Sama dengan yang lain, di Office 365 juga terdapat 3 paket layanan dari Qwords, yaitu Office 365 Basic, Office 365 Business, dan Office 365 Business Premium. Paket basic lebih fokus ke email dan online storage, serta tidak mendapatkan fitur Microsoft Office yang free untuk offline, hanya ada untuk online.  Sedangkan yang Paket Business lebih difokuskan untuk pemakaian Microsoft Office, sehingga akan mendapatkan layanan untuk online dan offline storage, namun di paket ini tidak tersedia fitur email. Nah, jika ingin mendapatkan ke semua fitur, yaitu fitur email, dan online serta offline storage, maka bisa memilih paket Office Business Premium. Office 365 merupakan produk email yang paling powerfull dibandingkan yang lainnya, namun juga memiliki harga yang paling mahal.  


Mengenal SSL

SSL adalah singkatan dari Security Socket Layer. SSL merupakan protokol keamanan, yang berfungsi mengamankan data antara dua mesin menggunakan enkripsi. Bahasa sederhananya, misalnya ada dua komputer atau server yang saling berkomunikasi, lalu agar data yang saling terkoneksi ini aman dari pencurian, maka diperlukan SSL.

Semua website besar dunia pasti menggunakan SSL, mulai dari website bank, media sosial, maupun perusahaan agar semua datanya aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengetahui bahwa sebuah website menggunakan SSL adalah dengan melihat ada atau tidaknya tanda gembok berwarna hijau di website tersebut. Website yang menggunakan SSL Green Bar, maka nama website/ perusahaannya akan tertulis dengan warna hijau. Bisa juga dengan secure seal, yaitu disimpan di dalam website-nya atau di dalam di-embed, yang menunjukkan bahwa website-nya benar-benar secure.

Untuk SSL terdapat 3 pilihan layanan, yaitu Domain SSL, Organization SSL, dan Extended SSL. Domain SSL adalah SSL yang paling cepat disediakan, bisa dalam hitungan menit dan jam agar bisa segera diinstal ke device. Namun Domain SSL ini memiliki tingkat trust yang paling rendah, karena hanya ada gambar gembok saja. Untuk Organization SSL diperuntukkan bagi organisasi atau bisnis. Sama seperti Domain SSL, hanya terlihat tampilan gembok warna hijau saja. Namun jika gembok diklik dan diperhatikan secara detail, maka tertulis nama pemilik SSL-nya, mulai dari nama organisasi, alamat organisasi tersebut, hingga nama penanggung jawabnya. Dengan begitu pengunjung yakin dan percaya dengan website tersebut.

Contoh
Yang terakhir yaitu Extended SSL atau high trust level. Selain ada gembok hijau, website dengan Extended SSL juga ada Green Bar pada nama website/ perusahaannya. Jika menemukan website dengan Extended SSL, maka tidak perlu ragu untuk melakukan aktivitas, seperti berbelanja atau berinteraksi di website tersebut. Untuk mendapatkan Extended SSL memerlukan proses vetting dan validasi dokumen, yang bisa memakan waktu sekitar 7 sampai 14 hari kerja.

Nah, sudah jelaskan mengenai SSL ini? SSL sangat penting bagi website yang ingin mendapatkan kepercayaan dari pengunjung, sekaligus untuk melindungi data-data yang ada pada website tersebut. Kita pun jadi tahu, bagaimana caranya mengetahui bahwa sebuah website benar-benar bisa kita percaya dan tidak sampai tertipu dengan website yang abal-abal :)


Kunjungan ke Data Center Qwords

Usai mendengarkan penjelasan dari Mas Ari, saya dan beberapa teman diajak untuk mengunjungi ruang operasional dan data center Qwords. Oya, sebelum tour, Mas Ari menjelaskan secara garis besar spesifikasi data center di Qwords, yaitu :
  • Berlokasi di Cyber Building 1, Lantai 3, Jakarta Selatan.
  • Secure Access dengan kartu masuk, serta dijaga selama 24 jam.
  • Monitoring kelistrikan, jaringan, dan suhu selama 24 jam
  • Menggunakan raised floor dengan tinggi 40 cm
  • AC sudah menggunakan high volume precision, dengan suhu stabil di 23 – 26 derajat celcius
  • Kelistrikan juga stabil 220 volt, 3 phase, dengan back up UPS dan genset
  • Tiap ada server yang datang, maka akan mendapatkan layanan free remote hand (reboot, power on/ power off, reinstall)

Trus Mas Ari juga menyampaikan pesan agar tidak memotret di bagian tertentu yang ada di ruang data center, demi keamanan data-data yang ada di sana. Awalnya saya dan teman-teman masuk bagian luar ruang operasional dan mengintip karyawan yang lagi bertugas dari balik dinding kaca. Setelah itu kita pun memasuki ruang data center yang ternyata dingin banget. Kata Mas Ari, jika ada kunjungan, suhu ruangan memang diturunkan menjadi 20 derajat celcius agar ruangan tetap dingin. Saya hanya bisa melongo melihat deretan perangkat yang tersusun di rak-rak yang ada. Baru kali ini saya melihat ruang data center, dan ternyata rumit ya (bagi saya, hehe).

Ruang Operasional
Ruang Data Center 

Informasi Lomba dan Harga Promo

Nah, dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-12 ini, Qwords mengadakan lomba blog, vlog, dan pesan kesan sebagai pengguna layanan Qwords. Hadiahnya lumayan banyak nih! Ada 4 buah JBL Flip Bluetooth dan 2 buah wireless headphone. Lomba ini berlangsung mulai 21 Agustus – 5 September 2017. Informasi detail mengenai syarat untuk ikutan lomba ini bisa dilihat di http://www.qwords.com/qwords12/


Selain lomba, Qwords juga memberikan promo untuk semua paket hosting dan VPS. Gak tanggung-tanggung, harga diskonnya 40% lho! Untuk domain favorit mulai dengan harga 50 ribu saja! Serbuuuu!!! Kapan lagi bisa beli paket murah begini. Kesempatan bagus harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Iya kaaan! :D


Kalau nggak salah saya sudah menggunakan layanan Qwords selama 3 tahun deh (*kalau nggak salah, berarti bener, hihi). Selama itu nggak ada kendala berarti sih. Ada fitur chit chat di web Qwords  untuk saya bisa bertanya atau konsultasi mengenai web saya. Layanannya sangat cepat dan ramah. Beberapa bulan sebelum masa jatuh tempo domain yang saya pakai dari Qwords tiba, saya akan mendapatkan email dari Qwords agar segera melakukan perpanjangan domain. Jadi saya nggak sampai lupa melakukan perpanjangan :)

Syukuran
Acara kemudian diakhiri dengan syukuran, yang ditandai dengan melakukan pemotongan tumpeng oleh perwakilan dari manajemen Qwords. Happy Birthday to me and Qwords! Sukses untuk kita berdua yaa :D Oya, semoga Qwords semakin maju dan berkembang, bisa menjadi penyedia jasa webhosting dan jasa cloud terbesar dan terdepan di Indonesia, kalau bisa di dunia yaa. Amiiin :) 



Foto-foto : Pribadi dan Qwordsdotcom

4 komentar:

  1. Lengkap banget, ya, produk Qwords. Semoga makin sukses.

    BalasHapus
  2. sukses untuk Qwords yang ultah ke-12
    salah satu penyedia hosting terbesar di Tanah Air

    btw, saya baru tahu pentingnya ssl, terutama yang gembok hijau
    jadi kalo kita mau transaksi online, wajib liat situs yang ada sslnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama Rullyy :D
      Jadi nambah ilmu per-website-an ya kitaa :D

      Hapus