Indosat Manjakan Pelanggannya dengan Modernisasi Jaringan

By Dewi Sulistiawaty - Februari 16, 2015

Saya termasuk orang yang suka pilah pilih dalam membeli suatu produk. Maunya barang yang berkualitas namun harganya murah hehe... Semua juga maunya begitu kali ya :D Yah paling nggak kalau pun produknya sedikit mahal, kualitasnya baguslah.

Apalagi untuk membeli gadget. Saya akan ngulik-ngulik dulu di google. Cari yang spesifikasinya paling cakep dengan harga yang lumayan murah. Namun tentu saja untuk smartphone yang harganya murah akan membuat saya bertanya-tanya, kenapa bisa murah, pasti ada kekurangan dari produk ini. Saya akan mulai mencari dan membaca berbagai review produk tersebut hingga menemukan kekurangannya yang tidak tereksplor. Tak lupa juga bertanya pada teman-teman saya yang tahu mengenai produk tersebut. Jika saya tidak menemukan kekurangan, dengan spesifikasi yang bagus dan harga yang pas di kantong, baru saya akan membeli produk tersebut. Itu pun belinya bukan di sembarang toko. Tapi di toko yang terpercaya, untuk menghindari agar tidak sampai ketipu dan salah beli barang yang palsu.
Begitu juga dengan pilah pilih kartu provider. Percuma pakai smartphone bagus jika tidak ditunjang dengan provider yang bagus juga. Sama seperti memilih smartphone, saya akan cari kekurangan dan kelebihan dari provider yang tersedia. Bertanya pada teman-teman, mereka menggunakan kartu apa, apa ada kendala ketika menggunakan provider tersebut, apa saja layanannya, dan lain sebagainya. Dan entah kenapa sebagian besar teman saya merekomendasikan provider si kuning.

Kata mereka sinyalnya kuat, di kantor maupun di rumah. Pilihan paket internetnya pun banyak dan murah dengan kecepatan DC-HSPA+ hingga 42 Mbps. Satu kali aja SMS berbayar bisa dapat 1000 SMS gratis. Malah sekarang Indosat mulai memodernisasikan jaringannya.

Kemarin baru saja Indosat menyelesaikan program Modernisasi Jaringannya di 23 kota di seluruh Indonesia. Menurut informasi yang saya dapat, Indosat menggunakan teknologi U900 dan DC-HSPA+ sehingga mampu mencapai kecepatan hingga 42 Mbps dan memberikan kualitas sinyal yang lebih baik di indoor maupun di outdoor. Ini tentu saja juga meningkatkan kualitas layanan suara, SMS dan juga data.

Saya tentu saja tidak percaya begitu saja. Dan seperti mendengar perkataan saya, Indosat melakukan uji kualitas suara dengan menggunakan fitur HD Voice lewat drive test menggunakan transportasi kereta dengan jalur Jakarta-Bekasi. Kenapa harus transportasi kereta ya? Dan kenapa jalur yang digunakan Jakarta-Bekasi? Ternyata moda kereta dengan jalur Jakarta-Bekasi merupakan moda transportasi utama di Jakarta yang banyak digunakan oleh masyarakat di sekitar Jabodetabek. Sehingga perlu dipastikan bahwa di jalur padat ini, pelanggan Indosat mendapatkan kualitas layanan terbaik. Sekaligus buat menguji bahwa di dalam kereta (indoor) jaringan HD tetap bagus.

Fitur Voice HD adalah fitur untuk meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jernih, dengan mengaktifkan AMR WB (Adaptive Multi Rate Wideband) sehingga aplikasi voice dari maksimum 3400 Hz bisa menjadi dua kali lipat yaitu 7000 Hz.

Fitur ini bisa dinikmati pelanggan Indosat yang menggunakan handset yang telah mensupport fitur HD Voice, baik handset si pemanggil maupun si penerima. Umumnya smartphone yang keluar sejak pertengahan tahun 2012 sudah menunjang fitur HD Voice.

Selama perjalanan drive test ini berlangsung bisa dilihat pada data di layar bahwa kecepatan maksimum bisa mencapai 23,3 Mbps, kecepatan download rata-rata mencapai 9,23 Mbps, You Tube HD tanpa buffering, HD Voice bekerja di sepanjang perjalanan, pengukuran terhadap network didapatkan Voice Quality (MOS) berada di level yang 'sangat baik' yaitu di level 4-5 yaitu mencapai 59%, dan di level yang 'baik' yaitu 3-4 yaitu mencapai 39%. Dan berdasarkan data dan perbandingannya dengan provider lainnya bisa dibenchmark bahwa Indosat merupakan yang terbaik.

Setelah dilakukan drive test ini tentu saja sudah merupakan pembuktian yang nyata menurut saya. Sekarang tinggal gunakan Indosat dan membuktikannya sendiri. Gak sabaran untuk mencoba nonton film di you tube tanpa buffering atau menelpon ke kampung dan mendengar suara ibu seperti ibu benar-benar berada di hadapan saya :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar