Teh Javana, Cita Rasa Teh Asli Indonesia

By Dewi Sulistiawaty - Januari 14, 2015

Bicara tentang teh, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa teh itu punya sejarah yang sudah sangat tua. Teh di kenal pertama kali di China pada 5000 tahun yang lalu. Dari China dibawa ke Jepang, Korea, hingga sampai ke Indonesia. "Di masing-masing negara punya upacara minum teh nya sendiri-sendiri. Dan masing-masing negara juga bangga akan tradisi minum teh mereka, termasuk Indonesia," kata Retno Soemantri selaku Konsultan serta ahli teh pada saat launching Teh Javana di The Lounge Studio XXI, Plaza Senayan, Rabu (14/1).

Pada abad ke-16 M hanya kalangan bangsawan dan raja yang dapat minum teh. Ketika itu di Eropa ini menjadi komunitas yang sangat dicari dan harganya sangat mahal. Namun mereka terkendala lahan yang tidak cocok untuk menanam teh sehingga mereka mencari tanah yang cocok dan salah satunya adalah Indonesia. Kebun teh pertama kali di Indonesia adalah di Jawa, sekitar awal tahun 1800. Dan pada tahun 1830-an, teh Indonesia sudah di ekspor ke negara-negara di Eropa, termasuk Belanda.

Teh Indonesia punya cita rasa tersendiri, yaitu dengan karakter teh yang lebih kuat atau lebih 'kental' dibandingkan dengan teh dari negara lain. "Aromanya juga sangat berbeda. Dan ini mungkin dipengaruhi dari karakter tanah dan iklim negara masing-masing," jelas Retno.

"Untuk kualitas teh yang bagus, setelah kita mengkonsumsinya, kita akan merasakan efeknya di badan kita. Selama ribuan tahun, teh di percaya mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Teh hijau bahkan dapat membantu meningkatkan kosentrasi kita," lanjut Retno.

Tohpati yang dirangkul oleh Wings Food untuk meramu jingle Teh Javana dengan menggubah lagu 'Zamrud Khatulistiwa' karya Guruh Soekarno Putra mengatakan bahwa pertama kali tertarik dengan jingle ini karena lagu-nya yang sangat melegenda.

"Saya sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau budaya. Produk ini mengangkat budaya Indonesia, makanya saya tertarik. Apalagi lagu 'Zamrud Khatulistiwa' adalah lagu kesukaan saya. Tanpa menggunakan alat musik tradisional pun, lagu ini sudah punya kekuatan tradisional dengan notasi yang pentatonis," kata Tohpati.

Sementara Aristo Kristandyo selaku Group Head of Marketing Beverages Wings Food mengatakan bahwa Wings Food memiliki perhatian terhadap potensi Indonesia dari segala bidang yang sudah diakui di dunia internasional. Untuk itulah Wings Food mempersembahkan Teh Javana yang merupakan cita rasa asli Indonesia. Teh Javana dengan sensasi wangi ketika pertama kali teh diseduh merupakan nikmat tersendiri.

Untuk itu Wings Food menggandeng Tohpati, Maudy Ayunda sebagai Brand Ambassador Teh Javana dan Raden Sirait sebagai perancang busana batik khas Javana.

"Saat ini teh Javana di bandrol dengan harga Rp 3000,-. Kami berharap, Wings Food dapat memberikan sumbangsih nyata terhadap Indonesia untuk memajukan potensi teh Indonesia di dunia Internasional," pungkas Aristo.

Indonesia merupakan negeri dengan potensi alam yang luar biasa. Dengan ratusan suku bangsa dan bahasa. Namun dengan segala potensi kekayaan yang ada, apakah kita mengetahui dan mengenal potensi tersebut serta bangga menjadi bangsa Indonesia? 'ManaIndonesiamu' adalah gerakan untuk menyadarkan anak bangsa agar bangga dengan segala potensi, kekayaan budaya, komunitas sampai potensi sumber daya manusia Indonesia.

Dengan menggunakan beberapa channel sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, kita diajak untuk berbagi cerita, foto, video mengenai segala potensi Indonesia. Hingga hari ini terkumpul 6500 cerita dalam kurun waktu 17 hari dari seluruh anak bangsa yang menunjukkan kebanggannya terhadap Indonesia. Seluruh cerita yang masuk melalui sosial media akan terkumpul dalam www.ManaIndonesiamu.com. Di dalam ManaIndonesiamu kita dapat menemukan semua keindahan dan kekayaan Indonesia. Kita juga dapat langsung berbagi cerita tentang semua kekayaan Indonesia. Dengan berbagi cerita maka dunia akan melihat betapa indah dan megahnya Indonesia.

Wings Food berkomitmen untuk terus membangkitkan semangat bangsa untuk terus bangga akan kekayaan dan potensi Indonesia.

ManaIndonesiamu merupakan kampanye digital Wings Food dalam rangka menuangkan rasa bangganya terhadap Indonesia. Kampanye ini sendiri sudah di mulai sejak Desember 2014. Mari berpatisipasi dalam memajukan potensi dan budaya Indonesia dengan membagikannya pada dunia. Ikuti sosial media ManaIndonesiamu di :

Facebook : manaIndonesiamu
Twitter : @manaIDmu
Instagram : @manaIndonesiamu

Jangan lupa untuk mencantumkan hashtag #manaIndonesiamu dan #manaIDmu dalam caption postinganmu!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar