Main Game Makin Seru dengan ASUS ROG Phone 7 Series

By Dewi Sulistiawaty - Juli 18, 2023

 ROG Phone 7 series mobile gaming

Nyebelin nggak sih, tiap lihat anak kerjanya main game melulu. Apalagi jika sampai diingatkan akan kewajibannya untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Bahkan tak jarang ada yang sampai lupa makan saking asyiknya bermain game. Main game memang secandu itu. Untuk itu, sebaiknya bermain game-lah dengan bijak, apalagi jika kamu masih seorang pelajar.

Nggak dipungkiri, dibalik game yang mencandu tersebut terdapat juga segudang manfaat yang bisa diperoleh. Beberapa diantaranya adalah dengan bermain game dapat meningkatkan fokus, kinerja, dan kemampuan otak, serta mengurangi stres. Selain itu, dengan bermain game, seseorang akan terlatih untuk menyusun strategi dan menyelesaikan suatu masalah, serta menambah relasi pertemanan dan bekerja sama dengan tim.

Pernah dengar istilah eSport? Electronic Sport atau disingkat eSport merupakan sebuah ajang kompetisi game. Belakangan ini perkembangan eSport makin pesat, dan makin diseriusi, dengan resmi dimasukkannya eSport sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam laga internasional. Makanya tak heran, makin ke sini makin banyak gamer profesional bermunculan.

Untuk kenyamanan dan kelancaran dalam bermain game, tentunya dibutuhkan perangkat yang mendukung, seperti PC, konsol, atau mobile game yang mumpuni. Karena bagaimanapun juga untuk bisa bermain game, terutama game yang berat, dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi, sehingga aktivitas gaming dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Gaming Lancar dengan ROG Phone 7 Series

ROG Phone 7 mobile ponsel gaming
ROG Phone 7 Series akhirnya masuk pasar Indonesia

ROG Phone 7 series menjadi salah satu perangkat gaming yang patut dipertimbangkan keberadaannya bagi mobile gamers. Gimana nggak, gak hanya punya desain yang bergaya futuristik, namun ponsel gaming besutan ASUS ini juga memiliki fitur-fitur dan spesifikasi yang mumpuni buat diajak gaming. Apa saja itu? Berikut beberapa diantaranya:

Performa Tangguh Tanpa Kompromi

Dengan ditanamkannya Snapdragon 8 Gen 2 dengan 3,2 GHz di dapur pacunya membuat ROG Phone 7 ini mampu bekerja 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Performanya makin mantap dengan dipasangkannya RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB yang dua kali lebih cepat dari UFS 3.0.

Teknologi Snapdragon Elite Gaming™ pada ROG Phone 7 ini mendukung ray tracing percepatan komputasi real time pada hardware-nya. Sehingga gamers dapat menikmati pantulan hiper-realistis, dan efek cahaya yang lebih realistis saat bermain game.

Dari segi layar, ROG Phone 7 series ini menggunakan layar Samsung AMOLED 165 Hz dengan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits. Sehingga gamers tak akan terganggu dengan masalah kecerahan layar saat bermain game di luar ruangan.  Untuk urusan ini ASUS menggandeng perusahaan visual terkemuka Pixelworks®, sehingga untuk akurasi warna yang ditampilkan lebih bagus. ROG Phone 7 juga dilengkapi dengan antibacterial glass screen protector.

Selain itu, ROG Phone 7 series ini telah didukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect™ 7800, yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz, serta Multi-Link operation dengan kinerja latensi yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah permainan dengan mudah. ROG Phone 7 pun dilengkapi dengan fitur Armoury Crate, yang membuat gamers dapat mengontrol atau mengatur kinerja ponsel gaming ini.

Khusus untuk model ROG Phone 7 Ultimate, didesain dengan ROG Vision, yaitu sebuah layar LED kecil yang terdapat di bagian belakang ponsel. Fitur unik ini mampu menampilkan berbagai animasi menarik, seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya. Gamer bahkan dapat membuat animasi yang dipersonalisasi sendiri. Dengan ROG Vision, gamers pun dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mengekspresikan style mereka.

Efisiensi Daya Tanpa Kompromi

ROG Phone 7 makin sempurna dengan dipasangnya sistem pendingin GameCool 7 terbaik di kelasnya. Dengan sistem ini, perangkat dapat meminimalkan pemakaian daya tanpa harus mengorbankan kinerja. Bahkan digadang-gadang, efisiensi daya yang ditingkatkan cukup besar, yaitu hingga 15% untuk mendinginkan CPU dari segala arah. Wow! Metode ini pada dasarnya dijalankan menggunakan pendekatan tiga cabang (trisula), dengan senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU, vapor chamber di sisi tengah, dan lembaran grafit di sisi lain CPU. Dengan rapid cycle vapor chamber terbaru ini diklaim mampu menurunkan panas 2,1 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. 

Khusus pada ROG Phone 7 Ultimate, terdapat fitur AeroActive Portal, sebuah saluran udara yang akan aktif secara otomatis saat AeroActive Cooler terpasang. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi termal ponsel dapat meningkat hingga 20%. Hal ini secara efisien akan menghilangkan panas yang dihasilkan oleh SoC, sehingga dapat meningkatkan kinerja game, begitupun dengan kemampuan daya tahan baterai.

Dari segi power, ROG Phone 7 ditenagai oleh baterai berkapasitas 6000 mAh, dengan dual baterai, masing-masingnya berkapasitas 3000 mAh. Pengisian baterai pun lebih cepat, dan didukung 65W Hyper charge. Tidak butuh lama untuk mengisi baterai 6000 mAh. Baterai dalam kondisi 0% mampu full charged dalam waktu 1 jam 1 menit.

Untuk pengisian daya, ROG Phone 7 series ini dillengkapi dengan fitur bypass charging. Dengan fitur ini, listrik yang dialirkan tidak akan masuk ke baterai, namun langsung ke smartphone. Jadi gamers tak perlu khawatir baterai akan cepat rusak saat bermain game sambil nge-charge ponsel.

Gaming Tanpa Kompromi

Gaming tanpa audio yang lantang dan jernih, bagi saya ibaratnya lagi nonton tivi rusak. Bikin gak semangat! Semua gamer pasti setuju, jika saat bermain game, selain performa dan layar yang bagus, maka suara yang dihasilkan pun juga harus yang berkualitas. Untuk itu ASUS memasangkan dual speaker berukuran 12 x 16 mm pada ROG Phone 7 series, dengan volume 50% lebih lantang dan efektif dari generasi sebelumnya.

Kualitas suara yang dikeluarkan makin powerful dengan dipasangnya AeroActive Cooler 7. Volume bass yang dihasilkan akan meningkat hingga 77 % nya. Ternyata kipas eksternal terbaru ini juga dapat berfungsi sebagai subwoofer, lho. ROG Phone 7 memiliki semua teknologi untuk semua audio, mulai dari jack headphone 3,5 mm, hingga Dirac Virtuo™ For Headphone, yang mampu menghasilkan suara layaknya teater.

ROG AeroActive Cooler 7
ROG AeroActive Cooler 7

Fitur terbaru X Sense melengkapi efek visual untuk menambah efek selebrasi saat bermain game. Sedangkan fitur X Capture menjadi alat AI yang secara otomatis akan merekam momen tak terlupakan saat battle, seperti mengalahkan musuh atau memenangkan pertandingan.

Fitur ROG Phone 7 series makin lengkap dengan keberadaan 18 spesific touch point AirTrigger system. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming. 10 kontrol gerakan dan motor linier sumbu X memberikan umpan balik haptic yang kuat. Semua fitur ini tentunya bertujuan untuk menambah kenyamanan gamers saat bermain game.

Ponsel gaming ini tersedia dalam 2 model, yaitu ROG Phone 7 Ultimate dan ROG Phone 7 (reguler). Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Secara umum, ROG Phone 7 Ultimate memiliki fitur yang lebih lengkap dan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan ROG Phone 7 (regular). Terdapat 4 perbedaan pada keduanya, yaitu:

ROG Phone 7
ROG Phone 7 (reguler) dalam 2 pilihan warna, Storm White dan Black Phantom

ROG Phone 7 Ultimate
ROG Phone 7 Ultimate dalam balutan warna Storm White

- ROG Phone 7 Ultimate memiliki RAM dan ROM 16/512GB. Sedangkan ROG Phone 7 terdiri dari 2 pilihan RAM/ROM, yaitu 12/256GB dan 8/256GB.

- ROG Phone7 Ultimate memiliki ROG Vision, yaitu sebuah layar LED kecil di bagian belakangnya. Sedangkan pada ROG Phone 7 tidak ada.

-  ROG Phone 7 Ultimate memiliki AeroActive Portal, sebagai ventilasi udara agar ponsel tetap adem saat beraktivitas.

- ROG Phone 7 Ultimate hanya tersedia dalam satu pilihan warna, yaitu Storm White, sedangkan ROG Phone 7 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Storm White dan Black Phantom.

Dengan fitur dan keunggulan tersebut, tentunya masing-masing memiliki harga berbeda pula.

ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) 👉 Rp18.999.000

ROG Phone 7 (12/256GB) 👉 Rp13.999.000

ROG Phone 7 (8/256GB) 👉 Rp10.999.000


Ada 2 promo untuk ROG Phone 7 yaitu :

1. Early Bird Promo (Periode tanggal 18-31 Juli 2023)

Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series, konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi. (Dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah). Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

2. Consumer Launch Promo (Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall)

Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds. (Dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah). Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl.8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.

Gimana, Gamers? Pasti tertarik kaan! Cuss, order! Pre-order ROG Phone 7 series ini sendiri sudah dilakukan sejak tanggal 8 - 17 Juli 2023 secara offline di Erafone di seluruh Indonesia dan Urban Republic selected stores. Sedangkan untuk pengambilan produknya bisa dilakukan mulai tanggal 18 Juli 2023, saat ROG Phone 7 ini resmi diluncurkan di Indonesia.

Nah, khusus bagi kamu yang ada di Jakarta, first sales bisa dilakukan di Consumer Event Gandaria City Mall Atrium pada tanggal 18-23 July 2023, yang dimulai dari jam 1 siang. Psstt… nanti akan ada tambahan exclusive merchandise menarik lho bagi kamu yang telah melakukan pre-order dan first buy di Consumer Event tersebut.(*syarat dan ketentuan berlaku ya).

Yuk, gamers yang di Jabodetabek, datang ke Consumer Event peluncuran ROG Phone 7 di Gandaria City Mall. Kamu bisa saksiin langsung peluncuran ROG Phone 7 di tanggal 18 Juli 2023 pada pukul 12.00 WIB. Atau bisa juga dengan nonton livestreaming di channel Youtube dan Facebook ASUS ROG Indonesia, dan dapatkan kesempatan untuk menangin hadiah menarik dari ROG.

Untuk nonton livestreaming bisa cuss ke Youtube : https://bit.ly/asusrogphone7yt dan Facebook di http://bit.ly/asusrogphone7fb. Sedangkan untuk informasi yang lebih update dan lengkapnya, silakan pantengin akun media sosial Instagram ASUS ROG di @asusrog.id dan Twitter @asus_rog_id. #FORTHOSEWHODARE


"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Writing Competition di Blog Travelerien".

  • Share:

You Might Also Like

0 comments