Aisha Keem, Curhat Lewat Single Dead Light

By Dewi Sulistiawaty - Februari 03, 2022

Lagu Dead Light Aisha Keem

“Dead Light” by Aisha Keem

Siapa yang nggak bangga memiliki anak bertalenta. Apalagi talenta yang dimilikinya nggak cuma satu. Pasti ini juga yang dirasakan oleh Aa Irfan Hakim ya. Si sulung, Aisha Maydina Hakim memiliki segudang talenta yang sudah ditekuninya sejak kecil. Mulai dari berkuda, ikut kegiatan pencak silat, memasak, menari, bermain alat musik, bahkan menulis lagu.

Semua tentu saja dimulai dari sebuah hobi, yang ketika ditekuni oleh Aisha dengan serius, kemudian berbuah manis. Hobinya mendulang prestasi membanggakan di usianya yang terbilang masih muda. Yup, Aisha masih berusia 9 tahun ketika menyabet Juara I dalam kejuaraan Seni Beladiri Pencak Silat untuk Kategori Putri Tingkat Nasional. Baru-baru ini Aisha juga berhasil menjadi pemenang dalam sebuah perlombaan berkuda. Keren ya!

Kini gadis belia yang lahir di Bandung, 1 Mei 2008 ini kembali unjuk kebolehan. Kali ini dalam bidang tarik suara. Nggak nyangka kalau ternyata putri sulung Aa Irfan ini memiliki suara yang merdu, mengingat kedua orang tuanya bukanlah seorang penyanyi. Hmm, jadi diturunkan dari mana bakat menyanyi Aisha ini?

Pada hari Rabu, 2 Februari 2022, Aisha resmi merilis single terbarunya yang berjudul “Dead Light”. Bukaaan, bukan…dead light di sini artinya bukan mati lampu yaa, seperti lagu mati lampunya Nassar, hihi. Lagu ini menceritakan sebuah kisah sedih tentang kehilangan seorang sahabat.

Lagu Dead Light Aisha Keem
Single “Dead Light” Aisha Keem resmi dirilis

Pada saat acara peluncuran lagu Aisha yang diselenggarakan secara hybrid – offline dan online, putri Aa Irfan ini mengatakan bahwa kisah dalam lagu “Dead Light” diangkat dari pengalaman pribadinya. Ia pernah mengalami kejadian menyedihkan tersebut saat lulus sekolah. Kehilangan sahabat yang membuat Aisha cukup terpukul.

Kesedihan tersebut dituangkan Aisha dalam bentuk lirik lagu yang indah. Yup, lagu “Dead Light” merupakan ciptaan dari Aisha sendiri. Nggak nyangka kan ya, gadis sebelia itu bisa menciptakan lirik-lirik indah, hingga terciptalah sebuah lagu indah. Coba dengarkan deh, bagaimana enaknya nada dan lirik lagu tersebut saat dinyanyikan oleh Aisha. Walaupun liriknya cenderung sedih, namun nada dan koreografinya dibawakan dengan santai dan menyenangkan oleh Aisha.

Memang itu yang diinginkan oleh Aisha. Ia ingin lagu yang dinyanyikan terdengar asyik dan menyenangkan, bukannya membuat orang yang mendengarnya jadi sedih. Untuk menyempurnakan lagunya, Aisha bekerja sama dengan Opung Irwan Simanjuntak. Opung Irwan memoles lagu “Dead Light” lewat aransemen musiknya. Pasti sudah kenal dong ya dengan Opung Irwan. Beliau sudah biasa bekerja sama dengan penyanyi papan atas, seperti mendiang Glenn Fredly, Rio Febrian, Afgan, dan banyak lagi yang lainnya.

Makanya saat mendengarkan lagu “Dead Light” yang dinyanyikan oleh Aisha, musiknya terdengar ringan, dengan irama yang harmonis. Kalau saya, seperti mendengarkan lagunya artis barat sana deh. Soalnya lirik, irama, dan juga cara Aisha menyanyikan lagu tersebut benar-benar sangat fun, bersih, dan jernih (kok jadi seperti air ya, hihi…)

Lagu Dead Light Aisha Keem
Penampilan Aisha Keem dalam video clip “Dead Light”

Saat ditanya, apakah Aisha nggak takut jika dicap oleh masyarakat besar dari nama ayahnya, Aisha mengatakan, bahwa ketakutan tersebut ada, namun cuma sedikit. Makanya Aisha tidak membawa nama belakang ayahnya sebagai nama belakangnya di panggung seni suara ini. Ia mengenalkan dirinya sebagai Aisha Keem. Dengan tegas Aisha menjelaskan bahwa ia sendiri tidak mau dikenal atau terkenal karena sosok ayahnya sebagai seorang selebriti. Ia ingin dikenal orang banyak karena talenta atau kemampuan yang dimilikinya.

Namun bukan berarti lalu Aa Irfan lepas tangan dan membiarkan si sulungnya bekerja sendiri. Gadis semuda Aisha tentu butuh dukungan untuk menyalurkan kemampuan menyanyinya. Bisa menulis lirik seciamik itu dan mempunyai suara yang merdu saja sudah sesuatu yang menakjubkan untuk gadis seusia Aisha. Siapa lagi yang akan mendukungnya jika bukan keluarganya sendiri? Di sini tentunya Aa Irfan yang sudah mempunyai pengalaman di dunia entertainment yang akan mendukung Aisha.

Fyi, Irfan Hakim dan istrinya Della Sabrina sangat mendukung semua kegiatan yang ingin ditekuni oleh anak-anak mereka, termasuk Aisha. Menurut Aa Irfan, selama kegiatan itu positif, ia dan istrinya akan memberikan dukungan. Aisha yang ingin mengeluarkan single “Dead Light” ini pun adalah atas keinginan Aisha sendiri. Tak ada paksaan dari Aa Irfan atau istrinya.

New Single Dead Light Aisha Keem
Irfan Hakim dan keluarga mendukung Aisha Keem

Saat mendengarkan lagu “Dead Light”, pasti kalian akan kagum sendiri dengan nyanyiannya Aisha. Para artis, seperti Raffi Ahmad, Soimah, dan Rina Nose saja mengungkapkan kekagumannya mereka saat mendengarkan lagunya. Kalau kata Soimah nadanya nggak ada yang fals, vokalnya Aisha juga enak, nggak maksa, serta lagunya pun cocok untuk gadis seusia Aisha dan untuk didengar oleh ABG lainnya.

Sebenarnya Aisha sudah sering menyanyi, namun itu bersama keluarganya di channel YouTube deHakims. Di tahun 2019 Aisha juga pernah debut nyanyi sendiri lewat lagu gubahannya berjudul “Ibu” yang ditayangkan di channel YouTube deHakims Junior. Tak heran sih, karena Aisha sudah mulai menyanyi sejak usia 6 tahun, sampai Aisha ikut latihan vokal juga, lho. Aisha mengaku bahwa Naura adalah penyanyi yang menjadi inspirasinya.

Well, bagi yang ingin mendengarkan lagu “Dead Light” nya Aisha, bisa langsung dinikmati lewat aplikasi Joox, Spotify, dan Apple Music yaa. Atau kalian juga bisa menyaksikan penampilan Aisha lewat link youtu.be/yqk3uxoL9qM atau channel YouTube Aisha Keem, serta informasi lainnya mengenai Aisha lewat akun Instagram @aishakeem15. Enjoy! 😊    

  • Share:

You Might Also Like

0 comments