Sabtu, 04 Juli 2015

SEREMPAK, Portal Milik Masyarakat untuk Kesejahteraan Bersama

Pada hari Senin, 29 Juni 2015, bertempat di Ruang Rapat Achmad Dahlan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Portal Serempak menyelenggarakan sebuah acara dengan tema “Maju Bersama SEREMPAK”.


Hadir pada acara Bapak Dr. Wahyu Hartomo sebagai Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Dra. Martha Simanjuntak selaku Ketua Tim Pokja Serempak, Robert AB yang merupakan seorang tenaga pengajar di Business School Binus dan Ibu Ani Berta, seorang Koordinator Kemitraan Serempak.

Serempak merupakan sebuah portal online, sebagai wadah aspirasi masyarakat khususnya perempuan, dalam bentuk artikel dengan berbagai tema dan isu. Sebelumnya portal Serempak berada di bawah naungan Yayasan Air Putih, namun kemudian berimigrasi ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, berkat kerjasama Pokja Serempak yang dikoordinir oleh ibu Dra. Martha Simanjuntak.

Serempak merupakan portal milik masyarakat yang difasilitasi oleh KPPPA. Jadi dengan hadirnya portal Serempak di KPPPA, diharapkan dapat menjadi konsumsi bagi  masyarakat.

Sesmen PPPA sangat menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini, sebagai wujud nyata dalam upaya menggali serta mencari peluang, serta guna memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi bagi pembangunan bangsa dan negara.

Bapak Wahyu Hartomo, Sesmen PPPA
Penghargaan juga diberikan Sesmen PPPA terhadap kerjasama yang terjalin antara Tim Pokja Serempak dengan KPPPA, khususnya dengan Deputi Bidang Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi KPPPA, yang selalu mendukung kegiatan teknologi informasi dan komunikasi, yang diwujudkan melalui portal Serempak yang peduli akan seputar perempuan dan anak.

Hasil-hasil yang dicapai oleh portal Serempak ini tentulah sangat ditunggu oleh masyarakat. Dan semua berharap agar Tim Pokja Serempak mampu bertindak kreatif dan lebih inovatif menawarkan gagasan-gagasan segar, dalam menciptakan teknologi informasi yang baru, serta memberikan kemajuan bagi perempuan dan anak.

Masyarakat informasi dan masyarakat yang berbasis pengetahuan, merupakan masyarakat yang menyadari kegunaan dan manfaat  informasi melalui teknologi, seperti internet. Masyarakat yang demikian memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengakses serta menjadikan teknologi informasi sebagai nilai tambah dalam meningkatkan kualitas kehidupannya.

Kita meyakini bahwa teknologi informasi merupakan salah satu pilar utama pembangunan peradaban manusia saat ini. Kendala teknologi informasi dihampir seluruh akses kehidupan manusia, menjadikan teknologi sebagai sumber bagi munculnya peradaban baru.

Kita sangat terbantu dengan adanya teknologi ini, seperti semakin mudahnya akses untuk kita berkomunikasi, dan mudahnya mendapatkan informasi lewat akses internet.

Dalam lingkungan pemerintahan, penggunaan teknologi informasi ini memunculkan istilah electronic government atau e-government. Penggunaan teknologi ini dilakukan pemerintah, dan dalam beberapa kasus berhasil memberikan banyak nilai positif dan menggembirakan. Pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah, aktifitas pemerintah pun menjadi lebih efisien dan efektif.

Penggunaan teknologi informasi harus diselaraskan dengan tujuan pemberian layanan oleh pemerintah, dengan memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat dan dunia usaha, aktifitas pemberian layanan pemerintah yang baik, efisien, terintegrasi serta transparan. Hendaknya ini menjadi tujuan utama dalam penggunaan teknologi informasi, bukan hanya semata-mata melengkapi aktifitas pemerintah dengan perangkat keras maupun lunak saja.

“Saya mewakili Kementerian PP dan PA mengucapkan terima kasih dengan adanya portal Serempak. Tugas KPPPA menjadi sangat terbantu dengan adanya informasi dari portal Serempak, sehingga KPPPA bisa menjadi lebih maksimal dalam melayani masyarakat,” ungkap Bapak Wahyu.

Sedangkan Bapak Robert AB menjelaskan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang sudah akrab dilakukan setiap orang saat ini. Bahkan orang sudah mulai melirik digital sebagai sebuah sarana untuk memasarkan bisnisnya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita hendak memasarkan bisnis lewat dunia digital ini. Seperti cepatnya interaksi antara marketer dengan audience, biaya yang lebih murah, serta akses jaringan yang tidak terbatas sehingga kesempatan untuk berkembang lebih pesat.

Bapak Robert AB
Keuntungan lainnya adalah, digital marketing dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa dilakukan saat berkendara, di rumah, di kantor dan tempat lainnya, di waktu pagi, siang maupun malam hari.

Sementara Ibu Ani Berta mengatakan bahwa latar belakang dalam kepenulisan kontributor konten website Serempak adalah akibat dari pertumbuhan era digital, serta kebutuhan setiap orang akan informasi yang terus meningkat. Selain itu sebuah perusahaan atau organisasi juga memerlukan informasi serta publikasi kegiatannya dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Ibu Ani Berta
Langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk bisa menjadi kontributor sebuah website adalah pertama, tentukan tujuan menjadi kontributor, apakah ingin mencari penghasilan atau sukarela. Kedua, kenali website/ portal yang diminati. Ketiga, ajukan proposal penawaran. Keempat, awali dengan mengisi konten gratisan sebagai porto folio. Kelima, memanfaatkan kanal citizen journalism di media mainstream. Dan yang keenam adalah dengan mempromosikan hasil tulisan di media sosial.

Artikel yang terdapat pada portal Serempak berasal dari berbagai narasumber, seperti dari Kementerian PP dan PA, dari Kontributor dan juga dari Journalisme Warga.

“Untuk yang mau menjadi kontributor website Serempak harus komitmen untuk menulis artikel minimal satu kali dalam sebulan. Sedangkan untuk yang Jounalisme Warga, tiap orang bisa mengirimkan artikelnya kapan saja,” jelas Ibu Martha.

Ibu Martha Simanjuntak
Saat ini kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak sangat tinggi. Diharapkan dengan adanya portal Serempak, permasalahan ini dapat segera teratasi. Seluruh masyarakat berkesempatan untuk berkontribusi dengan menjadi kontributor pada website Serempak, dengan mengirimkan artikel melalui prosedur yang telah ditentukan. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi website Serempak di www.serempak.or.id atau lewat akun Twitter Serempak yaitu @SerempakID.

7 komentar:

  1. yuk ikut jadi kuntrobutor disana

    BalasHapus
  2. Reportasenya komplit, siip
    Memang era digital jika dimanfaatkan secara maksimal akan menghasilkan hal yang bermanfaat

    BalasHapus
  3. Keren nih programnya serempak..
    Mampir ke situ ah..
    Tfs mak

    BalasHapus
  4. Yuk tuangkan ide terkait perempuan dan anak di Serempak :)

    BalasHapus
  5. Ntar cb cek website serempaknya. Siapa tw bs ikutan jd kontributor.

    BalasHapus
  6. Buru buru ngedraft buat artikel Serempaaak aaah~

    BalasHapus
  7. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus