Jumat, 14 Maret 2014

Tips Untuk Memulihkan Diri Dari Narkoba



Melepaskan diri dari ketergantungan terhadap narkoba memang tidak mudah. Perlu kesadaran dan keinginan yang kuat dari si pecandu itu sendiri untuk sembuh. Ada yang ingin sembuh dari ketergantungannya, namun tidak tahu bagaimana caranya. Salah satu caranya adalah dengan melaporkan diri ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang ada di masing-masing daerah. Di sana kita akan mendapat bimbingan dan bantuan untuk bisa lepas dari ketergantungan. Namun sebelumnya mungkin kita perlu membaca tips atau beberapa langkah berikut ini untuk bisa lepas dari narkoba.

1.      Kita bisa karena kita yakin.
Untuk bisa lepas dari ketergantungan terhadap narkoba, perlu adanya kesadaran dan keinginan dari si pecandu itu sendiri. Dengan adanya keinginan dari diri sendiri berarti ada landasan untuk bisa dan yakin bahwa kita bisa untuk pulih. Kita harus percaya dan yakin bahwa kita bisa pulih. Jika tidak ada keyakinan artinya sama saja dengan ‘menjegal’ jalan kita untuk bisa pulih.
Perumpamaan, jika kita hendak melakukan perjalanan keluar kota atau perjalanan yang jauh. Maka kita harus yakin bahwa kita akan sampai di tempat tujuan dan kembali lagi dengan selamat. Kenapa kita bisa yakin? Karena kita merasa kita sudah siap. Segala sesuatunya sudah kita persiapkan sebelum kita melakukan perjalanan, seperti kondisi kendaraan, kesehatan kita sendiri, keuangan, konsumsi dan lain sebagainya. Karena kita siap maka kita yakin. Jika kita tidak yakin akan perjalanan yang akan kita lakukan, berarti kita belum siap. Yang ada malah perasaan was-was ketika melakukan perjalanan. Jika sudah begitu akan terdapat kendala dalam perjalanan yang kemudian membuat kita takut untuk terus melanjutkan perjalanan sampai ke tujuan.
Begitu juga dengan pemulihan. Pecandu harus siap dan yakin bahwa ia bisa pulih.

2.      Panti Rehabilitasi dan merubah persepsi tentang narkoba
Bagi para pecandu, narkoba adalah sesuatu yang menyenangkan, yang bisa membuatnya merasakan kenikmatan dan merupakan kepuasan yang tiada tara. Untuk bisa pulih persepsi pecandu akan narkoba ini harus dirubah. Jadikan bahwa narkoba itu adalah sesuatu zat beracun yang bisa menghancurkan hidup kita dan juga hidup orang-orang di sekitar kita. Yaitu bisa menghancurkan :
-      Hubungan keluarga
-      Hubungan dengan orang yang kita kasihi
-      Hubungan dengan masyarakat luas
-      Kesehatan organ-organ tubuh kita
-      Kestabilan keuangan
-      Kinerja di lapangan
-      Kosentrasi di sekolah, dll

Untuk itu panti rehabilitasi merupakan tempat yang tepat bagi pecandu untuk bisa memulihkan diri dengan baik. Karena di tempat rehabilitasi, kita akan mendapat bantuan dan bimbingan sampai pulih. Di sini pecandu juga akan di didik untuk merubah paradigma tentang narkoba yang menyenangkan dan nikmat menjadi narkoba yang menyakitkan, tidak menyenangkan dan merugikan.

3.      Instropeksi
Selama masa pemulihan dalam merubah persepsi kita tentang narkoba, kita perlu menata ulang isi dari titik magnet kompas kehidupan kita. Semua bisa di mulai dari pertanyaan sederhana tentang ‘siapakah sebenarnya aku?’
Pada awalnya mungkin akan terasa sulit karena kita harus jujur dalam melihat siapa sebenarnya diri kita. Biasanya akan ada perasaan tidak nyaman, lalu tingkat emosional yang tidak terkendali. Namun kita harus terus mencoba dan berusaha. Jika perlu minta bantuan pada keluarga atau seseorang yang kita anggap nyaman bagi kita untuk bercerita atau curhat.
Lama kelamaan perasaan tidak nyaman itu akan berkurang dan emosi akan mulai mereda. Saat itulah kita akan merasa intropeksi itu sesuatu yang menyenangkan untuk dikerjakan. Kita akan mulai menyadari akan siapa diri kita, mulai menyembuhkan rasa sakit, pedih dan penyesalan dari dalam diri kita.
Dan rasa sesal inilah yang akan membuat kita bangkit lagi untuk bisa meraih kehidupan yang lebih cerah lagi.

4.      Menjalani hidup sehat
Hidup sehat bukan hanya baik untuk pecandu namun berlaku untuk kita semua. Namun bagi pecandu, menjalani hidup secara sehat akan banyak membantu dalam masa pemulihannya.
Hidup sehat bisa di mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dan tidak lupa rajin minum air putih minimal 8 gelas tiap harinya. Lalu lakukanlah olah raga yang cukup. Minimal jalan kaki pagi atau sore hari. Berhentilah untuk merokok dan minum minuman beralkohol, paling tidak cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit, hingga akhirnya benar-benar berhenti. Berjemur di matahari pagi (sekitar jam 6 hingga jam 9 pagi) akan baik untuk kesehatan. Sinar matahari pagi bermanfaat untuk asupan vitamin D bagi tubuh, meredam kolesterol darah, penawar infeksi dan pembunuh bakteri serta mengurangi gula darah.
Hidup sehat bisa membantu pecandu untuk pulih baik secara fisik maupun rohaninya.

5.      Pertemuan
Berbagi pengalaman dengan mantan pecandu lainnya akan sangat baik pada masa pemulihan. Di panti rehabilitasi akan ada pertemuan-pertemuan yang akan membantu mengontrol gejolak perasaan gelisah yang terkadang masih suka timbul selama masa pemulihan berlangsung. Di sinilah kita dapat berbagi dengan mantan pecandu lainnya, dan mengukur tingkat penyembuhan yang sudah kita capai.
Berbagi pengalaman dengan teman-teman mantan pecandu juga dapat membangkitkan sebuah energi dalam diri kita untuk bisa bertahan dalam masa pemulihan.

6.      Menjauhi tempat/ situasi rawan
Agar bisa pulih, pecandu harus menjauhi tempat-tempat yang membuatnya kembali terpancing untuk jadi pengguna. Seperti pesta yang biasanya tersedia minum-minuman beralkohol atau tempat biasanya ia nongkrong dengan teman-teman yang suka menggunakan narkoba. Pecandu hendaklah dijauhkan dari lingkungan yang tidak sehat seperti itu. Dan ini perlu bimbingan dan dukungan dari seluruh keluarga. Beri kegiatan aktif yang membuatnya lupa akan hal itu. Karena jika hanya duduk, makan dan tidak mengerjakan apa-apa di rumah akan membuatnya bingung hingga bisa terpeleset lagi ke ‘jurang’ narkoba.

7.      Membangun rumah tangga atau membenahi hubungan dengan pasangan
Bagi pecandu yang sudah pulih hendaklah membangun hubungan yang baik dengan orang tua dan keluarga dengan niat yang sungguh-sungguh. Bagi yang sudah menikah, benahi kembali hubungan baik dengan pasangan. Dan bagi yang belum menikah dianjurkan untuk menikah, karena dengan menikah akan menimbulkan rasa tanggung jawab dalam dirinya.
Dengan membangun hubungan keluarga yang baik akan membtuhkan suatu usaha untuk mengalah, bertenggang rasa, mengontrol emosi dan berpikir lebih jernih agar bisa terjalin hubungan yang lebih kokoh dan nyaman.


Beberapa tips di atas memang tidak akan berlangsung secara cepat dan instant, semua butuh waktu, proses dan juga kemauan. Jika di jalani dengan sungguh-sungguh, mudah-mudahan para pecandu narkoba bisa lepas dan pulih dari ketergantungannya serta bisa kembali ke masyarakat untuk menjalani aktivitasnya J



Sumber : Sinar BNN
Foto : Klik pada gambar

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus