Pancake Yogurt Cimory, Kreasi Camilan Sehat untuk Keluarga

By Dewi Sulistiawaty - April 08, 2023

Kreasi camilan sehat dari cimory yogurt

Tak semua anak suka makan yogurt, bahkan ada juga orang dewasa. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa yogurt itu terlalu asam. Begitupun bagi Si Kecil, Jahran. Padahal yogurt itu baik untuk kesehatan. Di dalam yogurt terkandung berbagai zat bernutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti probiotik, kalsium, protein, dan serat.

Berbeda dengan adiknya, Najwa Sang Kakak masih mau makan yogurt, tapi cukup sulit untuk diajak makan sayur dan buah. Keduanya sama-sama suka dengan aneka makanan manis, seperti coklat, permen, biskuit, kue, dan es krim. Gimana nggak pusing coba. Padahal sudah dirayu dengan berbagai cara agar mereka mau mengonsumsi buah, sayur, maupun yogurt. Tapi ternyata cara ini terlalu syulit untuk lupakan Raihan :’(

Sebagai orang tua, tentunya saya ingin anak saya tumbuh dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Makanya, sebagai seorang ibu, yang menjadi kepala dapur dan juga menteri kesehatan bagi keluarga, saya harus memutar otak, gimana caranya agar anak-anak mau mengkonsumsi makanan sehat yang selama ini mereka hindari.

Langkah jitu yang biasanya saya lakukan adalah berkreasi dengan bahan makanan tersebut, agar anak-anak tetap bisa mengonsumsi makanan bernutrisi. Misalnya, dulu saat Sang Kakak susah untuk disuruh makan sayur, maka saya pun berkreasi dengan aneka sayuran tersebut. Sayur saya sulap menjadi nugget, karena nugget merupakan salah satu makanan kesukaannya.  

Begitupun dengan buah-buahan, yang saya olah menjadi jus maupun puding, atau aneka hidangan lainnya yang dapat menggugah selera mereka. Saat ini, saya juga ingin agar anak-anak mau mengonsumsi yogurt, tanpa mesti saya paksa. By the way, mengapa harus yogurt?

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, karena yogurt itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Hmm, dari tadi katanya yogurt itu selalu baik untuk kesehatan dan bermanfaat bagi tubuh. Memang apa saja sih manfaat yogurt bagi tubuh?


7 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cimory Yogurt untuk kesehatan

1.     Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Yogurt mengandung bakteri baik atau probiotik yang diperoleh dari hasil fermentasi susu. Sehingga yogurt dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, diantaranya membantu melancarkan buang air besar, serta mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

2.   Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selain mengandung probiotik, yogurt juga kaya akan protein yang bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Menurut ahli gizi, di dalam 200 gram yogurt terdapat 12 gram protein. Jadi, rutin mengkonsumsi yogurt, dapat menjaga metabolisme tubuh.

3.   Mengontrol Berat Badan

Yogurt memiliki kandungan lemak yang rendah. Selain itu, tekstur yogurt yang sedikit padat dan kental akan membuat tubuh merasa cepat kenyang. Sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Kedua faktor ini tentu saja dapat mengontrol berat badan. Sehingga bagi yang ingin diet atau mengontrol berat badannya, mengkonsumsi yogurt tentu tidak boleh dilewatkan.

4.   Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain mengandung probiotik dan protein, yogurt juga mengandung zat selenium, magnesium, dan zink. Kelima zat ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan membantu melawan infeksi. Vitamin D yang terkandung di dalam yogurt juga dapat membantu mencegah penyakit, seperti flu.

5.   Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Karena terbuat dari bahan susu, maka dalam yogurt juga terdapat kandungan kalsium, kalium, dan fosfor, yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Asam laktat yang terdapat dalam yogurt juga bermanfaat untuk melindungi gusi dari infeksi.

6.   Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa sangka jika ternyata yogurt juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Ini karena di dalam yogurt terkandung asam amino trytophan, yang dapat membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin dan serotonin. Hormon ini berfungsi untuk menjaga kualitas tidur. Fyi, tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat meningkatkan stamina, serta sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

7.   Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata beberapa zat yang terkandung dalam yogurt juga dapat meningkatkan fungsi otak. Seperti probiotik, yang tak hanya bagus bagi sistem pencernaan, namun juga baik untuk otak. Begitupun dengan protein dan Vitamin B yang terdapat dalam yogurt, yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan  pertumbuhan jaringan otak.

 

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yogurt lainnya. Namun 7 manfaat ini saja sudah cukup membuat saya bersemangat untuk menyajikan yogurt sebagai salah satu hidangan yang disukai oleh anak-anak dan juga keluarga. Apalagi di bulan Ramadan ini, dimana anak-anak sudah ikut berpuasa. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada yogurt tentu akan membantu menjaga kesehatan tubuh selama puasa Ramadan.


Bolehkah Sahur dan Berbuka Puasa dengan Yogurt?

Kreasi Sahur dan Buka Puasa dengan Yogurt

Beberapa pakar gizi mengatakan bahwa yogurt baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Rasa asam yogurt yang alami, tidak terlalu kuat, dan jika dikonsumsi sewajarnya, tidak akan apa-apa. Namun jika ada yang ragu atau khawatir mengonsumsi yogurt dalam keadaan perut kosong, maka bisa mengonsumsi yogurt setelah minum air putih atau makan kurma. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan yogurt dengan potongan buah segar atau salad buah, es kelapa muda, es timun suri, ataupun kolak sebagai pengganti santan.

Nah, saya akan menggunakan cara terakhir ini untuk membuat takjil atau menu berbuka puasa, yaitu dengan ‘mengkolaborasikan’ yogurt dengan bahan untuk membuat takjil. Langkah ini sekaligus untuk memperkenalkan kelezatan yogurt dalam balutan cake pada Si Kecil Jahran. Kalau suami dan saya sendiri sebenarnya sudah terbiasa menyantap yogurt apa adanya, baik yang plain, maupun yang dalam berbagai varian rasa.

Kalau Si Kakak, dulu agak ‘ogah-ogahan’ jika disuruh makan yogurt. Namun sejak yogurt tersedia dalam berbagai varian rasa, baru deh dia mulai suka. Selain sedia susu Cimory, saya juga selalu stok Cimory Yogurt di rumah. Nggak tau mengapa saya dan keluarga suka dengan yogurt keluaran PT. Cimory ini. Mungkin karena rasanya yang fresh ya, terbuat dari susu sapi segar, teksturnya pun lembut, dan cocok dengan selera kami sekeluarga. Menurut saya, harga Cimory termasuk yang ramah di kantong, dengan kualitas produk sebagus itu. Ditambah lagi Cimory Yogurt juga punya banyak varian rasa. Jadi nggak bosan mengonsumsinya, karena bisa ganti-ganti rasa.

Walaupun ada yang bilang cara buat yogurt itu susah-susah gampang. Bagi saya yang belum pernah buat yogurt, lebih baik cari yang praktis saja, karena di pasaran sudah tersedia juga yogurt kemasan yang berkualitas, dengan harga bersahabat. Seperti Cimory Yogurt Squeeze kemasan 120 gr, yang saya beli seharga 9 ribuan per kemasan. Sedangkan yang ukuran 40 gr saya beli di online store dengan harga sekitar Rp2.700,- per kemasan.    

By the way, duluu sekali, suami juga nggak terlalu suka mengonsumsi yogurt, yah karena rasanya yang asam tersebut. Saat itu pun belum ada berbagai varian rasa seperti saat ini. Bahkan makan sayur-sayuran pun juga kurang. Akibatnya, pak suami sering bermasalah dengan pencernaannya. Namun mungkin karena menurut beliau masalahnya nggak begitu besar, jadi suka dibawa santai saja masalah perutnya ini.

Hingga suatu hari, beliau mengalami sembelit yang cukup parah, sampai akhirnya berobat ke dokter. Saya pun konsultasi ke dokternya untuk menanyakan, apakah ada cara alami untuk mengatasi sembelit suami saya. Saat itu dokter memberitahukan, bahwa ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit secara alami, yaitu dengan minum lebih banyak air putih, makan makanan berserat, melakukan olahraga ringan, serta rajin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt.

Sejak mendengarkan perkataan dokter tersebut, akhirnya suami jadi rajin minum yogurt hingga saat ini. Walaupun di awal mukanya selalu mengerenyit saat menyantap yogurt, haha.... Namun akhirnya jadi terbiasa juga. Sementara untuk makan sayur masih saja tetap kurang, huhu.... Nah, ternyata hal inilah yang diturunkan pada Si Kecil, karena saya sendiri pada dasarnya suka makan yogurt dan sayur.

Syukurnya, Si Kakak suka makan yogurt. Apalagi sejak ada Cimory Yogurt Squeeze. Rasanya lebih mild, dengan tekstur yang creamy smooth. Pilihan rasanya pun banyak, ada 12 pilihan, mulai dari rasa original, strawberry dan Blueberry, Peach, Honey, Aloevera, Blacksticky Rice, Mango Sticky Rice, Cavendish Banana, Purple Taro, Brown Sugar, dan Thai Tea. Kemasannya keren sih ini, beda dari yang lain. Praktis dan enak buat dibawa-bawa. Nggak perlu pakai sendok dan mangkok. Tinggal sruput saja dari kemasannya. Kalau nggak habis, tinggal ditutup lagi, dan masukin ke kulkas.

Varian Rasa Cimory Yogurt
Cimory Yogurt, banyak varian rasa dengan kemasan yang praktis

Sejak Cimory Yogurt mengeluarkan kemasan yang lebih kecil dengan ukuran 40 gr, Si Kakak jadi suka nyemilin yogurt coba! Untungnya porsinya yang imut, pas untuk dikonsumsi anak-anak, dan bisa dijadikan camilan. Dia paling suka nyemilin Cimory Squeeze yang dibekuin. Serasa ngemut es krim katanya. Untuk saat ini baru tersedia 2 varian rasa, yaitu Strawberry dan Blueberry. Mudah-mudahan nggak lama lagi makin banyak ya varian rasanya. Saya nggak begitu khawatir sih kalau Si Kakak nyemilin yogurt, karena “Ngemil No Worry Cuma Cimory”.

Cimory Yogurt 40 gram
Cimory Yogurt kemasan 40 gr, porsinya pas untuk Si Kecil

Seperti yang disampaikan oleh dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, bahwa bagi yang memiliki kebutuhan untuk ngemil, sebaiknya perhatikan frekuensinya, agar teratur dan terencana. Camilan yang baik dan sehat contohnya adalah yang terdiri dari serat seperti buah dan sayur, lemak baik seperti alpukat serta protein seperti yogurt dan telur rebus. Yogurt adalah salah satu makanan ringan yang baik untuk kesehatan. Karena yogurt adalah sumber protein, serat dan kalsium yang penting untuk otot dan tulang yang kuat.

Lidwina Tandy selaku Head of Marketing Dairy Cimory menjelaskan kalau Cimory Yogurt Squeeze 120 gr yang mengandung 120 Kcal, hadir sebagai solusi praktis dan baik untuk pencernaan, bagi seluruh keluarga yang doyan dan butuh ngemil. Melalui kampanye “Ngemil No Worry Cuma Cimory”, Cimory Yogurt Squeeze kini hadir dalam kemasan yang lebih kecil 40 gr dengan porsi yang tepat untuk dikonsumsi anak kecil dan camilan setelah makan.

Nah, saya juga ingin Si Kecil Jahran mau mengonsumsi yogurt. Untuk saat ini, saya akan mulai memperkenalkan yogurt dengan menjadikannya sebagai bahan tambahan dalam salah satu resep makanan kesukaannya, yaitu pancake. Selain karena ini camilan kesukaan Si Kecil, saya memilih pancake karena bahan dan cara bikinnya yang mudah dan praktis. Untuk bahan-bahannya, termasuk Cimory Yogurt, bisa diperoleh di semua minimarket, supermarket, maupun hypermarket.

Resep Pancake Yogurt Cimory

Resep Pancake Yogurt Cimory

Bahan:

  • 1 butir telur
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 120 ml yogurt Cimory (saya pilih varian Strawberry)
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt soda kue
  • 2 sdm mentega (cairkan)
  • Toping (sesuai selera)

 

Bahan Membuat Pancake Yogurt Cimory

Cara membuat:

  • Campurkan gula dan telur, lalu mixer hingga mengembang (gunakan kecepatan tinggi).
  • Tambahkan yogurt Cimory ke dalam adonan, lalu mixer kembali dengan kecepatan rendah.
  • Masukkan tepung terigu, baking powder, dan baking soda. Mixer kembali hingga bahan tercampur merata.
  • Terakhir, tuangkan mentega cair ke dalam adonan, lalu aduk hingga rata.
  • Panaskan teflon. Tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam teflon.
  • Balikkan jika bagian bawahnya sudah terlihat kecoklatan.
  • Angkat jika kedua sisi sudah matang dan berwarna kecoklatan.
  • Tuangkan kembali adonan, dan lakukan hingga adonan habis.
  • Jika sudah selesai, pancake bisa disajikan dengan toping sesuai selera.

 

Pancake Yogurt Cimory
Pancake Yogurt Cimory

Pancake ini pun saya sajikan sebagai salah satu takjil saat berbuka puasa. Saat bedug magrib berbunyi, dan setelah minum segelas air putih, dengan girangnya Si Kecil menyantap pancake, tanpa dia tahu bahwa terdapat yogurt di dalamnya. Setelah ia menghabiskan dua tangkup pancake, saya pun menanyakan bagaimana rasa pancakenya. Kata Si Kecil, rasanya agak berbeda dari yang biasa saya bikin. Tapi bedanya tetap enak, dan lebih lembut pancake yang ini. Katanya besok mau dibikinin pancake ini lagi :D

Akhirnya saya beritahukan Si Kecil bahwa di dalam pancake tersebut ada yogurt nya. Awalnya dia kaget dan terdiam. Lalu tiba-tiba dengan santainya dia menjawab, “yaa gak apa-apa, yang penting pancakenya enak”. Huaa, ampun deh Si Kecil. Saya pikir ia akan ngoceh panjang lebar, ternyata baginya yang penting enak dan enak, hahaha. Baiklah, yang penting dia suka, saya pun lega dan bahagia. Hmm, besok bikin kreasi apalagi ya dengan Cimory Yogurt?   

Bagi yang ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap lagi mengenai produk Cimory atau Cimory Yogurt, atau resep kreasi Cimory, bisa berkunjung langsung ke website Cimory di www.cimory.com, dan akun media sosial Cimory di Instagram https://instagram.com/cimoryindonesia, dan TikTok di https://tiktok.com/@cimoryindonesia.

Cimory Yogurt Squeeze

  • Share:

You Might Also Like

0 comments