Tips Pengembangan Diri Selama Ramadan

By Dewi Sulistiawaty - April 08, 2023

Internet Cepat IndiHome

Ramadan sudah di depan mata. Beberapa umat muslim di dunia sudah mempersiapkan diri dan juga hati untuk menyambut bulan suci ini, agar bisa lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Tak hanya mempersiapkan diri untuk menjalankan kewajiban berpuasa dan memperbanyak ibadah sunah, namun bulan Ramadan ini juga sering dijadikan sebagai momentum untuk memperbaiki diri dan mengembangkan diri menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Sebenarnya puasa itu tak hanya melulu tentang menahan lapar saja, namun mereka yang menjalankan ibadah puasa juga diharuskan untuk memiliki niat dan perilaku yang mulia selama bulan Ramadan, seperti menahan diri dari amarah, berbohong, bergunjing atau bergosip, berkata kasar dan kotor, serta hawa nafsu dan hal lainnya yang dapat menghilangkan faedah dan juga pahala dari puasa itu sendiri. Oleh karena itulah, bulan Ramadan biasanya menjadi bulan yang tepat untuk membawa perubahan yang positif, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Fyi, Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa, karena Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda pada umatnya yang berbuat kebaikan. Tak heran jika kemudian banyak orang yang berlomba-lomba untuk beribadah dan berbuat baik selama Ramadan untuk memperoleh pahala tersebut. Mereka yang biasanya jarang ke mesjid, jadi rajin ke mesjid. Yang biasanya malas atau merasa belum sempat membaca al-Qur’an, jadi rajin baca al-Qur’an. Yang jarang bersedekah, jadi rajin bersedekah. Semuanya seakan berlomba-lomba untuk beribadah dan beramal, yang biasanya di bulan lainnya jarang atau sulit untuk dikerjakan.

Semestinya perilaku baik dan mulia yang dikerjakan selama Ramadan ini dapat dijadikan sebagai latihan untuk kita terus melaksanakannya secara berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya. Jadi, walaupun tidak diiming-imingi dengan pahala pun, kita tetap melanjutkan kebiasaan baik ini dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan salah satu cara dan juga tujuan kita dalam meningkatkan atau mengembangkan diri menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depannya. Berikut ada beberapa tips pengembangan diri selama Ramadan dilihat dari berbagai aspek.

 

Tips Pengembangan Diri Selama Ramadan

Internet Cepat IndiHome

Menjaga Kesehatan Fisik

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ilmuwan atau ahli kesehatan, ditemukan bahwa ternyata puasa dapat membawa dampak yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh. Makanya aktivitas puasa ini pun tak hanya dilakukan oleh umat muslim saja, namun juga oleh umat beragama lainnya.

Saat berpuasa, perut berada dalam kondisi kosong, sehingga sistem pencernaan tubuh dapat beristirahat sekitar 12 jam. Kondisi ini juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk membuang zat-zat beracun dari dalam tubuh. Jadi, puasa dapat membantu mendetoksifikasi tubuh.

Aktivitas puasa ini tentunya akan lebih baik lagi jika dilakukan juga di bulan-bulan lainnya selain bulan Ramadan. Di Islam ada yang namanya puasa Senin Kamis, yang bisa diterapkan setiap minggu untuk mendetoksifikasi tubuh secara berkelanjutan. Jadikan puasa Ramadan sebagai latihan, dan niatkan untuk rutin melakukannya di bulan-bulan lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tingkatkan Kecerdasan Emosi

Seperti yang kita ketahui, berpuasa tak hanya sekedar menahan lapar saja, namun juga emosi. Dengan berpuasa, maka kita dilatih untuk bisa mengendalikan emosi, menahan keinginan untuk marah, dan memadamkannya. Tanamkan dalam diri sendiri bahwa emosi itu tidak akan menyelesaikan masalah, serta tidak ada manfaatnya. Bahkan malah dapat membatalkan puasa kita.

Pengendalian diri yang dilakukan tiap hari selama Ramadan, secara lambat laun akan memicu timbulnya kecerdasan interpersonal, dan kemudian menjadi kebiasaan yang bisa diterapkan secara berkelanjutan di luar bulan Ramadan. Jadikan puasa Ramadan sebagai latihan untuk mengembangkan kecerdasan emosional kita. Belakangan ini ketahui bahwa ternyata kecerdasan emosional juga dapat menunjang kesuksesan seseorang lho.

Tingkatkan Kecerdasan Spiritual

Selama Ramadan dapat melatih ketaatan kita untuk menjalankan berbagai ibadah yang diperintahkan-Nya, termasuk berpuasa. Melalui puasa, maka niat untuk melanggar norma-norma yang ada di dalam diri akan ditekan sekuat mungkin, karena saat berpuasa, seseorang akan menyadari mana yang boleh dikerjakan dan mana yang tidak boleh, dengan tujuan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan mendapatkan pahalanya. Dengan begitu kecerdasan spiritual dalam diri akan ikut meningkat. Pikiran pun menjadi lebih positif setiap saat.  Kebiasaan ini sebaiknya dilakukan tak hanya selama Ramadan saja, namun juga konsisten dilakukan hingga bulan-bulan berikutnya. Jika seseorang terbiasa berbuat baik, maka aura positifnya akan terpancar ke setiap orang yang ada di sekitarnya.   

Kembangkan Jejaring Sosial

Selama Ramadan, biasanya umat muslim akan melaksanakan berbagai kegiatan ibadah, seperti sholat subuh dan tarawih ke mesjid, maupun buka puasa bersama. Kegiatan yang jarang dilakukan di bulan-bulan lain ini tentunya dapat meningkatkan jalinan silaturrahmi, baik antarkeluarga, tetangga dan warga sekitar, hingga para sahabat dan teman kerja. Beberapanya ada yang kemudian bertemu dengan teman-teman baru di berbagai kegiatan yang mereka hadiri, sehingga dapat menambah koneksi jejaring sosialnya. Fyi, memiliki koneksi dan berhubungan baik dengan banyak orang dapat peluang untuk meraih kesuksesan.

Mengasah Kecerdasan Intelektual

Jadikan Ramadan sebagai momentum untuk mengasah kecerdasan intelektual. Berdasarkan kajian mengenai puasa yang dilakukan oleh pihak Universitas Florida Amerika Serikat, dan dikutip dari buku The Miracle of Fast, ternyata puasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan kecerdasan seseorang.  

Keuntungan yang diperoleh dari berpuasa ini sebaiknya dapat dimanfaatkan untuk mengasah kecerdasan intelektual kita. Bagaimana caranya? Dengan memperbanyak membaca dan mendengarkan segala hal yang dapat menambah pengetahuan, memperluas wawasan, maupun meningkatkan keterampilan kita.

Di zaman modern dengan perkembangan teknologi yang terus semakin maju, kita dapat memperoleh semuanya dengan memanfaatkan internet cepat. Kita bisa mengasah kecerdasan intelektual melalui banyak media, belajar dari berbagai platform, dan mengakses ruang-ruang pembelajaran dari beragam aplikasi. Misalnya dengan mendengarkan tausiyah dari YouTube atau media streaming, memperdalam ilmu agama dengan membaca artikel-artikel di berbagai situs agama di laman internet, mengikuti pengajian online, mengikuti webinar-webinar, dan lain sebagainya.

Penggunaan internet cepat selama Ramadan biasanya akan meningkat. Ini karena banyak orang yang memanfaatkan internet untuk mencari segala sesuatu yang berkaitan dengan pengetahuan agama Islam. Bahkan untuk menyalurkan sedekah, infaq, zakat, dan kegiatan amal lainnya pun bisa dilakukan secara online menggunakan internet. Semua kegiatan ini tentu saja dapat dengan mudah dilakukan jika kita memiliki jaringan internet cepat,  yang dapat membantu kita untuk mengaksesnya secara cepat dan nyaman.

 

Manfaatkan Internet Cepat untuk Pengembangan Diri Selama Ramadan

Internet Cepat IndiHome
Manfaatkan jaringan internet cepat IndiHome untuk Pengembangan Diri

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa untuk pengembangan diri selama Ramadan ini, diantaranya untuk mengasah kecerdasan intelektual, kita dapat memanfaatkan jaringan internet cepat agar dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi, terutama yang berkaitan dengan hal keagamaan. Nah, salah satu internet provider Indonesia yang menyediakan internet cepat tersebut adalah IndiHome. Fyi, IndiHome merupakan salah satu produk layanan digital dari PT Telkom Indonesia, yang menyediakan layanan berupa internet, telepon rumah, dan TV interaktif. Oleh karena itu IndiHome dikenal sebagai produk tiga layanan dalam satu paket atau 3-in-1.

Jaringan IndiHome ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga ke pelosok negeri. Salah satu layanan yang menjadi unggulan IndiHome adalah internet fibernya. Inilah yang membuat koneksi internetnya tetap stabil walau dalam kondisi cuaca apapun. Internet fiber dengan kualitas terbaik dilengkapi dengan jaringan fiber optic yang memiliki tingkat kecepatan tinggi, sehingga mampu mentransfer data hingga 300 Mbps. Tak heran jika IndiHome mampu menyediakan jaringan internet cepat untuk para pelanggannya.

Oiya, walaupun dikenal dengan paket 3-in-1 nya, IndiHome juga menyediakan paket lain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya paket 2P untuk yang hanya ingin berlangganan layanan internet dan telepon rumah atau layanan internet dan TV interaktif saja. Jika semisalnya hanya ingin layanan internet saja, bisa memilih layanan 1P saja. Selain jumlah layanan, di IndiHome pelanggannya juga bisa memilih paket berdasarkan tingkat kecepatan internet, dan juga berdasarkan harga paketnya. Semua bisa dipilih berdasarkan kebutuhan.

Bagaimanapun juga, sebaiknya manfaatkan internet cepat ini untuk berbagai kegiatan positif, termasuk sebagai penunjang untuk mengumpulkan energi positif dalam pengembangan diri selama Ramadan. Semoga langkah ini dapat mempermudah kita untuk melaksanakan amal kebaikan, serta dapat menjadi pribadi yang berkembang lebih baik lagi ke depannya. Aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments