Sabtu, 24 Oktober 2015

Belajar Etika dan Berpenampilan Bersama Pixy dan IWITA

Wanita cantik itu nggak melulu dilihat dari seberapa banyak dan mahal riasan yang menempel di wajah ataupun tubuhnya. Ada hal yang perlu diperhatikan, seperti etika bersikap, etika berpenampilan, bertutur dan lain-lain.

Ada filosofi mengatakan bahwa kesan pertama orang terhadap kita, dilihat atau dinilai dari cara kita berpenampilan. Penampilan itu memang penting, bukan saja untuk bisnis, tapi juga buat diri kita sendiri. Kalau kita nyaman dengan penampilan kita, sesuai dengan penggunaannya, atau paling tidak ukuran baju yang kita pakai itu pas, maka kita akan merasa nyaman dan percaya diri.

Nah, tidak hanya dari cara kita berpakaian, cara kita berdiri pun punya etikanya sendiri lho! Misalnya saat kita mau bertemu dengan pejabat atau mau presentasi, maka pada saat berdiri jangan sampai berdiri asal-asalan saja (seperti kaki dalam kondisi terbuka atau maaf, ngangkang), atau dengan sikap tubuh yang lemas. Itu tidak menunjukkan rasa percaya diri yang baik.

Cara berdiri yang baik adalah kaki kiri ditaruh dalam posisi miring dan kaki satunya lagi di taruh agak ke depan dalam posisi lurus.

Setelah itu saat kita akan melangkah atau berjalan, berjalanlah dengan pandangan wajah ke depan, jangan menunduk seperti orang yang lagi nyari recehan, hihi. Atau posisi tubuh yang lemes seperti orang yang sakit dan tidak bersemangat. Jadi kesannya seperti orang yang tidak pede gituh :D

Dan saat duduk pun ada etika nya juga lho! Jika kita menghadiri acara yang di depannya ada meja sih aman-aman aja yah. Namun jika tidak ada mejanya, apalagi jika duduk di deretan paling depan, maka posisi duduk kita akan sangat terlihat.

Sebelum duduk, perhatikan dulu bahwa bangkunya benar-benar berada dalam posisi yang tepat dan siap diduduki. Jangan sampai, saking asyiknya melihat hal lain, malah tidak memperhatikan posisi bangku yang ternyata jauh dari target kita. Yang ada malah jatuh kejengkang ntar, hihi.

Begitu juga saat melihat bahwa bangku yang hendak kita duduki ternyata kotor, misalnya saat bertamu ke rumah orang lain. Jangan sampai untuk membersihkan bangku tersebut, kita menepuk-nepuk bangku tersebut dengan kasar. Ini akan membuat si empunya rumah jadi tersinggung.

Yang baik adalah dengan cara menyapu cepat dan pelan dengan tangan sembari kita duduk, jadi tidak sampai kelihatan dengan si empunya rumah :D

Saat duduk, awal-awalnya mungkin duduknya masih dengan posisi kaki yang rapat. Namun lama kelamaan, mungkin karena capek, eh malah jadi kebuka-buka :D Nah, untuk mengantisipasi si lutut kiri dan kanan biar tetap dalam posisi rapat adalah dengan cara mengaitkan kedua kaki tersebut.

Mengaitkan kaki yang satu dan meletakkannya di atas kaki yang lain pun tidak masalah, asalkan jangan sampai ujung kaki tersebut malah mengenai orang yang duduk di samping kita yaa :D

Untuk menyiasati paha yang besar, di mana saat duduk pasti akan kelihatan lebih lebar lagi, adalah dengan cara meletakkan tas di atas pangkuan kita, sehingga bisa menutupi si paha, hehe.

Posisi duduk pun jangan lupa, harus dalam keadaan tegap yah! Selain terlihat lebih anggun, cara ini bisa berguna untuk menyiasati agar lipatan-lipatan pijer nggak keluar semua, hahaha.

Pun saat ingin bersandar, jika posisi bangku terlalu jauh digunakan untuk bersandar, jangan dipaksakan untuk bersandar yah! Yang ada posisi duduk kita malah terlihat seperti orang yang lagi bersantai di pantai, hihi. Pastikan bagian belakang tubuh kita berada dalam posisi dekat dengan sandaran, barulah kemudian punggung kita bersandar.

Saat makan juga begitu. Mengeluarkan berbagai suara, seperti berdecap dan sendawa bisa sangat mengganggu orang di sekitar kita. Jika makanan disajikan secara prasmanan, jangan semua makanan diambil dan kumpulin, lalu ditaruh semua di atas meja. Kesannya kita maruk dan tidak punya etika. Sebaiknya ambil dulu satu jenis makanan yang kita sukai. Jika telah selesai makan dan di rasa masih kurang barulah ambil lagi jenis makanan yang lainnya, begitu terus, jadi terlihat rapi, dan tidak  terlalu kelihatan ‘rakus’nya :D

Saat hendak mengambil gelas, janganlah mengambil gelas dengan posisi tangan di atas dan meraup bagian atas gelas. Cara cantik untuk mengambil gelas adalah dengan memegang bagian samping bawah gelas. Atau untuk cangkir yang ada kupingnya, adalah dengan cara mengaitkan jari jemari ke dalam kuping gelas tersebut sambil mengangkat tatakannya.

Nah, bagi yang berlipstik, dan lipstiknya nemplok di bibir gelas, jangan sampai menghapusnya pakai baju atau menggosok-gosokkan tisu pada bibir gelasnya yaa. Usahakan dengan cara pelan sambil ngobrol, tangan kita mengusap gelas tersebut sambil kita letakkan. 

Selain itu usahakan juga agar aura wajah kita tetap terlihat positif, walaupun lagi banyak masalah.  Usahakan selalu ‘smile’! Akan jauh lebih nyaman dan cantik jika kita bisa tetap tersenyum dibandingkan dengan cemberut saat bertemu orang lain.

Cara bicara otomatis juga harus kita jaga. Jangan sampai menggunakan bahasa-bahasa gaul dalam acara-acara resmi, cukup dengan teman-teman dekat, dan itu pun untuk situasi yang santai.

Setelah memperhatikan etika bersikap, kita perlu juga perhatikan etika berpenampilan. Untuk penampilan, usahakan terlihat soft sesuai dengan kulit kita masing-masing, jangan sampai berlebihan.
Tak harus kelihatan menor, yang penting kita dandan dan kelihatan segar. Apa yang menjadi kekurangan di wajah kita jadi tertutupi. Lalu pemilihan busana yang tepat serta selalu menjaga kebersihan tubuh.

Menjaga kebersihan tubuh sangat penting. Hindari 3B, Bau Badan, Bau Mulut dan Bau Kaki :D Ketiga bau ini akan sangat  mengganggu orang yang berada di sekitar kita. Jadi sebaiknya pelihara kebersihan tubuh kita, agar jangan sampai mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Sebaiknya nih ya, ibu-ibu rempong kalo pagi hari itu selesaikan dulu segala aktifitas paginya. Mulai dari masak, menjemur pakaian, mengurus anak-anak, dan lain sebagainya, baru kemudian mandi. Jangan  malah sebaliknya, yang ada keringatan lagi sehabis mandi.

Sehabis mandi jangan lupa oleskan deodoran atau apapun itu yang nyaman dan biasa dipakai, agar tidak BB. Baru kemudian berbusana dan dandan.


Berbusana juga harus tepat, disesuaikan dengan acara yang hendak kita hadiri. Jangan sampai rempong sendiri dengan busana yang kita kenakan karena tidak sesuai dengan situasi dari acara yang kita hadiri.

Untuk acara pagi, sebaiknya gunakan busana dan make up yang soft dan sederhana. Untuk acara di malam hari barulah bisa menggunakan riasan dan pakaian yang rada rame :D

Nah, semua penjelasan di atas saya dapatkan pada saat mengikuti beauty class bersama Pixy dan IWITA di Praja House Jakarta Selatan pada Senin pagi tanggal 12 Oktober 2015 kemarin.


Setelah mendengar penjelasan mengenai etika bersikap dan berpenampilan dari mba Vera yang merupakan Leader Section-nya Pixy, kami pun mendapat diajarkan bagaimana cara merias wajah yang baik sesuai dengan bentuk kulit dan wajah.

Pixy merupakan salah satu brand produksi dari PT. Mandom yang berasal dari Jepang. Semua formula pelembabnya diambil dari Jepang, namun di Indonesia untuk pengelolaannya disesuaikan dengan iklim tropis, sehingga wanita Asia nampak lebih cerah kulitnya.


Pixy bukanlah produk pemutih dan perawatan, sehingga tidak mengandung bahan mercury, jadi tidak perlu khawatir untuk menggunakan produk-produk kosmetik dari Pixy, bahannya ringan dan halus.

Tips penting yang perlu kita ketahui dalam ber-make up adalah bagaimana caranya kita mengatasi kekurangan yang ada pada wajah kita. Yang pipinya temben bisa kelihatan tirus, mata yang sipit bisa kelihatan lebih bersinar dan tidak kelihatan terlalu sipit, yang hidungnya kurang mancung , bisa kelihatan mancung dan lain sebagainya.

Biasanya orang lebih suka memilih riasan yang digunakan sehari-hari atau yang natural, kecuali bagi yang ingin ke pesta atau acara malam hari.

Bagi pemula sebaiknya belajar make up yang natural terlebih dulu. Sebelum mulai make up, bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih wajah. Tuangkan Cleansing Express Pixy yang non alcohol pada kapas dan usapkan pada wajah.


Mulai dari kening, lalu hidung. Untuk pipi usapkan kapas dengan cara mengusap dari bawah pipi ke arah atas, baru kemudian dagu dan leher.

Before :D
Setelah wajah bersih, sebagai base make up pertama gunakan Pixy BB Cream. Cukup diberikan sedikit di hidung, kening, pipi dan dagu, lalu ratakan hingga leher. Hasilnya ringan, nggak tebal tapi bisa menutupi kulit wajah hingga hasilnya merata.


Tunggu BB Cream-nya kering, barulah gunakan bedak. Pilih warna bedak yang cocok dengan warna kulit wajah kita. Cukup dengan cara ditepuk-tepuk pelan ke seluruh permukaan wajah. Jangan dengan cara disapu atau menggesekkan spons pada wajah, karena akan membuat bedak tidak akan menempel secara merata pada kulit wajah.


Setelah bedak, bentuk garis alis dengan menggunakan pensil alis di sepanjang bagian tepi atas alis. Pastikan ujung alis sejajar dengan perpanjangan garis lurus yang ditarik dari cuping hidung ke ujung mata (mudah-mudahan pada ngerti apa yang saya maksudkan yah. Jika dalam waktu 24 jam kamu masih nggak ngerti juga, silahkan hubungi dokter eh saya yaa… :D). Setelah itu barulah sapukan alis dengan lembut, usahakan tidak terlalu tebal.


Untuk mempertegas bentuk mata, gunakan eye liner dari Pixy. Eye liner Pixy ujungnya tidak berupa kuas tapi berbentuk seperti seperti ujung pensil, jadi lebih mudah untuk diaplikasikan pada kelopak mata. Untuk bagian bawah mata aplikasikan pensil mata warna coklat atau hitam. Bagi yang memiliki bentuk mata yang kecil dan ingin terlihat lebih besar, bisa sapukan pensil mata warna putih di bagian bawah mata. Lalu aplikasikan mascara pada bulu mata.


Setelah itu sapukan eye shadow warna terang atau warna beige pada kelopak mata. Lalu di ujung kelopak mata sapukan eye shadow berwarna gelap atau warna coklat.



Untuk yang hidungnya rada-rada mancung ke dalam dan ingin terlihat macung keluar, hihi… bisa disiasati dengan membentuk garis bayang sepanjang tepi kiri kanan tulang hidung. Cukup disapu pelan dan lembut menggunakan warna coklat. Sedangkan di bagian tengah hidung atau sepanjang tulang hidung sapukan warna yang agak terang. 

Lalu berikan sedikit blush on pada kiri dan kanan pipi untuk menonjolkan bentuk tulang pipi. Ini bisa juga untuk mensiasati bentuk pipi yang rada bulet seperti pipi saya, sehingga nggak terlalu kelihatan buletnya, hihi.


Terakhir sapukan lipstik. Untuk lipstik pun harus disesuaikan dengan warna kulit. Jangan karena lihat seseorang yang terlihat cakep menggunakan lipstik warna nude, terus kita yang punya warna kulit seksi wanita Indonesia, alias sawo kematengan, hihi… ikut-ikutan menggunakannya. Yang ada wajah kita akan kelihatan pucat. Namun bagaimanapun juga semua tergantung tingkat kepedean masing-masing orang juga sih, hehe.



Nah, selesai deh! Waah, panjang juga ulasan saya kali ini yah :D Dan draft tulisan ini sudah lama kependem gegara foto ‘after’ saya yang ngeblur. Katanya kan nggak afdol kalo nggak ada foto ‘before’ dan ‘after’ nya hahaha. Jadi saya kudu praktekkan kembali di rumah untuk dapatkan foto after-nya :D Daan akhiiirnya…jadi jugaa :D

After :D
Oya, pada kegiatan Beauty Class ini dilakukan juga penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba OOTD batik yang diselenggarakan oleh IWITA pada Hari Batik Nasional kemarin. Dan karena para pemenang utama berhalangan hadir, hadiah diserahkan secara simbolis pada teman blogger yang hadir pada saat itu. Selamaat ya buat pemenang J

Penyerahan hadiah pada pemenang utama lomba OOTD Batik yaitu mba Dwina dan mba Wylvera oleh IWITA & Pixy
Para finalis lomba OOTD batik IWITA yang bisa hadir pada acara Pixy Beauty Class

Koleksi foto : Pribadi

10 komentar:

  1. etika memang penting banget yah mbak, gak kebayang kalo gak ada etika kayaknya orang-orang bakalan "semau gue" dan tidak akan memperhatikan kenyamanan orang lain..

    salam kenal mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba :)
      Salam kenal juga :)

      Hapus
  2. Waaaaaaa pixy makin beragam ni prodak prodakny

    BalasHapus
  3. wow...

    ada fotonya yang lagi merem :)
    wkwkkwkwkw

    ntar saya upload ah yang kemaren
    eh videonya juga udah saya buat di youtube

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeee...kalo nggak merem gak apdol wkwkwk

      Hayoo mana potonya :D

      Hapus
  4. I am Hwa Jurong, a Private Money Lender do you need a loan to start up business or to pay your bills and a corporate financial for real estate and any kinds of business financing. I also offer Loans to individuals,Firms and corporate bodies at 2% interest rate. I give out loan to serious minded people that are interested of loan if interested contact this email: hwajurong382@yahoo.com or hwajurong12@gmail.com

    BalasHapus
  5. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus