Kartu Kredit, Perlu Nggak Sih?

By Dewi Sulistiawaty - Juli 06, 2015



Kartu Kredit… kartu kredit… kartu kredit. Sepertinya membahas kartu yang satu ini akan selalu menjadi topik yang menarik sepanjang waktu. Ada yang suka, ada yang nggak. Ada yang terpaksa bikin karena butuh, ada yang dengan senang hati bikin karena benar-benar tertarik, namun tak jarang yang mengatakan bahwa mereka tidak akan bikin dan juga tidak akan menggunakan kartu kredit.
Sebenarnya saya sudah pernah membahas mengenai kartu kredit ini di blog saya yang satu lagi. Yaitu mengenai alasan orang menggunakan kartu kredit. Intinya, orang suka menggunakan kartu kredit adalah karena alasan efisien. Efisien, karena nggak perlu bawa-bawa uang tunai yang tentunya banyak mengandung resiko. Walaupun menurut saya sebenarnya kita masih bisa menggunakan kartu debit atau ATM, hehe.

Alasan lainnya adalah banyaknya program-program cicilan dengan bunga 0%, sehingga tak jarang, orang yang tertarik untuk memiliki kartu kredit. Ada juga program diskon, seperti makan di resto tertentu dengan menggunakan kartu kredit A, maka akan dapat diskon 20%. Atau menginap di hotel B, belanja di Supermarket C dan lain sebagainya, dengan penawaran diskon yang dapat membuat orang kepengen untuk membuat kartu kredit.

Itu mungkin alasan bagi mereka yang benar-benar tertarik untuk memiliki kartu kredit. Namun ada juga yang terpaksa membuat kartu kredit, karena keadaan yang memaksa mereka melakukannya. Seperti adik saya, yang dulunya kekeuh tak akan menggunakan kartu kredit. Namun karena kebutuhan akan tivi kabel plus internet, membuat dia akhirnya harus memiliki kartu kredit. Karena salah satu syarat dan metode pembayaran yang dipakai untuk memasang tivi kabel A yang menjadi pilihannya haruslah dengan kartu kredit :D

Atau ada juga yang mau tidak mau, karena diharuskan oleh kantornya untuk kebutuhan pekerjaan, atau alasan profesional. Ada juga yang harus bikin kartu kredit, karena ketika jalan-jalan keluar negeri, beberapa tempat penginapan dan resto yang ada di sana hanya mau menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Kan berabe juga kalo sampai nggak bisa bayar penginapan karena nggak punya kartu kredit :D

Dan sampai sekarang yang belum atau tidak menggunakan kartu kredit pun masih banyak, termasuk saya, hihi. Mungkin karena sampai saat ini, belum ada keadaan atau situasi yang membuat saya harus membuat kartu kredit :D

Namun ada juga segelintir orang yang menggunakan kartu kredit dengan alasan gengsi dan sekedar pamer. Ingin menunjukkan pada orang sekitarnya, bahwa dia termasuk dalam golongan orang yang mampu. Hehe, tapi mudah-mudahan tak banyak yang seperti itu yah! Karena itu tidak akan ada manfaatnya juga :D

Jadi menurut saya nih ya, jika ingin membuat kartu kredit, janganlah karena ikut-ikutan saja. Teman-teman pada punya kartu kredit, eh ikut-ikutan juga bikin, karena malu jika nggak punya kartu kredit. Walaupun merasa diri kita mampu, namun jika tidak digunakan atau tidak memberi banyak manfaat, mungkin perlu dipikirkan lagi alasan untuk memiliki kartu kredit (btw, ini terserah keinginan masing-masing sih :D)

Yang bikin miris, jika ternyata tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, tapi malah maksa untuk punya kartu kredit. Bisa-bisa stress saat melihat tagihan kartu kredit. Apalagi kalo sampai nunggak, waduuuh…nggak kebayang deh! :(

Menurut pendapat saya, mungkin sebaiknya tidak cepat tergoda untuk  punya kartu kredit, jika benar-benar belum butuh banget, atau emang nggak sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jika pun sudah mempunyai kartu kredit, musti pinter-pinter mengendalikan keinginan untuk blanja blinji. Selagi masih bisa, nggak ada salahnya menggunakan kartu ATM atau kartu debit aja :D

Dan yang penting lagi nih, bayarlah tagihan kartu kreditnya tepat waktu, biar nggak nambah gede tagihannya :D Trus hati-hati juga saat menggunakan kartu kredit. Jangan sampai sembarangan memberikan kartu kredit pada orang lain. Saat ini sedang banyak kejahatan dengan metode penipuan menggunakan kartu kredit ini. So, perhitungkan lagi kemampuanmu, kebutuhan serta manfaatnya bagi kamu jika ingin memilki kartu kredit :)



Sumber Ilustrasi : smart-money.co

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar