ICITY dari Indosat, Bukan Sekedar Forum Solusi

By Dewi Sulistiawaty - Februari 08, 2015

Bertempat di gedung Indosat Jakarta telah diselenggarakan sebuah event #DigitalCommunity Hangout With Forum ICITY pada hari Sabtu (7/2/15). Hadir sebagai narasumber mba Gina atau lebih dikenal dengan nama DJ Gina selaku Community Manager Indosat dan mba Hera Laxmi Devi, Div. Digital Marketing Indosat. Acara ini ditujukan untuk memperkenalkan Forum ICITY kepada Komunitas Digital.
Awalnya Forum ICITY ini bernama Forum Ngobrol Bareng yang launching pada tahun 12 September 2012. Namun kemudian pada tanggal 27 Mei 2013 resmi berubah menjadi Forum ICITY dan menajamkan fungsinya sebagai online support community.

"Forum ICITY merupakan produk favorit kami dari Indosat. Blog saat ini merupakan media yang mulai didengar dan itu merupakan bukti bahwa komunitas digital yang ada saat ini sudah tidak dipandang sebelah mata. Dan forum merupakan salah satu basis komunitas terbesar yang ada di Indonesia," kata mba Gina.

"Indosat mempunyai basis kekeluargaan yang begitu banyak dan mereka butuh satu tempat atau 'rumah' sehingga terbentuklah Forum Ngobrol Bareng yang kemudian berganti jadi ICITY dan bisa di akses di www.icity.indosat.com," jelas mba Gina lagi.

Forum ICITY merupakan forum berbasis solusi pertama di Indonesia. Solusi yang bisa kita dapatkan di Forum ICITY adalah berupa solusi tentang gadget dan teknologi dari semua OS. Di Forum ICITY 3.0 ini juga ada sebuah kanal baru yaitu Gadget dan Techno. Bagi yang hobi menulis review dan informasi tentang teknologi serta perkembangan dunia digital bisa bergabung di kanal ini.

Selain gadget dan teknologi, ada juga kategori layanan Indosat. Bagi yang mengalami gangguan mengenai layanan Indosat atau bagi yang ingin berlangganan paket terbaru dari Mentari atau ingin mengetahui informasi tentang Superuser (level di Forum ICITY) bisa mampir di layanan Indosat.

Sementara kategori yang ketiga adalah Komunitas. Di sini kita dapat mengetahui informasi tentang komunitas keluarga Indosat. Ingin mengetahui tentang event atau pengumuman terbaru dari ICITY bisa kita intip di sini. Lalu di Forum ICITY 3.0 ini juga ada kategori Blog. Jadi bagi para blogger bisa menulis juga di sini :)

Forum ICITY tidak hanya berisikan solusi mengenai layanan Indosat, gadget, tekno dan solusi namun juga ada kanal grup. Sosial grup terdiri dari 5 yaitu Travel dan Culinary, Music dan Movies, Smartphone Photography, Automotive dan Football Fans.

"Dalam Forum ICITY yang dikedepankan adalah semangat komunitas," kata mba Gina.

Forum ICITY ini juga mendapatkan Telecom Asia Award 2014 untuk kategori Most Advance Approached to Customer Experience Management dari Telekom Asia, karena Indosat menjadi satu-satunya operator yang memberikan tips lebih kepada para pelanggannya melalui forum solusi ini. Jadi selain melayani pelanggan di media sosial, Indosat juga memfasilitasi customer dengan forum ICITY.

Saat ini ada lebih dari 2000 solusi yang sudah diverifikasi dan sudah ada di forum solusi. Di forum solusi ini terdapat bank solusi yang dapat membantu pelanggan untuk mencari kategori yang diinginkan melalui label yang sudah tersedia di sana. Dan saat ini sudah terdapat lebih dari 18.000 members yang bergabung di forum solusi dengan 95.000 postingan. Dengan 8 juta page views yang dimiliki Forum ICITY 3.0 saat ini, maka para blogger bisa membangun personal branding melalui tulisannya di sini :)

"Saat ini kita belum mempunyai aplikasi ICITY untuk mobile, namun bagi yang mau buka ICITY lewat mobile tidak perlu mengetik m.icity.indosat karena bisa langsung ketik icity.indosat.com dan tampilannya akan langsung menyesuaikan dengan layar mobile-nya," ungkap mba Gina.

Akan release pada tanggal 9 Februari ini level baru ICITY 3.0 dengan memberikan privilege dan reward kepada Superuser yang telah memberikan kontribusi terbaiknya lewat komunitasnya masing-masing.

Sementara Mba Hera mengatakan bahwa blog dan blogger itu dapat mengubah situasi politik dan sosial dengan kemampuan menulisnya (mengubah dengan konten). Berdasarkan riset ternyata 81% populasi online percaya pada informasi yang di dapat dari blog. Karena iklan menurut mereka pasti akan mengulas yang bagus-bagus tentang suatu produk, namun blogger menuliskannya di blog sesuai dengan apa yang mereka rasakan dan akan ditulis dengan sejujur-jujurnya, sehingga kredibilitasnya lebih tinggi dibandingkan iklan/ pemasang iklan. Sedang 61% populasi online melakukan pembelian atas rekomendasi dari blogger. 86% influencer itu adalah blog, jadi blogger lewat tulisannya dapat mempengaruhi orang lain.

"Blog itu mempunyai banyak manfaat yaitu untuk sharing, connected, create dan inspire," jelas mba Hera.

"Tujuan utama ngeblog selain ingin mengekspresikan diri adalah ingin sharing pengetahuan supaya lingkungan kita menjadi lebih baik, membuat society/ masyarakat kita menjadi lebih baik, lebih maju dan berpengetahuan," lanjutnya.

Satu info menarik lagi, Justin Hall ternyata adalah orang pertama yang mulai ngeblog atau founding father of personal blogging. Ia mulai ngeblog pada tahun 1994. Woow! :)

Semangat antara blogger dan Indosat sebenarnya memiliki value yang sama yaitu sama-sama ingin membuat hidup masyarakat menjadi lebih baik. Indosat dengan semua teknologi yang dihasilkannya ingin membuat hidup masyarakat menjadi lebih mudah, lebih maju dan lebih berwarna, salah satu contohnya adalah dengan Forum ICITY ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar