Mengenal Perkembangan Financial Management dan Ruang Lingkupnya di Bidang Pekerjaan

By Dewi Sulistiawaty - Februari 24, 2024

Financial Management


Financial management atau manajemen keuangan merupakan disiplin ilmu yang berfokus untuk mengelola aset, serta kewajiban keuangan organisasi atau perusahaan, dengan tujuan memaksimalkan nilai organisasi atau perusahaan melalui perencanaan, penganggaran, pengendalian hingga pengawasan aliran keuangan.

Dari sudut pandang akademis, manajemen keuangan dibutuhkan oleh individu, organisasi, dan perusahaan untuk mengakuisisi, dan menggunakan sumber daya keuangan untuk menganalisa pengelolaan risiko, investasi, pembiayaan, dan struktur modal.

Manajemen keuangan bila ditinjau dari sudut pandang korporasi dapat diartikan sebagai pengambilan keputusan keuangan yang akan memberikan dampak pada pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan.

Perjalanan Manajemen Keuangan dari Masa ke Masa

Perkembangan Financial Management

·      Era Praindustri

Pada masa ini manajemen keuangan fokus pada liabilitas dan aset keluarga atau pribadi, dan pemikiran manajemen keuangan organisasi besar masih kurang terstruktur dan lebih sederhana.

·      Era Industri

Pada abad ke-18 dan ke-19, manajemen keuangan terkait dengan modal untuk perusahaan bisnis dalam melakukan pengembangan pasar modal, serta mekanisme pengadaan dana yang terstruktur. 

·      Awal Abad ke-20

Pada masa ini mulai berkembang teori keuangan serta akuntansi, termasuk konsep analisa rasio keuangan, analisa biaya modal, dan pengelolaan modal kerja. 

·      Era Pasca Perang Dunia Ke-2

Usai Perang Dunia Ke-2, terjadi globalisasi manajemen keuangan karena meningkatnya ekonomi dan integrasi pasar. Konsep teori portofolio, serta model penilaian aset modal pun telah muncul di era ini. 

·      Akhir Abad ke-20

Pada masa ini perkembangan teknologi turut mempermudah pengambilan keputusan untuk manajemen keuangan. 

·      Awal abad ke-21

Terjadi krisis global pada tahun 2008 sehingga manajemen keuangan lebih kompleks, serta munculnya derivatif dan instrumen keuangan. 

·      Era Digital Saat Ini

Manajemen keuangan sudah menggunakan teknologi, big data hingga analisa, serta teknologi keuangan atau financial technology.


Manajemen keuangan memiliki pengertian yang berbeda di setiap bidang kerja. Di bidang pemerintahan, manajemen keuangan diartikan sebagai pengelolaan pendapatan dan pengeluaran untuk mencapai tujuan ekonomi dan sosial, serta bertujuan untuk mendukung pengembangan kebijakan pada sektor infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Sedangkan di bidang kesehatan, manajemen keuangan digunakan untuk mengelola sumber daya untuk menjamin pasien bisa mendapatkan perawatan medis yang berkualitas dengan biaya yang lebih terjangkau.

Di bidang keuangan pribadi, manajemen keuangan dibutuhkan untuk memperhitungkan pengelolaan pendapatan, alokasi pengeluaran, tabungan, investasi, serta perencanaan masa depan, dengan menggunakan dana yang terbatas.

Selanjutnya di dalam bidang investasi, manajemen keuangan digunakan untuk memperoleh keuntungan dengan meminimalkan risiko.

Ruang Lingkup Financial Management

·  Analisa dan perencanaan keuangan yang melibatkan perencanaan anggaran, forecasting, analisa varian yang menentukan sumber daya pengalokasian.

·  Pengambilan keputusan investasi berkaitan dengan evaluasi proyek, dan investasi yang memberikan tingkat keuntungan paling tinggi dan paling sesuai dengan tujuan.

·   Manajemen modal kerja berkaitan dengan pengelolaan solvabilitas dan likuiditas perusahaan dalam mengelola aset agar lancar.

·    Pembiayaan berkaitan dengan sumber dana yang efisien, efektif melalui ekuitas, utang maupun kombinasi lain.

·  Manajemen risiko berkaitan dengan identifikasi, pengukuran, pengelolaan risiko keuangan, seperti mata uang, suku bunga, dan risiko kredit.

·   Dividen dan kebijakan retensi laba yang berkaitan dengan keputusan laba yang dihasilkan sebagai dividen untuk memulai investasi bisnis.


Dalam studi empiris disebutkan bahwa manajemen keuangan berfokus pada pengujian model melalui pengujian teori atau model keuangan yang dapat berlaku pada kondisi nyata. Manajemen keuangan juga memperhitungkan perbandingan antar bidang atau negara untuk membandingkan prinsip keuangan yang tepat untuk digunakan. Manajemen keuangan juga berfokus pada tren dan isu aktual ekonomi yang diperhitungkan untuk melihat dampak perubahan besaran pajak hingga kondisi inflasi.

Fungsi utama manajemen keuangan dalam sebuah organisasi atau perusahaan adalah untuk perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan dibagi atas penyusunan anggaran dan peramalan. Penyusunan anggaran digunakan untuk menetapkan anggaran operasional serta modal dalam periode tertentu, sedangkan peramalan untuk membuat proyeksi dan estimasi kebutuhan keuangan untuk waktu yang akan datang.

Selain itu, fungsi financial management adalah pembiayaan yang terbagi atas struktur modal dan pengadaan dana. Struktur modal menentukan kombinasi ideal antara ekuitas dan hutang, serta pengadaan dana untuk mengidentifikasi sumber pendanaan yang sesuai.

Untuk mendapatkan pelatihan manajemen keuangan, kamu dapat mendaftarkan diri di Prasetya Mulya Executive Learning Institute. Di sana kamu akan dilatih dan dibantu untuk bisa mengembangkan diri, khususnya terkait manajemen keuangan, sehingga kamu dapat menggapai dunia yang lebih cerah.


Sumber gambar: Canva

  • Share:

You Might Also Like

0 comments