Asah Otak Atasi Pikun dengan Bermain Logic Puzzle Online

By Dewi Sulistiawaty - Mei 22, 2023

 Cara asah otak untuk atasi pikun

"Tua Itu Pasti, Menjadi Tetap Muda Itu Pilihan". Pernah dong mendengar quote seperti ini? Tak ada satu pun orang yang bisa menghentikan waktu, termasuk pertambahan usia. Setiap tahun umur kita terus bertambah, artinya jatah hidup kita di dunia akan makin berkurang. Umur boleh tua, tapi semangat dan tampilan masih boleh terlihat muda kok, termasuk otak. Jangan mau dibilang pikun karena pertambahan usia, sebab ini tidak ada hubungannya, lho! Pikun bukan merupakan hal yang normal dalam proses penuaan. Informasi seperti ini perlu diedukasi pada masyarakat.

Sebagai catatan saja, tidak semua ‘lupa’ bisa disebut sebagai pikun, karena pikiran merupakan sekumpulan gejala penurunan daya ingat pada otak manusia. Mungkin banyak orang yang mengira pikun hanya dialami oleh orang tua saja. Namun saat ini pikun juga banyak dialami oleh orang di usia produktif.

Informasi yang menyenangkan adalah bahwa pikun tersebut bisa diatasi dan dideteksi sejak dini, sehingga kita bisa tetap beraktivitas, dan tidak mesti bergantung dengan orang lain. Beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mencegah terjadinya pikun diantaranya adalah:

Rutin Berolahraga

Siapa sangka dengan berolahraga kita bisa mendapatkan banyak manfaat di dalamnya. Selain dapat menjaga kesehatan, olahraga juga membuat kita menjadi lebih bugar, serta dapat menimbulkan hormon bahagia. Dan ternyata olahraga juga menjadi salah satu cara untuk mencegah pikun, lho! Menurut informasi yang pernah saya baca, olahraga dapat memicu protein yang baik untuk perkembangan sel saraf otak kita.

Jangan Malu Bersosialisasi

Menyendiri terkadang diperlukan seseorang, dengan tujuan agar dapat menikmati hidup dengan lebih nyaman dan perasaan damai. Namun jika terus menerus menyendiri, dan berlama-lama menarik diri dari pergaulan, kurang baik juga, karena bersosialisasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi pikun. Dengan adanya interaksi dan berkomunikasi dengan orang lain, maka kita bisa saling terhubung, dan tidak merasa kesepian dan sendiri. Seseorang yang terus menyendiri akan dapat berpengaruh pada kesehatan mental, salah satunya adalah stres. Nah, stres inilah yang dapat menyebabkan kemampuan mengingat seseorang berkurang.

Membaca Buku

Jangan sampai lupa dengan segudang manfaat dari hobi membaca buku, karena aktivitas ini termasuk kebiasaan yang positif, meskipun zaman sudah makin maju, apalagi didukung oleh teknologi yang canggih pula. Sebaiknya luangkanlah waktu untuk membaca buku, walaupun hanya sejenak dan sesaat saja. Ini bermanfaat untuk masa depan otak kita, dan dapat mencegah kepikunan. Dengan membaca, otomatis otak kita akan bekerja aktif. Informasi yang terdapat dalam bacaan yang ada pada buku tersebut akan masuk ke kepala, dan otak pun akan bekerja memprosesnya. Membaca buku adalah cara yang mudah untuk mencegah pikun.

Melakukan Permainan Asah Otak

Mungkin banyak yang mengira bahwa bermain games itu hanya memberikan efek negatif kepada para pemain atau user-nya. Bermain games bisa dikatakan negatif jika kita sudah mulai kecanduan, dan mulai tidak peduli lagi dengan orang sekitar. Tapi beda halnya dengan para atlet e-sport, karena pekerjaan mereka adalah bermain games, malah memiliki penghasilan dari game. Pastinya mereka juga melakukan permainan games tersebut secara profesional.

Bagi kita, yang berada di luar atlet e-sport, bermain game merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress, serta juga dapat untuk mencegah kepikunan, lho! Dengan bermain games, kita akan menjadi rileks, dan otak pun bisa menjadi lebih tenang. Salah satu jenis permainan yang bermanfaat untuk mengatasi stres adalah permainan asah otak. 

Dulu sebelum ada permainan games online lewat website maupun aplikasi, kita kerap memainkan games asah otak secara tradisional melalui papan scrabble. Selain itu ada permainan Ludo, bahkan teka teki silang. Namun saat ini kita juga bisa lho memainkan permainan asah otak lewat sebuah website www.solitaire.org

Jujurly, saya termasuk orang yang kurang menyukai permainan games yang rumit, karena tujuan bermain game bagi saya adalah untuk refreshing. Games yang rumit malah akan menambah stres, karena membuat otak saya berpikir keras untuk menyelesaikan games tersebut. Maka dari itu, saya hanya memainkan games yang menurut saya dapat bikin happy saja.

Free Online Classic Minesweeper Video Game

Free Online Classic Minesweeper Video Game

Bermain Minesweeper itu mengasyikkan banget, meskipun kita akan dibikin kesal saat kita memilih kotak yang berisi ranjau, dan bukannya angka. Minesweeper merupakan games teka-teki yang dimainkan seorang diri, dengan membuka kotak-kotak yang ada pada papan, di mana di dalam kotak tersebut terdapat ranjau.

Meskipun ringan, games Minesweeper ini dapat mengasah kemampuan berpikir pemainnya, lho. Ketika satu kotak dibuka dan keluar beberapa angka pada papan permainan, maka langkah selanjutnya adalah membuka kotak lain yang masih kosong, tanpa terkena ranjau. Di sini kita dituntut untuk berpikir dan mengingat, dengan menandai kotak-kotak yang dianggap sebagai ranjau. Dan ternyata Bill Gates, petinggi dari Microsoft juga suka lho dengan games Minesweeper. Apakah kamu sudah pernah mencoba game ini?

Daily Sokoban

Game Sokoban Solitaire

Permainan Daily Sokoban sudah saya kenal sejak masih kecil. Lucu rasanya melihat ada seseorang yang mendorong-dorong box. Saya pikir, apa sih serunya games ini, kok cuma mendorong barang saja. Ternyata box tersebut didorong ada tujuannya, yaitu untuk disimpan pada tempat yang sudah ditentukan. "Ah gampang, main game gitu doang sih". Eits, jangan salah lho, karena kita tidak bisa sembarangan saja mendorong box nya. Jika kita tidak berpikir menggunakan logika, maka box tersebut bisa saja tidak akan sampai ke tujuannya dengan benar.

Nah, bermain Daily Sokoban juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi kita, dan juga kemampuan dalam menganalisa. Kita dituntut untuk berpikir, box mana yang terlebih dulu didorong, supaya semua box yang ada dapat diantarkan ke tujuannya. Siapa yang juga suka bermain Daily Sokoban? Games ini juga bagus lho untuk mengatasi pikun.

Oiya, di solitaire.org juga terdapat beberapa games asah otak lainnya pada kategori Logiz Puzzle, seperti Chess, Sudoku, Crossword, dan lain sebagainya.

 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments