Warnai Ramadan dan Sambut Hari Kemenangan dengan Suasana Baru

By Dewi Sulistiawaty - April 04, 2023

Tren Warna Ramadan 2023 Dari Nippont Paint

Selain menunaikan ibadah puasa dan berbagai aktivitas ibadah lainnya, bulan Ramadan juga identik dengan berbagai tradisi atau kebiasaan yang hanya kerap ditemui selama Ramadan dan jelang lebaran. Misalnya ngabuburit, obrog-obrog, bukber, berburu takjil, mempersiapkan kue dan hidangan lebaran, mempersiapkan hampers lebaran, belanja baju lebaran, mudik, takbiran, hingga bersih-bersih dan mempercantik rumah.

Untuk urusan bersih-bersih dan mempercantik rumah sebenarnya nggak hanya bisa dilakukan saat Ramadan dan lebaran saja, tapi juga bisa dilakukan di hari atau bulan lainnya.  Namun kebanyakan orang menjadikan bulan Ramadan sebagai momen dan waktu yang tepat untuk mempercantik dan menata barang-barang di rumah. Tak hanya untuk memperindah dan mengubah suasana rumah, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah kenyamanan bagi penghuninya, maupun bagi tamu yang datang berkunjung.

Apalagi bagi mereka yang open house dan rumahnya sering kedatangan tamu saat lebaran, atau yang rumahnya menjadi tempat berkumpul bagi saudara-saudara dan keluarga besarnya. Sebagai tuan rumah, tentunya ingin memberikan tempat yang hangat dan nyaman saat saudara dan tamu berada di rumah, maupun buat menginap. Makanya tak heran jika Ramadan dan lebaran menjadi momen yang tepat untuk mempercantik rumah. Nah, cara untuk mempercantik rumah ini bisa bermacam-macam.

Menata Ulang Perabotan Rumah

Menata ulang letak perabotan yang ada di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk mempercantik rumah. Cara ini termasuk yang paling sederhana dan murah untuk dilakukan. Tak perlu keluar biaya yang banyak untuk mempercantik dan mengubah suasana di rumah. Perabot yang rasanya nggak terpakai atau terlihat memenuhi ruangan, bisa dipindahkan ke ruangan lain atau ke gudang. Dengan begitu ruangan bisa terlihat lebih luas dan nyaman.

Memindahkan berbagai perabotan yang ada di rumah, dan menempatkannya di tempat yang tepat, dapat mengubah suasana ruangan. Misalnya yang dulunya sempit terlihat lebih lapang. Ruangan yang dulunya sedikit gelap menjadi lebih terang, karena sebelumnya ada perabot yang menghalangi masuknya cahaya ke ruangan tersebut, yang dipindahkan ke tempat yang lain.

Mengganti Perabotan Rumah

Sedikit berbeda dengan menata perabotan, maka mengganti perabotan bisa memakan sedikit biaya (atau bahkan lebih). Jika ada rezeki berlebih, mungkin bisa mempercantik rumah dengan mengganti beberapa perabotan yang sudah usang atau rusak, seperti bangku dan meja ruang tamu, kasur, meja makan, atau perabotan lain yang dirasa bermanfaat untuk membuat rumah terlihat lebih cantik dan rapi.

By the way, membeli perabotan gak melulu hanya untuk mempercantik ruangan saja, namun juga bisa untuk membuat ruangan lebih lega dan rapi lho. Misalnya rak sepatu, yang biasanya hanya muat beberapa sepatu saja. Dengan membeli rak sepatu yang muat banyak, tentu sendal dan sepatu akan tertata lebih rapi, nggak berantakan di teras, dan teras pun terlihat lebih bersih dan rapi. Sekarang sudah banyak tersedia perabotan multifungsi, yang dapat menghemat ruang dan juga uang.

Mendekorasi Rumah

Jika biasanya ruangan terlihat kosong, bisa dipercantik dengan menambahkan beberapa pernak pernik atau ornamen yang menarik dan sesuai dengan selera. Misalnya dengan menambahkan lukisan kaligrafi atau tanaman gantung di dinding untuk menambah kesan fresh tampilan interior rumah.

Kita juga bisa mengganti gorden, karpet atau permadani, dan juga cover sofa yang rusak atau kotor dengan yang baru, atau dengan model lain yang bersih. Sebaiknya jangan hanya fokus mempercantik ruang tamu saja, namun perhatikan juga ruangan lainnya, seperti ruang keluarga, ruang dapur dan ruang makan, kamar tidur, serta kamar mandi. Karena jika ada saudara atau tamu yang datang menginap, tentu kemungkinan besar mereka akan mampir ke seluruh ruangan tersebut.

Cat Dinding Rumah

Mengganti warna cat atau sekedar memperbaiki cat rumah yang mulai kusam atau mengelupas juga dapat menjadikan rumah menjadi lebih cantik, cerah, dan membawa suasana baru, sehingga tak hanya penghuni rumah saja yang nyaman, namun juga saudara dan tamu yang datang berkunjung di saat lebaran nanti.

Nah, dalam mewarnai rumah pun mesti tahu warna apa yang cocok untuk masing-masing ruangan, dan tentunya sesuai dengan selera dan kesan yang ingin ditonjolkan oleh si empunya rumah. Jika beberapa tahun belakangan ini warna hijau telur asin dan hijau klepon menjadi warna yang tren di masyarakat, maka di tahun 2023 ini suasana Ramadan jadi lebih berwarna dengan hadirnya tren warna lainnya. Warna apa saja yang menjadi Tren Warna Ramadan 2023 ini. Silakan lanjut bacanya yaa...    


Tren Warna Ramadan 2023 dari Nippon Paint

Tren Warna Ramadan 2023 dari Nippon Paint
Nippon Paint Media dan Blogger Gathering di Habitate, Jakarta (31/3)

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Jumat, 31 Maret 2023, Nippon Paint menggelar acara Media dan Blogger Gathering di Habitate, Jakarta, dengan mengusung tema Tren Warna Ramadan 2023, “Ramadan Lebih Berwarna Bersama Nippon Paint”. Pada acara tersebut hadir para pembicara, yaitu Linda Kam selaku Sr. Marketing Manager Nippon Paint, Keneth Sandy selaku Creative Director KenethSandy Studio dan Interior Architect Consultant, serta Zata Ligouw sebagai Content Creator.

Dalam acara tersebut Mbak Linda menyampaikan bahwa sebenarnya Nippon Paint sudah mengeluarkan Tren Warna Ramadan sejak tahun 2018. Saat itu warna yang hadir adalah warna-warna bernuansa tradisional, seperti warna hijau telur asin, hijau bolu pandan, dan terakhir tahun kemarin Nippon Paint menghadirkan warna hijau klepon. Trus bagaimana untuk tren warna tahun ini? Apakah masih warna hijau?

Ternyata untuk tahun ini lebih berwarna dari tahun-tahun sebelumnya, namun tetap dengan warna-warna yang elegan. Menurut Mbak Linda, tahun ini Nippont Paint ingin merayakan Ramadan lebih berwarna dengan 11 warna dalam 3 tema, yaitu Monochrome, Warm, dan Tropical.

Tren Warna Ramadan 2023 dari Nippon Paint

Monochrome

Tema Monochrome hadir dengan 3 warna, Brilliant White, Smoking Grey, dan Black. Masing-masing warna atau perpaduan ketiga warnanya memberikan kesan minimalis, bersih, dan dapat menambah ketegasan.

Warm

Tema Warm hadir dengan 3 warna juga, yaitu Warm Toast, Sable Brown, dan Home Sweet Home. Tiap warnanya memberikan nuansa kehangatan yang teduh, tenang, dan nyaman.

Tropical

Sedangkan untuk tema Tropical hadir dengan 5 warna cerah, yang menghadirkan suasana akrab, seru, serta ceria dan menyenangkan. Kelima warna tersebut adalah Green Gauze (hijau telur asin) Shenanigan (hijau klepon), Spring Vigor (hijau bolu pandan), Golden Dome (kuning mentari), dan Cerulean (biru samudera).  

Tren Warna Ramadan 2023 dari Nippon Paint
Tren Warna Ramadan 2023 dari Nippon Paint

Tentunya untuk menentukan Tren Warna Ramadan 2023 ini Nippon Paint tidak asal main tebak begitu saja, namun melalui hasil survei yang dilakukan secara independen oleh Nippon Paint dengan 2.000 lebih SPG/B Nippon Paint, dan juga basis data warna dari 4.000 Colour Creation Machine yang tersebar di toko bangunan di seluruh Indonesia.

Selanjutnya Mbak Linda menjelaskan bahwa warna-warna ini mampu mengubah suasana ruangan. Warna dapat memberikan suasana baru pada ruangan sesuai dengan nuansa yang diinginkan. Bahkan warna juga dapat mempegaruhi mood lho! Permainan warna pada ruangan juga dapat memanipulasi dan memberikan ilusi pada ruangan sehingga nampak lebih luas, tinggi, dan dapat sebagai pemisah atau pembentuk ruangan. Lalu penerapan warna aksen pada ruangan juga dapat mempertegas dan meningkatkan estetika dari ruangan tersebut.

“Nippon Paint memberikan garansi produk dan akurasi warna 100% akurat dan konsisten, yang dapat memuaskan hati seluruh pelanggan. Produknya juga dapat ditemukan dimana saja, baik secara online melalui official store Nippon Paint di Tokopedia, maupun secara offline di berbagai store mitra Nippon Paint yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Mbak Linda.

Selain merekomendasikan pilihan warna yang menjadi Tren Warna Ramadan 2023, Nippon Paint juga hadir dengan 6 produk premium, yaitu:

-     Nippon Weatherbond Solareflect

Cat eksterior untuk melindungi rumah dari cuaca ekstrim.

 

-     Nippon Satin Glo

Cat interior dengan hasil akhir kemilau seperti sutra.

 

-     Nippon Spot-less Plus

Cat interior anti-kuman yang mudah dibersihkan.

 

-     Nippon Spot-less

Cat interior anti-noda yang mudah dibersihkan.

 

-     Nippon Flaw-less

Cat interior dengan hasil akhir yang halus dan mewah.

 

-     Nippon Bee Brand 1000

Cat kayu dan besi yang cepat kering dengan daya kilap tinggi.

Cat premium Nippon Paint Tren Warna Ramadan 2023

Mas Keneth pun mengatakan bahwa memasuki masa new normal, maka pilihan warna yang tepat saat ini adalah warna-warna yang bersih, sejuk bagi mata, dan mampu menampilkan kesan elegan. Warna seperti warna pastel, earth tone, dan warna monochrome masih jadi warna yang digemari di Indonesia hingga saat ini.

Tren Warna Ramadan 2023 Monochrome
Inspirasi warna dengan tema Monochrome

Tren Warna Ramadan 2023 Warm
Inspirasi warna dengan tema Warm

Tren Warna Ramadan 2023 Tropical
Inspirasi warna dengan tema Tropical

Menurutnya ketiga tema Tren Warna Ramadan 2023, yang dipilih oleh Nippon Paint, yaitu Monochrome, Warm, dan Tropical dapat memberikan efek psikologis yang bersih, intimate, ceria, serta mampu menyejukkan mata, dan menampilkan kesan elegan. Lanjutnya, ketiga tema Tren Warna Ramadan 2023 akan mampu menjawab kebutuhan pasar.

Mbak Zata pun mengakui bahwa sejak pandemi, rumah menjadi tempat utama baginya dan juga keluarganya dalam menjalankan berbagai aktivitas. Mbak Zata pun sadar bahwa untuk mendukung kreativitasnya, ia memerlukan ruangan yang estetik, bersih, dan sejuk. Untuk itu, ia ingin mengubah konsep rumahnya dengan menghadirkan warna-warna berkesan lembut dan mampu menampilkan kesan elegan pada bangunan.

Namun dengan segudang kesibukannya sebagai Content Creator dan juga seorang ibu rumah tangga, Mbak Zata mengalami kesulitan dan juga bingung dalam memilih warna yang cocok, dan sesuai dengan keinginannya. “Di sini saya merasa terbantu banget dengan Colour Scheme Service dari Nippon Paint. Saya bisa konsultasi gratis dengan Colorist atau desainer interior profesional Nippon Paint melalui Nippon Paint WhatsApp Care,” ungkap Mbak Zata.

Oiya, bagi kamu yang ingin berkonsultasi juga mengenai warna atau pengecatan, informasi seputar pembelian produk, hingga rekomendasi tukang cat, bisa gunakan layanan Nippon Paint WhatsApp Care secara gratis di nomor 0811 1283 028. Jika ingin mengetahui lebih lanjut lagi mengenai berbagai inspirasi lain dari Tren Warna Ramadan 2023, dapat mengunjungi website: www.ramadan.nipponpaint.id.

Mempercantik rumah tidak saja ditujukan bagi para tamu yang datang ke rumah, namun juga bermanfaat untuk kenyamanan kita sebagai penghuni rumah. Yuk, warnai Ramadan dan sambut Hari Kemenangan dengan suasana baru 😊

Tren Warna Ramadan 2023 dari Nippon Paint





  • Share:

You Might Also Like

0 comments