Jumat, 03 Juni 2016

Resep Vegetable Tempura, Menu Praktis untuk Sahur dan Buka Puasa

Horee...puasa tinggal beberapa hari lagi. Ada yang santai aja, ada juga yang sibuk dengan berbagai persiapan. Salah satunya adalah persiapan untuk santap sahur dan buka puasa. Biasanya sih kaum  hawa nih, yang suka hunting-hunting resep masakan 😁

Saya sudah punya beberapa resep masakan yang praktis dan mudah untuk diaplikasikan. Resep ini saya dapatkan dari Chef Citra saat saya mengikuti Cooking Class  di Kemang kemarin.

Ada 4 menu masakan praktis yang saya dapatkan. Dan selama bulan puasa ini, saya akan membagikan keempat resep masakan tersebut satu persatu, agar teman-teman juga dapat membuat masakan yang enak dan praktis di rumah.

Untuk menu yang pertama, saya akan memberikan resep Vegetable Tempura. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, cuss....

Vegetable Tempura



Bahan-bahan :
- Udang ukuran sedang 10 buah (sesuai selera).
- Wortel, iris serong.
 - Terong Ungu, iris sering atau bisa juga di potong dan dibentuk seperti kipas.
- Brokoli, potong per kuntum.
- Minyak goreng.
- Sriboga EasyMix Japanese Tempura.
- Air dingin

Cara membuat :
- Udang dibersihkan kulitnya. Lalu untuk membuat udang lurus, balikkan udang dan iris kecil-kecil di sepanjang bagian perutnya. Balikkan lagi, lalu tekan punggung udang hingga lurus merata.
- Siapkan 2 buah mangkok untuk menuangkan Sriboga EasyMix Japanese Tempura.
- Mangkok yang pertama untuk adonan basah. Tuangkan kira-kira 6 sendok makan Sriboga EasyMix Japanese Tempura ke dalam mangkok. Masukkan air dingin secukupnya, lalu diaduk sampai adonan terasa sedikit mengental, jangan sampai terlalu encer ya. Kenapa musti pakai air dingin ya? Sebagai informasi, air dingin dapat membuat masakan menjadi lebih krispi saat digoreng 😉


- Sedangkan mangkok yang kedua untuk adonan kering. Cukup tuang sekitar 2 sendok makan Sriboga EasyMix Japanese Tempura ke dalam mangkok.
- Selanjutnya masukkan udang ke dalam adonan kering. Istilahnya si udang ditepungi atau dibedaki gitu 😁

- Setelah dibedaki, celupkan satu persatu udang ke dalam adonan basah, hingga udang tertutup seluruhnya oleh adonan.
- Lalu masukkan perlahan udang yang telah dicelup tadi ke dalam penggorengan yang berisi minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya.
- Goreng udang, sampai udang terlihat berwarna kuning keemasan. Sebaiknya gunakan minyak goreng yang cukup, agar udang bisa masak secara merata keseluruhannya.
- Setelah matang, angkat udang. Lakukan hal yang sama untuk semua sayuran, yaitu wortel, terong ungu, dan brokoli. Bedaki, celup ke adonan basah, lalu goreng hingga berwarna kekuningan.
- Selesai. Vegetable Tempura siap di santap dengan saos kesukaan masing-masing 😊

Udang beserta sayuran dapat ditata sesuai selera. Boleh digarnis dengan aneka sayuran lainnya, seperti irisan tomat, mentimun, dan selada. Untuk udang bisa diganti dengan bahan seafood lainnya, seperti cumi. Begitu juga dengan sayurannya.


Nah, cepat dan praktis kan 😊 Rasanya juga tak kalah enak dengan masakan ala resto-resto terkenal. Menu ini bisa dijadikan salah satu menu andalan untuk sahur dan buka puasa nanti.

Untuk menu harian juga bisa. Apalagi untuk si kecil yang susah makan sayur. Dengan rasanya yang enak dan krispi, akan membuat si kecil suka makan sayur yang ditepungi ini.

Kenapa saya menggunakan Sriboga EasyMix? Karena selain udah ada logo halalnya, tepung bumbu Sriboga EasyMix tidak mengandung pengawet dan MSG, jadi aman untuk si kecil 😊

Sebelumnya Sriboga EasyMix hanya melayani pelanggan business to business, salah satu pelanggannya adalah Pizza Hut. Namun saat ini Sriboga EasyMix sudah mulai di-supply secara retail juga. Jadi bagi yang mau mendapatkan produk Sriboga EasyMix, bisa dicari di ranch market dan food hall, atau bisa juga dengan cara online di mataharimall.com dan tokopedia.

Selamat berpuasa yaa, dan selamat mencoba 😊

1 komentar:

  1. Jadi urutannya dicelupkan kedalam tepung kering terlebih dahulu ya baru setelah itu baru dimasukan ke dalam tepung basah. Wah saya baru tahu kalau membuatnya seperti ini. Pantas udang tepung saya tidak pernah cantik :)

    BalasHapus