Begini Cara Mudah Ikutan Lelang Online di IBID

By Dewi Sulistiawaty - September 12, 2023

 Cara mudah ikutan lelang online di IBID

Jujurly, jika bicara mengenai lelang, saya belum pernah mencobanya sama sekali. Entah karena kesannya yang ribet, karena harus datang ke lokasi pelelangan. Belum lagi tingkat kesulitan untuk mendapatkan produk yang dilelang, serta menurutku kegiatan ini hanya ditujukan untuk orang atau kelompok tertentu saja. Begitulah awalnya kesanku terhadap kegiatan lelang melelang.

Lelang IBID Jakarta
IBID Jakarta

Namun setelah berkenalan dengan IBID - Balai Lelang Serasi, kesan tersebut langsung berubah. Ternyata kegiatan lelang bisa semudah dan sepraktis itu di IBID. Saya mengetahui informasi mengenai IBID ini saat hadir dalam acara IBID Blogger YouTuber Gathering yang digelar pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 di Kantor IBID Jakarta yang berada di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Pada acara tersebut hadir Ibu Fransisca selaku SERA Corporate Communication & Marketing Division Head; Bapak Daddy Doxa Manurung selaku IBID President Director; Bapak Wisnu Pryasto selaku IBID Head of Digital Business, Marketing & Product Development, serta beberapa petinggi dan staf IBID lainnya.

IBID Blogger YouTuber Gathering
IBID Blogger YouTuber Gathering (31/8)

For your information, IBID - Balai Lelang Serasi merupakan balai lelang yang melelang berbagai produk otomotif, seperti mobil bekas dan motor bekas Bahkan saat ini juga sudah merambah ke berbagai produk non-otomotif, seperti alat berat, scrap, dan produk lifestyle, contohnya gadget, microwave, stroller bayi, gitar, dan lain sebagainya.

Produk Lifestyle yang dilelang di IBID
Produk lifestyle yang dilelang secara online di IBID

Ternyata IBID - Balai Lelang Serasi ini sudah berdiri cukup lama, yaitu dari tahun 2007. IBID yang merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA), dan masih berada di bawah naungan Grup Astra tersebut, selama ini melakukan kegiatan lelang secara offline. Namun sejak pandemi di tahun 2020, IBID mulai bertransformasi secara digital, dan saat ini sudah resmi menjadi balai lelang online sepenuhnya. Hal ini diungkapkan oleh Bapak Daddy Doxa atau yang lebih akrab disapa Bapak Doxa.    

Hingga saat ini, IBID telah memiliki 10 cabang yang tersebar di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Medan, Pekanbaru, dan Palembang. IBID pun sudah berhasil menggelar lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.

Saya dan teman-teman Blogger serta YouTuber juga diajak tur oleh tim IBID untuk melihat area display kendaraan yang akan dilelang. Ruangan cukup luas, dan dapat menampung sekitar 450 kendaraan. Tak hanya mobil, di ruangan ini, tepatnya di dekat gerbang juga nampak puluhan motor yang akan dilelang. Di sini tim IBID menjelaskan bahwa sebelum dilelang, setiap kendaraan akan melalui proses inspeksi terlebih dulu untuk mengetahui kondisi kendaraan tersebut.

Ruang lelang IBID Jakarta
Mobil bekas yang dilelang di IBID Jakarta

 

Layanan Inspeksi ASTRA Car Valuation (ACV)

Untuk proses inspeksi kendaraan yang akan dilelang, IBID - Balai Lelang Serasi menggunakan jasa atau layanan Astra Car Valuation (ACV), yakni sebuah layanan inspeksi kendaraan yang dapat memberikan laporan dengan hasil yang akurat, transparan, dan detail mengenai kondisi mobil bekas.

Inspeksi ACV mobil bekas di IBID
Inspeksi mobil bekas menggunakan layanan ACV di IBID

Inspeksi kendaraan dilakukan dengan cara mengecek secara detail kendaraan yang akan dilelang, dengan menggunakan sistem inspeksi yang terstandarisasi secara saintifik dan langsung dikerjakan oleh ahlinya. Kondisi yang akan dicek mulai dari eksterior, interior, rangka, mesin kendaraan, hingga sistem komputerisasinya. Hasil laporannya pun akan ditampilkan secara detail, akurat, dan disusun dengan baik, sehingga mudah dipahami oleh siapapun, termasuk saya yang awam mengenai otomotif.

Berdasarkan grade-nya, sistem di ACV akan membagi hasil pengecekan kendaraan menjadi 5 bagian, yaitu grade A, B, C, D, dan E. Grade A menunjukkan kondisi mobil yang paling baik. Grade B dan C untuk kondisi mobil baik dan cukup baik, serta grade D dan E jika mobilnya berada dalam kondisi kurang baik dan tidak baik. Dari pencantuman grade ini saja, kita bisa mengetahui kondisi kendaraan yang akan dilelang. Nah, salah satu dasar untuk menentukan harga mobil yang akan dilelang, dilihat dari hasil inspeksi ini. 

Inspeksi ACV mobil bekas di IBID
Hasil laporan inspeksi ACV ditampilkan secara detail dan akurat

Kemarin saya melihat, di bagian kanan kaca depan mobil-mobil yang ada di IBID ini sudah tertempel selembar kertas berisi laporan hasil inspeksi ACV terhadap kondisi masing-masing kendaraan tersebut. Selain itu, ada beberapa mobil yang diberi label bulat berwarna hijau di bagian kiri kacanya. Ternyata label ini sebagai penanda kalau mobil tersebut sudah terjual, namun belum diambil sama si pembeli atau pemenang lelang.

 

Keunggulan Lelang di IBID

1.   Mudah dan bisa diikuti dari mana saja

Karena sudah 100% berbasis online, maka untuk mengikuti lelang di IBID bisa dilakukan secara mobile melalui website www.ibid.astra.co.id, maupun aplikasi IBID yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Jadi siapa saja bisa ikut lelang di IBID dengan cara yang mudah dari mana saja, selama di lokasi tersebut tersedia jaringan internet.

 

2.   Informasi kondisi mobil diberikan secara transparan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk kondisi kendaraan yang akan dilelang, semua sudah melalui proses inspeksi oleh ACV. Hasil laporannya pun diinformasikan secara detail, akurat, dan transparan. Jadi, dalam lelang ini tidak ada yang namanya ‘beli kucing dalam karung’. Setiap peserta lelang bisa mengetahui semua informasi yang akurat terkait kendaraan yang akan dilelang, baik di website maupun di aplikasi IBID.

 

3.   Range harga untuk jual/ beli mobil via lelang dapat diketahui

IBID memberikan range harga sesuai dengan kondisi kendaraan berdasarkan grade ACV nya. Range harga tersebut tertera di Market Auciton Price (MAP) yang bisa diakses melalui website dan aplikasi MAP. Sehingga peserta bisa mengetahui berapa budget yang diperlukan untuk membeli mobil via lelang.

 

4.   Sistem lelang dijamin 100% bersih dan jujur

IBID berada dalam pengawasan Direktorat Jenderal Kakayaan Negara (DJKN) di bawah naungan Kementerian Keuangan RI, sehingga hasil lelangnya dijamin bersih dan jujur, sesuai dengan komitmen IBID. IBID pun telah memiliki ISO 27001 dalam memenuhi standar internasional dalam mengelola keamanan informasi.

 

5.   Pembayaran dijamin 100% aman

Sebelum ikut lelang, setiap peserta lelang wajib memiliki deposit Nomor Peserta Lelang (NPL) sebagai jaminan. Untuk pembayaran deposit, maupun tagihan pelunasan di IBID menggunakan virtual account, atau bisa juga menggunakan AstraPay, yang dijamin aman. Tersedia 7 pilihan bank yang dapat digunakan peserta, yaitu BCA, Mandiri, Permata, BRI, BNI, BSI, dan Bank Sampoerna.

 

6.   Banyak promo menarik

Saat membuka website atau aplikasi IBID, terdapat berbagai promo menarik, seperti promo cashback ratusan ribu rupiah, yang tentunya akan menguntungkan bagi peserta lelang. Ini sesuai dengan tagline IBID, “Menang Banyak di IBID”.

 

7.   Nomor Peserta Lelang (NPL) Unlimited

NPL Unlimited merupakan fitur eksklusif untuk peserta lelang dengan member Gold atau Platinum. Dengan NPL Unlimited ini, peserta berkesempatan untuk memenangkan sekaligus 5 mobil dalam sekali jadwal lelang, tanpa melakukan deposit NPL berulang kali. NPL Unlimited berlaku selama 6 bulan setelah deposit, dan dapat diperpanjang, maupun dicairkan (jika tidak ada tunggakan wanprestasi).

 

Cara Mudah Ikut Lelang Online di IBID

Setelah mengetahui informasi mengenai IBID, dan bagaimana ternyata mudah saja untuk ikutan lelang di sana, karena dilakukan secara online, maka pasti pada penasaran, bagaimana sih caranya ikut lelang di IBID.

Cara mudah ikutan lelang online di IBID
Cara mudah ikut lelang online menggunakan aplikasi IBID

1.   Download aplikasi IBID di Google Play Store dan App Store, atau bisa juga dengan cara berkunjung ke website www.ibid.astra.co.id.

2.   Buka aplikasi atau website, dan lakukan registrasi dengan cara mengisi data diri dan scan e-KTP. Daftar akun IBID juga bisa melalui akun media sosial.

3.   Klik Jadwal Lelang, lalu pilih kategori lelang dan lokasi yang ingin diikuti.

4.   Cek unit kendaraan yang diinginkan. Baca dengan cermat semua informasi, deskripsi, hingga kelengkapan dokumennya.

5.   Beli NPL (deposit) melalui virtual account maupun AstraPay. Nilai NPL bervariasi tergantung kategori lelang. Untuk mobil, nilai NPL nya 5 juta, motor 1 juta, produk lifestyle 200 ribu, dan alat berat 20 juta. Nilai ini bisa berubah mengikuti objek lelangnya. Peserta bisa memilih beberapa metode lelang yang tersedia, yaitu Flash Auction, Live Auction, dan Timed Auction.

-   Timed Auction: lelang berjangka (biasanya dalam 1 hingga 3 hari) yang hanya diselenggarakan di aplikasi IBID. Selama unit yang dilelang masih ada, peserta lelang tetap bisa melakukan penawaran hingga waktu lelang berakhir, serta dapat melihat unit lelang tersebut secara online dan offline.

-   Live Auction: lelang secara langsung dan bersamaan di waktu yang sama. Lelang ini dapat diikuti seluruh peserta lelang dari berbagai lokasi melalui aplikasi maupun website IBID.

-   Flash Auction: lelang yang dilakukan secara real time dalam waktu yang singkat (1 - 2 jam), dan hanya dapat diikuti melalui aplikasi IBID. Untuk saat ini, metode Flash Auction baru dilakukan untuk lelang mobil.  

6.   Setelah beli NPL, peserta sudah bisa ikut lelang. Tawar barang yang diinginkan dengan harga terbaik saat lelang berlangsung.

7.   Jika menang, maka segera lakukan pelunasan paling lambat 5 hari kerja setelah lelang berakhir. Jika telat atau tidak segera dilunasi, maka deposit NPL tidak akan kembali.

8.   Jika belum beruntung, maka deposit NPL akan segera dikembalikan ke rekening terdaftar, paling lambat 3 hari kerja setelah lelang berakhir.

Semudah itu kan untuk ikutan lelang di IBID - Balai Lelang Serasi. Tak perlu repot datang langsung, bahkan berdesakan dengan peserta lainnya di lokasi lelang. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan nyaman dari mana saja. By the way, selain beli, kita juga bisa titip jual di IBID, lho! Baik itu berupa produk otomotif maupun non-otomotif.

Selain itu, IBID punya 2 metode titip jual, yaitu reguler dan eksklusif. Titip jual reguler dilakukan di cabang IBID, dan penitip jual lelang mesti membawa unit yang hendak dilelang ke lokasi pool terdekat. Namun untuk proses penjualannya tetap dilakukan secara transparan dan terbuka. Sementara untuk titip jual eksklusif atau Flash Auction, unit yang dititip baru terbatas pada mobil saja, dan penitip dapat memilih apakah ingin melakukan proses inspeksi secara reguler atau eksklusif di rumah. Proses lelangnya dilakukan secara online dalam jangka waktu terbatas melalui live streaming di aplikasi IBID.

Bagaimana cara untuk ikutan titip jual di IBID? Tinggal klik saja fitur Titip Jual yang terdapat di bagian bawah website maupun aplikasi IBID. Isi dan ikuti saja petunjuknya. Website dan aplikasinya user friendly kok.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai IBID bisa berkunjung ke:

Website        : www.ibid.astra.co.id

Instagram    : @ibid_balailelangserasi

Facebook      : IBID - Balai Lelang Serasi

TikTok          : @ibid_balailelangserasi

YouTube       : IBID - Balai Lelang Serasi

Twitter          : @ibid_lelang

 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments