SPESIFIKASI DAN HARGA ASUS ZENBOOK 14X OLED SPACE EDITION

By Dewi Sulistiawaty - September 18, 2022

Spesifikasi dan Harga ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Siapa yang nggak pengen punya laptop keren dengan spesifikasi termutakhir, lengkap dengan segala kecanggihan lain yang tertanam di dalamnya. Jangankan laptop keren, memiliki laptop dengan spesifikasi ‘biasa’ yang bisa diajak untuk bekerja ‘wajar’ saja juga terbilang cukup membantu aktivitas. Apalagi di zaman yang serba digital ini, keberadaan sebuah device seperti laptop sangat dibutuhkan, selain smartphone tentunya.

Walaupun sebenarnya smartphone juga bisa dibawa untuk bekerja ibaratnya laptop – karena sudah banyak juga hadir smartphone dengan spesifikasi canggihnya, namun layarnya yang kecil tetap saja membuat saya lebih nyaman untuk bekerja menggunakan laptop. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi atau pekerjaan yang lebih mudah dan nyaman dikerjakan dengan laptop. Misalnya saat mengedit gambar atau video, mengisi spreadsheet, atau mencari file untuk diunduh di Google Form. Terkadang ‘jari mungil’ ini cukup kerepotan dan ‘terpeleset’ saat menyentuh file atau row yang diinginkan, yang malah mengakibatkan kesalahan saat pengisian data via smartphone.

Intinya, untuk berbagai pekerjaan sebisa mungkin saya mengerjakannya menggunakan laptop. Sedangkan smartphone untuk pekerjaan lain yang mesti dikerjakan secara mobile, seperti media chatting, media sosial, m-banking, aplikasi ojol, musik, dan aplikasi-aplikasi lain yang memang nyaman dan bisanya digunakan via smartphone. Namun sebagian besar pekerjaan saya memang dikerjakannya via laptop.

Sebagai content creator, saya lebih nyaman mengetik, mengedit foto, create gambar atau ilustrasi menggunakan laptop. Walau terkadang sedikit terkendala saat laptop tiba-tiba nge-hank karena saya ajak bekerja cukup berat. Biasanya ini terjadi saat saya mengedit foto-foto dan create gambar menggunakan aplikasi edit foto. Di saat seperti itu saya jadi pengen banget punya laptop keren dengan spesifikasi yang bagus untuk menunjang aktivitas saya. Soalnya di saat lagi terburu-buru, kendala ini cukup mengganggu dan menghambat produktivitas saya.

Belum lagi si kecil ‘yang sekarang sudah tidak kecil lagi :D’, yang hobi banget menggambar, khususnya digital art. Dia sering menyebut dirinya sebagai ilustrator, dan bahkan ia mengkomersilkan hasil karyanya di dunia maya. Agar bisa mengerjakan hobinya dengan lancar, tentu saja ia butuh laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, yang mampu mendukung kegiatannya. Sama seperti saya, terkadang ia suka mengomel tak karuan saat pekerjaannya terhambat atau prosesnya lelet karena lemotnya si laptop, atau nggak bisa install program atau aplikasi karena si aplikasi nggak compatible dengan si laptop X(.

Makanya saya sudah berencana untuk membelikannya sebuah laptop dengan spesifikasi yang lumayan – paling nggak speknya mesti di atas laptop yang ada di rumah, untuk menunjang aktivitasnya. Sayang juga kalau aktivitasnya jadi terhambat karena perangkat yang kurang mendukung. Apalagi hasil karyanya dihargai oleh teman-teman mayanya yang berasal dari berbagai negara di dunia. Masa mamaknya tidak XD   


ASUS LUNCURKAN ZENBOOK 14X OLED SPACE EDITION

Peluncuran ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Pada hari Kamis, 15 September 2022 kemarin, saya berkesempatan untuk menghadiri acara peluncuran laptop terbaru ASUS, yaitu Zenbook 14X OLEH Space Edition di Gedung Djakarta Theater, Jakarta. Ini kesempatan bagus bagi saya untuk mengetahui spesifikasi dan fitur apa saja yang diberikan ASUS pada laptop seri terbarunya ini. Mengingat ASUS selalu menghadirkan laptop-laptop dengan spesifikasi yang canggih dan bikin mupeng, hehe....

Hadir dengan nama space edition, ternyata tema ini pun ditampilkan dalam dekorasi ruangannya, yang benar-benar serba space semua. Mulai dari ruang pertama yang saya masuki usai registrasi. Kerlap kerlip dari gugusan bintang-bintang di ruang angkasa memenuhi sebuah ruang yang harus dilalui saat memasuki ruang acara.

Terus ke dalam, terdapat lagi ruang yang cukup besar. Di sini semua peserta yang hadir dapat menikmati berbagai game yang tersedia. Ruang utama tempat acaranya pun didekorasi dengan ornamen-ornamen ala antariksa. Bahkan para penjaga stand yang bertugas di tiap sudut ruang pun mengenakan kostum serba silver atau putih ala astronot gitu.

Suasana peluncuran ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
Suasana saat peluncuran laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Rizky Febian dan Tasya Kamila di ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
Bintang Tamu, Rizky Febian dan Tasya Kamila yang hadir dalam Acara Peluncuran
ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Acaranya sendiri dipandu oleh Cici Panda, dengan dua bintang tamu yaitu Rizky Febian dan Tasya Kamila. Kedua artis ini beruntung bisa ‘mencicipi’ laptop futuristik ini untuk pertama kalinya, sebelum produknya launching. Rizky sebagai artis dan content creator dan Tasya sebagai artis dan juga seorang ibu, menceritakan pengalaman mereka menggunakan ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition. Bagaimana laptop sangat menunjang aktivitas mereka sehari-hari.


SPESIFIKASI DAN HARGA ASUS ZENBOOK 14X OLED SPACE EDITION

Spesifikasi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
Penjelasan mengenai ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Baiklah, mari saya infokan apa saja spesifikasi dan berapa harga laptop terbaru, Space Edition dari ASUS. Pertama-tama saya akan menceritakan dulu apa yang melatarbelakangi ASUS mengeluarkan laptop edisi spesial ini ya. Fyi, ternyata kehadirannya untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang terpilih sebagai perangkat yang mendukung aktivitas para astronot di stasiun luar angkasa, lho!

Yup, pada tahun 1998, laptop ASUS P6300 yang dikeluarkan ASUS 1 tahun sebelumnya (tahun 1997), berhasil menggaet para antariksawan dan menggandengnya sebagai perangkat pendukung mereka untuk misi di stasiun luar angkasa MIR. Dalam misi ini, laptop ASUS mampu bertahan selama 600 hari dari berbagai ‘cobaan’, seperti radiasi kosmik dan gravitasi mikro yang terjadi selama di luar angkasa. Tentu saja ini merupakan prestasi luar biasa dan membanggakan bagi ASUS ya. Tak heran hingga saat ini ASUS terus berinovasi dan mengeluarkan produk-produk berkualitas lainnya.

Laptop ASUS P66300 Pertama yang ke luar angkasa
Laptop ASUS P6300 untuk misi di stasiun luar angkasa MIR 

Dalam acara tersebut diceritakan juga bahwa setelah P6300, ASUS mengeluarkan Zenbook pertamanya di tahun 2011, yaitu Zenbook UX31. Lalu dua tahun kemudian lahirlah Zenbook UX301, dilanjutkan Zenbook UX305 di tahun 2015, Zenbook UX360 dan Zenbook 3 (UX390) tahun 2016, Zenbook Flip S (UX370) tahun 2017, Zenbook 13 (UX331UAL) tahun 2018. Di 2019 dan 2020 ASUS mengeluarkan laptop dengan inovasi terbaru ScreenPad, yang disematkan pada ASUS Zenbook Pro 15 (UX580), dan ScreenPad Plus pada Zenbook Pro Duo 15 (UX581) dan Zenbook Duo 14 (UX481). Sedangkan di 2021, ASUS memperkenalkan fitur Control Panel untuk ScreenPad Plus.

Desain Tangguh Bernuansa Futuristik

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Nah, di penghujung kuartal ketiga tahun 2022 inilah ASUS kembali menghadirkan laptop tangguh yang mampu diajak beraktivitas di luar angkasa lagi, terinspirasi dari P6300 yang telah sukses sebelumnya. ASUS pun mengenalkan Zenbook 14X OLED Space Edition. Secara kasat mata, yang pertama terlihat dari laptop edisi spesial ini adalah dari warna casing dan bodynya, yang didesain eksklusif, identik dengan space color, yaitu zero-G titanium. Terlihat pola-pola melengkung seperti orbit yang menggores anggun di bagian body dalam dan luar laptop. Gambarannya seperti kode morse atau grafik, yang masing-masingnya memiliki arti tersendiri.

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition hadir dengan body yang terbuat dari bahan alumunium yang ringan, seperti bahan yang sering digunakan sebagai konstruksi pesawat ruang angkasa. Ketangguhan Zenbook 14X OLED Space Edition ini makin diperkuat dengan diperolehnya sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command Standard (SMC-S-016A), serta standar ketahanan dari US Department of Defense’s MIL-STD 810H . Dengan durabilitas space-grade yang dimilikinya, laptop ini mampu bertahan terhadap getaran ekstrim (20 – 2.000 Hz), serta suhu operasional tinggi (610C) atau rendah (-240C). Selain itu, laptop ini sudah lolos dari Altitude test, Drop Test, dan Humidity Test. So cool!

Fitur ZenVision

Fitur ZenVision ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Pada cover depan sebelah kiri, nampak sebuah layar mungil dengan animasi dan tulisan yang bisa bergerak, yang ternyata merupakan fitur yang disebut ZenVision. Fitur berupa layar berukuran 3,5 Inch ini dapat menamplikan berbagai animasi visual dan smart notifications, seperti waktu, tanggal, status baterai, serta pesan teks atau status yang bisa dikustom sesuai keinginan.

Layar Sentuh ASUS OLED

Layar 14K OLED Display ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Fyi, ASUS OLED merupakan teknologi yang dikeluarkan ASUS untuk tampilan layar yang berkualitas, dengan detail visual yang baik, warna yang kaya dan akurat, yang nyaman di mata, dan tidak membuat mata mudah lelah. Teknologi ini diberikan ASUS pada Zenbook 14X OLED Space Edition, dengan menanamkan resolusi 4K (3840 x 2400), serta aspek ratio 16 : 10. Banyak fitur yang disematkan ASUS pada layar laptop Space Edition ini, diantaranya layar sentuh yang sudah mendukung 4.096 pressure-level, ScreenXpert untuk inovasi layar sentuh yang lebih interaktif, teknologi DisplayHDR True Black 500, 100% DCI-P3 color gamut, serta 92% screen to body ratio.

Tak heran jika ASUS OLED ini mendapatkan VESA Certified Display, TUVRheinland Certified Display untuk Low Blue Light and Flicker Free, serta sertifikasi PANTONE Validated Display. Pengguna ASUS OLED dijamin bakal dimanjakan dengan tampilan layar yang jernih, warna yang kaya, detail, dan akurat, serta yang terpenting mendukung kesehatan mata dengan fitur Eye Care nya.

Seperti yang kita tahu, sering menatap layar gadget termasuk laptop dapat membuat mata lelah, dan dampaknya dalam jangka panjang dapat merusak kesehatan mata. Ini disebabkan oleh radiasi sinar biru (blue light) yang terpancar dari layar. Dengan teknologi ASUS OLED, paparan radiasi ini dapat dikurangi secara drastis sampai 70%, sehingga dapat melindungi kesehatan mata penggunanya.  

Oiya, walaupun terbuat dari bahan yang kuat, tidak serta merta membuat laptop ini menjadi berat ya. Untuk diketahui, berat ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini hanya 1,4 kg, lho! Laptopnya pun terbilang ramping, yaitu 15,9 mm, dengan ukuran laptop 14 Inch atau dimensi 31,12 x 22,11 x 1,59 cm. Nah, kalau ringan gini, berarti laptopnya nyaman juga ya buat dibawa-bawa 😊

Isi Box ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
Isi box ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

5 Alasan Memilih Laptop ASUS OLED

1.    Layar dengan Warna yang Kaya dan Akurat

ASUS OLED, 100% DCI-P3 color gamut terbaik di kelasnya.

2.   Eye-Care

Low Blue Light dan Flicker Free.

3.  Gambar yang Jelas di Tingkat Kecerahan Berapapun

Resolusi 4K, 3840 x 2400, dengan aspek rasio 16 : 10, dan tingkat kecerahan 550 nits.

4.  Layar DisplayHDR 500 True Black

Warna hitam yang pekat, sehingga pengguna dapat melihat gambar lebih detail, misalnya dalam adegan film dengan backgroud yang gelap.

5.  Waktu Respon Tercepat di antara Berbagai Laptop

Waktu respon 0,2 ms, sehingga gambar bebas blur pada film dan game, dengan scrolling teks yang mulus.

Performa ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

Nah, ini bagian paling penting lainnya yang mesti dicermati pada perangkat laptop, karena bagian dalam yang ditanamkan inilah yang akan menentukan kinerja si laptop tersebut. Pertama untuk prosesor, ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition menggunakan prosesor seri tertinggi Intel, yaitu 12th Gen Intel® CoreTM H-Series. Untuk laptop varian tertingginya menggunakan prosesor i9-12900H, sedangkan varian satunya lagi menggunakan i7-12700H. Wuih, mantap ya, karena prosesor ini biasanya digunakan untuk laptop gaming.

Fyi, ASUS mengeluarkan 2 varian untuk laptop Space Editionnya, yaitu UX5401ZAS-OLEDP911 dan UX5401ZAS-OLEDP711. Perbedaan keduanya terletak pada prosesor dan RAM atau memorinya. Untuk OLEDP911 menggunakan prosesor Intel® CoreTM i9-1290H dengan RAM 32GB, sedangkan pada OLEDP711 menggunakan Intel® CoreTM i7-12700H dengan RAM 16GB. Selain itu, keduanya memiliki spesifikasi dan fitur yang sama. Nah, untuk menyeimbangkan kinerja kedua prosesor ini, ASUS sama-sama menanamkan chip grafis Intel® Iris® Xe di dalamnya. Dengan kolaborasi keduanya, maka laptop ini mampu bekerja dengan performa terbaiknya, tanpa perlu cemas baterainya bakal cepat habis.

Kedua, operating system. Pada ASUS Space Edition ini sudah disematkan OS terbaru dari Windows, yaitu Windows 11 Home. Sedangkan untuk storage atau ruang penyimpanan datanya adalah 1TB, dengan high speed PCle 4.0 SSD. Sudah kebayang ya, seberapa luas ruang penyimpanannya. Dengan kapasitas RAM dan ROM yang dimilikinya, nggak heran kalau laptop ini bakal was wis wuss kerjanya, walaupun saya buka beberapa aplikasi sekaligus. Muaanteb!

ASUS IceCool Technology

IceCool ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Pernah ngerasain nggak, saat laptop lagi recharged, trus bagian bawah laptop terasa panas? Saya sering, dan itu biasanya saat laptop sedang digunakan dan posisi laptop sedang recharged. Ngeri-ngeri sedap kan jadinya. Takut kalau suhunya terlalu panas, bakal ngerusak komponen yang ada di dalamnya. Untuk mengantisipasi hal ini, akhirnya saya menggunakan cooling pad. Cuma repot juga kalau mau dibawa-bawa.

Nah, ASUS mengenalkan teknologi IceCool yang ditanamkan dalam laptopnya. Sistem pendinginnya menggunakan dua kipas, serta dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting di dalam laptop. Yup, semua komponen, nggak hanya prosesornya saja. Jadi nggak ada ‘anak tiri, anak kandung’, semua komponen dikipasi, dan nggak bakal ‘kegerahan’ saat sedang bekerja. Dengan begitu semua komponen bakal bekerja dengan nyaman dan optimal.

Teknologi Keyboard dan Touchpad ASUS ErgoSense

Keyboard dan touchpad ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Pernah dengar tentang istilah ini? ASUS ErgoSense merupakan teknologi yang dirancang khusus oleh ASUS agar pengguna dapat menggunakan keyboard dan touchpad dengan lebih nyaman. Jarak antar tombol di keyboard dirancang secara presisi dan tepat untuk mengetik, permukaan tombol pun dirancang agar jari dapat menyentuh lebih akurat.

Begitupun dengan touchpad-nya, yang berukuran cukup besar, serta dilengkapi dengan NumberPad 2.0. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menginput angka dengan mudah, karena cukup dengan satu sentuhan, touchpad akan berubah menjadi numpad. Dengan teknologi ASUS ErgoSense ini pengguna akan lebih mudah dan nyaman saat bekerja menggunakan laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition.  

Box Asesoris Berfungsi Ganda

Box multifungsi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini dibungkus dalam box spesial berwarna hitam. Di dalam box, terdapat lagi box seukuran laptop berwarna silver dengan desain yang futuristik. Saat box ini dibuka, sisi bagian atas laptop yang ada di dalam box akan otomatis terangkat. Benar-benar terkesan canggih dan mewah. Nah, selain box silver yang berisi laptop, di dalam box hitam terdapat pula berbagai asesoris lainnya, seperti bungkusan plastik futuristik berisikan welcome card, stiker, dan buku panduan, lalu di bagian bawah box terdapat sleeve case laptop,  serta box kecil berisi stylus pen versi terbaru dari ASUS.

Nah, di dalam box ini juga terdapat box persegi berwarna silver, tempat charging-nya. Yang spesial dari box ini adalah fungsi ganda yang dimilikinya. Jadi, selain berfungsi sebagai tempat chargers, box ini bisa digunakan sebagai stand atau dudukan laptop. Ukuran dan sudut kemiringan box ini didesain sedemikian rupa, sehingga saat digunakan dapat mengangkat laptop setinggi 230. Ukuran sudut ini merupakan ukuran yang ideal untuk mengetik dengan nyaman. Reusable dan ramah lingkungan ya!


Spesifikasi Lengkap Laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Spesifikasi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition


Dari tabel di atas, sudah tertera secara lengkap semua spesifikasi yang ada pada laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition, termasuk port untuk input dan output (HDMI, audio, USB, Thunderbolt 4, power, dan micro SD card reader), konektivitas wifi dan bluetooth versi terbaru, kamera 720p HD, baterai 63 WHrs, serta garansi 2 tahun yang berlaku global. Lalu berapa harga untuk masing-masing varian laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini?

Harga ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition untuk varian OLEDP711 adalah Rp 26.999.000,-, sedangkan untuk varian tertingginya, yaitu OLEDP911 di harga Rp 30.999.000,-. Pricey? Kalau melihat dari jumlah angkanya tentu saja cukup menguras kantong ya. Namun jika dibandingkan dengan semua fitur dan spesifikasi yang ada pada laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini, rasanya worth it dengan harganya. Plus desainnya yang modern dan futuristik. Menurut saya laptop ini bisa jadi investasi jangka panjang, dengan semua teknologi tercanggih dan termutakhir yang dimilikinya. Apalagi daya tahannya juga sudah teruji.

Harga ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition
Harga ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

So, jiwa ini meronta-ronta ingin memilikinya. Terkendala dengan budget? Ada solusi paylater, wakaka.... Jika dengan memiliki laptop ini saya atau keluarga saya bisa jadi lebih produktif, why not! Bisa saja nanti balik modal dari hasil ngonten. Yekaan! *teteeup XD Atau kalau perlu saya merayu kepala keluarga aka suami dulu untuk memberikan saya laptop ini sebagai kado ultah? XD Baiklaah, saya akan pikirkan cara ‘terbaik’ untuk memiliki laptop ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini. It must be mine! :D



Sumber foto: pribadi dan ASUS

  • Share:

You Might Also Like

0 comments