KONTRIBUSI AGUNG PODOMORO LAND DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

By Dewi Sulistiawaty - Februari 19, 2022

~ Seiring langkah membangun negeri

Pengalaman telah kuatkan kami

Senantiasa membangun dengan hati

Dalam kebersamaan dan harmoni…

Kebutuhan anda kekuatan kami

Keluarga tumbuh kokoh abadi

Kesetiaan kami dari hati

Agung Podomoro untuk harmoni…

Wujudkan mimpi bersama kami

Agung Podomoro untuk harmoni… ~


Pernah mendengar lirik lagu di atas? Lagu tersebut merupakan jingle dari Agung Podomoro. Harmoni lagunya yang enak didengar selalu melekat diingatan. Liriknya bukan sekedar lirik yang buat agar nampak manis. Namun benar-benar diaplikasikan dalam bentuk kontribusi nyata oleh Agung Podomoro.

Sudah lebih dari 53 tahun Agung Podomoro Land hadir sebagai pengembang properti di Indonesia. Selama itu pula Agung Podomoro menjadi perusahaan pengembang terdepan, terintegrasi, dan terpercaya, yang membangun dengan hati.

“Pengalaman telah kuatkan kami”. Ini terbukti saat terjadi tiga krisis yang pernah terjadi di tahun 1998, 2008, dan saat ini di tahun 2020 berupa krisis kesehatan (pandemi), yang mampu dilalui Agung Podomoro dengan baik. Bahkan Agung Podomoro memberikan kinerja baiknya, dan terus berkomitmen dalam membangun proyek properti terdepan dan terbaik.

Sejak pandemi melanda di awal tahun 2020, Agung Podomoro Land telah mengembangkan beberapa proyek hunian, diantaranya Kota Podomoro Tenjo, Podomoro Park Bandung, Podomoro City Deli Medan, Podomoro Golf View di Depok, Pakubuwono Spring di Jakarta Selatan, Kota Kertabumi dan Grand Taruma Karawang, serta yang terbaru Bukit Podomoro Jakarta, tepatnya di Jakarta Timur.

Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian yang sehat dan modern di masa pandemi, pengembangan proyek hunian ini juga menjadi booster pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Bahkan kehadiran proyek ini mampu menyerap tenaga kerja. Ini tentu dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemi, khususnya masyarakat yang berada di sekitar proyek untuk mendapatkan pekerjaan dan menambah penghasilan mereka.

Informasi ini disampaikan oleh Bapak Agung Wirajaya, selaku Marketing Director Agung Podomoro, saat webinar yang diselenggarakan pada hari Kamis, 17 Februari 2022. Selain Bapak Agung, pada acara bertajuk “Agung Podomoro Booster Percepatan Pemulihan Ekonomi Indonesia” tersebut juga hadir Bapak Darmadi Darmawangsa selaku Presiden Direktur Era Indonesia, dan Bapak Zaldy Wihardja selaku Chief Marketing Officer Bukit Podomoro Jakarta.

Agung Podomoro Land
Webinar bertajuk "Agung Podomoro Booster Percepatan Pemulihan Ekonomi Indonesia"

Seperti yang telah disampaikan di atas, Bapak Agung mengatakan bahwa meskipun ada sedikit tantangan berupa pandemi, namun Agung Podomoro optimis bahwa pemerintah akan menangani pandemi ini dengan baik. Sehingga mereka yakin pandemi ini akan segera berakhir. Optimisme inilah yang dilihat oleh dunia usaha di Indonesia saat ini, termasuk para pelaku usaha bidang properti, khususnya oleh Agung Podomoro Land.

“Industri properti yang merupakan kebutuhan dasar manusia akan papan, akan terus dibutuhkan, dan memiliki prospek yang cerah di tahun 2022. Bahkan setelah tahun 2022 pun kami yakin, kami telah mempersiapkan diri menghadapi yang namanya boom property,” kata Bapak Agung.

Dalam kondisi pandemi dimana banyak usaha properti yang terdampak, namun Agung Podomoro tetap berkomitmen memenuhi janjinya untuk terus bekerja melakukan kewajiban-kewajibannya membangun negeri ini, serta memberikan kepuasan kepada para konsumennya. Seperti Kota Podomoro Tenjo yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2020, dan laris manis terjual sekitar 3.000 unit.

Begitu pun proyek-proyek yang dikembangkan setelahnya, seperti Podomoro Park Bandung dan Podomoro City Deli Medan yang sudah dilakukan serah terima unit kepada para pembeli. Bahkan mall di Podomoro City Deli Medan saat ini menjadi mall yang paling happening di Medan, sebagai destinasi warga Medan untuk berbelanja dan wisata kuliner.

Yang terbaru, yaitu Bukit Podomoro Jakarta yang dikenalkan di akhir tahun 2021 kemarin, yang progress-nya sangat signifikan, dan saat ini sudah mencapai 90% di tahap finishing untuk bangunan marketing gallery dan rumah contohnya. Sedangkan Podomoro Golf View di Depok sudah sold out di beberapa tower, dan sudah dilakukan serah terima unit kepada pembelinya. Untuk saat ini sedang dikembangkan lagi cluster dan tower baru di sana. Lalu untuk progress pengembangan hunian di Karawang, yaitu Kota Kertabumi dan Grand Taruma juga sangat signifikan.

Agung Podomoro Land dalam dua tahun belakangan ini juga mengalami tantangan seperti usaha properti lainnya. Namun Agung Podomoro Land sudah berkomitmen bahwa setiap saat, dalam kondisi apapun harus terus memberikan produk-produk terbaik, yang berbeda, dan proyek-proyek yang baru, yang menjadikan kebutuhan masyarakat. Selain itu Agung Podomoro juga berkomitmen memberikan kepuasan pada pelanggan, salah satunya dengan melakukan serah terima unit tepat waktu.

 

AGUNG PODOMORO BOOSTER PERCEPATAN PEMULIHAN EKONOMI INDONESIA

Agung Podomoro Land
Agung Podomoro menjadi Booster Percepatan Pemulihan Ekonomi Indonesia 

Agung Podomoro hadir hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga saat ini terdapat sekitar 19 proyek perumahan, 16 hotel, 12 komersial, 20 proyek apartemen, dan 8 superblok, yang semuanya tersebar di seluruh Indonesia. Selain membangun berbagai proyek, Agung Podomoro ingin memberikan kontribusi sosialnya, yaitu melalui pembangunan ini, Agung Podomoro Land dapat memberikan aspek berupa pertumbuhan ekonomi baru di lokasi-lokasi pengembangan.

Sehingga kehadiran proyek ini di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan tambahan nilai berupa kesempatan kerja seluas-luasnya pada masyarakat, khususnya di masa pandemi ini, dimana banyak orang yang terdampak dan kehilangan pekerjaan.

Meski dalam situasi yang dinamis, Agung Podomoro terus melakukan berbagai strategi dan terobosan untuk dapat meningkatkan performa perusahaan. Misalnya saat menghadapi pandemi yang sudah terjadi sejak awal tahun 2020, Agung Podomoro pun melakukan berbagai terobosan. Agung Podomoro yakin akan selalu ada peluang di setiap tantangan yang datang. Situasi pandemi telah mengubah cara dan perilaku masyarakat dalam berinvestasi properti.

Sejak pandemi orang-orang menjadi lebih peduli terhadap kesehatan, termasuk tempat tinggal yang sehat. Peluang inilah yang ditangkap dengan baik oleh Agung Podomoro Land. Peluang ini diadaptasikan dengan produk-produk pengembangan hunian dan lingkungan yang sehat, sesuai yang diinginkan oleh pasar. Inovasi yang dilakukan Agung Podomoro terhadap hunian yang sehat, yang dapat menunjang segala aktivitas selama di rumah mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat, dan itu dapat dilihat dari hasil penjualan unit residensial yang dikembangkan oleh Agung Podomoro.

“Agung Podomoro memiliki kemampuan beradaptasi yang cepat terhadap perubahan-perubahan atas kebutuhan masyarakat saat ini. Kami selalu hadir dan menjadi solusi dari kebutuhan masyarakat. Sehingga harapannya kami dapat memenuhi kebutuhan tersebut, serta bisa memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat untuk masa-masa yang akan datang,” ujar Bapak Agung.

“Jauh sebelum pandemi, Agung Podomoro selalu menghadirkan produk sesuai kebutuhan masyarakat. Ini karena kejelian Agung Podomoro dalam melihat situasi pasar, sehingga tak heran jika Agung Podomoro disebut sebagai Smart Developer”.

Fyi, industri properti didukung oleh sekitar 175 industri turunannya. Bapak Agung berharap, pengembangan yang dilakukan oleh Agung Podomoro Land, baik sekarang maupun di masa yang akan datang, dapat menghidupi ke-175 industri turunan tersebut, sehingga perekonomian Indonesia bisa segera pulih. Tak hanya industri properti saja, namun juga industri lainnya. Aamin….

 

MASTER PIECE: BUKIT PODOMORO JAKARTA

Bukit Podomoro Jakarta
Proyek Bukit Podomoro Jakarta di Jakarta Timur

Bukit Podomoro Jakarta merupakan proyek terbaru yang sedang digarap Agung Podomoro Land. Percepatan pengembangan proyek ini termasuk yang paling masif dilakukan. Proyek yang terletak di kawasan Jakarta Timur ini rencananya akan mulai groundbreaking di akhir Februari atau awal Maret 2022 ini. Bapak Zaldy mengatakan bahwa dimana Agung Podomoro Land mengembangkan sebuah proyek, maka biasanya akan diringi dengan pengembangan proyek dan infrastruktur lainnya, sehingga dapat menciptakan multiplier effect.

Lokasi Bukit Podomoro Jakarta sangat strategis dan mudah diakses. Letaknya tak begitu jauh dari pusat kota Jakarta, dekat dengan Monas (±20km), dan dari Kuningan atau Kelapa Gading hanya ±15, serta hanya butuh waktu sekitar 5 menit ke tol dalam kota, tol JORR, dan tol Becakayu.

Lokasi Strategis Bukit Podomoro Jakarta
Akses dan fasilitas di Bukit Podomoro Jakarta

Mengapa Agung Podomoro Land memilih melakukan pengembangan di Kawasan Jakarta Timur? Apa kelebihan wilayah ini? Menurut Bapak Zaldy, perkembangan Jakarta Timur tidak sebesar wilayah Jakarta lainnya, tapi memiliki potensi yang sangat besar. Berdasarkan pengamatan, ternyata pertumbuhan nilai tanah di Jakarta Timur menjadi yang tertinggi dibandingkan wilayah Jakarta lainnya.

“Dalam 5 tahun terakhir, harga pasaran tanah di Jakarta Timur masih berada di bawah harga pasaran tanah di wilayah Jakarta lainnya. Ini menjadikan Jakarta Timur sebagai investasi properti yang sangat menjanjikan. Kesempatan untuk berinvestasi. Pertumbuhan nilai tanahnya menjadi tertinggi karena masifnya pembangunan infrastruktur di Jakarta Timur, seperti pengembangan jalan tol dan pelebaran jalan yang dilakukan oleh pemerintah,” jelas Bapak Zaldy.

Selain itu, Jakarta Timur memiliki wilayah yang terluas se-DKI Jakarta. Walaupun jumlah penduduknya juga banyak, namun karena wilayahnya yang luas, menyebabkan Jakarta Timur memiliki kepadatan penduduk paling renggang dibandingkan wilayah Jakarta lainnya. Ini menjadikan Jakarta Timur memiliki potensi bisnis dan komersial residensial yang sangat besar.

Jakarta Timur juga merupakan daerah yang bebas banjir, karena memiliki penampung air yang cukup besar, dengan Banjir Kanal Timur untuk mencegah banjir. Lingkungan dan alamnya terbilang masih asri, dan ketinggian tanahnya relatif tinggi dibandingkan Jakarta lain. Menurut Bapak Zaldy, Jakarta Timur juga merupakan daerah hunian murni yang akan menjadi Modern Urban City nantinya.

Bukit Podomoro Jakarta akan mentransformasi Jakarta Timur menjadi daerah yang modern, urban city yang high technology. Dengan luas lahan sekitar 9,6 hektar, rencananya di Bukit Podomoro Jakarta ini akan dibangun sekitar 321 unit hunian premium dan sekitar 115 unit ruko. Bukit Podomoro Jakarta nantinya akan menjadi one stop living, yang akan menjadi pusat komersial terbesar di Jakarta Timur.

Hunian modern nan mewah di Jakarta Timur ini akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi penghuninya. Infrastruktur dibangun secara modern, seperti saluran drainase yang lebar, jaringan listrik dan fiber optic dipasang di bawah tanah, serta ketinggian tanah atau bangunannya pun dinaikkan 2 hingga 3 meter di atas permukaan jalan raya. Berbagai fasilitas lengkap diberikan untuk penghuninya, seperti premium Club House, yang dilengkapi dengan gym, private cinema, jacuzzi, bowling, badminton court, swimming pool, ballroom, lounge club, tennis court di roof top, dan banyak lagi yang lainnya.

Fasilitas Bukit Podomoro Jakarta
Proyek Bukit Podomoro Jakarta dalam tahap pengembangan

Emas dan properti biasanya menjadi investasi favorit bagi sebagian besar orang. Namun banyak juga yang beranggapan bahwa berinvestasi properti lebih berisiko dibandingkan emas? Benarkah? Menurut Bapak Darmadi, berinvestasi properti akan berisiko jika pembeli melakukan 2 kesalahan, yaitu kesalahan dalam memilih developer, dan ketika membeli properti di waktu yang tidak tepat.

Bapak Darmadi menjelaskan bahwa pembeli sebaiknya memilih developer yang tepat, kompeten, kredibel, serta memiliki reputasi yang baik di pasaran. Misalnya Agung Podomoro Land, yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia selama lebih dari 50 tahun. Sedangkan waktu yang tepat untuk membeli properti adalah sepuluh tahun yang lalu, atau di saat krisis menjelang pemulihan. Seperti tahun 2022 ini yang menjadi masa pemulihan pasca pandemi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa tahun 2022 merupakan peluang yang bagus untuk sektor properti. So, bagi yang ingin berinvestasi properti, tahun ini menjadi tahun yang tepat, lho! Apalagi berinvestasi properti berupa hunian di Bukit Podomoro Jakarta. Harga tanahnya bakal naik dari tahun ke tahun :) 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments