Ingin Menjadi Content Creator? Ini 4 Hal yang Harus Dimiliki

By Dewi Sulistiawaty - Juli 27, 2023

 Yang harus dimiliki content creator

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, masyarakat makin dipermudah untuk mengembangkan keterampilannya, khususnya di bidang digital. Tak sedikit yang kemudian mulai tertarik untuk menjadi content creator. Selain sebagai media untuk menyalurkan kreativitas, hobi yang mulai dijadikan sebagai profesi ini pun dianggap dapat menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Untuk menjadi content creator pun tak harus terkenal atau menjadi orang ternama terlebih dulu. Secara umum, seorang content creator cukup membuat konten yang menarik dan disukai oleh orang banyak. Sebenarnya jika hanya ingin membuat konten untuk menyalurkan kreativitas pun tak diharuskan untuk membuat konten yang menarik dan disenangi oleh audiens. Namun jika ingin menjadikan konten tersebut sebagai ladang bisnis yang dapat menambah pundi-pundi keuangan, maka sebaiknya seorang content creator harus membuat konten yang menarik, sehingga disukai banyak orang, hingga kemudian ada brand yang tertarik untuk mengajak bekerja sama.     

Bisa dikatakan menjadi content creator itu susah-susah gampang, karena dibutuhkan kreativitas, peralatan pendukung, dan strategi yang mumpuni agar konten yang dihasilkan bisa menarik dan disenangi. Yup, menjadi content creator tak bisa hanya dengan mengandalkan kreativitas saja. Ada beberapa hal lainnya juga yang harus dimiliki agar creator dapat menghasilkan konten yang berkualitas, menyenangkan untuk dikonsumsi, dan tentunya bisa memberikan manfaat bagi audiensnya. Berikut beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang content creator.    

4 Hal yang Harus Dimiliki Content Creator

4 hal yang harus dimiliki content creator

1.    Kamera

Seorang content creator haruslah memiliki alat untuk merekam atau mengambil gambar dan video. Untuk itu, sebaiknya creator harus memiliki kamera. Semakin tinggi kualitas kamera yang dimiliki, ditambah dengan skill pengambilan gambar yang dimiliki creator, maka tentunya akan mampu menghasilkan konten yang menarik.

2.    Smartphone dan atau Laptop

Smartphone merupakan ponsel pintar yang dilengkapi dengan berbagai fitur mutakhir dan memiliki kemampuan tinggi layaknya komputer. Selain dapat digunakan untuk mengetik atau menulis, serta proses pengeditan konten, smartphone juga memiliki fitur kamera untuk pengambilan gambar dan video. Jadi jika tidak memiliki kamera, creator dapat memanfaatkan kamera pada smartphone untuk membuat konten. Namun untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas, sebaiknya smartphone yang dimiliki mesti memiliki spesifikasi yang tinggi pula.

Tak hanya itu, content creator juga bisa mengunggah atau memposting kontennya ke media sosial atau media digital lainnya lewat smartphone. Sehingga konten yang dibuatnya bisa dilihat oleh pengikutnya atau audiens di dunia maya.

Jika punya budget lebih, creator bisa menggunakan laptop untuk mengetik/ menulis dan mengedit kontennya. Layar laptop yang lebih besar, serta spesifikasi yang cukup tinggi dibandingkan smartphone akan membuat proses pembuatan konten menjadi lebih menyenangkan.

3.    Kreativitas

Agar dapat menghasilkan konten yang menarik, tentunya seorang content creator mesti memiliki ide yang kreatif. Semakin unik dan menarik konten yang dibuat, akan semakin banyak pula audiens yang tertarik melihat konten tersebut. Ini tentu saja akan berpengaruh pada akun media sosial atau media digital yang digunakan content creator untuk menyebarkan kontennya. Biasanya semakin tinggi engagement-nya, maka akan semakin banyak brand yang tertarik untuk mengajak bekerja sama.

4.    Koneksi Internet

Bermain di dunia digital, tentunya tak lepas dari keberadaan internet. Apalagi bagi seorang content creator, kehadiran internet sangat penting untuk mendukung proses pembuatan dan penyebaran kontennya. Misalnya untuk mengedit foto dan video melalui aplikasi yang harus terhubung dengan internet, dan menayangkannya di media digital.

Untuk meningkatkan produktivitas dan mendukung kelancaran pekerjaannya, content creator membutuhkan koneksi internet yang cepat. Internet yang cepat akan berdampak baik pada pekerjaan, yang tentunya nanti akan berpengaruh juga pada penghasilan yang diperoleh dari membuat konten tersebut.

Sebagai content creator yang bisa bekerja dimana saja, termasuk rumah, creator bisa memanfaatkan internet cepat dari modem nirkabel, seperti modem HKM N401 dan modem HKM N601. Mengapa modem HKM ini direkomendasikan? Berikut penjelasannya.

Keunggulan Modem HKM N401 dan HKM N601

Modem HKM N401
Modem HKM N401 bundling paket XL SATU Lite Unlimited

Modem HKM N601
Modem HKM N601 bundling paket XL SATU Lite Unlimited

Internet Rumah Super Cepat

Dengan teknologi LTE Category 4, modem nirkabel HKM N401 ini mampu berlari kencang dengan kecepatan download hingga 150MBps, dan upload hingga 50 MBps. Modem ini juga dilengkapi dengan chipset ASR 1803, yaitu chipset 4G yang mampu mengintegrasikan teknologi pita berbasis frekuensi radio dengan memori flash. Sehingga menghasilkan chipset low-cost dan booting lebih cepat.

Sedikit lebih tinggi dari HKM N401, modem HKM N601 dilengkapi dengan teknologi LTE Category 6 yang membuat perangkat ini mampu berlari lebih kencang lagi dengan kecepatan download hingga 300MBps, dan upload hingga 150MBps. Untuk menunjang kinerjanya, pada modem ini ditanamkan chipset ASR1806.

Ethernet LAN Port

Di bagian belakang modem HKM N401 terdapat 3 port. Satu port untuk power, dan 2 port lagi untuk ethernet LAN. Dengan kedua ethernet LAN port ini, maka perangkat ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 100MBps.

Sedangkan pada modem HKM N601 ditunjang dengan 4 ethernet LAN port. Port LAN ini membuat modem nirkabel ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 100MBps.

Bisa Terhubung ke Banyak Perangkat Sekaligus

Kelebihan dari modem HKM N401 dan HKM N601 ini adalah perangkatnya bisa digunakan hingga ke banyak perangkat sekaligus. Untuk HKM N401 bisa digunakan hingga 32 perangkat secara bersamaan, dan HKM N601 bisa digunakan hingga 64 perangkat sekaligus. Jadi, satu modem bisa dimanfaatkan oleh beberapa pengguna, sehingga bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga di rumah, atau teman-teman di kantor, maupun karyawan dan pelanggan di toko.

Bonus Kuota Unlimited

Untuk setiap pembelian unit HKM N401 akan mendapatkan bonus berupa Paket Family Unlimited dengan kuota FUP hingga 120GB + kuota bersama hingga 50GB. Sedangkan untuk pembelian unit HKM N601 akan mendapatkan bonus berupa Paket Ultimate dengan kuota FUP hingga 300GB + 100GB kuota bersama.

Untuk kebutuhan kuota internet selanjutnya, pengguna bisa memilih dari beberapa paket bulanan XL SATU Lite yang ditawarkan, diantaranya:

Paket Value. Paket Unlimited dengan kuota FUP 30GB + 15GB kuota bersama untuk 2 nomor XL. Harga paket ini adalah Rp129.000.

Paket Smart. Paket Unlimited dengan kuota FUP 60GB + 25GB kuota bersama untuk 2 nomor XL. Harga paket ini adalah Rp199.000.

Paket Family. Paket Unlimited dengan kuota FUP 120GB + 50GB kuota bersama untuk 3 nomor XL. Harga paket ini adalah Rp299.000.

Paket Super User. Paket Unlimited dengan kuota FUP 200GB + 100GB kuota bersama untuk 4 nomor XL. Harga paket ini adalah Rp399.000.

Paket Ultimate. Paket Unlimited dengan kuota FUP 320GB + 100GB kuota bersama untuk 4 nomor XL. Harga paket ini adalah Rp499.000.

Dalam paket ini sudah termasuk gratis nelpon dan SMS sepuasnya ke sesama nomor XL & AXIS. Untuk paket internet ini bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan, dan pengguna tak perlu melakukan kontrak berlangganan. Jadi saat pengguna ingin berganti paket, dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman. Jika ingin lebih praktis lagi, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi myXL untuk mengatur semua kebutuhan internet tersebut.

HKM N601 Dilengkapi 2x External Antenna Port & Dual Band WiFi

Modem HKM N601 2x external antenna port dan dual band wifi
Modem HKM N601 dengan 2 external antenna port dan dual band WiFi

Khusus untuk seri HKM N601 di bagian belakang modem terdapat 2 slot antena eksternal untuk memperkuat sinyal WiFi secara menyeluruh. Modem ini juga didukung dengan dual band frekuensi 2.4GHz dan 5GHz, dengan frekuensi WiFi 5-802.11 b/g/n/ac. Ini membuat koneksi internet tetap stabil dan berjalan lancar walaupun digunakan secara bersamaan oleh banyak pengguna.

Unlock All Operator

Menariknya, walaupun kedua modem HKM ini bundling HKMXLSatuLiteUnlimited, namun pengguna tidak diwajibkan untuk menggunakan paket XLLiteUnlimited. Modem ini unlock all operator, yang berarti pengguna bisa menggunakan produk dari operator lainnya.  

Desain yang Keren

Desain HKM N401 yang keren
Modem dengan desain yang keren

Selain itu, modem HKM N401 dan HKM N601 ini juga didesain kekinian. Hadir dalam balutan warna putih, modem nirkabel ini nampak keren dan kokoh. Di tempatkan dimanapun modem ini nampak estetik dan elegan.

Harga Modem HKM N401 dan HKM N601

Dengan semua keunggulan yang dimilikinya, modem ini pun ditawarkan dengan harga yang cukup kompetitif. Untuk HKM N401 dibandrol dengan harga Rp599.000. Sedangkan untuk HKM N601, dengan fitur dan kelebihan yang dimilikinya dibandrol dengan harga Rp1.099.000.

Untuk setiap pembelian HKM N401 atau HKM N601 akan mendapatkan kelengkapan berupa 1 unit N401 XL SATU atau N601 XL SATU, AC Adaptor, LAN Cable, Warranty Card, Welcome Guide Card, dan 3x XL SIM Card. Kedua modem ini sama-sama bergaransi 1 tahun. Jika ada masalah dengan modemnya, pengguna bisa menghubungi Helpline WhatsApp di nomor 0821 1909 0300.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi content creator? Kamu bisa mempelajari 4 hal dasar yang harus dimiliki oleh content creator tersebut. Satu lagi yang harus kamu miliki, yaitu semangat pantang menyerah, karena bagaimanapun juga untuk memulai sesuatu itu butuh proses, dan tidak bisa langsung instan begitu saja. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman akan mengasah kemampuanmu sebagai content creator.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments