Senin, 12 Juni 2017

Tips Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Pesawat

Sumber @SobatAviasi
Mudik mudiiiik…. Akhirnya mudik jugaaa. Setelah sekian lama bergelut dengan segala rutinitas. Waktu mudik selalu saya nantikan kedatangannya. Bagi saya mudik merupakan momen yang paling menyenangkan, karena mudik sama saja dengan liburan, kemudian berjumpa dengan orang-orang tercinta di kampung halaman.

Kapan saja saya bisa mudik? Biasanya saat anak-anak lagi liburan sekolah, dan biasanya itu saat libur lebaran. Bisa sih, kalau saya mudik pas nggak lagi libur sekolah, tapi nggak asyik aja kalau mudik sendirian, tanpa mengajak anak-anak ikut serta, seperti ada yang kurang :D Mudik itu asyiknya rame-rame, hehe *bagi saya sih :D Biar nggak bengong ntar saat diperjalanan, kan enak kalau ada teman ngobrolnya :)

Saat ini saya berdomisili di Jakarta, sedangkan kampung halaman ada dua, satu di Padang – rumah orang tua saya, dan satu lagi di Purworejo – rumahnya mertua. Tiap tahun kami ganti-ganti mudiknya, tahun ini di Padang, tahun besoknya di Jawa, biar adil, hehe. Jika mudik ke Jawa, saya lebih suka naik kereta. Sebenarnya saya ingin naik pesawat, biar lebih cepat sampai, namun belum ada bandara di Purworejo, yang terdekat adanya di Yogyakarta. Males kalau dari Yogya trus bakal nyambung transportasi lagi ke Purworejo.

Kalau naik bus, jangan ditanya deh, maceet euuy, yang ada tambah lama sampainya, belum lagi anak saya yang suka mabok kalau naik bus :(. Maunya saya nggak ada waktu yang terbuang sia-sia di perjalanan. Lumayankan, waktu sehari bisa digunakan untuk istirahat dulu di kampung. Sedangkan kalau mudik ke Padang, saya lebih suka menggunakan pesawat. Nggak sampai 2 jam perjalanan dari Jakarta ke Padang.

Nah lebaran tahun ini, saya dan keluarga akan mudik ke Padang. Banyak persiapan yang harus saya lakukan untuk mudik kali ini. Mulai dari memastikan jadwal libur sekolah anak-anak, memesan tiket pesawat, serta persiapan lainnya. Ini bukan mudik pertama saya ke Padang, tapi tetep aja saya deg degan dan nggak sabaran ingin segera berangkat. Untunglah saya sudah bergabung dengan #SobatAviasi. Sedikit banyak saya tertolong dalam mempersiapkan diri jika ingin mudik menggunakan pesawat.

Sobat Aviasi merupakan sebuah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI. Sebagai Sobat Aviasi, saya bisa mengetahui beberapa peraturan dan informasi penting serta terbaru, yang berhubungan dengan penerbangan. Misalnya bagaimana caranya agar penerbangan kita jadi lancar, atau apa saja yang perlu kita ketahui sebagai penumpang ketika berada di area bandara.

Baiklah, saya akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui jika ingin mudik menggunakan pesawat, agar mudik kita bisa berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman atau yang disingkat selamanya. Ini yang biasanya saya lakukan jika akan mudik menggunakan pesawat.


  1. Pesan tiket pesawat jauh sebelum hari keberangkatan. Saya biasanya pesan tiket secara online, langsung di website resmi maskapai penerbangan yang ingin saya pesan. Sesekali pernah juga sih pesan di situs pencarian tiket pesawat, namun saya pilih situs yang benar-benar terpercaya. Atau saya juga pernah beli langsung di agent travel, tapi ini udah jarang sih :D
  2. Saat pemesanan tiket, jangan sampai salah menuliskan nama lengkap dan pastikan namanya sama dengan yang tertera di kartu identitas. Karena kalau salah, ini bisa menjadi kendala saat akan check in di bandara.
  3. Bawa barang seperlunya, agar tidak sampai melewati batas berat maksimal bagasi pesawat, dan tidak terkena biaya tambahan lagi buat bagasi. Jangan lupa memberi label atau tanda khusus pada travel bag agar nggak bingung atau ketuker saat antrian ngambil barang bagasi.
  4. Buat yang bawa anak atau balita, sebaiknya membawa benda kesukaannya atau mainan agar anak merasa nyaman saat berada di ruang tunggu atau di pesawat nanti (mainannya yang wajar-wajar aja tapi yaa , yang ukurannya nggak besar dan boleh masuk ke ruang tunggu :D )
  5. Saat tiba hari keberangkatan, sebaiknya berangkat lebih cepat agar nggak telat check in. Saya lebih suka datang kecepatan daripada telat atau mepet waktu . Nggak nyaman aja, kalau semua harus diburu-buru, apalagi sampai ketinggalan pesawat.
  6. Pastikan sudah memasukkan tiket dan kartu identitas dalam tas, karena nggak bakal bisa berangkat kalau sampai ketinggalan dua benda ini.
  7. Oya, pastikan kamu mengetahui informasi mengenai benda-benda apa saja yang boleh dibawa ke dalam bagasi dan kabin. Kalau ke kabin peraturannya nggak boleh membawa benda-benda tajam, senapan, pemantik atau korek api, makanan berbau tajam, dan benda-benda yang diperkirakan dapat mengakibat cedera serius.
  8. Pastikan turun di terminal yang tepat, kalau bandaranya memiliki banyak terminal. Trus pastikan juga turunnya di gerbang keberangkatan ya, bukannya kedatangan, hehe.
  9. Jika sudah sampai di bandara, dan loket untuk check in udah buka, sebaiknya langsung melakukan check in aja. Trus abis itu tinggal duduk manis di ruang tunggu. Biasanya saya menghabiskan waktu dengan membaca atau ngetik, sambil nyemil-nyemil, atau foto-foto narsis kalau di bandaranya ada background yang bagus buat pepotoan, hehe.
  10. Oya, walaupun sibuk mengetik atau membaca, jangan sampai lengah dengan barang bawaan ya. Karena kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan. Tetap awasi tas bawaan. Kalau nggak ada saudara atau teman yang bisa dititipi, sebaiknya bawa kemanapun tas, walau ke toilet sekalipun.
  11. Satu lagi informasi yang saya dapatkan nih. Jangan mau dititipin tas dari orang yang tak dikenal, karena bisa saja isi tas nya adalah barang-barang terlarang. Nanti jika ketahuan dan tertangkap, bisa-bisa kita jadi yang tertuduh membawa barang tersebut.
  12. Jika ingin selamat, aman, dan nyaman (Selamanya), ikuti semua aturan yang ada di bandara. Patuhi peraturan yang diberikan oleh petugas bandara dan juga petugas yang ada di maskapai penerbangan, seperti mematikan ponsel saat pesawat sudah mulai take off, dan memasang seat belt.  
  13. Jika ada yang tidak dimengerti, sebaiknya tanyakan pada petugas bandara, biar lebih jelas.

Insya Allah, selama saya mudik menggunakan transportasi udara, semua berjalan dengan lancar dan aman. Intinya sih, apapun moda transportasi yang kita gunakan, pastikan itu sudah dipersiapkan sebaik mungkin, sehingga mudik bisa berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman. Apalagi untuk transportasi udara, yang peraturannya sangat ketat. Dengan menjadi #SobatAviasi saya merasa mudik selamat, aman, dan nyaman (Selamanya). Masih banyak lagi informasi lainnya terkait selamat, aman, dan nyaman menggunakan transportasi udara. Untuk lengkapnya bisa ceki-ceki di akun Instagram dan Facebook Dirjen Perhubungan Udara @djpu151 ya :) 

Sobat Aviasi sadar perjalanan Selamanya :)


21 komentar:

  1. Kalo udah ada anak, mainan ini penting banget ya mbak. Supaya betah nunggu jadwal keberangkatan, apalagi kalo pas delay huhuhu.
    Selamat mudik mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba, anak biasa nggak betah diam lama-lama, kudu dikasih mainan biar mereka tenang :D

      Hapus
  2. Mb Dewi suaminya Purworejo? Itu kampung halamanku juga mbaaak...hihi
    Tapi aku kalo ke Purworejo nggak naik pesawat si, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, sama dong ya. Purworejonya dimana Mba? Saya si Desa Sambeng, Bayan. Saya juga nggak Mba, naiknya kereta kalo ke Purworejo :D

      Hapus
    2. Walah deket banget sama desaku mbaak Dew. Aku Lugosobo. Kopdaran dong kalo pas mudik ke Sambeng

      Hapus
    3. Insya Allah ya Mbaa. Nanti kalo saya lagi main atau mudik ke Purworejo, saya kabari yaa *kok jadi nggak sabaran pengen kopdar ya :D

      Hapus
  3. aku mau mudik ke mana ya yang pake pesawat terbang hehe, sayangnya ke Cianjur selatan belum ada pesawat terbang :p padahal pingin lah jarak 7 jam terpangkas oleh pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu mah, naik pesawatnya langsung jauh, keluar negeri ya Mba Ev 😄 Oya, yang ke Makassar kemarin kan naik pesawat tuh 😂

      Hapus
  4. Selamanya ya, selamat, aman, nyaman :D
    Tipsnya bagus nih, udah lama nggak naik pesawat... tapi dlm waktu dekat ini ada rencana mau berangkat lagi sih, perdana bareng batita, mesti bawa mainan ya... *nyatet*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbaa, berdasarkan pengalamanku begitu. Makanan dan mainan, itu yang bisa bikin anakku anteng selama diperjalanan :D
      Semoga tips nya bermanfaat ya Mbaa :)

      Hapus
  5. Aamiin ,semoga perjalanan mudik lebaran nanti lancar, selamat, aman dan nyaman ��

    BalasHapus
  6. Tipsnya memang bermanfaat banget dan bisa langsung dipraktekkan saat mudik. apalagi yang bawa rombongan keluarga. jadi PR banget kalau ngga ada persiapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa membantu yaa :)

      Hapus
    2. Senang kalau tips nya bisa membantu :D

      Hapus
  7. Kalau musik ke Jawa luar biasa macetnya, tapi pada Heppy aja ya mba, dan tak pernah jera. Karena suatu kebahagiaan bisa mudik di hari raya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, kalau bawa kendaraan sendiri dan nggak bawa anak-anak Mbaaa :D

      Hapus
  8. Tipsnya komplit, ini mah bisa jadi pegangan kalau mau mudik pakai pesawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mas. Semoga infonya bisa membantu yaa :D

      Hapus
  9. Tipsnya lengkap mbak.. Happy mudik yaaaa :)

    BalasHapus
  10. Hihihi samaaa, sejak menikah, rute mudiknya ganti-ganti tiap tahun biar adil. Tahun ini giliran ke tempat mertua :D

    BalasHapus