REKOMENDASI ALAT ELEKTRONIK MODERN YANG MEMUDAHKAN PEKERJAAN RUMAH TANGGA

By Dewi Sulistiawaty - September 25, 2022

 Peralatan elektronik modern Avaro LS3000 robot vacuum cleaner

Dapat memiliki berbagai peralatan elektronik modern yang dapat memudahkan pekerjaan rumah tangga, tentu menjadi impian hampir semua orang. Tak hanya kaum hawa saja, namun juga kaum adam, tak hanya emak-emak, namun juga bapak-bapak, tak hanya orang dewasa yang sudah berumah tangga, namun juga anak muda yang belum berumah tangga, lho!

Apalagi di daerah perkotaan, dimana rata-rata penduduknya merupakan para pekerja, baik yang bekerja secara full time maupun part time, bahkan ada juga yang bekerja full dari rumah. Kebanyakan waktu mereka dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga beberapa pekerjaan rumah tangga pun diserahkan kepada asisten rumah tangga dan atau peralatan elektronik modern yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan mudah dan efisien.

Kondisi ini membuat para produsen, khususnya produsen elektronik termotivasi untuk menciptakan dan mengembangkan berbagai peralatan eletronik yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan peralatan elektronik yang modern dan canggih, yang dapat memudahkan pekerjaan rumah tangganya. Didukung dengan perkembangan teknologi, maka terciptalah inovasi berbagai peralatan modern dilengkapi fitur IoT yang memudahkan berbagai pekerjaan, termasuk pekerjaan rumah tangga.

By the way, emak-emak yang tidak bekerja alias full sebagai ibu rumah tangga pun tertarik dengan peralatan elektronik modern untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan rumah tangganya. Tak hanya membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat, namun kehadiran peralatan elektronik ini juga dapat membuat mereka mengerjakan beberapa pekerjaan lainnya sekaligus, misalnya merawat si kecil, atau sekedar memiliki waktu untuk me time.

Well, jangan pernah meremehkan pekerjaan rumah tangga ya, apalagi jika sudah memiliki si kecil, yang butuh perhatian dan perawatan khusus. Kebanyakan ibu-ibu akan lebih memprioritaskan dirinya untuk mengasuh si kecil, sehingga beberapa pekerjaan rumah tangga nggak ‘kepegang’, dan mengandalkan bantuan asisten rumah tangga atau peralatan eletronik modern.

Begitupun dengan para pekerja muda, di usia mereka yang menjelang dewasa dan belum menikah. Mereka pun biasanya menghabiskan waktu di tempat kerja, dan nongkrong bersama teman-teman untuk melepas penat. Beberapa di antara mereka sudah hidup mandiri, dan tidak tinggal bersama orang tua. Ada yang memilih ngekos, menyewa apartemen, dan bahkan ada juga yang sudah mampu membeli rumah sendiri. Para pekerja muda ini pun butuh berbagai peralatan elektronik modern yang dapat membantu mereka untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan mudah dan praktis.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi peralatan elektronik modern yang dapat membantu memudahkan pekerjaan rumah tangga, yang bisa dijadikan pilihan.


Mesin Cuci

Mesin cuci peralatan elektronik modern

Ini peralatan elektronik pertama yang hampir dimiliki oleh semua orang. Keberadaan mesin cuci saat ini termasuk hal yang penting, karena benar-benar dapat menghemat waktu dan tenaga kita untuk mencuci pakaian. Bahkan dengan teknologi dan fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya, kita bisa mengoperasikan mesin cuci menggunakan aplikasi via smartphone, mesin cuci yang ramah lingkungan dan tidak berisik, bisa disetel pencuciannya berdasarkan jenis kain, serta pengeringan tanpa bikin pakaian kusut.

 

Setrika

Setrika peralatan elektronik modern

Sepaket dengan mesin cuci, yaitu setrika. Walaupun setrika sudah ada sejak zaman dulu, namun makin ke sini setrika terus bertransformasi menjadi peralatan elektronik canggih yang dapat memudahkan pekerjaan rumah tangga. Tak hanya berfungsi untuk melicinkan pakaian, setrika juga hadir dengan kemampuan lainnya, lengkap dengan fitur-fitur canggihnya. Misalnya setrika yang dapat membersihkan sekaligus sanitasi, ekonomis dan hemat listrik, suhu yang otomatis berubah mengikuti jenis bahan yang disertrika, serta otomatis memutuskan arus listrik saat setrika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

 

Rice Cooker, Microwave, dan Air Fryer

Rice cooker, microwave, air fryer

Ketiga peralatan elektronik ini menjadi peralatan elektronik modern lainnya yang diperlukan untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga. Bahkan rice cooker sudah ada hampir di semua rumah, termasuk di daerah pedesaan. Ketiga peralatan ini sangat membantu dalam pekerjaan memasak. Rice cooker dapat membantu memasak nasi dengan cara mudah dan praktis, microwave untuk memanaskan dan memanggang makanan, serta air fryer untuk memasak atau menggoreng makanan yang sehat tanpa minyak dengan cara yang mudah dan praktis.

 

Dispenser

Dispenser peralatan elektronik modern

Hampir sama dengan rice cooker, dispenser juga ada hampir di semua rumah. Apalagi bagi mereka yang menggunakan air kemasan galon untuk persediaan air minum di rumahnya. Dispenser pun mengalami perkembangan dari masa ke masa. Mulai dari yang hanya menyediakan air dengan suhu kamar, hingga kini bisa menyediakan air dingin dan panas. Perkembangan teknologi terus menghadirkan dispenser dengan berbagai fitur canggihnya, seperti bisa menyaring zat-zat berbahaya, bakteri, dan kuman, serta memproses air biasa menjadi air alkali yang lebih sehat.

 

Robot Vacuum Cleaner

robot vacuum cleaner peralatan elektronik modern

Robot vacuum cleaner atau mesin penghisap debu juga menjadi salah satu peralatan elektronik modern yang dapat membantu mempermudah pekerjaan rumah tangga. Robot vacuum cleaner pun telah mengalami perkembangan dan inovasi dari waktu ke waktu. Awalnya vacuum cleaner  dikerjakan secara manual, sehingga cukup menyita waktu dan tenaga dalam penggunaannya. Namun sekarang tersedia robot vacuum cleaner yang dapat bekerja sendiri. Beberapa robot vacuum cleaner sudah dilengkapi dengan barbagai fitur canggih, sehingga makin memudahkan pekerjaan membersihkan lantai rumah dengan cepat, mudah, dan praktis.

Walau keberadaan robot vacuum cleaner ini belum seterkenal produk-produk elektronik rumah tangga lainnya, namun lambat laun keberadaannya akan menjadi familier, karena memang sangat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga. Apa saja kelebihan robot vacuum cleaner ini? Berikut sedikit ulasannya.


Kelebihan Robot Vacuum Cleaner

Dibandingkan vacuum cleaner manual, tentu saja versi robot memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya mampu bekerja sendiri, sehingga kita memiliki waktu luang untuk mengerjakan pekerjaan lain. Kelebihan lainnya adalah robot vacuum cleaner mampu menjangkau setiap sudut ruang dengan baik, seperti di bawah kasur, di bawah bangku atau sofa, atau di bawah lemari.

Berkat kecanggihan teknologi, saat ini tersedia juga robot vacuum cleaner yang memiliki daya hisap yang kuat, penampung debu yang besar, serta kapasitas baterai yang besar. Selain membersihkan, robot vacuum cleaner juga dapat disetel untuk mengerjakan pekerjaan bersih-bersih lainnya, seperti mengepel. Belum lagi fitur-fitur canggih lainnya, seperti anti-terbentur dan jatuh, anti-slip,  dapat dijadwalkan menggunakan aplikasi, serta penyematan fitur UVC.

Salah satu robot vacuum cleaner yang memiliki semua kelebihan tersebut adalah Avaro LS3000. Apa saja kelebihan Avaro LS3000? Berikut penjelasannya.


Robot Vacuum Cleaner Avaro LS3000

Avaro LS3000 robot vacuum cleaner
Avaro LS3000, Si Robot Vacuum Cleaner Pintar

Avaro LS3000 merupakan salah satu dari rangkaian produk Robotic Home Assistant yang dikeluarkan oleh brand Avaro. Pada robot vacuum cleaner ini sudah disematkan teknologi AI, sehingga si robot dapat membaca situasi ruangan atau lantai tempat ia bekerja. Dengan AI sensornya, Avaro LS3000 dapat bergerak bebas di lantai dengan aman tanpa jatuh.

Avaro LS3000 juga dapat mendeteksi jika baterainya sudah mau habis, dan secara otomatis akan kembali ke tempat atau dock pengisian daya untuk recharge mandiri. Selain itu, pengguna Avaro LS3000 dapat menjadwalkan si robot pintar ini kapan akan beroperasi atau mengontrol si robot lewat aplikasi Avaro di smartphone. Jadi aplikasi Avaro bisa dijadikan sebagai remote control untuk vacuum cleaner ini, lho! Canggih ya!

Tak hanya itu, Avaro LS3000 dapat mendaki halangan yang ada di lantai dengan ketinggian 15 mm. Jadi jika di lantai ada karpet atau permadani, tak jadi halangan bagi LS3000 untuk membersihkan setiap sisi lantai. Dengan fitur pintarnya, LS3000 akan memperhitungkan algoritma yang tepat, sehingga tak akan melewatkan setiap sudut ruangan mana pun.  Avaro LS3000 pun dilengkapi dengan HEPA filter, yang mampu menyaring partikel hingga ukuran 0,3 mikron.  Untuk lebih lengkapnya, berikut fitur-fitur dan keunggulan robot vacuum cleaner Avaro LS3000.

Spesifikasi dan fitur Avaro LS3000 robot vacuum cleaner


Daya Hisap Paling Kuat

Ini yang paling penting, karena apalah gunanya vacuum cleaner jika tidak memiliki daya hisap yang kuat. Avaro LS3000 sudah ditenagai dengan daya hisap paling kuat di kelasnya, yaitu 3000 Pa. Dengan kemampuan tersebut, si robot pintar mampu menyerap segala jenis kotoran, termasuk bulu hewan.


Daya Listrik Kecil

Memiliki daya hisap yang kuat, tak membuat Avaro LS3000 mesti mengeluarkan daya listrik yang besar saat bekerja, lho! Cukup dengan daya 21,2 Watt, si robot pintar mampu beroperasi selama 70 hingga 130 menit.


Motor Berkecepatan Tinggi

Daya listrik yang rendah, didukung dengan penggunaan baterai yang hemat, tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi Avaro LS3000.  Ini berkat mesin vacuum yang dilengkapi dengan motor berkecepatan tinggi, ditunjang dengan material yang kuat, sehingga membuat masa pakai dan konsumsi dayanya menjadi lebih kecil, dan dapat menghemat penggunaan baterai. Jadi dengan kapasitas baterai 2600 mAh, sudah cukup bagi Avaro LS3000 untuk bekerja selama 70 – 130 menit. Untuk mengisi kembali daya dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam.


Desain Slim Minimalis

Slim itu tak hanya untuk terlihat cantik dan sekedar estetika saja, namun bagi robot vacuum cleaner juga berguna untuk menjangkau bagian kolong atau bawah perabotan dengan ketinggian yang slim juga. Avaro LS3000 dengan tinggi 7,5 cm dapat dengan mudah membersihkan setiap jengkal lantai, bahkan sampai ke bagian bawah perabotan juga. Selain itu, dengan desainnya yang ramping, dengan size 350 x 75 mm akan menghemat ruang penyimpanan untuk si robot pintar ini.


Tangki Penampung Debu Lebih Besar

Desain yang slim tak lantas membuat tangki penampung debunya jadi ikutan slim juga. Avaro LS 3000 memiliki kapasitas penampung kotoran yang cukup besar, yaitu 650 ml. Itu pun dilengkapi dengan fitur HEPA, sehingga debu atau partikel berukuran mikron pun akan mampu disaring oleh si robot pintar ini. Avaro LS3000 juga dilengkapi dengan tangki air berkapasitas 220 ml.


Menyapu, Menghisap, dan Mengepel

Robot vacuum cleaner Avaro LS3000 dilengkapi dengan sikat untuk menyapu lantai. Sikatnya terbuat dari bahan TPU yang lembut dan halus, sehingga tidak akan merusak tekstur lantai. Sikatnya juga mudah dipasang dan dibersihkan. Sikat ini bekerja dengan cara memutar untuk membawa kotoran dan debu ke bagian tengah mesin, dan kemudian akan dihisap. Selain sikat utama dan sikat samping, juga ada sikat khusus untuk membersihkan bulu hewan.

Selain menyapu dan menghisap kotoran debu, Avaro LS3000 juga bisa mengepel. Vacuum cleaner ini dilengkapi dengan kain pel yang terbuat dari bahan serat aktif, yang bisa menyerap air secara maksimal. Enaknya, kain pelnya bisa dicuci ulang, sehingga lebih hemat dan ekonomis.

Aksesoris Avaro LS3000 robot vacuum cleaner
Aksesoris Avaro LS3000


Harga Robot Vacuum Cleaner Avaro LS3000

Berapakah harga Avaro LS3000? Dengan semua fitur canggih yang ditanamkan dalam, lengkap dengan berbagai keunggulannya, apakah akan merogoh kantong cukup dalam untuk bisa memilikinya? Tenang, harganya cukup terjangkau kok di kelasnya. Cukup dengan Rp1.999.000,- kamu sudah bisa memiliki si robot vacuum cleaner Avaro LS3000. Produk ini bisa dipesan di Advan Official Store di Tokopedia ya.

Itulah rekomendasi beberapa peralatan elektronik modern yang dapat memudahkan pekerjaan rumah tangga yang mesti dimiliki untuk membantu meringankan pekerjaan di rumah. Masih banyak lagi peralatan elektronik modern lainnya yang bermanfaat untuk membantu aktivitas kita sehari-hari.    

  • Share:

You Might Also Like

0 comments