Review Luminer Cetak 3D Signify

By Dewi Sulistiawaty - Februari 28, 2021


Huh, suntuuuuk…!

Seriusan, saya bener-bener sudah mulai bosan dengan keadaan ini. Sudah sekitar setahun pandemi melanda. Namun hingga detik ini masih belum juga ada tanda-tanda bahwa keadaan akan kembali normal. Bahkan beberapa waktu belakangan ini malah kasusnya makin melonjak naik. Kekesalan saya pun tertuju pada mereka yang bandel, yang tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Awal-awal pandemi, hingga kemudian pemerintah mesti memberlakukan PSBB, saya masih bisa santuy. Enjoy malah, karena saya seperti diberi waktu untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga. Selain berkutat dengan laptop, saya pun mengisi hari-hari dengan hobi baru – dan ini memang tren sejak pandemi, yaitu berteman dengan tanaman.

Saya juga mulai rajin memasak makanan yang sangaat sangat jarang saya bikin, seperti lontong (biasanya beli yang sudah jadi, haha), Sate Padang, Gulai Korma, dll. Saya pun mencoba menu-menu masakan yang baru, dan juga bikin aneka kue. Ada yang sekali bikin langsung berhasil, dan ada juga yang gagal, haha…

Belum lagi menjadi ‘guru’ bagi Najwa yang mesti menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), karena beberapa gurunya ada yang cuma membagikan materi dalam bentuk video atau PowerPoint, lalu memberikan tugas yang tidak ada di dalam materi. Gimana cobak! Khususnya untuk pelajaran math dan sains yang memang butuh penjelasan agar ia benar-benar mengerti.

Dilanjutin yaa, baca keluh kesah saya, biar puas haha…. Jadi ceritanya saya tuh mulai bosan, jenuh dengan semua rutinitas ini. Pengen banget hangout, jalan-jalan, dan pulkam, tapi belum bisa. Atau refreshing melakukan kegiatan lain yang lebih mengasyikkan, tapi apa?


Baca juga Philips MyCare LED, Terinspirasi Bunga Matahari

Luminer Cetak 3D Signify

Hingga beberapa hari belakangan ini, dimana hujan sepertinya enggan untuk berhenti, saya kepikiran untuk mendekorasi ulang rumah. Beberapa perabotan saya pindahkan letaknya, ada dekorasi juga yang perlu diganti dan ditambahkan. Kegiatan ini sangat mengasyikkan dan lumayan menyita waktu, sehingga untuk sesaat saya bisa melupakan kesuntukan yang saya rasakan.

Jika biasanya saya belanja online untuk membeli kebutuhan rumah tangga dan makanan siap saji, maka sekarang ditambah lagi dengan melirik berbagai furnitur, barang-barang dekorasi, dan pernak pernik lainnya di internet, hihi. Tapi kegiatan ini sungguh menyenangkan, really! Sama menyenangkannya dengan melihat-lihat perabotan makan. Ternyata banyak juga ya perabotan dan dekorasi cantik, unik, dan lucu berseliweran di internet.

Luminer (tudung atau rumah lampu) Signify (Philips Lighting) ini nih misalnya. Ternyata kita bisa custom desain luminernya, lho! Jadi, saya tuh bisa berinovasi dengan bentuk, begitu pun dengan bahan dan warnanya, semua bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan saya. Asyik banget deh! Dan ini berkat teknologi pencetakan 3D yang dimiliki oleh Signify *luv.

Luminer Cetak 3D Signify
Proses printing Luminer Cetak 3D Signify

Seperti biasa, sebelum memesan sebuah produk atau apapun itu, saya selalu mencari informasi yang selengkap-lengkapnya, biar gak kecewa setelah membelinya. Iyaa, sama seperti memilih pasangan, mesti dikulik, diselidiki, dan dicari informasi yang sedalam-dalamnya mengenai si Dia, biar gak nyesel dan kecewa belakangan, haha….

So, dari informasi yang saya peroleh, didapatlah fakta bahwa ternyata Albert Heijn, sebuah jaringan supermarket di Belanda juga menggunakan luminer cetak 3D Signify ini. Begitupun dengan toko ritel asal Inggris M&S (Marks and Spencer). Pasti pada tau dong dengan toko ritel satu ini. Mereka telah memasang 11.000 luminer cetak 3D Signify ini di toko mereka yang tersebar di Inggris, seperti di London, Manchester, dan Belfast, serta Dublin dan Cork di Irlandia.

Luminer Cetak 3D Signify
3D Printed Luminaires in Albert Heijn Store

Yang ada dipikiran saya tuh, jika saya juga memasang luminer cetak 3D Signify ini di rumah, saya bisa berasa sama kerennya dengan toko ritel ternama itu dong ya, haha…. Tapi karena saya sudah lama mengenal dan menggunakan produk-produknya Philips Lighting yang sekarang berganti nama menjadi Signify, jadi saya sudah yakin sih sebenernya dengan kualitas produk-produknya. Cuma ya bukan saya namanya kalau gak mencari informasi lebih detil dari produk yang saya inginkan.

Nah, lanjut ya mengenai luminer cetak 3D dari Signify ini. Kenyataan lain yang saya peroleh adalah bahwa ternyata luminer cetak 3D Signify ini bisa didaur ulang, lho! Ini baru keren banget! *two tumbs up for Signify*. Saya sangaaat sangat mendukung perusahaan atau siapa pun yang mendukung konservasi lingkungan.

Fyi, luminer cetak 3D Signify terbuat dari bahan polikarbonat, which is bobotnya lebih ringan, atau dua pertiga dari bobot luminer konvensional. Pemilihan polikarbonat sendiri selain ringan, juga aman, dan bahannya 100% bisa didaur ulang. Jadi kalau sudah diakhir masa pakainya, atau kalau kita sudah bosan dan mau ganti model luminernya, kita bisa balikin luminernya ke Signify untuk didaur ulang.

Karena bahannya yang ringan, maka saat pengiriman dan pengangkutan luminer cetak 3D Signify ini tidak banyak menggunakan bahan bakar, sehingga dapat menghemat 35% emisi karbon. Begitupun saat didaur ulang, luminer berbahan polikarbonat ini tidak membutuhkan banyak energi untuk menguraikannya menjadi bagian dan potongan-potongan kecil. Jika semua aktivitas ini ditotalkan, maka Signify telah mengurangi sekitar 75% jejak karbon, mulai dari memproduksi bahan, transportasi, hingga proses daur ulangnya.

Sebagai perusahaan pencahayaan terkemuka dunia, ternyata Signify menjadi yang pertama dalam memproduksi luminer cetak 3D. Sepertinya Signify benar-benar berkomitmen terhadap konsumsi dan produksi bertanggung jawab, dengan produk yang dapat dicetak ulang, diperbarui, dan didaur ulang, sesuai dengan agenda SDGs nomor 12 dari 17 goals yang dicanangkan oleh United Nations (PBB).

Dengan begitu bisa dikatakan kalau Signify telah mendukung ekonomi sirkular. Signify juga menargetkan akan menggandakan pendapatan sirkularnya menjadi 32% di tahun 2025 nanti, sebagai bagian dari program keberlanjutan Signify, yaitu Brighter Lives, Better World 2025.

Makin mantap dan yakin deh saya untuk memesan dan memiliki luminer cetak 3D di rumah. Selain bisa untuk mempercantik ruangan, dengan menggunakan luminer cetak 3D berarti saya sudah ikut berkontribusi mengurangi jejak karbon, untuk bumi yang lebih baik.


Baca juga Tip Menjaga Mata Supaya Tetap Sehat


Cara Order Luminer Cetak 3D Signify

Pertama-tama saya intip dulu nih lokasi store yang melayani pemesanan luminer cetak 3D Signify (kamu juga bisa cek di bit.ly/Toko3DPrinted). Dan saya menemukan 3 store terdekat dari rumah, yaitu Philips Home Lighting Store di Fatmawati, Mitra10 Fatmawati, dan Toko Sinar Sakti di Kemang.

Saya pun meluncur ke bit.ly/3DPrintedConfiguration untuk create desain, bentuk, tekstur, dan warna luminer yang saya inginkan. Jika sudah, save kode konfigurasinya. Selanjutnya, saya mesti ke store Philips Lighting untuk menyerahkan kode konfigurasi. Karena lokasinya yang tidak begitu jauh, dan disertai dengan keinginan yang kuat untuk memiliki kamu eh maksudnya luminer cetak 3D, maka dengan prokes yang ketat, saya pun meluncur ke store Philips di Fatmawati.

Sesampai di sana, saya tinggal menyerahkan kode konfigurasi, dan membayar orderan sesuai dengan harga yang tertera di website Philips tadi.  Di store Philips Lighting ternyata juga disediakan PC bagi yang ingin custom atau create desain luminer cetak 3D di sana. Selanjutnya saya tinggal menunggu pesanan saya diproses dan diantarkan ke rumah. Untuk proses pencetakan dan pengiriman memakan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu.

 

Review Luminer Cetak 3D Signify

Paket luminer cetak 3D Signify sudah mendarat cantik di rumah. Paket dikemas dengan baik dan aman. Di dalamnya terdapat 1 set produk luminer cetak 3D Signify sesuai dengan model dan warna yang saya pesan, lengkap dengan komponen-komponen lainnya, seperti soket, mounting, kabel, dan jaring kerah dekoratif.

Luminer Cetak 3D Signify

Luminer Cetak 3D Signify
1 set Luminer Cetak 3D Signify

Luminer cetak 3D Signify berwarna rose gold yang saya order ternyata memang seringan itu, gak seberat luminer yang biasanya saya pernah pegang. Jadi, lumayan enteng untuk dibawa nangkring di plafon rumah, sehingga gak begitu membebani hidup si plafon.

Nah, untuk pemasangan, khususnya bagian mounting dan kabel ke titik listrik di plafon, sebaiknya diserahkan saja pada teknisi atau ahlinya, yang memang mengerti cara memasangnya. Jika kabel, mounting, dan fitting sudah terpasang baik di plafon, saya bisa kok memasang sendiri luminer dan juga lampunya. Tinggal masukkan luminer melewati kabel fitting, lalu pasang jaring kerah dekoratif untuk menahan fitting agar tidak lepas dari luminernya. Udah deh, tinggal pasang lampunya.

Dari info yang saya dapatkan dari store, untuk lampu disarankan agar menggunakan lampu Philips LED, atau lebih bagus lagi kalau pakai lampu Philips Hue, karena bisa diatur tingkat kecerahan dan warnanya lewat aplikasi di smartphone. Selain hemat energi dan memiliki masa pakai yang lama, lampu Philips LED ini lebih ramah lingkungan.


Baca juga Jika Rumahku Menggunakan Philips Hue

Luminer Cetak 3D Signify
Luminer Cetak 3D Signify

Setelah dipasang, ruangan di rumah terlihat lebih cantik dan elegan. Cahaya lampu yang terpancar dari luminer menjadi lebih fokus ke area yang diinginkan, plus dengan lampu Philips LED EyeComfort-nya membuat mata saya menjadi lebih nyaman saat membaca. Jika nanti saya ingin mengubah dekorasi lagi, dan mau mengganti luminernya dengan model lain, tinggal kasih aja ke Signify buat di daur ulang di fasilitas Signify. Nanti bahan daur ulangnya dapat digunakan lagi untuk memproduksi luminer cetak 3D yang baru.

Hingga saat ini saya masih asyik mendekorasi ulang rumah. Namun jika kegiatan ini sudah kelar, saya sepertinya akan beralih membaca novel-novel yang sudah lama tidak saya baca, dan selama ini teronggok begitu saja di rak. Maybe akan beli novel baru juga. Keberadaan luminer cetak 3D Signify membuat mood membaca saya terjaga, dan juga membuat rumah saya menjadi tempat yang lebih nyaman untuk beraktivitas.

Luminer Cetak 3D Signify

  • Share:

You Might Also Like

0 comments