Mengisi Liburan Sekolah dengan Bermain Game Online Gratis di Plays.org

By Dewi Sulistiawaty - Agustus 07, 2023

game online gratis di plays.org

Beberapa waktu yang lalu, saya dan keluarga baru saja melewati masa libur sekolah yang cukup panjang. Libur sekolah memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang, termasuk saya dan keluarga. Bagi saya, masa liburan menjadi momen menyenangkan karena dapat berkumpul dengan keluarga, serta melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan bersama. Misalnya jalan-jalan, nonton film bersama, maupun bermain game online gratis.    

Biasanya pada masa liburan, saya dan keluarga akan mengisinya dengan kegiatan jalan-jalan ke beberapa tempat wisata, atau pergi pulang kampung. Namun untuk libur panjang tahun ini, saya dan keluarga tidak melakukan kegiatan yang biasa kami lakukan, karena adik laki-laki saya yang bungsu akan melaksanakan pernikahannya pada masa liburan ini.

Tentu saja ini merupakan masa paling berbahagia, tidak saja bagi adik saya, namun juga bagi keluarga besar saya. Saya juga senang karena keluarga besar saya yang tersebar di berbagai daerah akan berkumpul di tempat saya. Ini karena lokasi pernikahannya atau tempat tinggal pengantin wanitanya yang lebih dekat dari rumah saya, sehingga untuk memudahkan perjalanan kami ke sana, keluarga besar saya pun memutuskan untuk menginap di rumah saya, dan kemudian kami akan bersama-sama menuju ke lokasi pernikahan pada hari pernikahan nanti.

Menjelang hari pernikahan, satu persatu keluarga besar saya pun mulai berdatangan. Saya sangat senang, karena rumah saya jadi lebih ramai dengan para keponakan, serta saya juga bisa mengobrol dan berbagi cerita dengan saudara-saudara saya. Karena hari pernikahan masih beberapa hari lagi, dan agar saudara saya dan keponakan nggak bosan di rumah saja, saya pun mengajak mereka untuk berjalan-jalan ke beberapa tempat wisata terdekat dan berbelanja ke mal :D Pokoknya liburan ini harus diisi dengan kegiatan yang menyenangkan.

Di hari pernikahan, pagi-pagi sekali kami sudah berangkat menuju ke lokasi. Jaraknya sekitar 2 jam dari rumah saya. Kami sengaja berangkat pagi-pagi untuk menghindari macet, karena selain ini masih dalam masa liburan, waktu pernikahannya pun berlangsung saat weekend, dimana jalur yang kami lalui merupakan lalu lintas padat yang sering digunakan orang-orang saat bepergian ke arah Jawa.

Sesampai di sana, saya bertemu dengan adik saya yang akan menikah. Dia sudah berada di lokasi sehari sebelumnya. Walaupun dia tersenyum menyambut kedatangan kami, namun wajahnya nampak tegang. Kami pun mencoba mengajaknya bercanda agar dia bisa sedikit santai, namun gagal :’) Namun setelah ijab kabul usai dilaksanakan, akhirnya ia bisa tersenyum lebar. Selamat menempuh hidup baru ya, Dek! Semoga selalu hidup berbahagia dan langgeng bersama pasanganmu, serta menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warrahmah. Aamiin.

Mengisi liburan dengan bermain game online gratis
Foto bersama di pernikahan adik

Usai hari besar ini, satu persatu keluarga besar saya pun mulai kembali ke daerahnya masing-masing. Mereka harus kembali beraktivitas, karena hanya mendapatkan cuti beberapa hari saja dari kantor masing-masing. Rumah saya pun mulai sepi. Tinggallah saya dan keluarga kecil saya. Padahal masa liburan masih ada beberapa hari lagi. Namun untuk bepergian kami sudah cukup lelah, serta waktunya pun tidak cukup lama untuk kami pergi jalan-jalan ke luar kota. Akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat saja, dan mengisi sisa waktu liburan dengan kegiatan menyenangkan lainnya di rumah. Berikut beberapa kegiatan yang saya lakukan untuk mengisi sisa liburan.

Beberes Rumah

mengisi liburan dengan beberes rumah

Wajar jika rumah menjadi sedikit berantakan setelah kedatangan banyak saudara plus pasukannya :D. Beberapa perabotan pun terpaksa harus digeser atau dipindahkan agar ruangan menjadi lebih luas dan lega. Maklumlah, rumah keluarga kami tidak cukup besar untuk menampung banyak orang. Hanya ada beberapa kamar, sehingga para lelaki terpaksa harus tidur di ruang tengah atau ruang keluarga. Menurut saudara saya ini tak jadi masalah, selama hati senang dan bahagia. Benar juga sih 😊

Jadi saya pun mulai beberes rumah. Memindahkan beberapa perabotan, sekalian bersih-bersih rumah. Namun saya juga melakukan penyegaran ruangan, dengan menata ulang letak perabotan dan dekorasi di beberapa ruangan. Sekaligus saya memilah barang-barang yang masih bisa dipakai dan yang mau dibuang, atau barang yang masih layak namun tak terpakai dan ingin saya sumbangkan.

Kegiatan ini cukup menyita waktu dan tenaga. Saya menghabiskan waktu hingga dua hari untuk menyelesaikannya. Namun walaupun saya kelelahan setelah mengerjakannya, saya senang dan puas dengan hasilnya. Rumah terlihat lebih rapi dan lega.

Perawatan Diri

mengisi liburan dengan merawat diri

Setelah lelah beberes rumah, saya kemudian memutuskan untuk recharge energi dengan me time. Namun tentu saja bukan dengan cara tidur-tiduran, karena menurut saya waktu tidur dan istirahat saya sudah cukup. Saya memilih untuk memanjakan diri dengan pergi ke spa. Tak ada yang lebih membahagiakan selain bisa beristirahat dengan tenang sambil menikmati pijatan dari spa terapis. Tak hanya tubuh saya saja yang terasa lebih fit dan segar, namun pikiran saya juga menjadi lebih rileks, plus kulit terlihat lebih bersih dan cerah.    

Membaca Buku

mengisi liburan dengan membaca buku

Sejak kecil saya sudah hobi membaca, tepatnya membaca komik dan novel. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan seharian jika sudah asyik membaca. Bagi saya membaca merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Makanya di sisa waktu liburan kemarin, saya sempatkan untuk membaca beberapa novel yang belum sempat saya baca.   

Menonton Film

mengisi liburan dengan nonton film

Usai melahap semua novel, saya pun beralih nonton film. Beberapa film ada yang saya tonton sendiri, dan beberapanya lagi dinikmati bareng keluarga. Sebenarnya saya dan keluarga saya suka menonton film, cuma masing-masing kami memiliki selera yang berbeda. Seperti anak saya yang lebih suka nonton film animasi dan fantasi, sedangkan ayahnya lebih menyukai film action dan komedi. Sementara saya menyukai hampir semua genre film, selama jalan ceritanya tidak membosankan.     

Bermain Game Online Gratis

bermain game online gratis di plays.org

Siapa bilang bermain game online hanya disukai oleh anak-anak. Saya sendiri juga suka bermain game online. Tak hanya bermanfaat sebagai pengisi waktu luang semasa liburan, bermain game online juga bisa sebagai hiburan yang dapat menenangkan pikiran. Bahkan, bermain game online juga bisa lho untuk mengasah otak kita.

Untuk bisa bermain game online tak perlu harus mengeluarkan modal untuk beli gamenya. Saat ini ada kok game online yang ditawarkan secara gratis, misalnya game di Plays.org. Tak hanya gratis, bermain game online di Plays.org juga gak perlu harus download dulu, karena kita bisa langsung bermain dari websitenya. Jadi lebih hemat dan praktis, nggak perlu khawatir juga akan menghabiskan ruang penyimpanan di perangkat kita.

Bermain Game Online Gratis di Plays.org

bermain game online gratis di plays.org
Terdapat ribuan game online gratis di Plays.org 

Hal lain yang membuat saya senang bermain game online di Plays.org adalah karena banyaknya pilihan game yang bisa dimainkan. Ada ribuan game lho! Jadi kalau ingin mengisi liburan dengan bermain game online, bisa banget di Plays.org ini, karena kita bisa memainkan game yang berbeda setiap waktu. Di Plays.org ada game yang bisa dimainkan sendiri, dan ada pula yang bisa dimainkan berdua. Anak-anak pun aman bermain game online di Plays.org, karena di dalamnya terdapat banyak game edukasi, yang mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.  

Menurut saya websitenya sendiri sangat user friendly. Bahkan bagi kamu yang baru mencoba bermain game online, pasti akan mudah untuk mengerti saat membuka websitenya. Di sana juga tersedia panduan untuk masing-masing game. Oiya, game ini bisa dimainkan di PC, laptop, tablet, maupun smartphone ya. Nah, untuk memudahkan pencarian game yang disukai, di bagian footer situsnya tersedia ratusan kategori game yang bisa dipilih, atau bisa juga dengan cara klik pada label ‘CATEGORIES’ yang terdapat di bagian atas situsnya.

Ini beberapa game online yang jadi favorit saya di Plays.org, yang juga saya mainkan saat mengisi sisa waktu liburan kemarin.

Ivandoe Adventure Game

game Ivandoe Adventure di Plays.org
Ivandoe Adventure Game di Plays.org

Ivandoe merupakan nama pangeran rusa, yang akan mengajak pemain untuk berpetualang bersamanya dalam mencari bulu emas yang terdapat di puncak Gunung Elang. Dalam pencariannya ini, Ivandoe harus menempuh perjalanan melewati hutan, dan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain yang ada di peta. Ada 12 lokasi yang harus dilalui oleh Ivandoe.

Nanti di masing-masing lokasi ini, ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan Ivandoe, seperti mengumpulkan benda-benda, memainkan beberapa game mini, dan menonton animasi pendek. Misalnya saat bertualang di lokasi The Sassy Gnomes, pemain mesti membantu Ivandoe untuk mengingat pola gambar pada papan, dan kemudian mengklik sesuai dengan urutannya. Setiap gambar yang diingat dan diklik dengan benar akan mendapatkan score. Dalam permainan ini, pemain dapat melatih fokus dan juga mengasah daya ingatnya.

Game Ivandoe Adventure di Plays.org
Bantu Ivandoe agar terhindar dari lemparan telur

Ada juga permainan yang mengajak pemain untuk membantu Ivandoe agar selalu berada di posisi yang imbang saat berada di atas balok kayu yang mengambang di sungai dan juga saat Ivan berada di atas kuda mekanik, serta menghindar dari lemparan telur. Di sini saya sedikit kesulitan dalam membantu Ivan, namun itu membuat saya penasaran. Untungnya dalam game ini pemain dapat mengulang permainannya berkali-kali hingga bisa mencapai score yang memuaskan.

Amazing World of Gumball The Principals

Gumball The Principals di Plays.org
Bermain Game Gumball The Principals di Plays.org

Dalam game ini terdapat karakter Gumball dan Darwin. Pemain di sini diajak membantu kedua karakter ini dalam mengelola sekolah. Ini karena kepala sekolah sebelumnya mengundurkan diri karena ketahuan oleh Gumball dan Darwin menggunakan ijazah palsu untuk bisa menjadi kepala sekolah.

Gumball The Principals di Plays.org
Pilihlah jawaban yang tepat agar keempat parameter tidak sampai kosong 

Untuk mengontrol sekolah dengan baik, ada 4 parameter yang harus dijaga agar tetap full, yaitu Confidence, Students, Guru, dan Money. Jika salah satu dari parameter ini kosong, maka pemain akan kalah, dan permainan akan berakhir. Di sisi kanan layar terdapat parameter yang menunjukkan lama pemain bertahan dalam mengontrol sekolah. Semakin lama waktu bertahan yang dimiliki pemain, maka akan semakin terbuka pula peluang untuk membuka aktivitas yang baru.

Di sini pemain diminta untuk membantu Gumball dan Darwin dalam menjawab pertanyaan dan mengambil keputusan. Setiap keputusan yang diambil akan berdampak pada bertambah dan berkurangnya salah satu dari 4 parameter tersebut. Pemain harus menjaga agar keempat parameter ini jangan sampai kosong. Permainan ini mengajak pemain untuk berpikir dan bisa mengatur strategi dengan baik.

Dangerous Knight

Game online gratis Dangerous Knight di plays.org
Game Dangerous Knight di Plays.org

Game online gratis lainnya yang saya mainkan di Plays.org adalah Dangerous Knight. Game ini sedikit lebih simpel dari game sebelumnya, namun tetap seru dan menyenangkan untuk dimainkan. Cara bermainnya pun sangat mudah. Pemain tinggal memindahkan kartu Hero ke kiri, ke kanan, ke atas, atau ke bawah.

Sebagai permulaan, pemain (dalam hal ini Hero) akan mendapatkan senjata dan 10 poin. Pemain akan mendapatkan gold coin jika mengalahkan musuh dengan senjata. Jangan lupa untuk mengambil koin tersebut agar dapat menempati ruang musuh. Namun ingat, poin akan berkurang saat kartu Hero dipindahkan ke kartu yang berisi ranjau, seperti paku dan bahan peledak lainnya, serta berpindah ke tempat musuh tanpa membawa senjata. Setiap kartu yang menjadi tempat perpindahan Hero akan dimasukkan ke dalam benda koleksi.  

Sebenarnya masih banyak lagi game online gratis lainnya di Plays.org yang saya mainkan selama mengisi waktu liburan kemarin. Namun untuk ringkasnya, cukup tiga game ini saja ya. Bagi kamu yang ingin tahu game apa saja yang ada di sana, bisa langsung meluncur saja ke websitenya di Plays.org

Bagaimanapun juga masa liburan kemarin benar-benar terasa sangat menyenangkan, karena pernikahan adik saya yang berjalan dengan lancar, saya juga bisa berkumpul dengan keluarga besar, suasana rumah yang lebih fresh setelah diubah tata letaknya, serta saya bisa menikmati me time dengan nyaman.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments