Rekomendasi Laptop Ultimate untuk Content Creator

By Dewi Sulistiawaty - September 17, 2023

Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED

Di luar jendela, satu per satu lampu mulai padam. Aku menulis surat pada langit. Aku tak dapat melupakanmu. Yang berpaling kepada orang lain. Kukumpulkan air mataku. Dan kukirim ke langit. Meski aku bukan cintamu.

“Kau mau memandanginya seharian?” ujar Nam Si-heon sambil menepuk pundak sahabatnya yang sedari tadi memandangi seorang gadis penjaga toko dari luar jendela. Ia lantas menarik tangan sahabatnya untuk masuk ke dalam toko.

“Hei!” teriak Jung In-gyu kaget.

“Selamat datang,” sambut gadis penjaga toko dengan gugup. Wajahnya terus menunduk hingga Nam Si-heon dan Jung In-gyu berlalu melewati mejanya.

“Di mana album grup musik rock?” tanya Nam Si-heon sambil memandang ke arah si gadis.

“Apa? Itu…. Grup musik rock di sebelah sana,” jawab si gadis terbata-bata. 

Nam Si-heon lalu melangkahkan kakinya ke arah si gadis yang duduk di balik meja kasir tersebut. “Kita sekelas, kan?” tanyanya lagi.

“Ya,” jawab si gadis pelan. Wajahnya tertunduk makin dalam.

“Mengapa kau bicara formal?” ujar Nam Si-heon.

….

Tiba-tiba suara notifikasi pesan dari WhatsApp Web di laptop membuyarkan konsentrasiku dari drama Korea yang kutonton. Setelah membuka WhatsApp dan membaca pesan di salah satu grup, yang ternyata tidak ditujukan padaku, aku pun berniat untuk melanjutkan tontonan yang sempat tertunda tadi. Namun kemudian aku teringat, kalau aku harus menyelesaikan sebuah artikel, dan lanjut mengedit video untuk ditayangkan di media sosial hari ini.

Kuakui, saat ini untuk menjadi content creator itu harus bisa multitasking. Nggak hanya dalam melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, namun juga dalam meramu konten yang akan dibuat, baik dari segi soft skill maupun hard skill. Sehingga mampu menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas. Misalnya kemampuan menulis, mengambil foto dan video, serta mengeditnya, mengisi suara, menganalisa konten, dan banyak lagi skill lainnya.     

Kemampuan dan skill yang dimiliki oleh seorang content creator tentunya akan menjadi lebih baik lagi jika didukung dengan perangkat yang canggih. Perangkat dengan spesifikasi tinggi dan fitur yang lengkap akan memudahkan content creator dalam bekerja dan berkreasi. Salah satu perangkat yang dibutuhkan content creator untuk mengolah kontennya adalah laptop. Nah, untuk saat ini, laptop canggih untuk content creator yang menduduki kasta tertinggi di kelasnya adalah ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE). Apa saja fitur dan spesifikasi yang menjadikan laptop ini lebih unggul? Yuk, dilanjutkan bacanya yaa 😊


ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), Laptop Ultimate-nya Content Creator

Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED
ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023 di Hotel Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta (14/9)
(Foto: Kak Katerina)

Aku sendiri mengetahui informasi ini saat menghadiri acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023, yang digelar pada hari Kamis, 14 September 2023 di Semanggi Lounge, Hotel Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta. Sesuai dengan namanya, tentunya acara ini diselenggarakan oleh ASUS Indonesia, yang saat itu dikoordinir oleh Kak Katerina atau yang akrab kusapa Mbak Rien.

Dalam rangka 10 tahun #ASUS1Decade memimpin di pasar notebook, ASUS Indonesia memperkenalkan kembali beberapa laptop yang memiliki performa tinggi, yang selama 1 dekade ini didesain khusus untuk para content creator. Pada kegiatan gathering kemarin, aku dan beberapa blogger lainnya berkesempatan untuk mencoba langsung (hands-on) produk laptop ASUS, diantaranya ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), ASUS Vivobook 14X (M1403), ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), dan ASUS Vivobook 14X (K3405).

Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED
Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE)

Salah satu laptop yang beruntung aku cobain langsung adalah ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE). Mengapa aku sebut beruntung? Karena laptop ini ternyata merupakan laptop untuk content creator dengan kasta tertinggi di kelasnya. Dilihat sepintas dari casing luarnya, laptop ini seperti tak ada bedanya dengan laptop ringkas keluaran ASUS lainnya. Namun saat laptopnya dibuka, baru deh aku takjub dengan layar kecil yang ikut terangkat sedikit dari papan keyboard. Ternyata laptopnya punya layar ganda, lho! Keren!

Berikut penjelasan lengkap mengenai fitur dan spesifikasi yang menjadi keunggulan ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE).

ScreenPad Plus dan ScreenXpert

ScreenPad Plus ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE)
ScreenPad Plus, layar tambahan pada Zenbook Pro 14 Duo OLED

ScreenPad Plus ini yang tadi kusebut layar kecil yang ikutan terangkat saat laptopnya dibuka. ScreenPad Plus menjadi layar tambahan, yang sengaja didesain untuk memperluas ruang kerja para content creator. Layar sentuhnya berukuran 12,7 inci, dengan resolusi yang sama dengan layar utamanya, yakni 2.8K, tepatnya 2880 x 864 pixel. Kehadiran layar kedua ini dapat mendukung daily multitasking dalam bekerja dan berkreasi.

ScreenPad Plus Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED

Untuk mendukung content creator dalam melakukan multitasking, ScreenPad Plus ini dilengkapi dengan fitur ScreenXpert, yaitu fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan manajemen aplikasi, tanpa perlu menggunakan mouse ataupun touchpad. Selain itu, dengan fitur ScreenXpert, pengguna jadi lebih mudah mengatur posisi jendela aplikasi dengan menggunakan touchscreen.

Ada lagi fitur unik lainnya pada ScreenPad Plus ini, yakni bisa ditransformasikan menjadi panel kontrol saat membuka aplikasi kreatif dari Adobe. Jadi, dengan fitur Control Panel tersebut, pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED dapat langsung menyesuaikan dan mengintegrasikannya dengan Adobe Photoshop, Lightroom Classic, Illustrator, Premiere Pro, dan After Effect. Enaknya lagi, pengguna juga bisa menikmati secara free layanan Adobe Creative Cloud selama 3 bulan.

Oiya, ScreenPad Plus ini juga mendukung penggunaan ASUS Pen 2.0, yaitu stylus dengan 4096 pressure level, yang telah menggunakan Microsoft Pen Protocol 2.0. Tentu saja stylus pen ini memiliki performa yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, sehingga para content creator dapat menulis dan menggambar dengan lebih baik lagi. 

Layar ASUS OLED yang Berkualitas

Layar tajam dan warna akurat Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED
Layar ASUS OLED yang berkualitas tinggi

Laptop Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) memiliki layar utama dengan kualitas visual terbaik, yakni ASUS OLED. Selain karena resolusinya yang tinggi, 2.8K, layar laptopnya dibekali dengan color gamut 100% DCI-P3. Dengan begitu, cakupan warnanya menjadi lebih luas, kaya, tajam, dan akurat. Ditambah lagi dengan rasio layar 16:10, menjadikan ruang kerjanya lebih luas lagi untuk beraktivitas.

Tak heran jika layar ASUS OLED ini mendapatkan sertifikat PANTONE Validated Display, serta telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black juga untuk teknologi HDR yang dimilikinya. Jadi para content creator tak perlu khawatir jika konten yang dibuat, warnanya akan berbeda dengan warna aslinya. Semua warna akan ditampilkan secara akurat sesuai dengan warna yang ingin ditampilkan.

Resolusi tinggi, namun kecepatan refresh gambarnya rendah? Ini sama saja dengan zonk. Untuk mengimbangi kualitas layar yang tinggi, laptop Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) telah dibekali dengan refresh rate hingga 120Hz, dan layarnya memiliki waktu respon ultra cepat hingga 0.2 ms. Jadi, dijamin untuk proses video editing, animasi, dan aktivitas lainnya tak akan mengalami kendala yang berarti.

Gimana jika para creator harus bekerja lebih lama, sehingga harus menatap layar laptop selama berjam-jam? Tenang, pada layar Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) sudah dibekali fitur Eye Care. Fitur ini dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya bagi kesehatan mata. Selain itu, layar laptop ini juga memiliki ASUS OLED Care, yang dapat meningkatkan durabilitas layar secara keseluruhan, serta mencegah efek screen retention dan burn-in pada layarnya. Pantas jika laptop Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Ditenagai Prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series

Spesifikasi Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED

Prosesor menjadi bagian terpenting dari sebuah laptop. Karena prosesor merupakan otak yang menjadi indikator, apakah performa sebuah laptop itu baik atau tidak. Sebagai laptop content creator terbaik saat ini, tentunya laptop Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dibekali dengan prosesor terbaik pula. Untuk itu, ASUS menanamkan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H, yaitu sebuah prosesor yang biasanya digunakan pada laptop gaming.

Prosesor ini menggunakan konfigurasi dan arsitektur yang menggabungkan performance-core (P-core) dan efficiency-core (E-core), serta Intel Thread Director, sehingga pemrosesan data dan instruksi dapat dilakukan secara efisien, sekaligus memiliki performa yang powerful. Supaya lebih powerful lagi, prosesor ini ditandemi dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 16GB, konektivitas PCle Gen 4.0 SSD 1TB, serta dukungan dari Intel Quick Sync.

Untuk urusan grafis, ASUS membekali Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti 4GB. Chip grafis ini akan membantu content creator dalam pemrosesan grafis, dengan dukungan fitur grafis modern, termasuk real-time ray-tracing. Dengan berbagai fitur ini, tentunya sangat membantu para content creator dalam bekerja dan berkreasi.

Sistem Pendingin Terbaru yang Powerful

Sistem pendingin powerful Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED

Pernah nggak ngerasain lagi sibuk bikin konten di laptop, trus laptopnya tiba-tiba terasa panas karena diajak kerja rodi? Di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) tak ada yang namanya panas, panas, dan panas. Ini berkat sistem pendingin khusus yang dipasang di dalamnya. ASUS memberikan sistem pendingin AAS Ultra terbaru, yang membuat layar kedua di laptop ini terangkat saat dibuka. Ruang yang terbuka di bawah layar kedua tersebut menjadi rongga udara ekstra untuk sistem pendinginnya. Selain itu, terdapat teknologi ASUS Ice Cool Plus cooling system juga yang berfungsi untuk memaksimalkan kerja sistem pendinginnya.

Konektivitas Lengkap

Konektivitas lengkap Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED

Pakai laptop tapi tak bisa transfer data dan terhubung dengan internet? Duh, itu pasti akan sangat merepotkan. Makanya saat memilih laptop, salah satu yang selalu menjadi perhatianku adalah dukungan konektivitasnya, baik yang kabel maupun nirkabel.

Pada laptop Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), semua konektivitas disediakan secara lengkap dan terkini, diantaranya port HDMI, 3.5mm combo audio jack, USB Type-A, dan 2 port USB Type-C Thunderbolt 4, untuk kecepatan transfer data yang tinggi. Oiya, Port Thunderbolt 4 ini dapat mendukung penggunaan ke berbagai perangkat profesional, pengisian daya melalui USB Power Delivery, serta dapat terhubung juga ke monitor beresolusi tinggi.  

Selain itu, Zenbook Pro 14 Duo OLED sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5, dan WiFi 6E (802.11ax). Laptop ini juga punya fitur ASUS WiFi Master, yang membuat laptopnya secara cerdas dapat memilih untuk terkoneksi ke access point yang kualitas sinyal WiFi nya paling baik. Jadi, untuk urusan konektivitas, nggak ada masalah dengan laptop Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE).

Laptop Ringkas dan Portabel

Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED ringkas dan portabel

Tak ada yang lebih nyaman lagi selain memiliki laptop dengan desain yang ringkas dan portabel. Apalagi bagi content creator, yang ingin bisa berkreasi kapanpun dan dimanapun. Walaupun memiliki layar ganda, tak membuat Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ini memiliki ukuran yang besar dengan bobot yang berat. Karena kenyataannya, laptop ini memiliki ukuran standar 14 inci, dengan berat hanya 1,75kg dan ketebalan tak lebih dari 1,96cm.

Tak heran jika tadinya aku sempat tertipu dengan tampilan luarnya. Ternyata performanya sekelas dewa. Hingga saat ini, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) menjadi satu-satunya laptop dua layar yang paling ringkas yang pernah ada. Bahkan dengan port Thunderbolt 4, laptop ini bisa diisi daya baterainya menggunakan adapter maupun powerbank.

Content creator mana yang tak tertarik dengan laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE). Desainnya yang ringkas dengan performa tinggi, tentunya menjadi idaman bagi para content creator agar dapat menunjang segala pekerjaan dan aktivitas. Terima kasih ASUS dan Mbak Rien atas kesempatannya, sehingga aku bisa menjajal secara langsung laptop sekeren Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE). Aku sangat tertarik untuk memiliki laptop ini. Dengan laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED, tentunya proses pembuatan kontenku menjadi lebih lancar dan akan maksimal hasilnya ðŸ˜Š   

Spesifikasi Laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED



     

  • Share:

You Might Also Like

0 comments