Pelayanan 24 Jam Klinik BPJS dr. Vitis di Grogol, Kediri

By Dewi Sulistiawaty - September 04, 2022

Fakta mengenai Kediri
Pic Source: channel-en.id

Jika ngomongin tentang Kediri, apasih yang pertama kali terlintas dibenakmu? Tahunya? Ponpesnya? Kampung Inggris? Candinya? Gunung Keludnya? Destinasi wisatanya? Atau apa? Ternyata banyak sekali ya fakta menarik yang bisa ditemukan di Kediri, yang berada di Provinsi Jawa Timur ini.

Kediri merupakan kota tertua di Jawa Timur, dan menjadi kota ketiga terbesar juga di Jawa Timur, setelah Kota Surabaya dan Malang. Bahkan beberapa waktu lalu diketahui pula bahwa Kediri menempati peringkat pertama sebagai kota paling makmur di Indonesia berdasarkan data BPS tahun 2018 yang dirilis pada 2019, dengan merujuk pada PDRB perkapita per tahunnya, mengalahkan Jakarta yang terkenal sebagai kota bisnis.

Fakta menarik lainnya seputar Kediri adalah dengan keberadaan sebuah klinik di Jl. Jawa, Dusun Sembak, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Apa yang menarik dari klinik ini? Jika dilihat sepintas, klinik ini memang tak ada bedanya dengan klinik-klinik kesehatan lain pada umumnya. Namun yang membuat klinik ini menjadi menarik adalah pelayanannya yang buka selama 24 jam, dengan melayani pasien umum dan BPJS/KIS sekaligus. Yuk, cari tahu informasi lengkap mengenai klinik satu ini :)

 

Fasilitas di Klinik dr. Vitis, Buka 24 Jam untuk Umum dan BPJS

Klinik dr. Vitis di Kediri buka 24 jam bisa BPJS
Klinik dr. Vitis di Kediri buka 24 jam bisa BPJS
Klinik dr Vitis di Kediri yang buka 24 jam, dan bisa BPJS

Yup, nama kliniknya adalah Klinik dr. Vitis, diambil dari nama owner-nya, yaitu dr. Vitis Arundina. Informasi ini saya dapatkan saat mengikuti acara Blogger Gathering yang dilaksanakan secara virtual via Zoom pada hari Selasa, 30 Agustus 2022. Pada acara tersebut hadir dr. Vitis Arundina, selaku Owner, Ketua Mutu dan Penanggung Jawab klinik, serta drg. Arista Widya sebagai salah satu tim medis di Poli Gigi, dan Mbak Diajeng sebagai Penanggung Jawab Laboratorium di Klinik dr. Vitis.  

Blogger Gathering bersama Klinik dr. Vitis
Blogger Gathering bersama Klinik dr. Vitis

Klinik yang berdiri sejak tahun 2016, dan dipimpin oleh suami dr. Vitis, yaitu Agung Yudy Kurniawan, ST tersebut untuk saat ini masih merupakan klinik pratama, yang memberikan pelayanan medis dasar, seperti pemeriksaan umum, gigi, KIA, KB, UGD, laboratorium, dan farmasi. Oleh karena itulah Klinik dr. Vitis ini masih terdaftar sebagai klinik pratama, dan belum memiliki layanan dari dokter spesialis, serta baru bisa memberikan pelayanan medis dasar pada masyarakat.     

Pelayanan 24 jam klinik BPJS dr. Vitis Grogol Kediri ini membuatnya menjadi istimewa, dengan tidak membedakan antara pasien umum dan BPJS/KIS, serta dengan tidak memandang berapapun usia pasien yang akan mereka layani, baik yang masih berusia balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sekalipun.

Sedangkan layanan dan fasilitas yang disediakan di klinik ini diantaranya adalah Rawat Jalan, Rawat Inap, Poli Umum, Poli Gigi, Persalinan, KB, USG, Rekam Jantung, Laboratorium, Apotek dan UGD 24 jam, Nebulizer, Operasi Kecil, Khitan, Tindik Telinga, serta pembayaran BPJS. Oya, untuk tindik, khusus bagi bayi perempuan yang lahir di Klinik dr. Vitis akan diberikan pelayanan tindik telinga secara gratis, serta bayinya juga akan langsung didaftarkan BPJS oleh klinik.   

Di Klinik dr. Vitis terdapat 6 dokter umum, dan dua diantaranya merupakan mantan Kadinkes dan Ibu Dandim Kab/Kota Kediri, serta terdapat 2 dokter gigi. Dokter yang dibagi menjadi 3 shift di Klinik dr. Vitis ini siap melayani pasien selama 24 jam. Mengingat saat ini kebanyakan faskes yang buka 24 jam, biasanya yang bertugas untuk jaga malam hanya perawat dan bidannya saja. Maka di Klinik dr. Vitis ini dipastikan ada dokter yang standby 24 jam, baik itu di tanggal merah maupun hari libur lainnya.

Tim Medis di Klinik dr. Vitis
Jajaran tim medis dan admin di Klinik dr. Vitis

Seperti yang disebutkan di atas, selain pasien umum, Klinik dr. Vitis juga melayani pasien BPJS/KIS. Klinik dr. Vitis ini bisa dikatakan seperti klinik semi rumah sakit, karena pasien dengan BPJS juga bisa mendapatkan pelayanan 24 jam, dan tidak tergantung waktunya harus pagi atau siang, karena malam pun BPJS nya bisa digunakan. Jadi pasien BPJS bisa bernapas lega, karena bisa berobat ke Klinik dr. Vitis saat berada dalam kondisi darurat di tengah malam.

“Mau dalam kondisi gawat maupun tidak, mau itu umum atau BPJS, hari libur atau nggak, tetap akan kami layani. Misalnya jam 2 malam, cuma batuk pilek, tetap kami layani. Yang BPJS tidak akan dikenakan biaya apa-apa. Niat saya sejak awal mendirikan klinik ini adalah memberikan pelayanan kesehatan bagi yang membutuhkan, dengan seminimal mungkin biaya,” jelas dr. Vitis.

By the way, Klinik dr. Vitis ini letaknya tak jauh dari area proyek, yang notabene karyawannya banyak yang berasal dari luar daerah. Pada saat mereka berobat menggunakan BPJS, walaupun faskesnya tidak terdaftar di Klinik dr. Vitis, menurut dr. Vitis tetap akan dilayani, dengan ketentuan hanya bisa memberikan pelayanan maksimal tiga kali dalam sebulan, sesuai dengan peraturan Kemenkes.

Selain tim dokter, Klinik dr. Vitis dilengkapi juga dengan tim perawat, bidan, tim admin dan rekam medis, tim lab dan gizi klinik, tim instalasi farmasi, serta petugas laundry dan dapur klinik. Sedangkan fasilitasnya terdapat rawat inap dan rawat jalan. Untuk rawat jalan, pelayanannya khusus diberikan bagi pasien yang faskesnya terdaftar di Klinik dr. Vitis. Namun begitu, pasien yang dari luar faskes pun tetap akan dilayani, namun maksimal 3 kali saja. Sedangkan untuk rawat inap, di Klinik dr. Vitis tidak memandang apakah pasiennya menggunakan BPJS atau umum, semua bisa, apalagi jika dalam kondisi darurat.

“Jika dalam kondisi darurat, pasien tidak diwajibkan harus membawa kartu BPJS/ KIS dulu. Cukup dengan KTP, atau foto KTP juga sudah bisa  dilayani. Di kami nggak harus lengkap administrasi dulu baru dilayani. Di Klinik dr. Vitis itu pelayanan diutamakan, untuk administrasinya bisa diurus nanti, baik itu pakai BPJS maupun umum. Obat yang diberikan pun nggak dibedakan yang umum dan BPJS,” ungkap dr. Vitis lagi.

Untuk pendaftaran di Klinik dr. Vitis bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan mendaftar langsung ke klinik, atau mendaftar secara online via JKN Moblie, via aplikasi WhatsApp di 0811 3045 400, atau telpon di nomor 0811 3045 400/ 0354 779301. Nanti admin dari Klinik dr. Vitis akan memberikan nomor antrian. Jadi pasien nggak perlu menunggu lama atau antri, karena sudah bisa memperkirakan jam berapa harus tiba di klinik. Namun tentu saja jangan sampai terlewat dari nomor antrian ya, karena nggak mungkin dong mesti ditunggu sampai datang, sementara ada pasien lain yang antri. Jadi jika belum datang saat nomor antrian sudah dipanggil, maka akan dilanjutkan ke nomor antrian selanjutnya. Pasien yang datang terlambat tersebut akan diminta untuk menunggu antrian hingga 3 atau 5 antrian dulu untuk bisa dipanggil kembali. 

Seperti faskes pada umumnya, di Klinik dr. Vitis juga terdapat ruang tunggu, serta lahan parkir. Saat ini juga sedang ada pengembangan lahan parkir di bagian belakang klinik, sehingga nantinya lahan parkir klinik akan menjadi lebih luas lagi.

Untuk tindakan operasi kecil atau sedang, seperti tumor dilakukan sendiri oleh dr. Vitis. Bagi pasien yang mendaftar menggunakan BPJS, dr. Vitis tidak menarik biaya apapun untuk tindakan operasi ini. Bagi dr. Vitis selagi beliau mampu menangani operasi tersebut dan dirasa tidak membahayakan, maka beliau akan melakukannya.

Menurut dr. Vitis, beliau kasihan jika harus merujuk pasien ke rumah sakit, sementara beliau bisa melakukannya, mengingat untuk tindakan operasi di rumah sakit, pasien harus menunggu lama, karena harus melalui berbagai prosedur terlebih dulu. Walaupun pasien menggunakan BPJS, dan gratis untuk tindakan operasi, namun beliau ikhlas lillahi ta’ala. Masya Allah tabarakallah, semoga kebaikan dokter dibalas berkali lipat pahala oleh Allah SWT ya. Aamiin...

Namun jika memang pasien harus dirujuk ke rumah sakit, maka pasien diperbolehkan atau dibebaskan untuk dirujuk ke rumah sakit yang diinginkannya, yang memang nyaman menurut si pasien. Tapi jika pasien ingin menyerahkannya ke dokter atau pihak klinik, tentunya akan dirujuk ke rumah sakit yang tepat menurut rekomendasi dokter.

 

Fasilitas USG di Klinik dr. Vitis

USG di Klinik dr. Vitis

Uniknya, untuk USG, walaupun fotonya dalam bentuk 2D, namun hasilnya terlihat jelas. Ini karena Klinik dr. Vitis sudah menggunakan alat USG 4D, namun untuk hasilnya masih menggunakan yang 2D. Cukup dengan membayar 80 ribu, pasien sudah mendapatkan foto USG 2D, dan pasien pun diperboleh untuk menjepret atau menvideokan hasil yang nampak di layar. Bahkan jika pasien mau dikirimkan hasil foto USG nya via WhatsApp, maka pihak klinik akan mengirimkannya ke WhatsApp tanpa dipungut biaya sepeser pun. Salute!


Ruang Persalinan di Klinik dr. Vitis

Ruang Persalinan dan bonus foto bayi di Klinik dr. Vitis
Ruang Persalinan dan bonus foto bayi
bagi yang melahirkan di Klinik dr. Vitis



Poli Gigi di Klinik dr. Vitis

Poli Gigi di Klinik dr. Vitis

Menurut drg. Arista yang hadir saat acara, jadwal dokter gigi dibagi dalam dua shift, yaitu pagi dan sore, mulai dari hari Senin hingga Sabtu. Pagi-pagi Poli Gigi sudah dibuka pada pkl 08.00, dan tutup pada pkl 21.00, kecuali pada hari Sabtu yang tutup pada pkl 18.00 WIB. Perawatan yang bisa dilakukan di Klinik dr. Vitis adalah penambalan gigi susu, pencabutan gigi susu, penambalan gigi dewasa, perawatan saluran akar, pembuatan crown, pembersihan karang gigi, pemutihan gigi, pencabutan gigi dewasa, pembuatan gigi tiruan, penanganan dental emergency, dan medikasi gigi. Semua layanan ini juga berlaku untuk pasien BPJS, kecuali untuk layanan pemutihan gigi dan perawatan saluran akar, karena kedua jenis perawatan ini tidak di-cover oleh BPJS.


Laboratorium 24 Jam di Klinik dr. Vitis

Laboratorium di Klinik dr. Vitis

Untuk laboratorium di Klinik dr. Vitis, pelayanannya dibuka tiap hari, mulai dari pkl.07.00 – 21.00 WIB, kecuali di hari Minggu yang buka dari pkl. 15.00 – 21.00 WIB. Sama seperti layanan bagian umum, bagian laboratorium juga melayani pasien BPJS, termasuk hari Minggu. Jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan di laboratorium Klinik dr. Vitis diantaranya, hematologi (darah lengkap dan golongan darah), serologi (widal, hepatitis B dan C, syphilis, HIV, NSI, Dengue IgD dan IgM, rapid test antigen dan antibody, PCR, dan malaria), kimia darah (SGOT+SGPT, BUN+Creatinin, kolesterol, trigliserida, asam urat, dan gula darah), urine (urine lengkap dan plano test). Selain melakukan pemeriksaan laboratorium langsung di klinik, Klinik dr. Vitis juga melayani pemeriksaan di luar klinik, seperti melakukan swab antigen di perkantoran-perkantoran.   


Apotek 24 Jam di Klinik dr. Vitis

Apotek 24 jam Klinik dr. Vitis

Yang menariknya lagi adalah apoteknya yang buka 24 jam, dan tak hanya melayani pasien yang berobat di klinik saja, namun juga melayani masyarakat umum yang ingin membeli obat atau menebus obat di apotek mereka. Ini karena apotek Klinik dr. Vitis juga menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan, berupa tongkat jalan, pampers, salep, dan obat-obatan yang memang bebas dijual di pasaran, yang bisa dibeli oleh masyarakat tanpa resep dokter.

 

Rawat Jalan dan Ruang Inap di Klinik dr. Vitis

Rawat Jalan di Klinik dr. Vitis
Ruang Inap di Klinik dr. Vitis

Untuk ruang inap, Klinik dr. Vitis menyediakan 1 kamar yang diisi 1 pasien saja, 1 kamar yang diisi 3 pasien, dan 1 kamar yang diisi 4 hingga 7 pasien. Menurut dr. Vitis, saat ini sedang dipersiapkan sebuah gedung baru, yang nantinya akan dijadikan sebagai ruang inap. Saat ini gedung tersebut masih dalam tahap pembangunan. Rencananya di gedung baru ini setiap 1 pasien akan mendapatkan 1 kamar, baik itu pasien BPJS maupun yang umum. Ini dilakukan demi kenyamanan pasien. Bedanya, untuk pasien BPJS kemungkinan kamarnya akan dilengkapi dengan kipas angin, sedangkan yang umum akan dilengkapi dengan AC.

 

Fasilitas Laundry di Klinik dr. Vitis

Ruang Laundry di Klinik dr. Vitis di Kediri

Karena Klinik dr. Vitis dilengkapi dengan ruang inap, maka demi menjaga kebersihan dan sterilisasi, klinik ini menyediakan sendiri fasilitas laundry-nya. Jadi sprei, sarung bantal, selimut, gorden, dan lain-lain dicuci dan sudah disterilkan di klinik ini, sebelum digunakan kembali.

 

Dapur Klinik dr. Vitis

Dapur Klinik dr. Vitis

Begitupun dengan bagian dapur. Di klinik dr. Vitis ini tidak menggunakan jasa katering, namun memasak sendiri masakan untuk pasiennya. Dapur pun selalu dijaga kebersihannya, begitupun dengan kehigienisan makanan yang akan diberikan pada pasien. Klinik ini juga memiliki seorang ahli gizi yang kompeten di bidangnya, dimana ahli gizi ini mampu membuat menu makanan sehat yang bervariasi dan terlihat menarik, sehingga pasien tergiur untuk memakannya. Istimewanya lagi, pasien di klinik ini pun ditawarkan dengan berbagai menu makanan, dan bisa meminta menu apa yang sedang mereka inginkan. Ini untuk menghindari makanan yang nantinya tidak dimakan oleh pasien, dan akhirnya menjadi mubazir.

 

Ruang Laktasi di Klinik dr. Vitis

Ruang Laktasi Klinik dr. Vitis di Kediri

Ruang laktasi disediakan untuk ibu-ibu yang sedang menyusui. Jadi sambil menunggu antrian, ibu-ibu bisa menyusui anak mereka dengan nyaman di dalam ruangan ini. Tak perlu khawatir dengan nomor antrian, karena letak ruangan ini dekat dengan ruang tunggu, jadi suara panggilan akan terdengar hingga ke dalam ruangan. Bahkan bagi ibu-ibu yang ingin pumping ASI, juga bisa, karena di ruang laktasi ini juga disediakan kulkas untuk menyimpan botol-botol ASI. Kereen!


Khitan Massal

Khitan Massal gratis dari Klinik dr. Vitis

Khitan massal ini biasanya dilakukan atas permintaan masyarakat, dan layanan ini pun diberikan secara gratis. Menurut dr. Vitis, tenaga medis dari Klinik dr. Vitis dilarang untuk menerima imbalan dari masyarakat, kecuali dalam bentuk makanan atau minuman, karena itu merupakan jamuan atau suguhan dari masyarakat. Sesuai dengan tujuan awal didirikannya klinik ini, dr. Vitis mengatakan bahwa beliau dan suaminya berkomitmen untuk mencari keberkahan di dunia dan akhirat. Tak heran jika range harga untuk semua pelayanan di Klinik dr. Vitis ini terbilang cukup murah ya, bahkan gratis bagi pasien BPJS.

 

Klinik dr. Vitis Rutin Lakukan Sterilisasi Ruangan  

Rutin sterilisasi dan fogging Klinik dr. Vitis

Fyi, selama masa pandemi, Klinik dr. Vitis menerapkan penggunaan protokol kesehatan yang ketat. Tak hanya bagi pasien atau pengunjung, namun juga bagi tim medis, serta seluruh petugas yang bekerja di klinik, termasuk kesterilan klinik. Petugas secara rutin menyeka peralatan dan menyemprotnya dengan cairan sterilisasi. Setiap ruangan diberi fasilitas berupa UV-C sterilization dan air purifier. Fogging pun dilakukan secara rutin untuk mensterilisasikan seluruh ruangan, baik ruang pemeriksaan, laboratorium, maupun ruang inap.

 

Fasilitas Ambulance

Fasilitas ambulance Klinik dr. Vitis

Fasilitas ambulance baru dimiliki Klinik dr. Vitis selama lebih kurang 6 bulanan ini. Semua peralatan di dalamnya sudah lengkap. Fasilitas ini bisa digunakan untuk pasien umum dan BPJS (untuk pasien BPJS tidak dipungut bayaran). Bahkan menurut dr. Vitis, ambulance ini dapat melayani pasien BPJS dari faskes manapun, selama itu dalam kondisi darurat. Cukup dengan KTP, dan pasien memang tercatat sebagai pemegang BPJS. Kecuali untuk kasus kecelakaan, selain KTP juga harus ada pihak kepolisian yang mengawal, karena jika tidak, BPJS nya tidak bisa diklaim.

 

Fasilitas Lainnya di Klinik dr. Vitis

Fasilitas lain yang ada di Klinik dr. Vitis adalah kamar mandi, mushola, serta ada agenda tahunan bakti sosial juga yang sudah berjalan hampir 3 tahun, berupa donor darah. Bakti sosial lainnya adalah vaksinasi yang tidak dipungut biaya, baik untuk masyarakat dalam daerah maupun dari luar daerah. Klinik dr. Vitis juga sering melakukan penyuluhan kesehatan ke masyarakat, baik ke pengajian-pengajian, dan berbagai pertemuan di balai desa. Penyuluhan ini dilakukan secara gratis, bahkan biasanya pihak klinik akan membagi-bagikan masker kepada peserta yang hadir. Tujuannya tentu saja untuk mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan, sehingga mereka mengerti bagaimana caranya mencegah atau terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya penyakit yang efeknya jangka panjang.

Bakti Sosial Rutin Donor Darah Klinik dr. Vitis
Vaksin gratis dari Klinik dr. Vitis
Penyuluhan kesehatan dari Klinik dr. Vitis

Hingga saat ini Klinik dr. Vitis terus berusaha untuk meningkatkan fasilitas serta pelayanannya demi kenyamanan pasien. Untuk itu, klinik ini terbuka untuk semua kritikan dan saran dari masyarakat. Klinik dr. Vitis membuka layanan keluhan pelanggan, yang bisa disampaikan melalui WhatsApp/ SMS/ Telpon ke nomor 0811 3045 400. Untuk informasi lengkap mengenai Klinik Pratama Rawat Inap & Pelayanan Medik Dasar dr. Vitis, bisa bertanya atau didapatkan di:

Langsung datang ke alamat Klinik dr. Vitis di Jln. Jawa No. 262 RT. 003 RW. 002, Dsn. Sembak, Ds. Grogol, Kec. Grogol, Kab. Kediri.

Website: klinikdrvitis.business.site

Instagram: @klinikdrvitis_kediri        



 

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Anonim8.1.24

    hallo dok , apakah bisa juga melayani buat yang sakit mata bengkak ?

    BalasHapus