Akhirnya, Nemu Cara Praktis Buka Rekening Bank

By Dewi Sulistiawaty - Januari 17, 2015

Apes! Mungkin itulah yang terjadi pada saya. Beberapa minggu yang lalu, kartu ATM yang saya miliki tidak bisa digunakan lagi karena sudah masuk masa kadaluarsa. Ketika saya coba urus ke bank yang bersangkutan ternyata saya diharuskan mengurus ke bank di daerah tempat saya buka rekening. Padahal saya mendaftar di kampung saya yang jauh di seberang pulau sana. Aduuh.. saya bingung harus bagaimana. Selain jauh, waktu juga tidak memungkinkan saya untuk pulang ke kampung cuma buat mengurus ATM doang :(
Saya coba mendaftar lagi dengan buka rekening baru (masih di bank yang sama), namun KTP yang saya miliki masih KTP dari daerah asal saya, daerah yang sama di mana awal saya buka rekening dulu. Dan KTP ini ternyata tidak bisa digunakan untuk buka rekening di bank tersebut. Kalau pun bisa, saya diharuskan untuk melampirkan surat keterangan kerja. Dan beberapa bank yang lain pun saya dengar juga seperti itu. Ya ampuun...mau nabung aja kok susah banget yah? :( Yang ada akhirnya saya pasrah, harus bolak balik ke bank buat melakukan transaksi (seperti kembali ke zaman baheula).

Sempat kepikiran apa saya musti nabung pake celengan ayam aja yah? Tapi setelah dipikir-pikir, gak mungkin juga. Ntar gaji saya gimana cara transfernya? Kan gak mungkin nyuruh si celengan ayam buat terbang dulu ke kantor :D

Suatu hari seorang teman kerja cerita kalau dia baru saja buka rekening baru di salah satu bank. Saya pun nyeletuk, "Ngantri berapa lama kamu?"

"Gak pake ngantri lagi! Saya registrasi-nya online kok!" jawabnya sambil senyam-senyum.

"Emang ada bank yang bisa buka rekening online begitu?" cetus saya masih dengan santainya."Palingan ntar ada biaya macem-macemnya lagi."

"Ada lah! Eit, saya gak dikenakan biaya sepeser pun lho!" cibirnya. "Udah ah, saya mau ke toilet dulu, dah kebelet nih! Kalo kamu mau tau info yang komplit, noh! buka saja web nya www.banksinarmas.com".

Setelah ditinggal ngibrit ke toilet sama teman, saya pun iseng buka web yang barusan dibilangnya. Antara penasaran dan gak percaya gitu. Masa ada sih bank yang bisa buat kita buka rekening dengan cara semudah itu. Saya coba klak klik dan baca dengan teliti.

Sejauh ini masih oke. Setoran awalnya sangat murah, cuma Rp 50.000,- saja. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk penarikan tunai di ATM, pun tidak ada biaya untuk transaksi belanja, ada Simaskey-nya untuk keamanan belanja online, trus ada mobile banking-nya juga. Oke, lanjut! Penasaran dengan syarat-syaratnya saya pun klik 'Registrasi'. Nah, ini tampilannya :

Cuma mengisi formulir aplikasi nasabah. Trus dalam syarat-syaratnya tidak ada lagi yang lain selain menyiapkan KTP. Dan dapat informasi tambahan lagi dari syarat no.5 bahwa kartu ATM dan PIN mailer akan diantarkan langsung ke nasabah sesuai dengan alamat yang diminta ketika petugas Bank Sinarmas menghubungi kita nanti. Waah, asyik bener nih! Bikin saya makin tertarik. Eit, tapi tunggu dulu, "Jangan-jangan biaya administrasi bulanan rekeningnya gede nih!" pikir saya.

Saya pun lanjut klak klik lagi web Bank Sinarmas. Nah ini dia, ternyata untuk biaya administrasi rekening free alias gretongan! Yeey...akhirnya saya bisa punya kartu ATM lagi nih! Tanpa perlu repot-repot ngantri di Bank, atau nyiapin dokumen-dokumen yang ribet, bahkan plus pake dianterin lagi kartu ATM dan PIN mailer-nya. Asiik...asiiik...buka rekening aah! :)

Setelah saya mengisi 'Formulir Aplikasi Nasabah', mencentang persetujuan syarat dan ketentuan, saya pun meng'klik' 'Kirim Form Aplikasi'. Tak selang beberapa menit saya pun dapat email dari care@banksinarmas.com untuk melakukan setoran awal dengan nominal Rp 50.000,-. Untuk melakukan setoran bisa dilakukan langsung ke Bank Sinarmas atau melalui bank lain atau bisa juga transfer via ATM, Internet Banking, dan lain-lain. Waktu yang diberikan untuk penyetoran juga lumayan lama yaitu 30 hari sejak kita terima email dari Bank Sinarmas.

Setelah saya melakukan setoran, saya dapat email lagi dari care@banksinarmas.com bahwa permohonan saya akan diproses paling lambat 5 hari kerja. Dan di email saya juga diingatkan agar selalu mengaktifkan handphone selama proses tersebut, agar petugas bisa menghubungi saya, untuk mengkonfirmasi kapan dan dimana bisa 'ngedate' dengan saya untuk penyerahan kartu ATM dan PIN mailer...hehehe :D Sipplah, tinggal nunggu dihubungi petugas Bank Sinarmas deh! Mudah dan praktis banget! :)

Oh iya, sedikit informasi nih jika masih bingung, bisa ditanyakan langsung via Customer Care Bank Sinarmas 500153 atau 021-50188888 atau via media sosial Bank Sinarmas: Facebook Digital Banking Bank Sinarmas dan Twitter @DB_Sinarmas

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar